Sepak Bola

Ini Dia, Turnamen Sepak Bola Bergengsi di Dunia

4 Mins read

Turnamen sepak bola memiliki banyak sekali jenisnya. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Liga. Liga merupakan pertandingan paling bergengsi di dunia persepakbolaan.

Dalam Liga, setiap klub dari setiap negara di Eropa bertanding merebutkan posisi teratas untuk dapat bertanding di Liga Champion. Namun, nyatanya tidak hanya Liga saja yang memiliki prestis tinggi.

Baca Juga : Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

Ada banyak jenis turnamen di seluruh dunia, bahkan turnamen tersebut sama bergengsinya dengan Liga. Turnamen yang secara rutin diadakan di samping Liga ini, akan memberikan pengalaman baru untuk para pemain.

Selain itu, akan memberi hiburan dan permainan yang berbeda. Sehingga, saat liga dilaksanakan mereka akan memiliki mental bermain yang tetap kuat permainan baru.

Turnamen ini tidak hanya mencakup negara Eropa saja, namun dari berbagai negara dengan keseruan yang berbeda.

Berikut ini adalah turnamen sepak bola selain Liga yang sangat seru dan juga bergengsi.

UEFA Champion League dengan Sistem Pertandingan Sama dengan Cup

turnamen sepak bola

Sekilas turnamen sepak bola ini seperti Liga, namun jelas ini bukan Liga. Sistem pertandingannya sama seperti sistem cup yaitu terdapat fase grup dan juga gugur.

Jadi, pada awal pertandingan setiap grup dibagi menjadi grup-grup yang kemudian grup tersebut harus saling bertarung memperebutkan posisi tertinggi dalam grup. Posisi pertama dan kedua berhak melanjutkan ke babak berikutnya.

Setelah semua grup mendapatkan pemenangnya, mereka akan melakukan drawing atau pengundian untuk menentukan lawannya. Pada pertandingan ini, baru diberlakukan sistem gugur.

Setiap klub yang kalah dalam pertandingan akan pulang. Babak dalam turnamen sepak bola ini dibagi menjadi fase perdelapan final, perempat final, semi final, dan final untuk menentukan juara dari turnamen ini.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1955, turnamen ini mengalami perombakan format pada tahun 1992 oleh FIFA. Hingga saat ini ada 78 klub yang telah tergabung dalam turnamen ini.

UEFA Europa League untuk Mendapat Gear Juara

turnamen sepak bola

UEFA Europa League masih memiliki hubungan dengan UEFA Champion League, pasalnya pada babak grup posisi 3 hingga 5 akan bertanding ke laga UEFA Champion League. Pada fase selanjutnya adalah babak gugur.

Pada fase gugur, sama saja dengan EUFA Champion League setiap klub berjuang untuk mendapatkan gelar juara. Turnamen ini digelar sejak tahun 1971, mulanya nama dari pertandingan ini adalah UEFA Cup.

Namun, sejak musim tahun 2009-2010 namanya berubah menjadi UEFA Europa League. Aturan dan pesertanya masih memiliki persyaratan yang sama yaitu klub kelas atas Eropa.

Turnamen FA Cup yang Memiliki Permainan Unik

turnamen sepak bola

Turnamen sepak bola ini merupakan yang paling tua dari turnamen lainnya. Selain itu FA Cup memiliki permainan yang unik, sebab pertandingan ini mempertemukan klub-klub liga divisi 2 dan utama.

Kedua divisi ini jelas memiliki strategi dan teknik permainan yang tidak sama, oleh sebab itu tercipta pertandingan unik dan lebih bervariasi. Jumlah pesertanya lebih banyak dari turnamen lain yaitu mencapai 736 klub.

FA Cup pertama kali digelar pada tahun 1871 dan sempat mengalami perubahan nama pada tahun 2015-2016 menjadi FA Emirates.

Pertandingan Copa Italia yang Sudah Digelar Satu Abad Rutin

turnamen sepak bola

Copa Italia tidak kalah prestise dari turnamen-turnamen di Inggris. Turnamen ini memiliki aturan yang hampir sama dengan FA Club, yang membedakannya hanya jumlah klub yang ikut bertarung.

Kompetisi ini sudah hampir satu abad digelar secara rutin, tepatnya pada tahun 1922. Sebelumnya turnamen sepak bola ini dikenal dengan nama TIM Cup, lantaran seponsor utama dari turnamen italia ini adalah TIM.

Klub yang mengikuti Copa Italia berasal dari seri A, seri B, dan seri C di Liga Italia. Totalnya kini ada 78 klub, berbeda jauh sekali jika dibandingkan dengan FA Cup.

Asian Champion League, Pertandingan Bergengsi

turnamen sepak bola

Tidak hanya benua Eropa yang memiliki pertandingan sepak bola bergengsi, sebab Asia juga memiliki pertandingan bergengsi. Asian Champion League, merupakan liga yang khusus di selenggarakan untuk klub-klub sepak bola Asia.

Meski belum setenar turnamen atau liga di Eropa, namun Liga Asia cukup menghibur. Sebab, teknik permainannya unik dan karakteristik pertandingannya begitu khas, meski memakai aturan yang sama seperti liga lainnya.

Pada Liga Asia ini, sistemnya adalah knockout atau gugur. Jadi, tim yang kalah dalam pertandingan tersebut harus pulang dan tidak ada kesempatan untuk melenggang ke babak final.

Turnamen sepak bola ini digelar untuk pertama kali pada tahun 1967 dan diberi nama Asian Club Championship, namun pada tahun 2002 berganti nama seperti saat ini. Liga ini berada di bawah naungan Asian Football Confederation.

Hingga saat ini jumlah total klub yang ikut serta dalam kompetisi Liga Asia sebanyak 45 klub. Termasuk juga Indonesia. Pemenang dalam liga ini memiliki tiket untuk dalam berkompetisi dalam FIFA Club World Cup.

FA Community Shield yang Hanya Diikuti 2 Klub Saja

Turnamen ini secara rutin diadakan sebelum laga English Premier League dilaksanakan. Bisa dibilang kompetisi ini adalah tradisi dari tahunan dan pesertanya juga spesial.

Karena, FA Community Shield hanya diikuti oleh dua klub saja yaitu pemenang dan runner-uo dari FA Cup. Jadi, dua klub itu bertemu dan saling bertanding.

Pemenangnya bisa langsung diketahui hari itu juga. Kompetisi ini dilakukan untuk mempererat persahabatan dan hiburan.

FIFA Club World Cup untuk Mengisi Kekosongan Waktu

turnamen sepak bola

Pertandingan ini sebagai pengisi kekosongan waktu sebelum musim baru Liga Eropa dimulai. Pesertanya berasal dari masing-masing klub pemenang turnamen bergengsi di lima benua.

Jadi, setiap benua hanya mengirimkan satu klub saja dalam kompetisi ini. Sistem memperoleh kemenangannya dalam turnamen sepak bola ini sangat sederhana yaitu knockout atau gugur.

Hal ini dikarenakan jumlah peserta yang hanya dari lima klub. Awal terbentuknya gagasan pertandingan ini adalah pada tahun 2000 dan diresmikan pada tahun 2005 oleh FIFA.

Pertandingan Emirates Cup yang Biasa Diselenggarakan Arsenal

turnamen sepak bola

Emirates Cup merupakan pertandingan pra-musim yang biasa diselenggarakan oleh Arsenal dengan maskapai Emirates sebagai sponsornya. Pertandingan ini dilaksanakan di Emirates Stadium.

Hanya 4 klub yang bertanding dalam kompetisi ini dengan sistem gugur. Mulanya pertandingan dilaksanakan selama dua hari, namun saat ini hanya satu hari saja.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk tetap menjaga stamina para pemain usai rentetan panjang Liga selam semusim penuh. Pertandingan ini terbilang baru, sebab baru dilaksanakan pada tahun 2007.

Turnamen Copa Libertadores yang Sudah Cukup Lama Diselenggarakan

turnamen sepak bola

Bergeser ke Amerika Latin, Anda akan menemui turnamen besar yang diselenggarakan di sana. Copa Libertadores merupakan turnamen sepak bola yang bertujuan untuk mencari klub untuk mewakili benua ini ke ajang FIFA Club World Cup.

Kompetisi ini sudah cukup lama diselenggarakan sejak tahun 1960 dan kini sudah diikuti oleh 47 klub di seluruh Amerika Selatan.

Copa del Rey yang Merupakan Pertandingan Bergengsi

turnamen sepak bola

Copa del Rey merupakan turnamen sepak bola bergengsi di spanyol selai La Liga. Di Negara ini sepak bola tidak kalah dari Inggris kemajuannya, oleh sebab itu pertandingan ini sangat diminati.

Klub yang bertanding juga merupakan klub papan atas di Liga Spanyol, maka tidak heran jika teknik dan jalannya turnamen sepak bola sudah sangat bergengsi layaknya Liga top. Turnamen ini juga disebut dengan Piala Raja, sebab kerajaan spanyol turut andil dalam penyelenggaraannya.

Kompetisi ini sudah diselenggarakan lebih dari satu abad, yaitu pada tahun 1903. Hingga saat ini ada 83 klub yang bertanding merebutkan gelar juara.

Baca Juga : Strategi Bermain Tenis Lapangan Digunakan Pemain Dunia

Sistem pertandingannya yaitu gugur. Klub yang kalah akan langsung dieleminasi dari klasemen dan pertandingan akan diselenggarakan hingga memperoleh juara.

Ternyata, tidak hanya Liga saja pertandingan sepak bola bergengsi di dunia. Namun, masih banyak turnamen sepak bola lainnya yang berkelas dan seru untuk diikuti.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *