Sepak Bola

4 Teknik Dasar Menendang Bola dan Pengembangannya

4 Mins read

Sepak bola merupakan sebuah cabang olahraga kompleks yang membutuhkan keterampilan teknis, tubuh bugar, dan juga kondisi mental yang prima. Di awal mula karirnya, seorang pemain bola harus mematangkan teknik dasar menendang bola terlebih dahulu. Keterampilan ini menjadi dasar penting yang akan membantu pengembangan keahlian ke depannya.

Baca Juga : 5 Daftar Pemain Terbaik Liga Champions 2019, Jagoanmu Ada ?

Data dari Huffington Post di tahun 2014 menunjukkan bahwa 265 juta orang di dunia adalah pemain sepak bola. Jumlahnya bisa jadi semakin bertambah saat ini. Angka tinggi tersebut menunjukkan minat tinggi banyak orang untuk terjun ke dalam olahraga ini secara profesional. Pengembangan keterampilan harus menjadi fokus utama.

Teknik-teknik Menendang Bola yang Paling Dasar

Seorang pemain bola perlu mengetahui cara menendang bola dengan efektif karena hal ini merupakan cara pemain mencetak skor. Selain itu, operan dengan rekan satu tim juga dilakukan dengan tendangan. Berikut merupakan empat teknik dasar menendang bola yang patut dipahami seorang pemain bola:

1. Mengelola Tumpuan

Teknik Dasar Menendang

Di saat melakukan tendangan, bukan hanya kaki yang mengenai bola yang harus diatur oleh pemain. Kaki satunya berfungsi sebagai tumpuan karena kaki yang menendang tidak menapak ke tanah. Tumpuan ini salah satu tugasnya adalah menjaga keseimbangan dari pemain. Jika tumpuan tidak mantap, pemain bisa terjatuh dan mengalami cedera.

Manfaat menguasai teknik dasar menendang bola ini selain menjaga stabilitas tubuh adalah mengatur sudut tubuh. Tendangan yang efektif terjadi ketika sudut tubuh mendukung terjadinya tendangan tersebut. Kaki tumpuan juga perlu diatur sedemikian rupa sehingga tidak menghalangi tendangan. Pemain amatir bisa saja menendang kakinya sendiri saat mengayunkan kaki yang menendang.

Untuk melakukan tendangan biasa, seorang pemain harus melatih tumpuan agar berada tepat  di sebelah bola. Berbeda halnya dengan tendangan kencang yang rendah. Dalam konteks tersebut, pemain bola perlu meletakkan kaki tumpuan sedikit di depan bola. Sementara itu, tumpuan di belakang bola akan menyebabkan bola melambung tinggi dengan kekuatan minimal.

2. Orientasi Tubuh

Teknik Dasar Menendang Bola

Mengatur orientasi tubuh adalah satu  teknik dasar menendang bola lain yang wajib untuk dikuasai jika ingin membuat tendangan efektif. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari mempelajari fondasi menendang ini. Pertama, orientasi tubuh berpengaruh terhadap arah atau tujuan tendangan. Secara natural, bola akan bergerak ke arah mana tubuh pemain menghadap.

Orientasi tubuh ternyata juga berperan terhadap kekuatan dan juga tinggi tendangan. Konsep ini terutama sangat terkait dengan kemiringan tubuh saat menendang. Sesungguhnya dalam hal ini orientasi tubuh juga terkait dengan teknik sebelumnya, yaitu tumpuan. Kaki tumpuan merupakan salah satu komponen yang membentuk orientasi tubuh pemain saat menendang bola.

Pemain yang ingin membuat tendangan melambung disarankan untuk mengatur orientasi tubuhnya hingga agak miring ke belakang. Badan yang condong ke depan akan membuat tendangan menukik atau rendah. Sementara itu, pemain yang ingin menghasilkan tendangan kuat disarankan untuk mengarahkan tubuh ke samping. Hal tersebut membuat pemain dapat memperoleh momentum.

3. Mengarahkan Bola

Teknik Dasar Menendang Bola

Tujuan yang ingin dicapai dari teknik dasar menendang bola ini adalah akurasi tendangan. Hal yang membedakan pemain sepak bola profesional dan yang bukan adalah tindakan yang bertujuan. Setiap tendangan yang dibuat oleh pemain bola memiliki tujuan tertentu baik operan maupun mencetak gol. Karenanya, mengarahkan bola dengan baik sangat penting.

Konsentrasi adalah sebuah hal yang harus diasah pemain untuk mempelajari teknik ini. Seorang pemain harus berkonsentrasi terhadap tujuan dari tendangannya. Dalam konteks pertandingan yang sesungguhnya, pemain harus mengambil keputusan dengan cepat yaitu berkisar antara 0 hingga 7 detik. Konsentrasi tinggi diperlukan untuk membuat keputusan secepat itu.

Mengarahkan bola juga ditentukan oleh bagian kaki yang mengenai bola. Jika pemain ingin membuat bolanya melambung, maka kaki harus mengenai bagian bawah dari bola. Tendangan lurus atau menukik dilakukan dengan menendang bola pada bagian tengahnya. Tendangan ke arah samping dilakukan dengan mengenai bola dengan kaki pada bagian lawan dari tujuan.

4. Follow Through

Teknik Dasar Menendang Bola

Follow through dapat dipahami sebagai sebuah tahapan menendang di bagian akhir.  Di dalam tahapan ini, bola masih melakukan gerakan menendang bahkan setelah kontak pertama dengan bola. Teknik dasar menendang bola ini harus dilakukan oleh seorang pemain dengan penuh kesadaran. Ada tujuan yang ingin dicapai melalui follow through.

Teknik follow through yang baik akan membantu pemain untuk memaksimalkan kekuatan tendangannya. Jika kaki langsung diangkat setelah melakukan kontak dengan bola, maka pemain tidak akan mampu mencapai jangkauan maksimal tendangan. Follow through juga merupakanteknik dasar menendang bola yang mendukung tingkat akurasi tendangan.

Pemain yang akan melakukan tendangan datar tidak perlu melakukan follow through, terutama jika targetnya berada dalam jarak yang dekat. Untuk tendangan kuat, seorang pemain harus melakukan follow through cukup lama dan mendarat pada kaki yang menendang. Ada juga tendangan berbelok yang dilakukan dengan mengayunkan kaki dari samping kanan ke kiri.

Pengembangan Setelah Menguasai Teknik Dasar Menendang

Ketika pemahaman fundamental akan teknik-teknik menendang sudah dicapai, seorang pemain bola dapat mengembangkan diri ke level lanjut. Biasanya, pengembangan teknik dasar menendang bola dilakukan berdasarkan posisi yang ditempati pemain. Setiap posisi dalam tim sepak bola memiliki tugasnya masing-masing. Tentunya fungsi tendangan pada setiap posisi akan sedikit berbeda.

Pemain lini depan, misalnya, harus belajar untuk melakukan tendangan sambil berlari karena mereka harus melakukan penetrasi pertahanan lawan. Menendang sambil berlari hanya bisa dilakukan jika pemain menguasai teknik dasar menendang bola dengan matang. Dinamika yang terjadi saat berlari membuat proses menendang menjadi sangat sulit.

Untuk melatih hal tersebut, keseimbangan merupakan hal yang sangat penting. Ketika pemain bola berlari, tingkat keseimbangan tubuh akan menurun dengan cukup drastis. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah berlari dengan satu kaki bergantian. Pelatih dapat menggunakan ban atau hoop sebagai penanda untuk pemain.

Pemain yang melakukan tugas pertahanan kemungkinan harus melakukan bentuk tendangan yang lain secara lebih sering. Pemain bagian pertahanan bertugas untuk melakukan delay dalam pertandingan. Sering kali hal ini dilakukan dengan melakukan tendangan operan terhadap rekan satu tim, terutama yang juga menduduki posisi pertahanan.

Setelah seorang pemain pertahanan menguasai  teknik dasar menendang bola dengan baik, ia harus mempelajari berbagai macam jenis tendangan. Tentunya ini adalah tugas semua pemain di dalam tim sepak bola. Akan tetapi, pemain di posisi pertahanan biasanya akan melakukan lebih banyak variasi tendangan di dalam satu pertandingan.

Terdapat berbagai macam bentuk tendangan untuk tingkat keterampilan lebih tinggi yang dikenal dalam olahraga ini. Jenis tendangan yang cukup sulit adalah volley kick karena dilakukan saat bola sedang melambung, namun tendangan ini penting untuk pertahanan. Back heel kick merupakan tendangan sulit lain yang disarankan untuk melakukan operan.

Baca Juga : 7 Pemain Muda Terbaik AFC Paling Potensial, Jagoanmu Ada ?

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa penguasaan teknik dasar menendang bola adalah keterampilan yang perlu dimiliki pemain sepak bola apapun posisinya. Dengan menguasai teknik-teknik tersebut, pemain dapat melakukan pengembangan yang dibutuhkan ke depannya. Hal ini dilakukan dengan pengamatan baik dari pihak pemain maupun pelatih.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *