Sepak Bola

Pemain Terbaik Liga Spanyol Sepanjang Masa, Ada Favoritmu ?

4 Mins read

Pemain Terbaik Liga Spanyol Sepanjang Masa – Setiap tahunnya, Liga Spanyol memang selalu menyajikan pertandingan sengit yang menarik untuk disaksikan. Mulai dari zaman Alfredo Stefano hingga duopoli Lionel Messi-Cristiano Ronaldo, kompetisi ini pasti melahirkan rekor baru di dunia sepak bola. Dari tahun ke tahun, pasti ada beberapa pemain terbaik Liga Spanyol yang menguasai lapangan.

Baca Juga : Pemain Muda Liga Italia yang Berpotensi Menjadi Wonderkid

Meskipun setiap pemain sudah menunjukkan performa terbaiknya di ajang bergengsi tersebut, tapi ada beberapa nama yang memang sudah tercatat sepanjang sejarah Liga Spanyol. Ingin tahu siapa saja atlet sepak bola yang berhasil menyabet gelar pemain terbaik di Liga Spanyol sepanjang sejarah? Simak daftarnya sebagai berikut:

Posisi Penyerang

Sama seperti namanya, sektor ini berisikan pemain yang bertugas untuk menyerang pertahanan lawan. Pada sektor ini, penggemar dapat menjumpai berbagai bintang sepak bola ternama. Pasalnya, sektor penyerang ini membutuhkan pemain yang bagus yang mampu memproduksi gol. Berikut ini adalah deretan nama penyerang terbaik di Liga Spanyol:

1. Lionel Messi

pemain terbaik liga spanyol

Di posisi pertama, ada penyerang ternama dari tim Barcelona, Lionel Messi. Nama pemain terbaik Liga Spanyol asal Argentina ini sudah sangat sering digaungkan di mana-mana. Meskipun bertubuh mungil, pembela tim Barcelona ini memiliki tendangan mematikan dan gerakan yang sangat cepat.

Sepanjang karirnya, Messi sudah mencetak banyak gol untuk berbagai pertandingan resmi. Menurut data dari Transfermarkt, Messi berhasil mencetak 460 gol dari total 291 pertandingan di Liga Spanyol. Namun, di usianya yang masih 33 tahun, bukan hal yang mustahil untuk Messi kembali memecahkan rekor.

2. Cristiano Ronaldo

pemain terbaik liga spanyol

Selain Lionel Messi, dunia sepak bola juga sangat mengenal Cristiano Ronaldo. Saking hebatnya, Ronaldo mendapat julukan robot karena tak henti-hentinya mencetak gol. Sejak bermain di klub Manchester United, Ronaldo mencetak banyak sekali gol dalam berbagai pertandingan.

Meskipun tidak lagi bermain untuk Manchester United, nama pemain asal Portugal ini tetap dikenang di klub asalnya itu. Semakin kesini, performa Ronaldo mulai surut. Tidak semua tendangan yang dibuatnya mampu menghasilkan gol cantik lagi. Kendati demikian, Ronaldo tetap masuk dalam daftar penyerang terbaik di Liga Spanyol sepanjang masa.

3. Telmo Zarra

pemain terbaik liga spanyol

Sebelum kehadiran duopoli Messi-Ronaldo, nama pesepakbola Telmo Zarra menjadi legenda di Spanyol. Sayangnya, rekor top skorer di La Liga yang dicetaknya akhirnya pecah setelah 60 tahun berlalu. Kala itu, Zarra tampil maksimal saat bermain untuk tim Atletic Bilbao.

Namanya tercatat mencetak 251 gol dari total 277 pertandingan untuk klub Bilbao. Catatan ini dinilai sangat membanggakan sebelum duopoli masuk ke dunia sepak bola.

Posisi Gelandang

Pemain terbaik Liga Spanyol sepanjang masa selanjutnya datang dari posisi gelandang. Posisi gelandang ini biasanya diisi oleh pemain yang menempati sektor tengah. Pemain gelandang bertugas untuk menggiring bola ke bagian depan. Posisi ini juga banyak melahirkan pesepak bola ternama yang berjaya di Liga Spanyol. Berikut daftarnya:

1. Sergio Busquets

pemain terbaik liga spanyol

Pada tahun 2008, pesepak bola Sergio Busquets memulai debutnya di tim Barcelona. Kala itu, Busquets dimasukkan oleh pelatih Josep Guardiola ke tim utamanya. Tak membutuhkan waktu lama, Busquets berhasil menggeser pemain Yaya Toure ke posisi cadangan.

Kala itu, usianya masih berusia 27 tahun. Di usia yang masih cukup muda, Busquets berhasil mengantongi deretan trofi ternama. Nama Sergio Busquets tercatat sudah memenangkan gelar Liga Spanyol sebanyak lima kali. Tak hanya sampai di situ, Busquets juga mendapat tiga piala di Liga Champions.

2. Xabi Alonso

pemain terbaik liga spanyol

Pemain terbaik Liga Spanyol untuk posisi gelandang selanjutnya adalah Xabi Alonso. Alonso merupakan salah satu gelandang terbaik dari generasinya. Sejak debutnya bersama Real Sociedad tahun 2000 lalu, Alonso dikenal sebagai gelandang yang konsisten, sempurna, dan pekerja keras.

Setelah sukses besar bersama klub Liverpool, Alonso memutuskan untuk pindah ke klub Real Madrid. Dalam lima tahun terakhir, pemain yang masih berusia kepala tiga itu berhasil memenangkan Liga Spanyol, Liga Champions, hingga dua piala Copa del Rey. Kini, Alonso meneruskan karirnya bersama dengan klub Bayern Munchen di Bundesliga.

3. Luis Suarez

pemain terbaik liga spanyol

Tidak cukup menjadi legenda di Barcelona, Luis Suarez juga menjadi legenda Liga Spanyol. Pada tahun 1960-an, Suarez dikenal sebagai pesepak bola Spanyol terbaik. Kala itu, Suarez juga menjadi pemenang Ballon d’Or pertama asal Spanyol. Mendapat julukan El Arquitecto, Suarez berhasil sukses dengan Barcelona.

Selama enam tahun karirnya, Suarez memenangkan dua gelar Liga Spanyol, dua Fairs Cup, dan dua piala Copa del Rey. Sekitar tahun 1961, pesepak bola asal Spanyol itu memutuskan untuk pindah ke klub Inter Milan. Bersama Inter Milan, Suarez dinobatkan sebagai pemain bola termahal di dunia kala itu.

Posisi Kiper

Terakhir, artikel ini akan memberikan daftar pemain terbaik Liga Spanyol untuk posisi kiper. Penjaga gawang atau yang sering disebut sebagai kiper merupakan satu-satunya pemain yang dapat memegang bola menggunakan tangan selama pertandingan. Tugas seorang kiper adalah untuk mencegah tim lawan mencetak gol.

Dalam Liga Spanyol sendiri, ada banyak kiper berbakat yang dapat diandalkan. Namun, dari sekian banyak kiper potensial tersebut, ada tiga daftar nama kiper terbaik sepanjang sejarah Liga Spanyol. Berikut daftarnya:

1. Jan Oblak

pemain terbaik liga spanyol

Pada urutan pertama, ada kiper dari klub Atletico Madrid, Jan Oblak. Dalam beberapa tahun terakhir, nama Jan Oblak disebut sebagai kiper terbaik yang berhasil mendapatkan penghargaan Zamora pada empat musim secara beruntun. Jan Oblak meraih penghargaan tersebut pada musim 2015/2016, 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019.

Selama bermain untuk tim Atletico Madrid, performa dan semangat Oblak tak pernah surut. Para penggemar menjulukinya sebagai tembok kokoh di bawah Los Colchoneros sejak tahun 2014. Bagi Atletico, Oblak menjadi bintang dan kiper handal yang memainkan gaya bertahan.

2. Victor Valdes

pemain terbaik liga spanyol

 

Pemain terbaik Liga Spanyol dari posisi kiper selanjutnya datang dari tim Barcelona. Siapa lagi kalau bukan Victor Valdes. Meskipun karir internasionalnya kalah pamor dari Iker Casillas, tapi Valdes berhasil mencatatkan namanya sebagai kiper terbaik sepanjang Liga Spanyol.

Berkat kehebatannya, Valdes mampu meraih lima penghargaan Zamora. Dari kelima penghargaan itu, sebanyak empat penghargaan didapatkan Valdes secara beruntun, mulai tahun 2008 sampai 2012. Kiper tangguh asal Barcelona ini mampu menjaga gawang dengan bola di kakinya.

Dalam beberapa kesempatan, Valdes juga sering menyelamatkan timnya di momen krusial. Barcelona sendiri sudah mengakui kehebatannya. Valdes dijuluki sebagai kiper terbaik Barcelona tahun 2000 hingga 2010. Bagi dunia sepak bola Spanyol, Valdes adalah kiper yang melegenda.

3. Roberto Abbondanzieri

pemain terbaik liga spanyol

Terakhir, ada kiper dari timnas Argentina, Getafe CF. Pada zamannya, Roberto Abbondanzieri dijuluki sebagai El Pato kesayangan penggemar Getafe. Bagaimana tidak? Abbondanzieri berhasil mendapatkan penghargaan Zamora pada musim 2006/2007 saat membela Getafe. Kala itu, Abbondanzieri juga mencatat rekor pertahanan terbaik di Liga Spanyol musim itu.

Tak hanya Getafe, Roberto Abbondanzieri juga membela klub Boca Juniors di Argentina. Meskipun kini Abbondanzieri tak lagi digaungkan di mana-mana, tapi namanya berhasil tercatat dalam daftar kiper terbaik tahun 2000-an. Catatan tersebut diungkap oleh lembaga IFFHS.

Baca Juga : Laga Final Liga Champions Paling Dramatis Sepanjang Sejarah

Itulah beberapa daftar pemain terbaik Liga Spanyol sepanjang sejarah. Setiap posisi pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Dalam suatu pertandingan sepak bola, semua posisi sama pentingnya dan memiliki peluang yang sama dalam mencatat sejarah baru. Untuk menghargai usaha dan kerja keras para atlet, ada baiknya jika penggemar selalu mengenangnya dalam hati.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *