Sepak Bola

5 Stadion Sepakbola Termegah di Dunia, Termasuk Indonesia

4 Mins read

Memiliki stadion sepakbola termegah dan terbesar di dunia tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap klub. Bagaimana tidak, sembari latihan mereka bisa menikmati fasilitas super keren dan lengkap. Secara tidak langsung tentunya bisa menambah motivasi dan semangat untuk tampil epic dalam setiap pertandingan.

Tidak heran jika banyak klub sepak bola kelas internasional berlomba untuk merenovasi maupun membangun kembali stadion paling ideal. Hal itu lantaran stadion bukan hanya sebagai markas saja, melainkan bisa memberikan support secara moril bagi pemain.

Baca Juga : Fakta Dibalik Rivalitas Rossi vs Marquez, Begini Mulanya

Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada beberapa negara yang rela menghabiskan dana mencapai triliunan hanya untuk membangun sebuah tempat olahraga. Khususnya di benua Eropa, kita bisa melihat beberapa nama stadion megah seperti Old Trafford, Camp Nou dan masih banyak lainnya.

Kali ini Kami akan memberikan informasi tentang daftar stadion sepakbola termegah yang memiliki daya tariknya tersendiri. Selain mewah, beberapa diantaranya juga dilengkapi dengan keunikan yang tidak ditemukan pada stadion-stadion lainnya. Penasaran? Langsung saja simak selengkapnya.

Berikut adalah Deretan Stadion Sepakbola Termegah di Dunia

Rungardo May Stadium di Korea Utara

stadion sepakbola termegah

Sebagai negara yang dikenal akan kekuatan militernya, ternyata Korea Utara punya stadion sepak bola terbesar di dunia. Lokasinya di ibukota negara, Pyongyang, bahkan bisa menampung penonton hingga 114 ribuan. Jauh lebih banyak ketimbang stadion-stadion besar lainnya di benua Eropa.

Stadion sepakbola termegah ini sudah didirikan sejak tahun 1989 yang tidak hanya dipakai untuk kegiatan sepakbola saja, melainkan juga aktivitas kenegaraan maupun atletik lainnya. Bangunannya mengusung konsep olympic yang artinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan alias multifungsi.

Tidak hanya berfokus pada kapasitasnya yang besar, bangunan ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga bertaraf internasional. Bahkan meskipun usianya sudah tua, fasilitas-fasilitas ditempat ini terbilang modern. Tidak heran apabila lokasinya juga sering digunakan sebagai tempat festival acara penting kenegaraan.

Keunikan lainnya, Rungrado May Day memiliki lengkungan-lengkungan mirip seperti kelopak bunga Magnolia di bagian atas. Adanya ornamen tersebut justru membuat para penonton tidak perlu khawatir terkena guyuran air hujan maupun kepanasan.

Kendati belum menghasilkan atlet-atlet sepak bola profesional, setidaknya Korea Utara cukup bangga dengan predikat sebagai negara yang memiliki stadion sepakbola yang megah di dunia. Kapasitasnya tersebut membuat Gelora Bung Karno punya Indonesia seperti tidak ada apa-apanya.

Wembley – Stadion Sepakbola Termegah di Inggris

stadion sepakbola termegah

Tidak hanya Korea Utara, negara ratu Elizabeth ini juga punya stadion sepak bola terbesar yang dapat menampung hingga 90 ribu lebih penonton lengkap beserta fasilitas 2618 toilet. Dalam ajang Piala Eropa tahun 2020 kemarin, Wembley Stadium menjadi venue utamanya. Pembangunannya membutuhkan dana mencapai 18 triliun.

Sebagai lapangan nasional milik Inggris, di bangunan ini juga menampung berbagai pertandingan olahraga lainnya. Bahkan juga digunakan untuk menggelar acara konser musisi-musisi besar seperti Metallica, Green Day, Muse dll. Dari tampilannya memang terlihat megah dan besar.

Pada tahun 2002 Wembley dibangun kembali setelah sempat ditutup di tahun 2000. Hasil renovasinya yang berjalan hingga 4 tahun menjadikan Wembley sebagai stadion terbesar kedua di Eropa. Tidak heran jika Stadion ini sering digunakan untuk menggelar laga-laga besar di benua Eropa mulai dari Piala Euro hingga Liga Champions.

Camp Nou, Stadion Kebanggaan Spanyol

stadion sepakbola termegah

Berbicara tentang stadion sepakbola termegah sedunia tentu tidak boleh melewatkan Camp Nou, stadion yang ada di Spanyol ini. Kandang klub Barcelona ini mampu menampung hingga 99 ribu lebih penonton, dinobatkan sebagai stadion terbesar di Eropa.

Tahukah Anda, Camp Nou dibangun untuk memberikan dukungan terhadap pesepakbola legendaris Ladislao Kubala. Pada saat itu, stadion sebelumnya tidak mampu lagi menaungi semua penggemarnya sehingga perlu dibuatkan yang jauh lebih besar. Sehingga para penggemar tetap bisa melihat secara langsung penampilan Ladislao Kubala.

Bahkan membutuhkan waktu hingga 3 tahun lamanya sejak 1954 untuk menyelesaikan pembangunan Camp Nou yang diresmikan pada September 1957 ini. Pada saat itu peresmiannya bertepatan dengan acara festival merce. Selain digunakan Barcelona, Tim Nasional Spanyol juga berhasil memenangkan olimpiade sepak bola dan mendapatkan medali emas disini.

Pada awalnya rumput di Camp Nou tampak berubah-ubah karena atapnya yang besar menutupi masuknya sinar matahari. Sehingga pada tahun 2016 mulai digunakan kombinasi rumput alami dan sintetis untuk mendapatkan stabilitas yang lebih optimal agar rumput tidak berubah-ubah.

Stadion sepakbola termegah ini dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi karena dapat mengevakuasi para penonton hanya Dalam waktu 5 menit pada titik sehingga diberi penghargaan Stadion dengan tingkat keamanan bintang 5 sekalipun luasnya 250 x 220 x 48 m.

Bukit Jalil National Stadium, Malaysia

stadion sepakbola termegah

Dari gambarnya saja kita bisa melihat bahwa Bukit Jalil National Stadium Malaysia termasuk di dunia. Dinobatkan sebagai stadion terbesar di Asia tenggara, di sini dapat menampung hingga 89 ribu penonton. Markas tim sepak bola macan Asia ini pernah digunakan sebagai tempat acara SEA Games tahun 2001 dan 2017.

Klub-klub besar yang pernah bertanding di stadion Malaysia ini diantaranya Manchester United, Arsenal, Liverpool hingga Chelsea. Lokasinya berada di Kuala Lumpur, menjadi simbol kebanggaan bagi warga negara setempat. Bahkan dalam pembangunannya dulu menghabiskan dana mencapai miliaran.

Bukit Jalil National Stadium memiliki keunikan dimana desain stadium dengan atap yang lebih tahan terhadap cuaca tropis. Bagian atap dibuat melingkar sehingga para suporter maupun pemain tidak perlu khawatir terhadap cuaca buruk seperti hujan. Atap dengan desain melingkar tersebut membuatnya tampak megah dan besar.

Tidak hanya itu saja, sebagai stadion sepakbola termegah, Bukit Jalil National Stadium dilengkapi dengan sistem pencahayaan berstandar internasional. Sehingga meskipun pertandingan dilakukan saat malam hari tapi tetap optimal karena pencahayaannya sangat cukup.

Saat ini memiliki cahaya yang menggunakan 2100 lux yang artinya dua kali lebih besar daripada pembangunan awal. Meskipun sistem pencahayaannya besar tapi dapat menghemat hingga 50% dibandingkan jenis lampu biasa. Hal inilah yang membuat Bukit Jalil National Stadium sudah standar internasional dan menjadi salah satu stadion sepakbola termegah untuk menyelenggarakan berbagai kompetisi olahraga dunia.

Gelora Bung Karno di Indonesia

stadion sepakbola termegah

Siapa sangka bahwa Indonesia juga punya stadion sepakbola termegah dunia, yakni Gelora Bung Karno yang sukses membuat perbincangan publik pasca penyelenggaraan Asian Games tahun 2018 lalu. Di bawah kepemimpinan presiden Jokowi tanda utama Gelora Bung Karno direnovasi serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah berstandar internasional.

Bukan hanya mewah, tapi juga berkapasitas besar hingga 110 ribu penonton. Pasca dilakukan renovasi membuat Gelora Bung Karno dinobatkan sebagai stadion terbesar ke-28 di dunia. Tidak heran jika harga sewa bagi masyarakat yang ingin melakukan acara pribadi di stadion ini mencapai 600 per harinya.

Baca Juga : Ranking Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia Badminton 2021!

Fitur yang cukup menarik perhatian lainnya yakni adanya fasilitas berupa locker room yang masing-masingnya mempunyai ruang tamu, toilet, message room, bathub, hingga ruang pelatih terpisah. Bahkan dalam setiap ruangan tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas air dingin maupun panas. Bagaimana menurut Anda? Mana yang menurut Anda merupakan stadion sepakbola termegah di dunia dan terbesar?

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *