Tenis

Main Tenis Meja Internasional Wajib Tahu Teknik Dasar Bermain !

4 Mins read

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya telah mengenal olahraga tenis meja internasional karena sering dimainkan oleh banyak kalangan. Permainan olahraga ini dimainkan langsung bisa dua orang maupun empat orang masing-masing beregu. Hanya menggunakan alat sederhana yaitu meja tenis dan bet, semua orang bisa menikmati secara langsung.

Mungkin Anda mengira bahwa pingpong bisa dimainkan secara mudah, faktanya berbeda jauh apabila tidak pernah bermain sebelumnya. Karena untuk memukul bola menggunakan bet kerap dinilai menjadi kendala bagi pemain. Apabila kurang atau belum pernah mencoba sama sekali kemungkinan besar akan kesalahan memukul bola saat servis.

Baca Juga : 4 Gaya Hidup Atlet Basket NBA Glamor dan Mewah

Sama seperti olahraga tenis pada lapangan besar, pingpong juga dapat dimainkan secara tunggal maupun beregu. Sebenarnya sejak awal 1900-an sebagian besar orang telah menggemari permainan ini. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang sebelumnya bermain tenis lapangan luas berpindah haluan menjadi memainkan table tenis lebih fleksibel.

Tenis meja internasional mengalami perkembangan pesat dibuktikan langsung jumlah peminat masyarakat Inggris memainkannya secara bergilir. Walaupun dulu masih kurang tersedia sarana bermain, tetapi antusias rakyat cenderung meningkat sebab menjadi olahraga fleksibel. Di mana pemain tidak perlu bergerak seperti saat main tenis pada umumnya.

Namun pergerakan selama memainkan permainan table tenis harus lincah supaya tidak mengalami kekalahan ketika bertanding bersama lawan. Demi memudahkan Anda dalam mendapatkan kemenangan setiap berlaga.

Kami sarankan untuk memahami teknik dasar main Tenis Meja Internasional terlebih dahulu. Apa saja selengkapnya akan kami berikan di bawah ini.

Berawal dari Teknik Pemegangan Bet

tenis meja internasional

Sebagai teknik tenis meja internasional paling dasar tentunya Anda wajib paham bagaimana cara memegang raket yang berukuran kecil. Walaupun menggunakan raket kecil saja, tetapi teknik memegang juga harus diperhatikan supaya memudahkan arah pukulan bola. Jangan sampai Anda melewatkan cara pegangnya jika tidak ingin mengalami kendala.

Hampir sama seperti bulu tangkis atau tenis, teknik memegang pertama adalah shakehand grip. Mungkin Anda pernah mendengar dalam berbagai olahraga lainnya karena memegang dengan cara ini sudah biasa diterapkan oleh atlet. Bahkan bisa diterapkan pada berbagai cabang olahraga asalkan alat untuk bermain harus menggunakan raket.

Penjelasan dari shakehand grip ketika bermain tenis meja internasional yaitu Anda diharuskan memegang raket seperti berjabat tangan. Tentu bukan menjadi hal sulit walaupun masih amatir tetap saja bisa dilakukan dengan mudah. Biasanya dalam pukulan backhand juga sangat berfungsi supaya keras dan lebih akurat.

Kemudian terdapat semillar grip di mana jari telunjuk pemain wajib diletakkan pada bagian sisi raket. Sehingga seolah-olah para atlet menyangga kepala bet menggunakan jari telunjuk diri sendiri tanpa ada kesulitan lagi. Memegang terakhir bisa memakai penhold grip, yaitu sama seperti saat pegang pena atau pensil.

Kalau dari penempatan dalam pegang raket sudah benar, otomatis Anda mampu menghasilkan pukulan baik. Dikarenakan akurasi pemukulan akan dipengaruhi oleh teknik memegang bet, makanya perlu diperhatikan supaya tidak salah lagi. Ini masih menjadi awalan, masih terdapat bagian lain yang wajib dipelajari selama akan bermain.

Posisi Bermain Tenis Meja Internasional Harus Benar

tenis meja internasional

Memasuki teknik selanjutnya, sebelum benar-benar berolahraga table tenis sebisa mungkin pelajari dulu posisi berdiri. Dikarenakan terdapat dua posisi yang mana menjamin kelincahan dalam menerima maupun memukul bola ke arah sesuai keinginan. Kalau sedang berada pada posisi menyerang, biasanya pemain profesional sering memakai posisi side stance.

Bila belum paham caranya bisa dilakukan dengan mudah, yatu Anda harus berada di sisi meja supaya mudah ketika melakukan pergerakan. Bahkan dalam bergerak ke kiri atau kanan dapat dilakukan tanpa kesulitan, sehingga penyerangan bisa berlangsung lancar. Posisi kedua bernama square stance yaitu di tengah meja.

Mengatur gerakan kaki pada tenis meja internasional juga penting dan wajib dilakukan diri sendiri ketika ingin mendapatkan hasil akhir sebuah kemenangan. Sebagai seorang pemula pasti tidak sadar bahwa gerak kaki sangat mempengaruhi kekuatan pukulan tangan. Tujuan mengontrol pergerakan kaki supaya selalu siap menyerang maupun bertahan.

Gunakanlah mulai sejak dini yaitu two-step, yaitu dapat menekuk lutut sedikit saja, baru setelah itu tumpuan tubuh di kaki. Jangan khawatir, selama menggunakan pergerakan tersebut Anda dapat melakukan serangan ataupun blocking tanpa harus sulit. Keseimbangan dijamin bisa terjaga baik sehingga tidak mudah terombang-ambing permainan lawan.

Teknik Terpenting dalam Melakukan Servis

tenis meja internasional

Belum selesai sampai di sini, tenis meja internasional mengharuskan pemain mempelajari beberapa gerakan saat servis. Mengingat ketika servis berhasil menipu lawan akan membuahkan hasil bagi diri sendiri yaitu sebuah poin. Jangan khawatir, paling umum dilakukan adalah forehand serve, pemain tinggal memukul pakai pinggiran raket.

Bukan hanya itu saja, backhand sidespin menjadi servis cukup sulit namun jika dipelajari tentunya akan berjalan mudah. Apabila ingin mengembalikan skor secara mudah tentu cobalah servis ini mulai sekarang. Dengan memukul melalui pinggiran bet yang harus di bawah dada sehingga lawan akan kesulitan menerima bola.

Adapun jenis forehand fast serve yang mana paling sering ditemukan pada atlet Tenis Meja Internasional saat sedang bermain menghadapi lawan sulit. Caranya terbilang cukup simpel yaitu memukul bola ke arah musuh dengan kencang tanpa ampun. Untuk arahnya Anda bisa memilih apakah mau ke pojok kiri atau kanan meja.

Walaupun masih awam terhadap jenis olahraga ini Anda harus paham agar tidak mengalami kesulitan bila bermain bersama teman. Mengingat hampir semua orang khususnya laki-laki sangat suka dengan permainan pingpong. Sebab selama bermain dirasa seru dan bisa menghilangkan stres hanya memanfaatkan meja tenis dan bet kecil.

Trik Drive Secara Halus dan Lancar

tenis meja internasional

Siapa yang tidak paham tenis meja internasional dengan pukulan drive paling sering dilakukan pemain untuk mencetak skor secara mudah. Ayunan panjang dengan kekuatan maksimal dan berkecepatan tinggi tentu saja bikin lawan kesulitan memblocking. Mulai sejak dini harus dimaksimalkan agar musuh Anda terkejut dan bisa menang.

Sebelum mengakhiri cara bermain paling dasar, tentunya pelajari juga jenis-jenis blocking dalam bermain pingpong. Hingga sekarang terdapat dua jenis blocking pada pingpong, pertama adalah forehand block. Anda tinggal menunggu bola di depan net lalu balikkan hasil pukulan musuh tanpa harus kesulitan dijamin tidak kemasukkan.

Lalu jenis blocking kedua adalah kebalikan dari yang pertama yaitu backhand block, kalau Anda sering bermain pasti sudah paham caranya. Jangan sampai salah, pergerakan bet harus ke sisi kiri apabila Anda memegang melalui tangan kanan. Kemudian kembalikan bola untuk menyerang lawan dengan cepat.

Sejatinya seluruh cara bermain paling dasar tersebut mulai sekarang harus dipelajari dikarenakan akan menjamin kelancaran bermain. Olahraga table tenis telah dimainkan oleh banyak orang bahkan hampir semua kalangan menyukainya. Jangan sampai lewatkan permainan tenis karena sangat seru apabila dimainkan bersama teman sesama tongkrongan.

Baca Juga : Daftar Pasangan Duet Badminton Terbaik Sepanjang Sejarah

Mulai sekarang Anda bisa mempelajari teknik bermain tersebut secara mudah tanpa harus mengalami kesulitan lagi. Usahakan selalu memainkan sesuai ketentuan tersebut agar kemenangan mudah diraih walaupun masih amatir. Mainkan tenis meja internasional sejak dini dan raihlah banyak kemenangan selama pertandingan resmi maupun main biasa berlangsung.

Related posts
Tenis

Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

4 Mins read
Pertandingan dalam olahraga tenis di dunia tentu saja menggunakan lapangan tenis terbaik sebagai tempat dalam digunakan selama laga berlangsung. Jika sudah menggunakan…
Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read
Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan…
Tenis

Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

4 Mins read
Atlet tenis berlatih di lapangan setiap hari agar bisa tampil prima saat bermain dalam sebuah pertandingan. Berbagai latihan mereka lakukan mulai dari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *