Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read

Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan olahraga, pasti latihan fisik wajib untuk dilakukan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan tertentu sesuai kebutuhan dan jenis olahraga apa yang akan dilakukan.

Baca Juga : Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

Karena berbeda latihan berbeda juga hasil yang akan didapatkan, jadi pastikan dahulu hal apa yang Anda cari untuk latihan fisik. Agar nantinya hasil latihan bisa didapatkan dengan maksimal. usahakan jangan asal-asalan karena bukannya memberikan manfaat nanti akan menjadi cedera jika salah dalam melakukan latian.

Memang terlihat mudah dan sederhana untuk melakukan latihan fisik sebelum bermain tenis lapangan. Tenis sendiri merupakan permainan yang memerlukan ketangkasan dalam bermain. Jadi sering latihan fisik untuk membangun fisik baik dalam kelincahan dan ketangkasan itu merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan.

Kekuatan fisik juga diperlukan karena membawa raket tenis selama pertandingan harus dibiasakan. Jika tidak otot-otot tersebut akan kaget dan terjadi otot tegang nantinya, sebisa mungkin jangan sampai terjadi.

Berikut beberapa latihan fisik untuk persiapan main tenis agar permainan berjalan lebih lancar.

Latihan untuk Daya Tahan Fisik

Persiapan Main Tenis

Maksud dari daya tahan ini adalah ketahanan fisik dimana seseorang dapat melakukan aktivitas secara maksimal, walaupun beban aktivitas tersebut bisa dibilang berat dan melakukannya dalam rentang waktu cukup lama. Itu juga jika tidak terjadi kesalahan yang sering dan fatal tentunya, berikut beberapa latihan yang cocok.

Persiapan main tenis pertama untuk mengasah daya tahan adalah jogging. Latihan satu ini pasti Anda sudah tidak asing lagi yaitu kegiatan lari-lari dengan kecepatan dari rendah hingga sedang selama rentang waktu tertentu. Jogging ini seharusnya tidak memerlukan istirahat dengan berhenti, lebih baik istirahat dilakukan sambil jalan kaki.

Berlatih dilapangan adalah hal yang bisa dilakukan agar daya tahan terjaga, yaitu dengan cara berlari-lari dengan kecepatan sedang serta dipadukan beberapa gerakan tambahan. Disarankan untuk berlatih dengan durasi 90 detik dan istirahat selama 90 detik. Persiapan main tenis lebih baik dilakukan secara berulang.

Selain berlatih secara jogging dan dilapangan, Anda juga bisa berlatih langsung dengan bermain tenis untuk alternatif lain. Dengan langsung bermain tenis dilapangan selain melatih daya tahan akan bisa mengukur kemampuan daya tahan Anda saat itu. Dan Anda bisa meningkatkan durasi bermain.

Peningkatan durasi ini juga perlu dilakukan agar daya tahan juga bisa berkembang walaupun sedikit demi sedikit. Maka dari itu daya tahan tersebut perlu ditingkatkan agar saat permainan dimulai bisa dilakukan secara maksimal. Serta ketahui batas-batas kemampuan Anda, sebisa mungkin jangan memaksa diri berlebihan.

Menjaga Tingkat Kelenturan Pada Tubuh

Persiapan Main Tenis

Melatih kelenturan tubuh ini penting untuk seseorang yang akan bermain tenis lapangan. Kelenturan ini sendiri merupakan tingkat keleluasaan pergerakan Anda yang biasanya dilakukan oleh bagian persendian. Menjangkau bola tenis yang jauh akan menjadi lebih sulit jika saja pemain tenis tidak memiliki cukup kelenturan.

Maka beberapa persiapan main tenis untuk meningkatkan kelenturan tubuh ini perlu dilakukan. Pertama adalah melakuan peregangan atau stretching, aktivitas ini tentu saja diperlukan untuk tetap menjaga tubuh menjadi lebih lentur. Usahakan sebelum melakukan permainan lakukan peregangan ini agar kelenturan bagian tubuh bisa didapatkan dengan maksimal.

Melakukan servis bola juga dapat melatih kelenturan tubuh Anda, terutama di daerah pinggang. Penting sekali untuk memberikan kelenturan pada bagian tubuh ini apalagi jika sedang melakukan servis. Bisa diakali dengan melatih kelenturan ini menggunakan raket dengan melakukan gerakan servis tetapi tanpa bola.

Selain dapat melatih servis dengan benar dan tepat, kelenturan bagian pinggan serta bagian tubuh lainnya akan didapatkan. Kelenturan ini tentunya sangatlah penting agar seorang pemain tenis bisa memaksimalkan kemampuan persendiannya. Dengan ini maka hasil bermainpun akan lebih memuaskan dibandingkan tanpa melakukan persiapan.

Persiapan Main Tenis, Latih Kelincahan

Persiapan Main Tenis

Melatih kelincahan gerakan pemain merupakan salah satu persiapan dalam main tenis yang harus dilakukan demi memaksimalkan permainan dilapangan nantinya. kelincahan sendiri berarti dimana seseorang mampu mengubah arah baik sebagian ataupun seluruh anggora tubuhnya secara cepat dan keseimbangan masih tetap terjaga dan stabil.

Tentu saja jika pemain tidak memiliki kelincahan yang cukup, maka akan kesulitan saat mulai bertanding. Karena kemungkinan lawan akan secara sengaja memberikan bola di titik yang sulit dijangkau. Di saat seperti itulah kelincahan akan diperlukan, untuk melatihnya tentu saja memerlukan beberapa gerakan untuk melatih kelincahan.

Contoh yang cocok untuk memberikan kelincahan maksimal saat bermain tenis adalah dengan cara lari bolak balik, lebih baik tambah kecepatan lari secara bertahap. Selanjutnya lari maju mundur, selayaknya dengan lari bolak balik tetapi ditambah dengan lari mundur. Setelah itu bisa melakukan lari zig-zag, bertahap.

Melatih kelincahan ini juga bisa dilakukan dengan cara menirukan gerakan saat mulai bermain tenis. Atau Anda juga bisa menambahkan latihan Hexagon Drill dalam daftar pelatihan kelincahan. Tanpa persiapan main tenis dengan melatih kelincahan ini maka pemain tidak akan bisa menerima pukulan lawan yang sulit.

Pelatihan yang mirip dengan kelincahan adalah melatih kecepatan gerakan tubuh, dimana hal ini penting sekali. Seorang petenis harus mampu berpindah dari salah satu titik ke titik lain dengan cepat. Cepat berarti tidak membutuhkan waktu yang banyak. Gunakan gerakan mirip-mirip saat melatih kelincahan.

Hanya saja fokuskan kepada kecepatan lari dan gerak tubuh, seperti lari bolak balik selama 5 detik. Usahakan untuk melakukannya secara terus menurus dan sesering mungkin agar kecepatan bisa meningkat. Kecepatan dan kelincahan merupakan dua hal harus ditingkatkan secara bersamaan.

Meningkatkan Kekuatan pada Otot Tubuh

Persiapan Main Tenis

Selain beberapa jenis pelatihan di atas, salah satu hal yang penting dan tidak boleh dilupakan adalah kekuatan otot tubuh pemain. Dimana hal ini tentu saja penting, karena terdapat beban saat mulai bermain tenis. Wajar saja kekuatan otot diperlukan agar dapat lebih tahan saat diberikan beban.

Semakin lama beban diberikan semakin kuat juga tingkat kekuatan otot tubuh. Terdapat beberapa cara melatih kekuatan seorang pemain, yaitu dengan melakukan dengan beban sendiri dan beban tambahan. Dua aktivitas persiapan main tenis tersebut sebenarnya sama dan memang harus dilakukan secara rutin dan hati-hati.

Contoh dengan beban sendiri seperti melakukan gerakan mengayuh sepeda dengan posisi tidur terlentang. Kaki digerakan seperti seakan-akan mengayuh sepeda, setelah itu lakukan gerakan memindahkan kaki kiri dan kaki kanan dengan posisi tidur juga serta masih banyak lagi.

Jika menggunakan beban tambahan, terdapat beberapa otot yang harus dilatih untuk meningkatkan kemampuan fisik. Seperti otot bisep dan trisep, bahu bagian depan dan dada, berguna untuk gerakan forehand. Mengasah kekuatan otot bahu untuk gerakan backhand dan juga servis bola nantinya.

Baca Juga : Tim Terbaik NBA Gagal Juara, Berikut Faktanya

Dan masih banyak lagi cara melatih ketahanan dan kekuatan fisik jika Anda seorang pemain tenis, baik sudah lama bermain ataupun masih pemula. Ingat, lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh, jangan sampai memaksakan. Tambahkan porsi latihan sedikit demi sedikit agar persiapan main tenis lebih matang.

Related posts
Tenis

Tips Bermain Tenis Meja Sehingga Bisa Menang Mudah

5 Mins read
Jika Anda senang bermain tenis meja dan ingin menang saat bermainnya, Anda perlu tahu tentang tips bermain tenis meja. Karena meski terlihat…
Tenis

Peraturan Tenis Meja yang Penting Dipelajari Pemula

5 Mins read
Peraturan tenis meja merupakan hal dasar yang dipelajari pemain pemula jika ingin menjadi profesional. Karena dalam permainan ini bukan sekedar memukul bola…
HomeTenis

Jenis Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Cara Melakukannya

5 Mins read
Mempelajari jenis pukulan tenis meja merupakan salah satu teknik dasar yang harusnya dikuasai para pemain. Pukulan dalam permainan tenis meja kerap disebut…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *