Tenis

Cara Bermain Tenis Mendasar, Pemula Wajib Tahu

4 Mins read

Saat ini, semakin banyak orang ingin mempelajari cara bermain tenis. Meski belum sepopuler bulutangkis, tenis memiliki keunikan dan keberagaman manfaat. Tenis merupakan olahraga yang dilakukan oleh dua orang (satu lawan satu) atau berpasangan (dua lawan dua). Tujuannya mengoper bola hingga lawan tidak dapat mengembalikannya.

Baca Juga : Daftar Atlet Basket Asia di NBA Paling Sukses

Bermain tenis memanfaatkan raket sebagai sebagai senjata utamanya. Olahraga ini cukup universal karena dapat dimainkan anak-anak hingga dewasa. Indonesia sendiri memiliki banyak pemain yang berhasil membawa nama tanah air ke berbagai jenjang prestis di dunia internasional. Pemain kebanggaan Indonesia menorehkan prestasi yang memotivasi banyak orang.

Tenis ditemukan di Inggris, tepatnya Birmingham pada abad 19. Cara bermain tenis terus mengalami berbagai perubahan mulai 1908 sampai 1961. Baru-baru ini dilakukan adaptasi berupa teknologi khusus untuk meninjau ulang permainan, dan terus digunakan hingga zaman modern seperti saat ini sangat bermanfaat bagi pemain.

Sebagai salah satu jenis olahraga yang sangat populer, tenis juga dapat dijadikan sebagai hobi dan bahkan rekreasi untuk melepas kejenuhan. Beberapa kejuaraan tenis yang paling terkenal berada di Australia, Prancis, Wimbledon, dan As. Selanjutnya juga ada Grand Slam Junior, turnamen yang diikuti kalangan remaja.

Olahraga tenis memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, banyak gerakan yang melatih ketangkasan dan daya tahan. Menghabikan waktu bersama keluarga dan teman-teman untuk bermain tenis baik untuk kesehatan mental. Beberapa langkah main tenis bahkan melatih perkembangan intelektual dengan strategi dan koordinasi.

Berikut adalah Cara Bermain Tenis Mendasar, Pemula Wajib Tahu :

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Bermain

Cara Bermain Tenis

Indonesia juga mengirim beberapa petenis andalannya untuk mengikuti kejuaraan kancah dunia ini. Diluar ekspektasi, beberapa diantaranya berhasil membawa pulang gelar yang membanggakan. Bagi Anda yang ingin belajar bermain, ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui. Berikut adalah cara yang bisa Anda pelajari dengan mudah.

Hal pertama cara bermain tenis pastikan ada tempat yang sesuai untuk bermain. Jangan sampai bermain di tempat yang menimbulkan ketidaknyamanan pada orang lain. Lapangan umum, pusat kebugaran, klub tenis bisa menjadi pilihan. Tidak lupa menyesuaikan dengan budget, karena ada tempat bermain yang berbayar maupun gratis.

Selanjutnya Anda perlu mempersiapkan perlengkapan tenis. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan raket dan bola tenis, namun jika tidak Anda bisa membelinya sendiri. Beberapa perlengkapan utama yang wajib dimiliki adalah raket dan bola tenis. Belilah beberapa bola, untuk mengantisipasi jika ada kehilangan bola saat olahraga berlangsung.

Demi kenyamanan cara bermain tenis, cobalah menggenggam dan mengayunkan raket yang akan dibeli. Pastikan raket tersebut tidak terlalu berat atau terlalu ringan. Kenyamanan penting untuk meningkatkan kemampuan bermain. Pakaian tenis juga perlu dipertimbangkan, gunakan pakaian dan sepatu atletik yang nyaman untuk bergerak sehingga meminimalisir risiko.

Dasar-Dasar dari Bermain Tenis

Cara Bermain Tenis

Sebelum mengetahui cara bermain tenis, Anda bisa mempelajari teknik paling mendasar yaitu servis karena berguna untuk selamanya. Servis berarti memukul bola dengan raket. Latihan ini bisa dilakukan di tempat yang relatif luas sehingga tidak membahayakan. Lontarkan bola ke udara dan pukul dengan keras beberapa kali.

Berikutnya adalah mempelajari area lapangan tennis supaya hafal. Sederhananya, lapangan tenis terdiri atas dua bagian yang dipisahan dengan jaring (net). Satu sisi adalah tempat Anda, sedangkan sisi seberang adalah tempat lawan. Pastikan bola Anda tidak menyentuh net lawan. Garis terjauh dari net adalah baseline.

Dalam cara bermain tenis, skor memegang peran penting dalam berlangsungnya permainan. Anda perlu mengetahui cara menghitung skor. Permainan dimulai dengan skor 0 sama untuk kedua pemain. Skor dimulai dengan angka lima belas. Jadi, 15 poin artinya satu skor. 45 poin artinya tiga skor.

Setelah servis pertama dilontarkan, pemain saling memperebutkan satu poin yang akan didapat bila salah satunya gagal mengembalikan bola. Permainan selesai setelah salah satu pemain mendapatkan empat poin dengan selisih minimal dua poin. Apabila selisihnya satu, permainan masih dilanjutkan hingga hasil akhir seperti penjelasan tersebut.

Satu set pertandingan terdiri dari enam gim. Dengan syarat, perbedaannya harus minimal 2 gim. Jika salah satu pemain mendapatkan 6 gim dan lawan 5 gim, maka permainan masih berlanjut hingga terdapat selisih 2 gim. Namun jika kedua pemain memenangkan 6 gim, tie break akan diberlakukan.

Cara Melangsungkan Permainan Tenis yang Mendasar

Cara Bermain Tenis

Untuk mengawali, lakukan tos dengan koin untuk menentukan siapa yang akan mulai servis terlebih dahulu. Anda harus berdiri di sudut baseline. Usahakan kaki Anda sedikit menginjak baseline, jangan sampai keduanya karena hal tersebut adalah pelanggaran. Pegang raket Anda dengan kuat, jika perlu gunakan sarung tangan.

Lontarkanlah bola dengan tangan yang tidak dominan dengan tepat kepada pemukul. Anda boleh beberapa kali melontarkan bola asal tidak mengayun raket atau memantulkan bolanya di lapangan. Arahkan pukulan menuju area lawan. Jika pukulan tersebut mengenai net tapi mendarat di area lawan, Anda boleh mengulang servis.

Jika bola masih ada di sisi lapangan Anda, keluar dari lapangan, atau meleset, maka servis tersebut dianggap pelanggaran. Anda bisa mengulang satu kali lagi, namun jika masih pelanggaran maka lawan akan mendapatkan poin. Dan akhirnya terjadi pergantian tempat antara tim diri sendiri dengan musuh.

Setelah lawan mengembalikan bola, Anda harus berlari ke sisi lain baseline lalu pukul bola dengan kepala raket sedikit mengarah ke atas. Permainan terus berlanjut sampai salah satu pemain mendapatkan poin. Sehingga sangat seru apabila dimainkan bersama kelompok tertentu sehingga bisa dijadikan refreshing sambil berolahraga.

Cara bermain tenis sangatlah beragam dan dapat menyesuaikan dengan situasi. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghadapi trik lawan. Salah satunya adalah pukulan overhead. Teknik ini cocok untuk mengembalikan pukulan saat lawan melakukan pukulan di atas kepala kita namun cenderung agak sulit dilakukan.

Teknik Khusus Dalam Melakukan Permainan

Cara Bermain Tenis

Untuk melakukan overhead, pegang raket di belakang kepala, kemudian hantamkan bola ke bawah sambil membidik ke sisi lain lapangan. Hal ini dapat menyulitkan lawan untuk mengembalikan bola kembali pada saat game berlangsung. Pukulan ini tidak berlaku dalam pengembalian servis biasa ke lawan,

Selain itu cara bermain tenis juga terdapat pukulan topspin (puntiran). Teknik ini dapat membuat bola memantul lebih tinggi.  Cara Bermain Tenis dengan memukul sisi bola dan menggerakkan raket ke depan, lalu hantam bagian atas bola sehingga bola bergerak memutar (tidak lurus) dan lebih sulit untuk dikembalikan.

Pukulan slice (iris) juga patut dicoba. Pukulan ini dapat merubah arah bola bahkan memperlambat temponya, sehingga sebelum lawan sempat mengejar bola tersebut sudah berhenti. Caranya dengan memukul bola dari bawah, kemudian arahkan raket ke sisi lawan. Ini dapat memperlambat bola dan mempersulit lawan untuk mengembalikannya.

Tidak ada teori pasti untuk menjamin keberhasilan dalam memainkan tenis. Semua trik dapat dilakukan dengan modifikasi tertentu, tergantung dengan situasi di lapangan dan kejadian di luar prediksi lainnya. Jam terbang tinggi akan membiasakan pemain untuk menghadapi beragam kemungkinan dalam permainan, oleh sebab itu penting dipahami.

Baca Juga : Tips Nonton Badminton Langsung di Istora Senayan Supaya Nyaman

Dengan mempelajari beberapa teknik mendasar, Anda bisa mendapat gambaran mendasar tentang olahraga ini. Namun Anda juga harus mempraktekkannya secara konsisten, sehingga seiring waktu kemampuan Anda akan terus berkembang. Pahami cara bermain tenis mulai sekarang supaya bisa memainkan secara mudah tanpa mengalami kendala selama bermain.

Related posts
Tenis

Daftar Lapangan Tenis Terbaik di Seluruh Belahan Dunia

4 Mins read
Pertandingan dalam olahraga tenis di dunia tentu saja menggunakan lapangan tenis terbaik sebagai tempat dalam digunakan selama laga berlangsung. Jika sudah menggunakan…
Tenis

Persiapan Main Tenis, Lakukan Latihan Fisik dengan Benar

4 Mins read
Terdapat beberapa hal dalam persiapan main tenis agar saat pertandingan atau permainan dimulai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam semua kegiatan…
Tenis

Bagaimana Teknik Atlet Tenis Berlatih di Lapangan ?

4 Mins read
Atlet tenis berlatih di lapangan setiap hari agar bisa tampil prima saat bermain dalam sebuah pertandingan. Berbagai latihan mereka lakukan mulai dari…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *