Tenis

Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

4 Mins read

Atlet tenis berlatih di lapangan setiap hari agar bisa tampil prima saat bermain dalam sebuah pertandingan. Berbagai latihan mereka lakukan mulai dari latihan teknik, latihan fisik, pemanasan, dan lain-lain. Semua atlet tenis harus menjaga performa hingga daya tahan tubuhnya agar selalu fit ketika pertandingan berlangsung.

Baca Juga : Fakta Badminton Indonesia dan Perkembangannya

Seperti halnya dengan permainan lain misalnya sepak bola maupun bola voli, latihan diperlukan bagi para atlet tenis lapangan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan melatih fisiknya secara teratur, maka kualitas mereka dalam menjaga fisiknya akan semakin baik. Berbagai rangkaian latihan fisik harus mereka lakukan pada jadwal yang telah ditentukan.

Kiat Atlet tenis berlatih di lapangan Fisik

Atlet tenis berlatih di lapangan

Melatih fisik agar selalu dalam kondisi prima menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan oleh para atlet. Beban fisik dalam sebuah pertandingan tentu saja cukup berat. Maka, meluangkan waktu untuk meningkatkan energi bisa dilakukan dengan melatih fisik secara rutin. Berbagai jenis latihan fisik berikut bisa melatih fisik tubuh para atlet agar selalu prima.

  1. Lari santai

Lari santai alias jogging menjadi salah satu kiat atlet tenis berlatih di lapangan kebugaran fisik. Ini merupakan jenis latihan mudah dan santai. Mereka bisa melakukannya kapan saja di waktu luang.

Kegiatan berlari dalam waktu tertentu ini sangat baik dalam meningkatkan performa tubuh. Sebenarnya, tidak harus lari santai si. Para atlet juga bisa melakukan jalan santai maupun jalan kaki biasa.

  1. Latihan bermain

Seorang Atlet tenis berlatih di lapangan juga bisa meningkatkan performanya dengan berlatih bermain tenis lapangan di lapangan. Program latihan bisa membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat sekaligus membuat skill para pemain menjadi lebih bertambah.

Latihan biasanya dilakukan dalam waktu cukup panjang. Latihan dengan rutin akan membuat permainan menjadi semakin prima.

  1. Melatih gerakan tertentu agar lincah

Cara atlet tenis berlatih di lapangan kelincahan bisa membuat permainan mereka menjadi semakin baik. Bagaimanapun juga, pemain tenis memang harus lincah ketia akan terjun dalam sebuah pertandingan. Apalagi bola seringkali datang dari arah yang tidak terduga.

Maka, latihan kelincahan bisa dilakukan mulai dari latihan lari bolak-balik, lari zig zag, lari maju mundur, hingga hexagon drill. Ini akan membuat pemain menjadi semakin lincah.

Hal–hal yang Mempengaruhi Mental Atlet Tenis Ketika Bertanding

Atlet tenis berlatih di lapangan

Melakukan sebuah pertandingan besar memang tidak mudah dilakukan. Apalagi ketika seorang pemain belum memiliki rasa percaya diri yang besar. Ada beberapa hal tertentu yang bisa mempengaruhi mental para atlet ketika sedang bermain dalam sebuah pertandingan.

  1. Menghadapi tim yang kuat

Ketika seorang Atlet tenis berlatih di lapangan mengetahui bahwa tim yang akan dihadapinya adalah sebuah tim yang kuat, maka ini memang akan berpengaruh pada mental mereka. Padahal, belum tentu tim yang kuat tersebut akan memenangkan pertandingan.

  1. Pengalaman kegagalan

Pengalaman kegagalan yang pernah dialami oleh seorang atlet juga bisa menjadi sebuah hal yang mengacaukan mental ketika akan bertanding.

  1. Suasana pertandingan

Suasana dalam setiap pertandingan pasti akan berbeda-beda. Adanya suasana kondusif, sorak sorai penonton, hingga dukungan keluarga akan menjadi sebuah hal yang mempengaruhi bagaimana mental seorang atlet yang akan bermain.

  1. Hubungan pemain dan pelatih

Hubungan pemain dengan pelatih faktanya juga menjadi sebuah hal yang akan memicu bagaimana kondisi mental dan emosional para atlet. Maka, hubungan yang harmonis sangat diharapkan dalam hal ini.

Berbagai hal tersebut di atas memang memiliki pengaruh besar dalam diri seorang pemain tenis lapangan. Maka, sudah seharusnya jika atlet tenis berlatih di lapangan mental untuk mendapatkan kondisi siap dari sisi mental mereka.

Jika kondisi fisik dan mental sudah seimbang, maka mereka bisa mendapatkan pertandingan yang maksimal bagaimanapun hasilnya. Untuk itu, para pemain bisa mempelajari bagaimana berlatih mental di bawah ini.

Melatih Mental Dalam Tenis Lapangan

Atlet tenis berlatih di lapangan

Kiat atlet tenis berlatih di lapangan fisik di atas memang harus dilakukan secara teratur. Disamping itu, para pemain juga harus menjaga dan melatih mental mereka ketika akan terjun dalam sebuah pertandingan. Tidak sedikit pemain yang merasa demam lapangan ketika pertandingan akan dimulai.

Itulah mengapa, berlatih mental harus dilakukan secara rutin agar pemain tidak merasa gugup. Bahkan, berlatih mental tidak hanya dilakukan oleh para pemain pemula saja. Ini bisa dilakukan sejak umur dini hingga mencapai umur besar. Peranan pelatih dalam membina pelatihan mental para pemain tenis akan sangat berpengaruh.

Dengan begitu, setiap pelatih harus menanamkan unsur-unsur positif apa saja yang mendukung setiap pemain dalam mencapai prestasi olahraga tenis lapangan yang ditekuninya. Berlatih mental akan mendukung, mendorong, serta menggerakkan kemampuan fisik bagi para pemain agar mencapai prestasi yang lebih prima.

Nah, atlet tenis berlatih di lapangan mental bersama sang pelatih tentang beberapa hal di bawah ini.

Atlet tenis berlatih di lapangan

  1. Karakter bawaan

Temperamen dari karakter bawaan pada diri seorang pemain memang perlu dilatih. Bawaan diri yang baik harus ditingkatkan sedangkan karakter bawaan yang buruk sedikit demi sedikit bisa dikurangi.

  1. Psikologi

Pelatihan psikologi untuk para pemain meliputi minat, perhatian, dan konsentrasi. Ini akan mendukung para pemain agar bisa bertanding dengan lebih bersemangat.

  1. Kepribadian dan budi pekerti

Atlet tenis juga harus memiliki budi pekerti serta kepribadian yang baik. Bagaimana mereka menghargai dan menghadapi lawan akan dilatih dalam pelatihan mental ini.

  1. Sikap ketakwaan

Para atlet tenis juga harus dibina dari segi ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Mereka bisa membiasakan diri berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.

  1. Daya juang tinggi

Sikap mental tersebut juga sangat penting bagi setiap Atlet tenis berlatih di lapangan. Mereka harus dilatih tahan terhadap stress, percaya diri, memiliki ketegaran mental dalam bertanding, ulet, dan pantang menyerah. Apapun hasil pertandingan, setiap atlet harus menerimanya dengan lapang dada dan menjadikannya sebagai pelajaran berharga.

Strategi Membangkitkan Minat Atlet Tenis Lapangan

Atlet tenis berlatih di lapangan

Sebenarnya, Indonesia memiliki atlet tenis lapangan yang cukup melimpah. Dari generasi ke generasi, para pemain profesional terus melaju hingga kancah internasional dan membanggakan tanah air. Hal tersebut harus diiringi dengan regenerasi agar cabang olahraga ini selalu ramai.

Para atlet tenis berlatih di lapangan dengan sebaik mungkin setiap harinya. Namun, hal apa saja yang bisa membangkitkan minat mereka dalam bertanding? Salah satu hal yang bisa membangkitkan minta dari para pemain tenis pemula adalah diadakannya sebuah kejuaraan.

Kejuaraan yang diadakan nyatanya bisa menjadi sebuah pemicu semangat bagi para generasi muda pecinta olahraga tersebut. Diadakannya kejuaraan di berbagai daerah bisa menyaring para kawula muda yang memiliki bakat dan skill baik dalam cabang olahraga tersebut.

Mengadakan kejuaraan tenis lapangan bisa menjadi upaya dalam melangsungkan regenerasi cabang olahraga tersebut. Para petenis muda akan meningkatkan performa mereka. Disamping itu, mereka juga akan merasakan sebuah atmosfer pertandingan. Kejuaraan nyatanya juga akan membuat mental mereka semakin teruji di lapangan.

Atlet tenis di lapangan berlatih untuk maju dan berani dalam menghadapi lawan dalam sebuah turnamen yang diadakan. Melalui hal tersebut, mereka akan mempelajari bagaimana untuk bisa bermain dengan lebih baik lagi agar bisa mencapai prestasi yang diharapkan.

Baca Juga : Berikut adalah 4 Hero Harus Diwaspadai di MPL Season7

Permainan tenis lapangan menjadi sebuah permainan populer di Indonesia maupun di dunia. Sebagai generasi muda, setiap orang bisa meningkatkan skill agar bisa menjadi master dalam bidang ini. Kiat atlet tenis berlatih di lapangan fisik dan mental di atas bisa menjadi pendukung para calon profesional untuk menggapai cita-cita mereka.

Related posts
Tenis

Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

4 Mins read
Pertandingan dalam olahraga tenis di dunia tentu saja menggunakan lapangan tenis terbaik sebagai tempat dalam digunakan selama laga berlangsung. Jika sudah menggunakan…
Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read
Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan…
Tenis

Strategi Bermain Tenis Lapangan Digunakan Pemain Dunia

4 Mins read
Sebagai salah satu cabang olahraga sudah dikenal secara umum oleh banyak orang di dunia, menggunakan strategi bermain tenis lapangan yang baik dan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *