Tenis

Ragam Manfaat Tenis untuk Anak dari Fisik Hingga Kecerdasan

4 Mins read

Sebagai salah satu olahraga konvensional, ada banyak manfaat tenis untuk anak, terutama tumbuh kembang mereka. Olahraga ini terbukti secara ilmiah sebagai aktivitas dengan banyak benefit apabila dilakukan dengan benar dan rutin. Selain meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit, juga melatih kekuatan otot dan keterampilan motorik.

Baca Juga : Atlet Badminton Indonesia Paling Sukses dan Melegenda Semua Sektor

Olahraga, selain menjaga kesehatan juga dapat menjadi hobi yang dilakukan pada waktu senggang sebagai refreshing. Berolahraga tidak hanya diperlukan remaja dan dewasa, namun juga anak-anak. Sejak dini anak perlu dikenalkan dengan olahraga sehingga menjadi kebiasaan dan bagian dari hidup mereka agar badan terjaga dari penyakit.

Anak-anak memiliki porsi olahraga berbeda dengan remaja dan dewasa, yang pasti lebih sedikit. Pilihan olahraga yang tersedia untuk mereka sebenarnya cukup bervariasi, mulai olahraga sederhana hingga membutuhkan keterampilan khusus. Salah satu pilihan olahraga yang tepat adalah tenis lapangan. Berikut fungsi main tenis untuk anak beragam.

Manfaat Tenis untuk Anak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat tenis untuk anak

Tenis lapangan merupakan olahraga yang banyak membutuhkan gerakan berlari dari satu sisi ke lainnya. Berlari sendiri memiliki intensitas gerak relatif tinggi, sehingga membutuhkan banyak energi. Saat berlari, jantung dapat memompa darah. Kemudian darah dialirkan ke tubuh anak agar mendapat cukup energi untuk berlari dengan lincah.

Selain baik untuk kesehatan kardiovaskular, jantung anak yang terlatih melakukan gerakan seperti berlari akan lebih terbiasa untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien. Dengan aliran yang baik, peredaran darah pada tubuh akan lebih lancar. Hal ini baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit.

Manfaat tenis untuk anak selanjutnya berkaitan dengan otot pada tubuh. Pada tenis lapangan, banyak teknik mendasar untuk dipelajari. Beberapa teknik memukul seperti forehand (pukulan dari belakang), backhand (pukulan tangan kanan dari sebelah kiri), service (mengoper bola), dan smash (pukulan keras) semuanya menggunakan gerak otot berbeda.

Dengan berbagai macam gerakan otot, anak melatih koordinasi ototnya sehingga lebih sinkron dan terlatih. Hal ini cukup mudah dilatih oleh orang dewasa, namun tidak bagi anak. Merupakan tantangan tersendiri untuk mengatur koordinasi antara otot tangan dengan kaki, sehingga keterampilan ini akan sangat berguna bagi perkembangannya.

Dapat Membuat Otot Semakin Kuat

Manfaat tenis untuk anak

Selain koordinasi, manfaat tenis untuk anak juga dapat melatih otot agar lebih kuat dari sebelumnya. Olahraga ini cukup banyak menggunakan kekuatan otot. Otot yang paling banyak dilatih dalam tenis yaitu kaki dan tangan. Hal ini ditujukan agar pemain dapat memukul bola dengan cepat dan efektif.

Anda tentu tahu bahwa lapangan tenis sangat besar dibandingkan jenis olahraga lainnya. Di luasnya arena permainan, anak akan banyak berlari mengejar bola dengan jarak panjang. Bisa dari pojok hingga pojok lapangan. Gerakan ini dapat membantu membakar kalori tubuh melalui keringat dan detak jantung yang cepat.

Kalori tubuh yang masuk, apabila tidak diiringi dengan keluarnya kalori maka akan menumpuk menjadi lemak. Bagi anak, hal ini sangat berbahaya bagi pertumbuhannya. Apalagi masih banyak anak dibiasakan dan menyukai makanan manis serta karbohidrat simpel dalam kadar tinggi. Membakar kalori menjadi keuntungan bagi diri sendiri.

Itu manfaat tenis untuk anak, kalau dewasa bisa membakar hingga 500 kalori dalam sejam. Bagi anak tentu intensitasnya lebih ringan, namun hal ini tentu bagus untuk menurunkan risiko obesitas. Saat ini semakin banyak anak mengalami obesitas dan hal tersebut dapat mengancam kesehatannya jika tidak ditangani.

Bagian terpenting lainnya pada fisik anak adalah persendian karena masih relatif belum kokoh. Sendi merupakan daerah yang cukup sensitif, mereka rentan terhadap cedera sendi seperti keseleo karena mereka sering membuat gerakan tidak terduga. Gerakan dalam tenis melatih kekuatan kaki dan tangan agar tidak membebani sendi.

Benefit Bagi Perkembangan Mental Anak

Manfaat tenis untuk anak

Selanjutnya manfaat tenis untuk anak yaitu melatih kewaspadaan pada perkembangan mental. Hal ini karena pertandingan melatih ketajaman mereka dalam menggunakan intuisinya mempertimbangkan gerakan apa selanjutnya. Selain itu, refleks pada motorik kasar maupun halus dapat semakin membaik dengan latihan yang tepat dan istirahat sesuai kebutuhan.

Manfaat tenis untuk anak adalah keseimbangan isu perkembangan yang tidak kalah penting pada balita. Dalam permainan, anak perlu melatih keseimbangan agar tidak terjatuh saat berlari dan melompat. Koordinasi tangan dan mata turut memainkan peran dalam membuat gerakan cepat dan aman. Dalam hal krusial ini, pendampingan pelatih sangat diperlukan.

Bukan hanya bagi kesehatan fisik, tenis lapangan juga baik bagi perkembangan kepribadian. Olahraga ini tidak sesederhana melompat atau memasukkan bola ke dalam keranjang, namun memiliki teknik khusus yang membutuhkan kedisiplinan dan kemauan untuk berlatih secara bertahap dan konsisten. Hal ini merupakan tantangan untuk anak.

Tenis membutuhkan banyak latihan, tidak hanya dua atau tiga kali kemudian langsung bisa. Hal ini berarti manfaat tenis untuk anak juga dapat melatih kedisiplinan dan motivasi belajar sejak dini. Kedua hal tersebut merupakan modal bagi mereka menghadapi berbagai hal dalam kehidupan mereka sampai dewasa nantinya.

Melatih kedisiplinan dan motivasi belajar tidak berarti dilakukan dengan penuh tuntutan dan membuat anak merasa cemas. Agar dapat menumbuhkan kebiasaan baik, harus dilakukan dengan cara yang baik juga. Tenis lapangan bisa menjadi pilihan untuk berlatih dengan cara yang menyenangkan bagi anak agar terhindar dari kebosanan.

Manfaat tenis untuk anak dapat terlihat saat menjalani latihan. Dalam latihan, pelatih bukan hanya mengajarkan teknik namun juga memotivasi mereka agar memiliki tekad kuat. Sehingga mereka tidak mudah menyerah saat belum bisa mempraktekkan teknik bermain dengan benar dan tetap berusaha, pelan tapi pasti.

Manfaat Bagi Kecerdasan Otak Anak

Manfaat tenis untuk anak

Pemain tidak boleh asal melakukan pukulan dalam pertandingan. Jika pukulan dilakukan secara asal tidak dengan strategi yang tepat, hanya menghabiskan waktu dan tenaga. Mereka juga akan sulit mendapatkan poin, oleh karena itu Manfaat tenis untuk anak juga dilatih untuk membuat analisis sederhana terkait kemampuan lawan agar bisa mengatasinya.

Dalam pertandingan, pemain diajarkan untuk memperhatikan seperti apa teknik yang digunakan oleh lawannya. Kondisi seperti itu secara tidak langsung membiasakannya belajar menganalisis dan membuat keputusan terhadap langkah selanjutnya untuk mencapai kemenangan. Manfaatnya tentu langsung berperan dalam kecerdasan emosional dan pemecahan masalah lebih cepat serta tepat.

Manfaat tenis untuk anak membantu dalam merangsang beberapa bagian otak berbeda. Mereka menggunakan korteks prefrontal pada otak dalam mengantisipasi bola yang datang. Hal ini juga merangsang hipocampus, yaitu bagian otak terkait pengaturan emosi. Berbagai rentang emosi yang mereka rasakan saat bermain bermanfaat untuk jangka panjang.

Tahap perkembangan adalah isu yang perlu mendapat perhatian khusus. Selain menunjang kualitas asupan gizi, banyak aspek penting lainnya seperti kepribadian, kecerdasan, serta aktivitas yang mereka sukai. Tenis lapangan adalah olahraga yang relatif terjangkau karena umumnya Anda hanya perlu membeli raket dan bola.

Masih belum banyak orang yang belajar bermain tenis. Oleh karena itu tenis memiliki peluang dan masa depan yang cukup menjanjikan bagi mereka yang serius mempelajari olahraga ini. Anak-anak pun bisa mendapatkan keragaman manfaat bahkan beasiswa di bidang tenis sehingga membawa kebanggaan tersendiri bagi mereka.

Baca Juga : Perubahan Mengejutkan Rekrutmen Pemain Baru EVOS Hingga Rencana Kedepannya

Meski di Indonesia ketenaran tenis belum sebesar bulutangkis, namun masih terus berkembang sebagai olahraga intensitas tinggi. Tidak ada salahnya mempelajari olahraga yang belum banyak dikuasai orang. Berdasarkan berbagai benefit yang telah dibahas, Anda mendapat gambaran bahwa ada banyak manfaat tenis untuk anak menjadikannya patut dicoba.

Related posts
Tenis

Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

4 Mins read
Pertandingan dalam olahraga tenis di dunia tentu saja menggunakan lapangan tenis terbaik sebagai tempat dalam digunakan selama laga berlangsung. Jika sudah menggunakan…
Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read
Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan…
Tenis

Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

4 Mins read
Atlet tenis berlatih di lapangan setiap hari agar bisa tampil prima saat bermain dalam sebuah pertandingan. Berbagai latihan mereka lakukan mulai dari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *