Sepak BolaEdukasi Olahraga

5 Peraturan Sepak Bola yang Utama dan Pelanggarannya

4 Mins read

Peraturan Sepak Bola yang Utama dan Pelanggarannya – Sepak bola sering sekali disebut sebagai olahraga sejuta umat. Seluruh lapisan masyarakat setidaknya mengetahui keberadaan olahraga ini meskipun kurang memahami peraturan sepak bola. Popularitas sepak bola membuatnya menjadi industri olahraga terbesar. Sebagai contoh, pada tahun 2019 valuasi industri sepak bola di wilayah Eropa saja mencapai nilai £25 miliar.

Memahami peraturan yang berlaku di dalam olahraga tersebut hukumnya wajib untuk para penggemarnya. Ketika seorang penonton sepak bola tidak memahami aturan yang diterapkan, kenikmatan menonton tentunya akan berkurang. Ada kompleksitas tersendiri dari peraturan yang diterapkan serta konsekuensi yang mengikuti jika terjadi pelanggaran.

Baca Juga : 9 Pemain Terbaik Liga Champions 2019/2020, Ada Jagoanmu ?

Komponen Peraturan Utama Olahraga Sepak Bola

Dalam olahraga ini, ada belasan peraturan yang diterapkan untuk setiap pertandingan. Akan tetapi, hanya beberapa aturan pokok yang perlu dipahami oleh penonton. Daftar singkat di bawah ini menjelaskan peraturan-peraturan utama olahraga sepak bola:

1. Jumlah Pemain

Peraturan Sepak Bola

Dalam setiap pertandingan, terdapat dua regu yang memperebutkan kemenangan. Setiap regu terdiri atas 11 pemain dengan posisinya masing-masing. Posisi yang dimaksud adalah bagian pertahanan (penjaga gawang dan pemain belakang), pemain tengah, dan penyerang. Semua pemain memegang peran penting, namun penjaga gawang dianggap sebagai posisi yang sangat vital.

Peraturan sepak bola menetapkan bahwa jumlah pemain minimal dalam satu regu seiring dengan berjalannya pertandingan adalah 7 orang. Kurang dari itu, pertandingan harus dihentikan. Berkurangnya jumlah pemain dapat terjadi karena ada pemain yang mengalami cedera atau melakukan pelanggaran. Federasi menetapkan bahwa pergantian pemain maksimal sebanyak 3 kali.

Meskipun begitu, terdapat perbedaan peraturan jumlah pemain dalam konteks liga pemain muda. Kebanyakan pertandingan yang digelar untuk pemain berusia remaja biasanya mengizinkan pergantian pemain dalam jumlah tak terbatas. Kebijakan ini membuat seluruh anggota tim mampu mengasah bakatnya. Dengan begitu, pemain muda akan memiliki keterampilan yang matang saat bergabung dengan liga profesional.

2. Pemberian Skor

Peraturan Sepak Bola

Tujuan dari pertandingan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang regu lawan. Skor yang diberikan setiap terjadi gol adalah satu. Semua anggota regu harus bekerja sama untuk mencapai hasil ini. Biasanya gol dibuat oleh penyerang. Namun, bisa juga gol dibuat oleh pemain tengah maupun bagian pertahanan.

Ada sebuah kasus yang lazim disebut sebagai gol bunuh diri atau own goal. Dalam kasus ini, gol justru dibuat oleh anggota regu sendiri.  Dari 2500 gol yang dicetak sejak Piala Dunia dimulai hingga tahun 2018, jumlah gol bunuh diri hanyalah 53. Hal tersebut menunjukkan bahwa kasus ini cukup langka.

Ada peraturan sepak bola terkait sistem skor agregat pada turnamen tertentu Skor agregat merupakan skor yang merupakan hasil akumulasi dari pertandingan-pertandingan yang diikuti tim dalam turnamen. Skor ini digunakan untuk menentukan siapa tim yang akan melaju ke babak selanjutnya jika terjadi tie.

3. Tendangan Pertama

Peraturan Sepak Bola

Tendangan pertama atau kick off merupakan bagian pertandingan yang sangat penting dalam sepak bola. Tendangan ini dilakukan pada awal pertandingan dan setiap sebuah gol dicetak. Regu yang melakukan tendangan di awal ditentukan oleh lemparan koin. Pemenang lemparan koin tersebut juga dapat memilih bagian lapangan pada paruh pertama pertandingan.

Berdasarkan peraturan sepak bola yang diterapkan oleh federasi internasional, gol dapat dicetak melalui tendangan pertama.  Hal ini bisa terjadi jika tendangan pertama masuk ke gawang lawan. Namun sebaliknya, gol bunuh diri juga dapat diciptakan melalui tendangan pertama jika bola masuk ke gawang regu sendiri.

Ada aturan lain yang harus dipatuhi pada tahapan kick off. Pertama, bola harus berada pada titik tengah lapangan. Semua pemain, kecuali penendang bola, harus berada pada bagian lapangan milik regunya. Kick off juga hanya dinyatakan sah jika dilakukan setelah ada aba-aba berupa peluit dari wasit pertandingan.

4. Offside

Peraturan Sepak Bola

Aspek pertandingan ini merupakan aspek yang paling membingungkan, terutama bagi peminat sepak bola baru. Offside menggambarkan sebuah posisi tertentu pemain di dalam lapangan. Pemain dinyatakan offside jika berada lebih dekat dengan gawang dibandingkan bola dan pemain kedua terdekat dari regu lawan. Hal ini terjadi di bagian lapangan regu lawan.

Posisi offside tidak memiliki konsekuensi apabila tidak ada operan bola. Sepak bola merupakan olahraga dengan ritme yang cukup cepat, sehingga offside tidak terjadi dalam waktu yang lama. Namun, jika terjadi operan bola pada pemain yang berada di posisi offside, permainan harus dihentikan.

Peraturan sepak bola menjelaskan bahwa tendangan bebas oleh regu lawan akan diberikan oleh wasit. Hal ini tentunya jika wasit sudah memutuskan bahwa offside oleh pemain aktif benar-benar terjadi. Meskipun begitu, kasus offside tidak termasuk di dalam tindak pelanggaran atau perilaku curang.

5. Perilaku Curang

Peraturan Sepak Bola

Perilaku curang merupakan bentuk pelanggaran yang tidak dianggap sepele dalam olahraga ini. Sportivitas merupakan hal yang esensial di dalam sepak bola. Oleh karena itu, federasi sepak bola menetapkan aturan yang memberikan definisi jelas mengenai kecurangan. Peraturan sepak bola terkait kecurangan terangkum dalam Law 12 atau Peraturan Nomor 12.

Di dalam peraturan tersebut, terdapat beberapa tindakan yang dinyatakan sebagai kecurangan. Memegang bola dengan sengaja menggunakan tangan selama jalannya pertandingan merupakan perilaku curang. Pemain yang tidak berhati-hati juga akan mendapatkan teguran sesuatu dengan peraturan. Kategori kecurangan lain adalah penyerangan dengan sengaja terhadap lawan.

Konsekuensi Pelanggaran Peraturan Sepak Bola

Terdapat konsekuensi yang bisa diperoleh oleh pemain, tim, maupun pertandingan secara keseluruhan jika tidak mengikuti peraturan sepak bola. Konsekuensi yang terjadi bervariasi dari ringan hingga berat. Wasit merupakan pihak otoritas yang bertanggung jawab dalam memberikan penalti. Namun, ada kalanya konsekuensi harus didiskusikan bersama dengan federasi.

Ketika peraturan dasar seperti jumlah pemain maupun kick off tidak mampu dipenuhi, konsekuensinya cenderung ringan. Jumlah pemain yang kurang menyebabkan kondisi forfeit, dan regu yang forfeit dinyatakan kalah, Sementara itu, pelanggaran yang terjadi di dalam kick off misalnya, akan ditangani dengan kesempatan tendangan bebas untuk lawan.

Akan tetapi, pada kasus pelanggaran yang lebih berat seperti tindakan kecurangan, konsekuensinya lebih signifikan. Kartu kuning diberikan untuk kecurangan yang masih dalam taraf sedang. Beberapa bentuk tindakan yang dimaksud adalah keluar-masuk lapangan tanpa izin, menghambat kick off, serta mengganggu kerja wasit.

Pelanggaran peraturan sepak bola yang berat akan diberikan sanksi lebih ekstrem berupa kartu merah. Pemain yang mendapatkan penalti ini harus dengan segera meninggalkan lapangan. Pemain tersebut tidak dapat digantikan oleh pemain yang lain. Oleh karenanya, pertandingan harus tetap berlanjut dengan jumlah pemain yang berkurang.

Penalti ini diberikan saat seorang pemain melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan pemain lainnya. Dua kali pemberian kartu kuning pun bisa berujung pada kartu merah. Data menunjukkan bahwa dari berbagai liga di dunia, liga nasional di Honduras merupakan liga yang paling sering memberikan penalti. Persentasenya mencapai 54%.

Baca Juga : Jadwal Liga Inggris 2021 dan Chanel Nonton Terbaik

Terdapat peraturan-peraturan pokok yang harus diperhatikan dalam olahraga sepak bola. Peraturan tersebut menjamin kelancaran dari pertandingan. Melanggar aturan-aturan yang dimaksud dapat menimbulkan konsekuensi, baik ringan maupun berat.

Related posts
Edukasi Olahraga

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Wajib Anda Coba!

5 Mins read
Kebanyakan orang memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya, oleh karena itu olahraga untuk menurunkan berat badan kini sangat populer. Bukan hanya kaum wanita…
BasketEdukasi Olahraga

Berikut Manfaat Bermain Basket Bagi Tubuh dan Kesehatan

5 Mins read
Manfaat bermain basket bagi tubuh sebenarnya ada banyak sekali. Namun, biasanya orang hanya melihat manfaatnya hanya untuk melatih kebugaran saja. Padahal masih…
BasketEdukasi Olahraga

Tips Bermain Basket Saat Puasa Supaya Tidak Kelelahan

5 Mins read
Bermain basket saat puasa memang sangat menyenangkan. Selain karena ada waktu yang terisi, namun juga ada hiburan tersendiri. Bahkan, olahraga tersebut dijadikan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *