Sepak Bola

Macam-macam Liga Sepak bola Indonesia yang Harus Diketahui

4 Mins read

Banyak dia antara Anda yang mengetahui secara lengkap Liga Sepak bola Eropa, namun tidak dengan Liga Sepak bola Indonesia. Padahal, Indonesia memiliki ragam liga yang sangat seru untuk diikuti. Liga ini sering disebut dengan turnamen atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh pihak tertentu.

Baca Juga : Sejarah Permainan Tenis Hingga Pertandingan Internasional

Bagi pecinta bola tanah air tentunya liga-liga tersebut sudan familier di telinganya. Namun, bagi Anda yang masih baru dan belum mengenal seluk beluk sepak bola Indonesia tentu masih asing. Bahkan, bisa jadi Anda tidak mengetahui sama sekali.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai macam-macam liga sepak bola di Indonesia yang wajib Anda ketahui sebagai berikut.

Liga Super Indonesia (Liga 1)

liga sepak bola Indonesia

Liga Super Indonesia yang kini telah bertransformasi menjadi Liga 1 ini merupakan turnamen paling berkelas di Indonesia. Pada liga ini 18 klub dari daerah asal masing-masing bersaing dalam bidang sepak bola untuk menjadi juara.

Sistem yang diusung dari pertandingan ini adalah promosi dan degradasi. Jadi, dalam turnamen tersebut posisi tiga terbawah akan didegradasi dan digantikan oleh pemain terbaik pada Liga 2.

Pengelola salah satu liga sepak bola Indonesia ini adalah PT Liga Indonesia Baru. Pemilik saham terbesar dari PT ini adalah 18 klub sepak bola dari masing-masing provinsi di Indonesia. Turnamen yang memiliki level teratas ini rutin diselenggarakan setiap tahun dengan total pertandingan 34 kali.

Turnamen ini dimainkan dengan prinsip kandang tandang atau bahasa kerennya adalah home and away. Jadi klub akan bermain di stadion lapangannya sendiri dan sesekali akan mengunjungi stadion di daerah lawan.

Awal mula terbentuknya turnamen terbesar di Indonesia ini adalah atas usul dari PSSI dan pertama kali terlaksana tahun 2008. Liga ini dibentuk karena pada saat itu Indonesia belum memiliki turnamen professional. Dengan mengandalkan APBD, akhirnya dapat terlaksana.

Penentuan juara pada kompetisi ini tidak jauh berbeda dengan ketentuan pada kompetisi besar di dunia lainnya, yaitu berdasarkan perolehan poin tertinggi. Jika satu tim memiliki poin puncak yang sama, maka akan ditentukan melalui selisih jumlah gol.

Penyabet gelar juara terbanyak pada turnamen salah satu liga sepak bola Indonesia tersukses adalah Persipura Jayapura dengan jumlah juara 5 kali. Serta pencetak gol terbanyak pada Liga 1 ini adalah Christian Gonzales dengan total 276 gol.

Divisi Utama Liga Indonesia (Liga 2)

liga sepak bola Indonesia

Divisi Utama Liga Indonesia kini sudah berganti menjadi Liga 2 Indonesia. Liga 2 merupakan turnamen kasta ke-2 dalam persepak bolaan Indonesia. Liga ini dibentuk pada tahun 2008 sebagai pertandingan yang tidak dapat terpisah dengan Liga 1 Indonesia.

Sebab, kedua liga ini masih satu kesatuan. Jika pada Liga 1 klub yang bertanding ada 18, maka pada liga ini ada 24 klub. Sistemnya sama yaitu promosi dan degradasi. Tiga klub terbaik akan dipromosikan ke Liga 1 dan enam klub terbawah akan didegradasi serta digantikan oleh tim dari Liga 3.

Klub yang bertanding di salah satu liga sepak bola Indonesia ini memiliki skill mumpuni. Klub yang ingin merambah ke Liga 1 harus melewati Liga 2 terlebih dahulu. Sama halnya dengan Liga 1 yang dilakukan setiap tahun.

Setiap tahunnya selalu diadakan Liga 2 agar proses promosi dan degradasi dapat berjalan dengan cepat dan tidak membuang waktu. Klub paling banyak meraih juara pada Liga 2 adalah Persebaya Persik dengan total 3 piala.

Liga Nusantara (Liga 3)

liga sepak bola Indonesia

Sesuai dengan namanya, liga sepak bola Indonesia ini merupakan kasta ketiga dari turnamen di tanah air. Kompetisi pertamanya dilakukan pada tahun 2014. Liga 3 ini dibentuk dari gabungan Divis I dan Divisi II di tahun 2014. Kemudian, Divisi III mulai menyusul untuk bergabung pada tahun 2015.

Terbentuknya Liga 3 ini setelah adanya penghapusan Badan Liga Amatir Indonesia. Liga 3 disebut juga dengan kompetisi amatir yang dikelola oleh provinsi pada babak kualifikasi dan diserahkan kepada PSSI setelah babak nasional.

Jumlah putaran nasional pada Liga 3 ada sebanyak 32. Enam klub terbaik akan dipromosikan ke Liga 2 sedangkan klub terendah tidak dapat didegradasi lagi. Sebab, Liga 3 merupakan akhir dari rangkaian perligaan di Indonesia.

Sejauh ini, klub tersukses yang pernah bertanding dan berhasil dipromosikan ke Liga 2 adalah Persatu Tuban, Perseden Denpasar, Blitar United, Persik Kediri, dan Persijap Jepara. Masing-masing dari klub tersebut pernah berhasil meraih 1 gelar juara.

Meski berada di kasta terbawah dalam piramida liga sepak bola Indonesia, namun skill pemain pada Liga 3 tidak boleh dianggap remeh. Karena mereka memiliki skill mumpuni dan bahkan ada yang mencapai Liga 1 dari perjalanan panjang Liga 3. Banyak pemain emas yang terlahir di Liga 3.

Turnamen Piala Indonesia

liga sepak bola Indonesia

Piala Indonesia merupakan turnamen tahunan dalam persepak bolaan Indonesia yang diadakan oleh PSSI. Pada tahun 2005 saat pertama kali diadakan, turnamen ini dinamakan dengan Copa Indonesia atau Copa Dji Sam Soe karena sponsor utamanya adalah Dji Sam Soe.

Jika pada rangkaian Liga Indonesia terdapat kasta-kasta turnamen, maka pada pertandingan ini tidak ada hal demikian. Seluruh klub dari Liga 1, 2, dan 3 bermain bersama saling berkompetisi. Jumlah klub yang berkompetisi pada Piala Indonesia di tahun 2018 mencapai 128 klub.

Dengan sistem yang tidak memiliki kasta, maka klub dari daerah-daerah yang tidak masuk ke dalam Liga memiliki kesempatan untuk melawan pemain yang berasal dari liga 1. Turnamen ini sangat menarik karena hasil yang keluar terkadang diluar dugaan. Tidak jarang klub kecil bida mengalahkan klub besar.

Hal tersebut tentu sesuai motto yang dimasukan pada Piala Indonesia yaitu everyone can play. Artinya, semua orang bisa bermain tidak peduli adari klub mana dan tidak peduli dengan klasemen pada turnamen Liga Indonesia. Klu yang memiliki gelar terbanyak pada salah satu turnamen liga sepak bola Indonesia ini adalah Sriwijaya FC dengan peroleh 3 gelar juara.

Turnamen Piala Presiden

liga sepak bola Indonesia

Piala Presiden pertama kali diadakan pada tahun 2015, hal ini dilakukan untuk mengisi waktu kosong jelang pra-musim. Tim yang bergabung dengan turnamen ini kini mencapai 20 klub. Tim tersebut diambil dari klub di Liga 1 dan juga klub terbaik di Liga 2.

Turnamen liga sepak bola Indonesia ini hampir dilakukan setiap tahun sejak tahun 2015 dan terakhir adalah tahun 2020. Turnamen ini tidak dilaksanakan pada tahun 2019 karena PSSI mendapat tuduhan pelanggaran dari FIFA, namun pada tahun 2017 PSSI bebas dari tuduhan tersebut.

Turnamen tersebut kembaki diadakan pada tahun itu juga. Hingga pada tahun 2020 terakhir kali piala presiden diadakan. Pada tahun 2021 turnamen penyambutan pra-musim ini diganti menjadi Piala Menpora.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui pertandingan yang digelar tanpa uang negara dan menjadi tolok ukur turnamen di masa pandemi. Pergantian nama tersebut diusulkan oleh PSSI dan PT LIB.

Baca Juga : Los Angeles Lakers Siapkan Transfer dan Gaet Pemain

Ketentuan kedua turnamen tersebut sama saja, yang berhak mengikuti adalah klub dari Liga 1 dan Liga 2. Dana yang dibutuhkan Piala Menpora lebih besar, namun mereka mengklaim jumlah uang tersebut berhasil dikumpulkan tanpa uang negara. Indonesia memang memiliki turnamen sepak bola yang seru dan cukup banyak. Sayangnya berbagai liga sepak bola Indonesia ini jarang terekspose dan sebagian masih sepi peminat.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *