Sepak Bola

Kandidat Kuat Penerima Pemain Terbaik FIFA, Ada Jagoanmu ?

4 Mins read

Kandidat Kuat Penerima Pemain Terbaik FIFA, Ada Jagoanmu ? – Perhelatan Ballon d’Or sudah ada sejak 1956 dan mencetak sedikitnya 44 pemenang setiap tahunnya. Dulu, penghargaan bergengsi untuk pemain sepak bola terbaik dunia ini hanya boleh untuk pemain Eropa yang bermain di klub Eropa saja. Tapi seiring perkembangannya, semua pemain di dunia yang memenuhi syarat bisa menerima penghargaan ini. Tahun ini, Ballon d’Or 2021 sangat dinanti.

Baca Juga : 8 Klub Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa

Ballon d’Or 2021 mungkin akan jadi perhelatan yang mendebarkan sepanjang sejarah Ballon d’Or. Pasalnya, perhelatan tahun lalu dibatalkan dan sejumlah kemungkinan baru terjadi. Yang pastinya berkaitan dengan siapa yang akan menerima penghargaan Pemain Terbaik FIFA bergengsi ini.

Ballon d’Or 2021 untuk Siapa?

Pemain Terbaik FIFA harus rela menunggu setahun lagi setelah perhelatan Ballon d’Or tahun 2020 dibatalkan. Pandemi virus corona tidak bisa dilawan dan Ballon d’Or harus rela menunda pergelarannya. Pemain Terbaik FIFA tahun lalu masuk nominasi juga harus rela “diadu” lagi. Belum lagi nama-nama langganan juga ikut berebut tempat.

Jika dulu pemenang hanya ditentukan oleh para wartawan majalah France Football saja, sekarang wartawan yang bisa memilih semakin banyak dan bahkan FIFA juga memutuskan ikut bergabung. Walaupun pada akhirnya FIFA memiliki penghargaannya sendiri untuk pemain terbaik.

Tahun 2021 ini nominasi Ballon d’Or tetap diisi nama-nama populer. Kepopuleran ini tentu saja karena performanya di lapangan hijau dan juga karena banyak faktor lain yang turut diperhitungkan. Berikut ini adalah nama-nama pemain yang besar kemungkinan dinominasikan untuk menerima penghargaan ini di tahun 2021:

1. Neymar Jr.

Pemain Terbaik FIFA

Performa gemilangnya bersama PSG membuat Neymar Jr. layak jadi penerima Ballon d’Or 2021. Di musim ini, ia berperan besar dalam memboyong trofi pertama PSG di musim ini yaitu Piala Super Prancis. Neymar selalu handal dalam mengirim operan dan membuat permainan jadi berwarna.

Pernah berduet dengan Messi di Barcelona, Neymar kini jadi andalan PSG dalam mencetak gol. Musim ini, 14 pertandingan yang diawakinya, ia mampu mencetak 10 gol dan assist sebanyak 14 kali di seluruh kompetisi. Walaupun ia banyak absen karena kartu merah dan cedera, performanya dan kontribusinya tetap layak diperhitungkan sebagai pemain terbaik.

2. Kevin De Bruyne

Pemain Terbaik FIFA

Merumput di Manchaster City sejak musim panas 2015, Kevin De Bruyne membuktikan ketangguhannya. Kepindahannya ke Manchaster City dari Wolfsburg, berkat keberhasilan bursa transfer pada waktu itu. Sebagai motor serangan bagi Manchaster City, kontribusinya semakin besar sejak klub ini ditinggal David Silva.

Bermain dalam 22 pertandingan, Kevin De Bruyne berhasil menorehkan 3 gol serta 15 assist. Inilah yang membuat dirinya layak jadi penerima Pemain Terbaik FIFA tahun ini. Perannya dalam tim membuat The Citizens tampil gemilang pada setiap pertandingan.

Walaupun sempat didera cedera hamstring dan membuatnya harus minggir dari pertandingan, semua kontribusinya bagi tim tetap tidak bisa dikesampingkan. Ia adalah playmaker yang handal dan penampilannya selalu dinantikan oleh penggemar di seluruh dunia.

3. Lionel Messi

Pemain Terbaik FIFA

Nama Lionel Messi tidak pernah luput dari perhelatan Ballon d’Or meski sudah mengoleksi 6 trofi. Walaupun di awal musim performanya bersama Barcellona terbilang lambat, tapi semakin kesini Messi kembali menunjukkan kekuatannya. Buktinya ia bisa mencatatkan 14 gol serta 6 assist pada 22 pertandingan yang diawakinya.

Namanya sempat tercoreng karena menerima kartu merah di final Piala Super Spanyol dan kekalahan dari Athletic Bilbao. Kekalahan ini tampaknya cukup membuat Messi terpukul karena gagal mengangkat trofi pertama pada musim ini. Tapi, ketangguhan Messi membuatnya tetap layak jadi Pemain Terbaik FIFA.

4. Christiano Ronaldo

Pemain Terbaik FIFA

Sempat absen karena terpapar Covid 19 tidak membuat performa Christiano Ronaldo pudar. Ia kembali lebih kuat dan tetap gemilang bersama Juventus. Kembali disandingkan dengan lawan abadi di Ballon d’Or, Lionel Messi, tahun ini ia kembali berpotensi menjadi Pemain Terbaik FIFA.

Sempat terbesit kabar kalau ia ingin hengkang dari Juventus tapi kabar ini belum dikonfirmasi. Jika benar, tentu ini jadi kerugian besar bagi tim. Pasalnya, sumbangsih pemain 34 tahun ini sangat besar untuk tim di musim lalu dan musim ini.

Bersama Juventus, CR7 berhasil mencatat 19 gol serta 2 assist. Ia memang selalu bisa diandalkan di lini depan dan jika ia berhasil menang tahun ini, perolehan trofi Ballon d’Or nya akan sama dengan yang dimiliki Messi. Rivalitas akan semakin panas.

5. Robert Lewandowski

Pemain Terbaik FIFA

Tak bisa disangkal kalau performa Robert Lewandowski di musim ini sangat mengagumkan. Tidak heran jika dirinyalah yang digadang-gadang jadi penerima Ballon d’Or di tahun. Ia bahkan katanya berpotensi mengalahkan Ronaldo dan Messi di perhelatan ini.

Musim lalu, ia berhasil memenangkan Piala Super Jerman dan juga Piala Super Eropa. Tidak banyak yang mengira kalau Lewandowski akan tampil sangat gemilang bahkan sampai mengantongi FIFA Award tahun lalu. Kemenangan ini mengungguli Ronaldo dan Messi.

Musim ini, Lewandowski bersama Bayern Munich berhasil menorehkan 24 gol di 22 pertandingan. Ia juga mencatatkan 6 assist ke rekannya di tim di musim ini. Pemain asal Polandia ini memang sangat cemerlang sehingga layak memenangkan trofi Ballon d’Or.

Berapa Hadiah Ballon d’Or?

Sudah bukan rahasia lagi kalau penghargaan Ballon d’Or sangat bergengsi dan diidamkan banyak pemain. Semuanya tentangPemain Terbaik FIFA sangat unik mulai dari kriteria pemenang, cara pemungutan suara, kriteria pemilih, dan yang pasti adalah hadiahnya.

Sebenarnya, tidak pernah ada hadiah pasti dalam jumlah uang ketika seorang pemain menerima penghargaan ini. Jadi bisa dibilang hadiah dari penghargaan ini hanyalah bola emas yang kalau dijual nilainya fantastis. Nilai fantastis ini berasal dari material trofi yang notabene emas dan siapa yang memenangkan trofi itu.

Ya, nilai trofi pemenang Ballon d’Or yang memutuskan untuk menjualnya bisa mencapai miliaran rupiah. Contohnya saja trofi milik Christiano Ronaldo yang dijual dalam lelang amal di tahun 2017 laku sebesar 9,5 miliar. Terlepas dari itu, jika diuangkan, trofi Ballon d’Or adalah senilai 1,5 juta Euro karena berbahan dasar emas solid.

Yang paling menarik dari memenangkan Pemain Terbaik FIFA adalah kesempatan mendapatkan kontrak fantastis dari klub atau sponsor. Karena digagas oleh awak media, maka ini bisa jadi ajang yang menarik untuk branding. Media akan fokus pada brand yang menjadi sponsor pemenang Ballon d’Or dan klub juga akan mendapat pemberitaan heboh yang biasanya berimbas pada ekonomi klub.

Lagi-lagi contohnya adalah Christiano Ronaldo yang pernah mendapat kontrak fantastis selama 10 tahun dari Nike bernilai 2,7 trilyun di tahun 2016. Secara beruntun, Ronaldo juga menerima hadiah tambahan sebanyak 4 juta Euros jika berhasil memenangkan penghargaan global. Jadi jelas bahwa Ballon d’Or membawa dampak ekonomi yang sangat besar bagi pemain, sponsor, klub, dan juga media.

Baca Juga : Pemain Muda Liga Spanyol Menjanjikan Sepanjang Tahun 2020

Ballon d’Or 2021 mungkin akan jadi perhelatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak. Semoga acara yang sangat bergengsi ini tidak lagi diundur atau dibatalkan. Klub, pemain, sponsor, perusahaan dunia, dan juga media sudah menanti pemboyong trofi tahun ini untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *