Tenis

Sejarah Permainan Tenis Hingga Pertandingan Internasional

4 Mins read

Menjadi salah satu cabang olahraga telah digunakan sebagai perlombaan tingkat dunia, sejarah permainan tenis telah melewati berbagai macam perkembangan hingga kini. Biasanya untuk game ini dimainkan menggunakan formasi pasangan pemain pada satu lapangan atau dimainkan oleh double pemain.

Lebih dalam mengenal kembali mengenai permainan tenis tersebut. Tiap pemain diharuskan agar memegang satu buah raket yang nantinya digunakan sebagai alat pemukul bola karet. Jika ingin mendapatkan kemenangan di saat sedang berada pada permainan olahraga, maka harus bisa mengalahkan lawan.

Baca Juga : Informasi Lengkap Pemain F1 Kelas Dunia Sepanjang Masa!

Untuk mengalahkan lawan tersebut dapat dilakukan dengan mengembalikan bola karet yang tidak dapat dikontrol secara baik oleh lawan main Anda. Dengan begitu kemenangan bisa didapatkan saat sedang bertanding bersama lawan, saat sudah mendapatkan poin penuh di saat laga berlangsung.

Mengenai sejarah permainan tenis sudah mulai masuk menjadi cabang pertandingan sport pada olimpiade sehingga mulai dimainkan oleh banyak orang. Pada seluruh tingkatan masyarakat mulai mengetahui juga memahami mengenai berbagai macam serba – serbi maupun sejarah mengenai olahraga tenis tersebut.

Olahraga ini juga merupakan cabang yang bisa dimainkan tanpa ada pengecualian dalam segala usia. Untuk permainan game modern mulai dikenal dari Birmingham, Inggris untuk akhir abad 19. Ini menjadi awal permainan olahraga mulai ada dan dilakukan dengan menggunakan lapangan rumput saat sedang bermain.

Sedangkan untuk peraturan telah terjadi sedikit perubahan pada tahun 1890 untuk bagian melakukan servis. Penjagaan kaki saat melakukan servis tersebut menjadi sebuah perubahan telah dilakukan pada game tenis dan menambahkan beberapa teknologi terbaru sehingga mulai bisa ditinjau menggunakan monitor elektronik.

Berikut adalah beberapa Sejarah Permainan Tenis, Hingga Hadir untuk Pertandingan Internasional

Mengenal Sejarah Permainan Tenis Mulai Dikenal

sejarah permainan tenis

Mengenai asal muasal permainan tenis ini hingga saat ini masih belum mengalami kejelasan. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa penjelasan mulai dari Yunani, Mesir, hingga Romawi Kuno sebagai asal muasal munculnya game tersebut hingga dapat masuk pada cabang olahraga pada olimpiade.

Gambaran mengenai game olahraga tersebut masih belum dapat ditemukan secara pasti dari mana asal muasalnya. Namun ada beberapa bukti dari Mesir menggunakan temuan berupa dituliskan menggunakan bahasa arab kuno mengenai game menggunakan pemanfaatan bola karet ini, mulai menjadi sebuah pencerahan.

Banyak juga yang mengatakan sejarah permainan tenis berupa istilah tenis sendiri berasal dari kata Tinnis sebagai alah satu kota berlokasi di Mesir. Kota tersebut merupakan sebuah kota di pinggir sungai Nil dan menjadi perkiraan asal muasal game tenis ada di dunia hingga masa sekarang.

Ada juga sejarawan yang mengatakan jika game ini berasal dari Prancis di abad 12. Awalnya game dimainkan hanya menggunakan media telapak tangan, buktinya adalah Louis X yang berasal dari prancis menjadi salah satu orang menyukai game dengan memukul bola menggunakan tangan tersebut.

Pada pernyataan tersebut diyakini jika game berubah serta berkembang dengan bermain pada lapangan menggunakan gaya lebih modern. Louis sendiri kurang suka untuk bermain game pada lapangan terbuka, maka dari itu di abad ke 13 mulai dibangun lapangan tertutup untuk permainan di Paris.

Louis X ini merupakan pemain tenis pertama tercatat pada sejarah pertandingan. Dengan melihat kemampuan bermain telah diperlihatkan, meskipun masih belum dapat dinyatakan secara pasti. Namun Louis X sudah mulai bermain permainan tenis tersebut dengan menggunakan sebuah lapangan saat sedang memainkannya.

Perkembangan Tenis Menjadi Lebih Modern

sejarah permainan tenis

Untuk permainan tenis dilakukan secara modern juga mulai bermunculan saat ada beberapa negara mulai membuat lapangan game di sebuah rumah besar. Dengan menggunakan kepopuleran dari permainan tersebut maka tidak heran jika sejarah permainan tenis mulai mengalami perkembangan lebih modern.

Beberapa kelas atas Inggris telah menciptakan lapangan digunakan bermain tenis pada sebuah rumah besar. Selain itu game tersebut juga sangat populer jika dimainkan pada sebuah halaman rumput juga menjadi tren untuk perkembangan olahraga menjadi lebih modern dan banyak digunakan sebagai permainan menyenangkan.

Ketika bermain pada halaman rumput tersebut lebih sering disebut dengan nama ‘Lawn Tennis’ atau bisa juga dikatakan sebagai game lapangan rumput. Semenjak ini, mulailah dikenal bola karet untuk digunakan dalam bermain game. Bola dengan bahan karet ini digunakan untuk mengurangi kerusakan pada rumput.

Mengenal sejarah permainan tenis, permainan dengan menggunakan bola elastis tersebut tidak membuat rumput rusak serta tidak mengurangi keelastisan dari bola karet sendiri. Percobaan memainkan olahraga tersebut juga telah dilakukan mulai dari menggunakan lapangan berupa tanah liat juga semen.

Semakin berkembangnya waktu, permainan tenis juga semakin dikenal dan mulai masuk ke dalam ajang pertandingan untuk musim panas. Dengan begitu, permainan ini semakin lebih banyak dikenal oleh masyarakat secara umum. Karena masuk pada pertandingan All England Croquet Club, menarik minat banyak masyarakat.

Apa Saja Peraturan Permainan Tenis? Simak Penjelasannya

sejarah permainan tenis

Jika ingin mendalami mengenai sejarah permainan tenis, maka telah tercipta juga aturan di dalam bermain olahraga menyenangkan juga dikatakan populer tersebut. Dengan memanfaatkan aturan ini, secara baik juga benar, maka semakin nyaman di saat sedang bermain pada bola tenis bersama dengan lawan main Anda lainnya.

Untuk lapangan olahraga sendiri memiliki dua sisi yang telah dibagi sama besar menggunakan garis juga jarring. Jarring pada tengah lapangan memiliki tinggi akurat yaitu 91.4 cm saja. Sedangkan untuk bagian pinggir lapangan jarring lebih tinggi yaitu ada pada ketinggian 107 cm.

Pada bagian belakang lapangan juga telah terbagi menjadi 3 buah kotakan yang digunakan untuk berbagai macam permainan pada tenis. Kotak paling besar pada bagian belakang juga sudah terbagi menjadi 2 bagian berupa tepat untuk melakukan service juga center mark di saat sedang bermain.

Garis – garis putih merupakan sebuah ciri khas yang ada pada lapangan olahraga. Menurut sejarah permainan tenis, garis putih tersebut digunakan sebagai patokan agar pemain tidak melewati batas garis telah ditentukan saat akan melakukan pukulan pertama kali, juga untuk menyatakan bola masuk atau keluar dari lapangan.

Jika ingin mendapatkan kemenangan, maka harus bisa membuat lawan main tidak bisa menerima bola dipantulkan juga memasukkan bola akurat di dalam garis. Selain itu, mengontrol permainan lawan dengan menggunakan sebuah strategi juga bisa dilakukan saat sedang bermain.

Teknik Digunakan Pada Sejarah Permainan Tenis

sejarah permainan tenis

Teknik pukulan berupa forehand menjadi trik atau cara terbaik untuk memegang raket ketika menghadapkannya kedepan. Dengan menggunakan pukulan tersebut, maka semakin mudah untuk mendapatkan kemenangan saat sedang bermain bersama dengan lawan main pada pertandingan tenis lapangan tersebut.

Selanjutnya ada juga jenis pukulan backhand, groundstroke, juga slice biasanya banyak digunakan oleh pemain tenis. Para atlet tenis bisa mengkombinasikan berbagai macam pukulan tersebut sehingga dengan mudah menumbangkan lawan main mereka. Maka dari itu, atlet tenis harus menguasai semua macam pukulan.

Kemudian ada salah satu pukulan menarik berupa Spin, ini dilakukan dengan sedikit memiringkan raket agar dapat mengenai bola. Hasil dari pantulan bola karet adalah berputar dan membuat bola tersebut bisa mengalami perubahan arah, ini dapat digunakan untuk mencegah lawan main Anda.

Baca Juga : Netizen Indonesia Hujat BWF, Kini Dapat Ancaman Teror Juga!

Pukulan untuk mematikan lawan lebih banyak dilakukan dengan menggunakan smash. Namun tentu saja untuk melakukan pukulan tersebut menggunakan tenaga keras. Jika berhasil maka bisa mematikan lawan, menurut sejarah permainan tenis berbagai macam pukulan lain juga dapat digunakan.

Related posts
Tenis

Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

4 Mins read
Pertandingan dalam olahraga tenis di dunia tentu saja menggunakan lapangan tenis terbaik sebagai tempat dalam digunakan selama laga berlangsung. Jika sudah menggunakan…
Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read
Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan…
Tenis

Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

4 Mins read
Atlet tenis berlatih di lapangan setiap hari agar bisa tampil prima saat bermain dalam sebuah pertandingan. Berbagai latihan mereka lakukan mulai dari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *