Sepak Bola

Tips Nonton Sepakbola Eropa Langsung ke Stadion

4 Mins read

Kegiatan nonton sepakbola eropa secara langsung di stadion mungkin merupakan impian terbesar seorang fans. Apalagi dari wilayah bukan eropa seperti asia atau amerika, sama halnya seperti penggemar dari Indonesia. Maka dari itu banyak orang mencoba merencanakan sendiri perjalanan mereka menyaksikan pertandingan besar dari klub kesukaan.

Baca Juga : Main Tenis Meja Internasional Wajib Tahu Teknik Dasar Bermain !

Saat ini perjalanan ke luar negeri bukan hal sulit dan tidak selalu mahal, bahkan sudah ada paket menari dari beberapa agen bisa Anda ikuti. Bila Anda benar-benar memiliki mimpi menyaksikan secara live ke eropa, ada beberapa tipsnya. Harus diketahui terlebih dulu supaya mampu membuat rencana.

Berikut adalah Tips Nonton Sepakbola Eropa Langsung ke Stadion Paling Mudah :

Jadwal dan Tiket Nonton Sepakbola Eropa

nonton sepakbola eropa

Pertama Anda wajib mengetahui kapan harus pergi karena pasti ada jadwal pekerjaan. Jadi, sebelumnya periksa dulu jadwal pertandingan incaran, misalnya Chelsea vs Manchester United pada tanggal 23, maka harus datang 2-3 hari sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya punya persiapan matang sebelum masuk stadion pertama kali.

Sementara itu untuk persiapan dana, ada banyak yang perlu dipikirkan. Misalnya saja biaya untuk tiket pesawat, tiket stadion, biaya makan sampai transportasi. Jadi, untuk perjalanan awal disarankan memakai maskapai murah. Apalagi pelayanan sama saja tapi dapat menghemat pengeluaran traveling menyaksikan European Football Match.

Sebelum nonton sepakbola eropa, perlu diketahui kalau tiket sebenarnya tidak bisa dibeli langsung. Hal ini disebabkan umumnya memakai sistem terusan. Jadi, untuk turis, bisa beli lewat online dari website utama klub kesayangan. Tapi harus dibeli jauh-jauh hari, bahkan beberapa bulan sebelumnya supaya tidak kehabisan stok.

Lalu untuk perjalanan ke stadion, Anda boleh naik bus, khususnya kalau mengunjungi Spanyol, Jerman dan Inggris. Didalamnya ada transportasi bus sangat maksimalkan murah bahkan untuk turis. Saat menuju stadion, direkomendasikan membeli busspass karena pengunjung bisa naik tanpa memakai uang cash sehingga begitu simple

Disarankan juga untuk Anda supaya nonton sepakbola eropa naik kereta, apalagi jika penginapannya tidak dekat. Disini direkomendasikan membeli Interrail pass karena bisa naik apapun jenis kereta saat berada di eropa. Interrail Pass ini dianggap sangat hemat sehingga fans tidak perlu harus sering beli tiket perjalanan.

Penggunaan Interrail Pass ini lebih baik saat malam hari atau memakai kereta malam. Hal ini disebabkan karena lebih nyaman dan bisa sambil tidur. Jadi, kemungkinan menghemat waktu tapi keamanan tetap terjaga dengan baik oleh para staff.

Pilih Pertandingan dan Kota yang Diinginkan

Anda sebelumnya juga harus menentukan dulu klub mana yang akan ditonton, pastinya paling disarankan memilih klub kesukaan. Apalagi mengetahui lebih banyak tentang tim tersebut. Ditambah sebelumnya sudah punya jersey atau perlengkapan untuk menonton sehingga tidak perlu beli dulu karena banderolnya di negara asal lebih mahal.

Untuk nonton sepakbola eropa secara langsung, penggemar sebenarnya disarankan mencari tahu seluk beluk kota kunjungan. Di mana penting tahu bagaimana keamanan dan kenyamanan disana, misalnya saat ke Inggris, Jerman, Spanyol atau Italia. Perhatikan juga faktor bahasa karena tidak semua negara dilengkapi dengan bahasa Inggris.

Selain kendala bahasa, seringkali ditemukan perbedaan mata uang. Anda perlu diketahui tidak semua kota di wilayah Eropa menerima Euro. Misalnya Anda akan menonton dan datang ke Inggris, usahakan tukarkan uang dengan Poundsterling. Kalau perlu, bisa memakai money online sehingga pembayaran bisa dilakukan memakai cara virtual.

Sebelum menuju eropa, kemungkinan kita akan dihadapi dengan pilihan menonton liga atau turnamen besar. Apalagi kalau klub kesayangan ikut dalam semua turnamen. Sebenarnya saat ini turnamen paling direkomendasikan adalah Euro kalau antar negara. Kalau klub, liga Champions menjadi pilihan terbaik.

Sementara itu nonton sepakbola eropa secara langsung, umumnya orang memilih liga Inggris. Wajar karena EPL termasuk liga sepakbola paling akbar sejagat raya. Selain itu sepanjang jalan bisa menikmati bangunan kerajaan, khususnya London. Antusiasme besar dan bisa bergabung bersama penggemar lokal menjadi kelebihan menyaksikan liga Inggris.

Rival terdekatnya saat ini mungkin liga Spanyol karena termasuk sangat direkomendasikan dengan adanya rivalitas Barcelona vs Real Madrid. Selain itu Madrid dan Barcelona kotanya Indah, bisa sekalian berfoto di monumen atau bangunan bersejarah. Kelebihan lainnya banyak fitur gratis ditambah orang-orang Spanyol rata-rata sangat ramah.

Cara Pilih Penginapan untuk Nonton Sepakbola Eropa

nonton sepakbola eropa

Saran pertama dalam pemilihan penginapan, pastinya adalah hostel. Apalagi ini versi murah dari hotel sehingga fasilitasnya sama saja. Meski lebih terjangkau tapi sangat bersih dan nyaman. Apalagi bisa beramai-ramai memesan satu ruang bersama dengan sesama penggemar lain. Hasilnya bisa bercengkrama dan ngobrol tentang bola.

Selain hostel, couchsurfing juga termasuk sangat terjangkau bahkan gratis. Tapi Anda harus mencari pemilik rumah yang mau menampung traveller. Cara ini sangat ampuh memangkas biaya perjalanan menyaksikan klub kesayangan bertanding. Sebagai couchsurfer, harus memberi sedikit hadiah buat sang pemilik rumah baik berupa makanan atau lainnya.

Sebenarnya kalau mau nonton sepakbola eropa secara langsung berkualitas tinggi, mungkin bisa memilih menginap ke hotel. Apalagi Anda ingin benar-benar nyaman dan luas sehingga istirahat terjamin. Hotel memang cukup mahal apalagi dekat dengan stadion, tapi akan tidak berisik karena nyanyian suporter, atau lalu lintas kendaraan.

Jika sudah memutuskan pemilihan penginapan, jangan lupa persiapkan kartu SIM lokal. Tentu saja saat kita sudah sampai ke kota atau stadion tujuan harus mencari tahu jadwal main. Selain itu jadwal kereta, jadwal bus sampai media komunikasi memang harus lengkap.

Anda juga dapat memanfaatkan Wi-Fi kalau kesulitan membeli kartu SIM lokal. Umumnya dekat stadion atau restoran sering terdapat Wi-Fi gratis langsung nyambung. Pada tempat penginapan seperti hostel atau hotel umumnya kita bisa memanfaatkan Wi-Fi gratis mereka.

Tips Makan Murah dan Diskon Perjalanan

nonton sepakbola eropa

Untuk kegiatan makan lebih disarankan beli jajanan pinggir jalan saja. Walau banyak kafe dan restoran, bukan berarti tidak terdapat jajanan pinggir jalan. Biaya makan lebih murah yaitu 30 ribuan saja, kalau ke kafe atau restoran harus mengeluarkan lebih dari 100 ribu.

Jika mau lebih hemat, boleh memanfaatkan supermarket terdekat, apalagi jika ingin lebih lama 2-3 hari. Cara berhemat dengan cara makan makanan dari supermarket bisa dilakukan saat mengunjungi London atau Manchester. Apalagi disana terdapat supermarket asia.

Supaya nonton sepakbola eropa secara langsung lebih nyaman, disarankan menghindari musim panas. Apalagi saat Summer, untuk harga tiket dan perjalanan begitu besar. Jadi, mungkin bisa memilih musim biasa atau dingin karena lebih murah. Contohnya pertandingan Boxing Day di Inggris.

Supa lebih hemat, manfaatkan Student Card untuk masuk ke eropa. Ternyata bisa banyak dapat diskon memakai kartu pelajar. Maka dari itu meski Anda masih kuliah dan punya mimpi nonton sepakbola eropa pertandingan klub kesayangan tidak menjadi masalah. Student Card bisa mengurangi besarnya biaya.

Terakhir menghindari menuju destinasi wisata lain perlu Anda jalankan. Umumnya diperjalanan, fans sepakbola tertarik mengunjungi tempat wisata lain, misal saat di London, mengunjungi Big Ben dan kerajaan. Kalau tetap mau menuju destinasi lain, direkomendasikan datang ke museum gratis.

Baca Juga : Berkembang, Inilah 4 Tim Esports Berprestasi Asal Indonesia

Jika sudah mengerti semua hak diatas, maka tinggal disusun saja rencana awal Anda dengan baik. Tentu saja harus menyesuaikan budget dan waktu saat itu supaya tidak berlebihan dalam pengeluaran. Tapi sebenarnya mengeluarkan lebih tidak masalah karena nonton sepakbola eropa langsung menjadi pengalaman sekali seumur hidup.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *