Sepak Bola

8 Klub Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

4 Mins read

8 Klub Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa – Sepak bola menjadi jenis olahraga yang paling banyak digemari. Ada banyak sekali klub sepak bola yang memiliki pemain berbakat dari seluruh dunia. Bahkan, beberapa di antaranya masuk dalam daftar klub sepak bola terbaik di dunia yang tidak perlu diragukan lagi performanya. Ingin tahu siapa saja? Simak penjelasannya dalam daftar berikut ini:

Baca Juga : 5 Peraturan Sepak Bola yang Utama dan Pelanggarannya

Klub Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Kini, banyak klub sepak bola berbakat yang bermunculan. Akan tetapi, ada beberapa klub yang memang sudah dinobatkan sebagai klub terbaik sepanjang masa berkat performanya. Klub-klub ini juga melahirkan banyak pesepakbola ternama yang sangat mendunia, seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Tak perlu berlama-lama lagi, simak daftarnya di bawah ini:

1. Ajax Amsterdam

Klub Sepak Bola Terbaik

Pertama, ada Klub Sepak Bola Terbaik Ajax Amsterdam. Pada tahun 1995, para pemain Ajax berhasil membuat dunia terkesan. Tim asuhan Louis Gaal ini berhasil mengalahkan AC Milan yang merupakan salah satu tim terhebat dalam beberapa dekade terakhir. Kala itu, Ajax mengukir sejarah baru dengan memenangkan kompetisi itu.

Setelah memenangkan pertandingan itu, Ajax yang awalnya hanya berisikan sekumpulan wonderkid berhasil menjadi raja Eropa. Meskipun masih berusia belia, pelatihan Van Gaal mampu membuat pemain Ajax mengalahkan beberapa bintang besar, seperti Franco Baresi, Paolo Maldini, dan pemain AC Milan lainnya.

Tak hanya itu saja, Ajax juga melahirkan bintang sepak bola muda, seperti Edwin van der Sar, Clarence Seedorf, Patrick Kluivert, hingga Jari Litmanen. Tampaknya, kemenangan Ajax atas AC Milan dalam tiga kesempatan kala itu berhasil meningkatkan percaya diri dan membuka jalan karir di dunia sepak bola.

2. Bayern Munchen

Klub Sepak Bola Terbaik

Selanjutnya, ada klub Bayern Munchen. Dihuni banyak pesepakbola berbakat membuat Bayern masuk dalam daftar Klub Sepak Bola Terbaik. Performa Bayern memang sempat menurun saat dilatih oleh Niko Kovac. Kini, Bayern kembali menunjukkan eksistensinya di bawah naungan Hans-Dieter Flick.

Berkat kehadiran Hans-Dieter Flick, Bayern Munchen berhasil memenangkan banyak gelar kompetisi dengan cara yang mengesankan, salah satunya Liga Champions. Bayern Munchen menjadi klub pertama yang menang dengan rekor bersih di 11 pertandingan laga.

3. Real Madrid

Klub Sepak Bola Terbaik

Sejak tahun 1958, gelar ganda kontinental belum dapat dipecahkan klub manapun. Akan tetapi, pada musim 2016/2017, Real Madrid berhasil menciptakan sejarah baru dengan memenangkan gelar tersebut. Tak hanya itu, Madrid juga menjadi tim yang pertama kali mempertahankan mahkota Eropa di Liga Champions. Sehingga bisa dikatakan sebegai Klub Sepak Bola Terbaik

Saat tengah mencapai puncak karirnya, pemain andalan Madrid, Cristiano Ronaldo malah hengkang ke Juventus. Setelah kepergian Ronaldo, pemain Madrid banyak menuai kritik atas performanya. Kendati demikian, fakta bahwa Madrid merupakan salah satu tim terbaik di dunia tidak dapat dipungkiri.

4. Barcelona

Klub Sepak Bola Terbaik

Terakhir, ada tim asal Spanyol, Barcelona. Sepanjang sejarah sepak bola, Barcelona memang layak untuk dinobatkan sebagai salah satu tim terbaik. Sejak debutnya Pep Guardiola, Barcelona menjadi tim sepak bola ternama yang akan selalu dikenang selama-lamanya. Kala itu, Pep mengubah cara bermain Barcelona menjadi sangat menghibur dan ofensif.

Awal kesuksesan Barcelona diwarnai dengan kehebatan Lionel Messi saat masih muda. Dalam perjalanan treble Barcelona, Messi berhasil mencetak 38 gol dari 51 pertandingan. Tak hanya itu, Messi juga memiliki peran penting dalam Liga Champions dengan mencetak 9 gol dari 12 total pertandingan.

Messi dan kawan-kawannya menunjukkan performa terbaik dan berhasil meruntuhkan pertahan lawan dengan bersenang-senang. Saking hebatnya, banyak tim yang takut bertemu Barcelona di lapangan hijau. Jika sudah bertemu Barcelona, seluruh lawannya tidak akan diberi kesempatan untuk mengembangkan permainan.

Klub Sepak Bola Terbaik Tahun 2020

Dari tahun ke tahun, klub sepak bola semakin bermunculan. Meskipun tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi semua orang karena pandemi COVID-19, tapi PSI tetap merilis daftar klub terbaik. Ingin tahu klub apa saja yang masuk dalam daftarnya? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Manchester City

Pertama, ada klub asuhan pelatih berbakat, Pep Guardiola. Belakangan ini, Manchester City menjadi kekuatan dominan di dunia sepak bola. Meskipun City belum berhasil mendapat gelar juga di Liga Champions, City tetap mampu menjadi Klub Sepak Bola Terbaik dengan modal yang amat sangat mahal.

Bagaimana tidak? City memiliki kualitas bermain yang mumpuni di semua posisi. Musim ini, Ederson Moraes tampil bermutu sebagai penjaga gawang. Tapi, pertahanan City juga dibantu oleh Scott Carson dan Zack Steffen yang tak kalah berkualitas. Kemudian, ada pemain John Stones, Nathan Ake, Aymeric Laporte, dan Nicolas Otamendi yang mendukung pertahanan.

Selain itu, ada pula Oleksandr Zinchenko dan Benjamin Mendy yang menjadi bek kiri serba bisa. Tak mau kalah, Joao Cancelo dan Kyle Walker mampu menjadi bek sayap di semua sisi lapangan. Dari posisi gelandang, ada Fernandinho, Rodri, Kevin De Bruyne, Phil Foden, dan Ilkay Gundogan yang lincah.

Pada bagian sayap, ada Bernardo Silva, Raheem Sterling, Ferran Torres, dan Riyad Mahrez. Sementara itu, di lini depan, ada dua bomber Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Kedua pemain berbakat itu dilapisi dengan striker muda Italia, Pablo Moreno.

Personel berbakat dan taktik Pep Guardiola yang cerdas membuat Manchester City sulit untuk ditaklukkan, baik pada level domestik maupun Eropa. Saking hebatnya, menurut data dari PSI, musim ini City berhasil meraih rating 92 dari total performa 100.

2. PSG

Pada musim 2019/2020, Paris Saint-Germain berhasil keluar sebagai runner-up di Liga Champions. Tentu saja hal ini menjadi motivasi PSG untuk terus membangun fondasi tersebut. Permainan Neymar dan Kylian Mbappe yang mengesankan berhasil menghantarkan PSG menuju gelar runner-up.

Tak hanya itu saja, transfer pemain yang dilakukan oleh Thomas Tuchel juga disebut sebagai faktor pendukung kesuksesan PSG. Tahun 2020, PSG mengambil Mauro Icardi dan Hector Bellerin secara permanen. Akan tetapi, kepergian Thiago Silva dan Thomas Meunier membuat PSG sedikit gugup.

3. Inter Milan

Inter Milan merupakan salah satu Klub Sepak Bola Terbaik dengan daftar pemain paling seimbang dan berbakat di Eropa. Tahun 2020, penjaga gawang Samir Handanovic tampil mengesankan dengan kemampuan yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Garis pertahanan terakhir Inter Milan ini berhasil mencatat 13 clean sheet pada musim lalu.

Juara bertahan Serie A itu dikenal mempunyai pertahanan yang sangat baik. Berhasil menjuarai Serie A sebanyak 18 kali tentu saja tidak luput dari peran Skriniar, Stefan de Vrij, dan Diego Godin. Tak hanya itu, sosok Marcelo Brozovic, Lorenzo Pirala, Atalanta Bastoni, dan Andrea Ranocchia juga memperkuat pertahanan Inter Milan.

Pada lini serang, ada Ashley Young dan Danilo d’Ambrosio. Sementara itu, lini tengah dipenuhi dengan pemain berkualitas, seperti Roberto Gagliardini, Antonio Candreva, Nicolo Barella, Christian Eriksen, Arturo Vidal, dan Stefano Sensi. Di lini depan, Inter Milan memiliki dua penyerang produktif, Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku.

4. Chelsea

Pada musim panas 2020, Chelsea banyak melakukan perubahan di bursa transfer. Chelsea mengambil duo Jerman, Timo Werner dan Kai Havertz dari Bundesliga. Tak hanya itu saja, Chelsea juga menggaet Ben Chilwell, bek kiri Leicester City. Di sisi lain, Chelsea berhasil mendapatkan sayap agresif milik Ajax, Hakim Ziyech.

Musim panas tahun ini, Chelsea dikabarkan menghabiskan dana sebesar €223 juta hanya untuk transfer pemain. Meskipun banyak didominasi pemain baru, tapi Chelsea tetap mempertahankan beberapa pemain hebat, seperti Kepa Arrizabalaga, Werner, dan Michy Batshuayi.

Baca Juga : 5 Teknik Dasar Renang yang Wajib Diketahui Pemula dan Manfaatnya

Itulah daftar klub sepak bola terbaik di dunia. Tentu saja klub-klub tersebut berhasil masuk dalam daftar ini bukan tanpa usaha. Perjuangan yang gigih dan kerja keras lah yang menghantarkan klub-klub itu pada daftar klub terbaik di dunia.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *