Sepak Bola

Daftar Pemain Muda Termahal di Dunia Tahun 2020 Versi CIES

4 Mins read

Pemain Muda Termahal di Dunia – CIES merupakan pusat studi independen yang dibuat oleh FIFA pada tahun 1995. Lembaga ini menyediakan berbagai layanan penelitian, pendidikan, serta konsultasi di dunia olahraga, khususnya sepakbola. Setiap tahunnya, CIES selalu mengeluarkan daftar pemain muda termahal di dunia.

Baca Juga : 4 Teknik Dasar Menendang Bola dan Pengembangannya

Pandemi virus Covid-19 pun tidak membuat CIES berhenti melakukan penelitian dan mengeluarkan laporan. Ingin tahu siapa saja pemain muda paling mahal di dunia tahun 2020 versi CIES? Simak daftarnya sebagai berikut:

Posisi Penyerang

Pemain Muda Termahal

Dalam olahraga sepakbola, ada beberapa pemain yang diletakkan di depan dan berfungsi sebagai penyerang atau striker. Tugas utama penyerang adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya. Pada posisi ini, ada banyak pesepakbola ternama dengan memiliki nilai transfer yang fantastis. Tahun 2020, CIES mengeluarkan daftar penyerang muda termahal. Berikut daftarnya:

1. Ansu Fati

Pertama, ada penyerang berbakat milik Barcelona, Ansu Fati. Di usianya yang masih 17 tahun, Fati sudah memiliki nilai transfer yang fantastis, yakni €122,7 juta atau sekitar Rp2,1 miliar. Tentu saja nilai jual Fati sangat sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya.

Penyerang muda ini berhasil memecahkan beberapa rekor di tingkat domestik maupun internasional. Fati menjadi pemain termuda Barcelona di Liga Champions dan Liga Spanyol. Tak hanya itu, Fati juga dinobatkan sebagai pencetak gol termuda di timnas Spanyol.

2. Erling Haaland

Selanjutnya, ada pemain muda Borussia Dortmund, Erling Haaland. Penyerang dinamis ini sedang hangat dibicarakan para penggemar. Sebelum pindah ke Borussia Dortmund, Haaland menggemparkan publik dengan mencetak gol hat-trick untuk FC Salzburg pada debutnya di Liga Champions musim 2019/2020. Kini, nilai transfer Haaland mencapai €120,3 juta.

3. Mason Greenwood

Mason Greenwood merupakan salah satu pemain berbakat milik Manchester United. Meskipun baru berusia 19 tahun, kemampuan dan performa Greenwood sudah tidak dapat diragukan lagi. Pada musim debutnya saja, Greenwood berhasil mencatatkan 19 gol. Tak main-main, kini Greenwood memiliki nilai transfer sebesar €115,3 juta atau setara dengan Rp1,9 miliar.

4. Ferran Torres

Terakhir, ada penyerang handal, Ferran Torres. Pesepakbola asal Spanyol ini bermain untuk tim Manchester City. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Torres berkembang pesat dan berhasil membukukan 3 gol dari total 8 penampilan. Di usianya yang masih berusia 20 tahun, nilai transfer Torres sudah mencapai €106 juta atau sekitar Rp1,8 miliar.

Posisi Gelandang

Pemain Muda Termahal

Gelandang merupakan pemain yang berada di tengah dalam permainan sepakbola. Fungsi utama gelandang adalah untuk mendapatkan, menjaga, dan memberikan bola kepada penyerang. Ada banyak sekali gelandang berbakat dari berbagai negara. Kendati demikian, CIES merangkum beberapa gelandang muda dengan nilai transfer termahal. Berikut daftarnya:

1. Alphonso Davies

Di posisi pertama, ada gelandang milik Bayern Munich, Alphonso Davies. Davies berhasil menjadi pemain muda termahal dengan selisih harga hampir €55 juta dengan pemain mahal lainnya. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Davies sudah memiliki nilai transfer sebesar €180,4 juta atau setara dengan Rp3,1 miliar.

Berkat kemampuannya, Bayern berani mengontraknya untuk jangka panjang hingga 2025. Tidak hanya menempati posisi gelandang, pemain asli Ghana ini juga dapat menempati posisi sayap dan bek. Maka, tak heran jika Davies berhasil menempati posisi tertinggi dalam daftar pemain muda termahal di dunia versi CIES. Gelar ini didapatkannya sejak berlaga di Liga Champions.

2. Jadon Sancho

Pemain muda termahal yang menempati posisi gelandang selanjutnya adalah Jadon Sancho. Sama seperti Davies, Sancho juga masih berusia 20 tahun. Gelandang berbakat ini dimiliki oleh Borussia Dortmund. Banyak sekali klub ternama Eropa yang ingin memiliki Sancho. Sayangnya, klub-klub tersebut harus mengeluarkan dana sebesar €125,6 juta atau Rp2,1 miliar.

3. Bukayo Saka

Selanjutnya, ada pemain serbaguna milik Arsenal, Bukayo Saka. Meskipun dapat menempati berbagai posisi, tapi Saka lebih sering ditempatkan di posisi gelandang. Keterampilan dan energi Saka yang tak ada habisnya mampu menghipnotis pelatih dan penggemar. Kini, nilai transfernya mencapai €95,8 juta atau setara dengan Rp1,6 miliar.

4. Dejan Kulusevski

Berikutnya, ada gelandang Juventus Dejan Kulusevski. Pemain berusia 20 tahun ini memiliki nilai transfer sebesar €75,1 juta atau sekitar Rp1,3 miliar. Nilai transfernya cukup tinggi akibat kemampuan dan bakat yang dimiliki Kulusevski. Selain menempati posisi gelandang, Dejan Kulusevski juga mampu mengisi posisi sayap.

5. Phil Foden

Terakhir, ada Phil Foden. Pesepakbola muda yang baru berusia 20 tahun ini bermain untuk Manchester City. Meskipun butuh waktu yang cukup lama, tapi usaha Foden seakan tak sia-sia. Berhasil menyumbang 3 gol dari total 9 pertandingan membuat nilainya meningkat drastis. Dikabarkan, Phil Foden memiliki nilai transfer sebesar €70,3 juta.

Posisi Kiper

Pemain Muda Termahal

Kiper merupakan satu-satunya Pemain Muda Termahal dalam sepakbola yang boleh memegang bola dengan tangan. Dalam setiap pertandingan, kiper bertugas untuk menjaga gawang timnya agar tidak kemasukan bola. Pada tahun 2020, ada beberapa pemain muda termahal yang menempati posisi kiper. Ingin tahu siapa saja? Simak daftarnya sebagai berikut:

1. Alisson Becker

Pertama, ada kiper milik Liverpool, Alisson Becker. Berkat kemampuannya, Liverpool berani mengontraknya untuk jangka panjang hingga 30 Juni 2024. Kemampuan Becker dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diraihnya sehingga bisa dibilang Pemain Muda Termahal, seperti Premier League Golden Glove, Yashine Trophy, dan The Best FIFA Goalkeeper. Kini, nilai transfer Becker mencapai €80 juta.

2. Thibaut Courtois

Selanjutnya, ada kiper handal asal Belgia, Thibaut Courtois. Saat ini, Thibaut bermain untuk klub Real Madrid. Diketahui, Real Madrid membeli Courtois dari Chelsea setelah penampilannya yang luar biasa di piala dunia 2018 dengan harga €35 juta.

Menurut data terbaru dari Transfermarkt yang dikeluarkan pada tanggal 5 Januari 2021, kini nilai jualnya mencapai €75 juta. Harga tersebut tentu saja sangat sebanding dengan kemampuan Thibaut Courtois dalam menjaga gawang timnya dan masuk dalam nominasi Pemain Muda Termahal .

3. Ederson Moraes

Kiper muda termahal selanjutnya adalah Ederson Moraes. Pesepakbola berkebangsaan Brasil ini bermain untuk klub Manchester City sejak tahun 2017. Berkat kemampuan dan performanya, City memperpanjang kontrak Moraes hingga 30 Juni 2025 mendatang.

Pada Liga Premier musim 2017/2018, Moraes memecahkan rekor dunia dengan drop kick terjauh. Tak hanya itu, Moraes juga mengantongi Golden Glove Award karena mampu tampil apik sebanyak 16 kali bersama Manchester City tanpa kebobolan. Kini, nilai transfer Ederson Moraes mencapai €56 juta atau setara dengan Rp966 juta.

4. Unai Simon

Terakhir, ada Unai Simon. Kiper muda asal Spanyol ini berhasil masuk dalam daftar dengan harga jual sebesar €30 juta atau setara dengan Rp517 juta. Unai Simon bermain untuk Athletic Bilbao menggantikan Kepa Arrizabalaga. Arrizabalaga sendiri merupakan kiper terbaik di dunia pada tahun 2018.

Memiliki tuntutan yang berat sebagai penerus Kepa Arrizabalaga tak membuat Simon putus asa. Simon berhasil menunjukkan kehebatannya dan dinobatkan sebagai salah satu kiper terbaik dan Pemain Muda Termahal yang pernah dimiliki Athletic.

Hal ini dinobatkan bukan tanpa alasan. Simon memiliki kemampuan dalam menguasai bola dan mempunyai refleks yang bagus. Selain itu, Simon juga membuat pertahanan Athletic lebih kuat saat tampil di La Liga.

Baca Juga : 4 Top Skor Liga Inggris Sepanjang Masa, Jagoanmu Ada ?

Itulah beberapa pemain muda termahal di dunia tahun 2020 versi CIES. Perlu diingat, nilai transfer pemain dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung performa dan kualitas bermainnya. Kendati demikian, beberapa pemain yang masuk dalam daftar diatas sudah mampu menunjukkan performa yang luar biasa dan dapat dibuktikan dengan harga yang fantastis.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *