Tenis

Peraturan Tenis Meja yang Penting Dipelajari Pemula

5 Mins read

Peraturan tenis meja merupakan hal dasar yang dipelajari pemain pemula jika ingin menjadi profesional. Karena dalam permainan ini bukan sekedar memukul bola diatas meja namun ada aturan didalamnya.

Tenis meja termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan secara resmi sehingga banyak dipelajari dari usia dini. Bahkan sering digunakan sebagai media hiburan karena memberikan keseruan tersendiri saat memainkannya.

Baca Juga : Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya dan Peraturannya

Namun Anda harus memahami betul apa saja yang menjadi aturannya agar tidak kesulitan saat bermain. Meskipun terlihat sederhana dan sepele tidak ada salahnya Anda simak penjelasan tentang aturan berikut ini.

Peraturan Tenis Meja Tentang Bet, Bola dan Meja

Tahukah Anda semua pemain tenis meja pasti menggunakan bet, bola dan meja menjadi bagian penting dalam permainan. Masing-masing dari perlengkapan atau peralatan yang digunakan memiliki aturan wajib dipatuhi pemain.

  1. Aturan tentang bet

Contohnya peraturan dalam tenis meja tentang bet atau raket yang biasa digunakan pemain untuk memukul bola. Semua pemain harus menggunakan bet sesuai standar dan tidak boleh membuat sesuai keinginan sendiri.

Standar dari bet yaitu 85% dari kayu dan sisanya serta karbon, serat kaca maupun kertas padat. Pada bagian sisi dilapisi karet ketebalannya tidak boleh lebih dari 2 mm tanpa spons.

Campuran bahan-bahannya memiliki tujuan yaitu membuat bet lebih kuat, kokoh dan nyaman digunakan. Biasanya warna yang digunakan pada karetnya yaitu satu sisi merah dan sisi lainnya hitam.

  1. Aturan tentang bola

Bola tenis meja juga diatur karena merupakan perlengkapan dasar yang dibutuhkan selain bet. Aturan standar bolanya yaitu berbentuk bulat sempurna dengan diameter 40 mm dan beratnya 2,7 gram.

Biasanya bahan yang digunakan untuk membuat bola yaitu plastik atau selulosa dan tidak boleh mengkilap. Sementara itu warna bolanya hanya ada 2 pilihan yaitu warna putih atau oranye saja.

  1. Aturan tentang meja

Peraturan tenis meja juga mengatur tentang meja harus memenuhi ukuran standar P= 2,74 m, L= 1,525 m. Sementara tingginya 76 cm dihitung dari permukaan lantai dan menjadi aturan standar internasional.

Untuk bahan mejanya sendiri adalah kayu namun harus menghasilkan pantulan kurang lebih 23 cm. Pada umumnya menggunakan warna hijau gelap dan harus ada garis pembatas 2 cm berwarna putih.

Peraturan Tentang Net dan Poin Kemenangan Tenis Meja

peraturan tenis meja

Selain bet, bola dan meja masih ada peraturan tenis meja lainnya yang mengatur tentang net serta poin. Kedua peraturan ini tidak kalah pentingnya karena menentukan jalannya permainan dan tim pemenang.

  1. Aturan tentang net

Jika Anda belum tahu apa itu net maka coba perhatikan jaring yang berada di tengah meja sebagai pembatas. Jaring ini tidak hanya sebagai hiasan saja namun menentukan jalannya permainan.

Ukuran standar net yaitu 15,25 cm diukur dari tiang penjaga net dengan penjepit net itu sendiri. Begitupun dengan standar tingginya tidak boleh melewati batas karena sudah ditentukan secara mendunia.

  1. Aturan tentang poin

Peraturan tenis meja tentang perhitungan poin dimana ada kondisi yang membuat pemain bisa mendapatkan nilai. Seperti bola melayang melewati meja secara langsung tanpa adanya pantulan terlebih dahulu.

Jika pemain lawan sudah menyentuh bola namun tidak bisa mengembalikan maka poin menjadi milik Anda. Lawan melakukan pukulan namun tidak mengenai pelapis karet maka gagal mendapatkan poin.

Ketika lawan melakukan servis tidak sempurna sehingga bola tersangkut net atau melewati namun tidak memantul. Lawan melakukan pukulan bola sampai dua kali sebelum melewati net karena aturannya hanya satu kali.

Ketika permainan sedang berjalan ternyata lawan sengaja atau tidak sengaja menyentuh net. Memegang meja dengan tangan tanpa memakai bet saat permainan sedang berjalan maka poin menjadi milik Anda.

Anda akan mendapatkan poin jika pemain membuat gerakan dengan tujuan permukaan meja menjadi bergerak. Hal ini termasuk pelanggaran yang dilakukan pemain sehingga pemain tidak bisa mendapatkan poin.

Peraturan Tentang Servis dan Pengembalian Bola Tenis Meja

peraturan tenis meja

Sebagai pemula Anda juga harus mengetahui kalau servis dan pengembalian bola termasuk dalam peraturan tenis meja. Kedua hal ini diatur dengan baik sesuai dengan standar internasional sehingga meminimalkan pelanggaran.

Pada awal permainan pemain tidak bisa memilih sendiri namun ada undian agar semua adil. Termasuk menentukan urutan servis pertama, pemain yang menerima bola dan tempat pertama sesuai undian.

Dari undian tersebut nantinya akan ditemukan siapa pemenangnya sehingga berhak menentukan pilihan. Jika Anda kalah undian tersebut maka harus menerima jika pihak lawan mengambil pilihannya di awal pertandingan.

Pemain yang menentukan pilihan di awal maka pihak lawan tidak boleh menentukan pilihan sama. Anda harus memilih lainnya yang terpenting tidak sama dan harus benar-benar dipertimbangan jangan gegabah ambil keputusan.

Ketika permainan sedang berjalan dan sudah selesai pada babak pertama maka harus berpindah tempat. Kemudian pada babak penentuan harus berpindah meja lagi jika salah satu pemain sudah mendapatkan 5 poin.

Peraturan tenis meja ketika pertandingan akan segera selesai ada perbedaan dengan mendapatkan 2 poin. Nantinya bergantian pemain akan melakukan servis sampai akhirnya permainan dinyatakan selesai dan sudah ada pemenangnya.

Kecuali jika kedua tim sudah mencapai poin 10 maka akan ada percepatan waktu dengan urutan servis masih tetap sama. Namun dari masing-masing pemain harus melakukan servis sekali secara bergantian.

Semua pemain harus mematuhi aturan tentang jalannya permainan tersebut agar pertandingan berjalan lancar. Jangan sampai Anda tidak mempelajari aturan ini sehingga ketika sudah bertanding justru bingung sendiri.

Peraturan Tentang Jalannya Pertandingan Tenis Meja

peraturan tenis meja

Agar jalannya pertandingan berjalan lancar maka dibutuhkan peraturan tenis meja yang harus diketahui para pemain. Tidak sekedar tahu saja namun diterapkan sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun pemain lain.

Ketika pertandingan berjalan maka ada dua jenis wasit yaitu wasit utama dan wasit pembantu. Wasit utama sebagai pemimpin sedangkan wasit pembantu nantinya akan dibantu pencatat poin demi menjaga netralitas dan peraturan tenis meja.

Setiap keputusan yang diambil wasit tidak bisa diganggu gugat oleh pemain dan hal ini harus dipatuhi. Peraturan tenis meja pakaian ketika sedang bertanding diwajibkan memakai pakaian olahraga yang nyaman digunakan.

Semua peserta yang mengikuti pertandingan wajib sehat secara fisik maupun mental agar tidak ada hal-hal merugikan. Pemain juga tidak boleh terlambat datang dan toleransi keterlambatan maksimal 10 menit.

Jika pemain yang mengikuti pertandingan terlambat lebih dari 10 menit maka dinyatakan kalah dan lawan otomatis menang. Maka ketika Anda akan mengikuti pertandingan sebaiknya datang lebih awal jauh lebih aman.

Peraturan tenis meja terkait jalannya permainan mewajibkan semua pemain menggunakan sepatu ketika bertanding. Usahakan memakai sepatu yang nyaman dan tidak ribet agar tidak menganggu konsentrasi saat bermain.

Dalam pertandingan resmi biasanya pemain tidak diwajibkan membawa peralatan sendiri karena sudah disediakan. Namun jika Anda merasa nyaman dengan bet yang biasa digunakan maka diperbolehkan untuk menggunakannya asal sesuai standar.

Peraturan Tentang Sistem Pertandingan dan Pelanggaran Tenis Meja

Jika sebelumnya sudah dibahas tentang peraturan tenis meja pada pertandingan maka kali ini pembahasan tentang sistem pertandingan. Serta pelanggaran yang harusnya dihindari oleh para pemain agar tidak menerima sanksi saat bertanding.

  1. Sistem pertandingan

Dari sistem pertandingan ada beberapa peraturan tenis meja yang perlu diketahui seperti menggunakan sistem gugur. Ditetapkan juga sistem perhitungan untuk mendapatkan angka kemenangan 11 rally poin saat babak penyisihan.

Sementara pada babak final, sistem perhitungan berbeda yaitu memakai sistem best of five dengan angka kemenangan 11 rally poin. Jika ternyata poin seri 10:10 maka ada tambahan 2 pertandingan.

Jika sudah ditambah 2 pertandingan maka pemain yang berhasil mendapatkan terlebih dahulu menjadi pemenang. Namun jika masih juga ada seri maka tetap diberikan tambahan lagi 2 poin sampai ada pemenangnya.

  1. Pelanggaran

Aturan tentang pelanggaran sangat penting karena dapat meminimalkan tindakan curang dari para pemain. Contoh pelanggaran yang dilakukan yaitu mendorong atau sengaja menggerakan meja ketika pertandingan sedang berjalan.

Pemain dilarang menangkap bola dari pukulan lawan apalagi posisi bola berada tepat di atas meja. Tangan atau bet dilarang menyentuh net ketika permainan sedang berjalan.

Pelanggaran lain ketika servis ternyata gagal baik itu disengaja maupun tidak karena kesalahan pemain itu sendiri. Saat melakukan pukulan tidak boleh berada di atas meja karena aturannya diluar batas meja.

Baca Juga : Jenis Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Cara Melakukannya

Sebagai pemula tenis meja Anda harus mengetahui segala macam aturan yang ada termasuk pelanggarannya. Mengingat peraturan tenis meja mencakup semua hal termasuk perlengkapan yang digunakan untuk bermain.

Related posts
Tenis

Tips Bermain Tenis Meja Sehingga Bisa Menang Mudah

5 Mins read
Jika Anda senang bermain tenis meja dan ingin menang saat bermainnya, Anda perlu tahu tentang tips bermain tenis meja. Karena meski terlihat…
HomeTenis

Jenis Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Cara Melakukannya

5 Mins read
Mempelajari jenis pukulan tenis meja merupakan salah satu teknik dasar yang harusnya dikuasai para pemain. Pukulan dalam permainan tenis meja kerap disebut…
HomeTenis

Teknik Dasar Tenis Meja Mudah Dipelajari Pemula

5 Mins read
Teknik dasar tenis meja sangat penting dipelajari dengan baik jika Anda ingin menjadi pemain ahli dan profesional. Dasar-dasar permainan menjadi kunci penting…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *