Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read

Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak memahami bagaimana melakukannya supaya tidak membatalkan puasanya.

Seperti yang sudah diketahui, sepakbola menjadi olahraga paling populer di Indonesia. Hampir semua orang menyukainya, dan terkadang mendirikan sebuah fanbase sendiri. Itulah mengapa sepakbola masih eksis meskipun di bulan puasa.

Baca Juga : 6 Sepatu basket termahal yang Pernah Dijual di Dunia

Namun, bagaimana caranya supaya bisa bermain sepakbola tanpa membatalkan puasa? Tentu saja ada caranya.

Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa tips dan trik bermain sepakbola saat berpuasa.

Bermain Sepakbola Saat Puasa Pada Sore Hari

bermain sepakbola saat puasa

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk melakukan banyak aktifitas. Bukan hanya untuk menyegarkan pikiran, namun bisa juga dipakai sebagai sarana meditasi. Cahaya core hari merupakan berkah tersendiri yang berharga.

Sore hari juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas olahraga seperti bermain sepakbola saat puasa. Bahkan, pada bulan puasa sekalipun sore hari menjadi waktu paling tepat untuk memainkan sepakbola bersama orang lain.

Salah satu alasan mengapa bermain sepakbola saat puasa pada sore hari adalah waktu yang tepat adalah karena sudah menjelang berbuka. Permainan sepakbola selama 30 atau 60 menit tidak akan terasa berat bagi kebanyakan orang.

Misalnya Anda bermain pada jam setengah 5 sore setelah Ashar, maka hanya perlu bermain sekitar 30 menit saja. Selebihnya bisa Anda gunakan untuk istirahat dan kemudian mandi.

Biasanya banyak orang memilih cara ini untuk menghabiskan waktu ngabuburit mereka. Menghabiskan waktu bersama pada sore hari dan tentunya bermain sepakbola saat melakuan puasa seperti ini sangat menyenangkan.

Bermain Sepakbola Saat Puasa Pada Malam Hari

Bukan hanya pada sore hari, bermain sepakbola saat puasa juga bisa Anda lakukan ketika malam hari. Keuntungannya tentu jauh lebih besar karena Anda bebas mau makan atau minum jika lelah.

Waktu terbaik jika Anda ingin melakukannya pada malam hari adalah sekitar jam 8 hingga 10 malam. Saat jam-jam tersebut pencernaan makanan sudah hampir selesai memproses makanan saat berbuka sebelumnya.

Selain itu, keuntungan bermain pada malam hari adalah cuaca serta udaranya tidak panas. Bahkan, suhu udara akan cenderung lebih dingin. Hal tersebut sangat cocok untuk mencegah dehidrasi secara berlebihan.

Anda juga tidak akan mudah merasa lelah, apalagi sampai terjatuh pingsan. Ketika merasa lelah, maka bisa langsung istirahat dan minum. Setelah itu bisa melanjutkan permainan hingga selesai.

Pastikan saja jangan bermain terlalu berlebihan. Cukup mainkan permainan ini tanpa ada dorongan mendapatkan kemenangan. Mainkan saja karena sepakbola merupakan sebuah hiburan untuk meredakan stres setelah seharian bekerja.

Perhatikan Intensitas Permainan saat Melakukannya

bermain sepakbola saat puasa

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, begitu juga dengan permainan sepakbola. Sudah menjadi rahasia umum jika sepakbola merupakan olahraga yang menggerakkan semua anggota tubuh.

Meskipun Anda sangat suka dengan sepakbola, namun ada baiknya membatasinya. Terlebih lagi pada bulan puasa dimana banyak cairan tubuh menghilang. Energi dan tenaga juga harus disimpan hingga waktunya berbuka.

Sebaiknya bermainlah selama 30 hingga 60 menit saja jika memilih bermain sebelum berbuka. Tujuannya supaya Anda tidak terlalu lelah. Bermain selama 30 menit juga setidaknya sudah cukup untuk Anda, bukan?

Begitu juga dengan ketika bermain pada saat malam hari. Meskipun lebih bebas karena bisa makan atau minum, namun sebaiknya juga membatasinya. Lebih baik tetap bermain sekitar 30 hingga 60 menit.

Malam hari menjadi waktu untuk beristirahat. Oleh sebab itu, bermain sebentar sekitar 1 jam dan kemudian istirahat. Setelah itu Anda bisa mandi dan kemudian istirahat untuk melanjutkan aktifitas esok hari.

Memenuhi Asupan Gizi yang Cukup

bermain sepakbola saat puasa

Sepakbola menjadi salah satu aktifitas yang cukup berat. Semua anggota tubuh bekerja sesuai fungsinya demi mendukung efektifitas pergerakan. Oleh sebab itu asupan gizi harus tetap mencukupi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi pada saat sahur maupun berbuka. Tujuannya supaya mengisi energi dalam tubuh setelah seharian tidak mengonsumsi makanan apapun.

  1. Perbanyak Makan Karbohidrat

Karbohidrat menjadi kebutuhan utama dalam tubuh. Fungsinya memberikan energi cadangan pada tubuh saat Anda tidak mengonsumsi makanan apapun. Perhatikan makanan ini pada saat sedang sahur maupun setelah berbuka.

  1. Minum Susu Jika Perlu

Susu menjadi salah satu sumber energi lemak dan protein terbaik. Ada susu hewani dan susu nabati. Pilih saja salah satu sesuai selera jika atau bisa mengonsumsi keduanya secara bergantian.

  1. Jangan Makan Secara Berlebihan

Meskipun kebutuhan karbohidrat sangat penting, namun jangan sampai malah terlalu banyak makan. Kondisi ini mengakibatkan organ pencernaan terlalu lama mencerna semua kandungan penting dan malah membuat Anda cepat mengantuk.

  1. Konsumsi Vitamin

Vitamin menjadi hal yang sangat penting bagi daya tahan tubuh seseorang. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi Vitamin C pada sat sahur supaya daya tahan tubuh terjaga.

Konsumsi Air Secukupnya Sesuai dengan Kebutuhan

bermain sepakbola saat puasa

Sebagian besar komposisi tubuh terbuat dari air. Oleh sebab itu, setiap orang tidak boleh sampai kekurangan cairan dalam tubuh. Jika sampai kurang, maka akan mengakibatkan dehidrasi berat.

Kebutuhan air setiap orang memang berbeda-beda, namun jika dihitung rata-rata maka orang setiap orang butuh 2-3 liter per hari. Jumlahnya bisa meningkat jika melakukan aktifitas berat dan melelahkan seperti bermain sepakbola saat puasa.

Sama juga ketika Anda bermain sepakbola, maka setidaknya ada cadangan cairan dalam tubuh. Tujuannya untuk mengisis energi yang terbuang melalui keringat setelah bermain selama beberapa menit.

Oleh sebab itu, maka Anda membutuhkan sebuah alternatif metode untuk mengatasi hal tersebut. Beberapa cara bisa dilakukan supaya cairan tubuh tetap terjaga meskipun sedang berpuasa sekalipun.

Acuan yang direkomendasikan oleh beberapa ahli gizi adalah 8 gelas. Selama berpuasa, maka Anda perlu mengatur supaya kebutuhan air tetap terpenuhi. Acuan tersebut bisa membantu Anda bermain sepakbola saat puasa.

Saat sahur, minum 2 gelas saja supaya tidak terlalu kenyang dengan air. Setelah berbuka minum 1 gelas terlebih dahulu sebelum makan. Setelah makan, Anda bisa menambah 1 gelas air lagi.

Pada jam 8 hingga 9 usahakan minum 2 gelas air untuk membantu memperlancar pencernaan. Terakhir, sebelum tidur setidaknya Anda harus minum 1 atau 2 gelas air.

Perhatikan Intensitas Istirahat Dalam Menjaga Kesehatan

Istirahat yang cukup merupakan bekal berharga menjaga kesehatan. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam tidur. Waktu istirahat bisa bertambah terganting kondisi tubuh seseorang.

Sebagai contoh, jika Anda sebelumnya memiliki aktifitas padat selama seharian, maka sebaiknya jangan bermain sepakbola saat puasa. Pakai saja waktu sore atau malam hari Anda untuk istirahat.

Jangan pernah memaksakan mengurangi jam tidur hanya karena keinginan bermain sepakbola saat puasa, hal tersebut bisa sangat berbahaya karena berdampak buruk. Bahkan, tubuh menjadi rusak karena terlalu banyak menerima aktifitas berat.

Betapa besarnya keinginan untuk bermain sepakbola sebaiknya Anda tahan jika memiliki hari yang berat. Tunda hingga tubuh dalam kondisi siap terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda juga akan lebih nyaman menjalaninya.

Ketika sudah jam 8 malam sebaiknya pergi tidur supaya bisa bangun pada saat sahur. Takutnya Anda memaksakan diri dan malah tidak bisa sahur. Hal tersebut tentu saja akan menjadi kerugian.

Oleh sebab itu, istirahat menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Jangan pernah melupakan istirahat karena tubuh juga butuh rehat sebentar. Pahami kondisi tubuh Anda sendiri demi kesehatan masa tua.

Lakukan Olahraga Sesuai Kapasitas Batas

bermain sepakbola saat puasa

Segala sesuatu pasti akan berakibat buruk jika dilakukan secara berlebihan. Begitu juga ketika bermain sepakbola saat puasa. Lakukan saja aktifitas ini sesuai dengan kapasitas tubuh tanpa membebaninya.

Kesehatan adalah aset yang paling berharga. Untuk itu, bagaimanapun juga kondisi kesehatan harus tetap dijaga. Bahkan ketika sedang berpuasa dan ingin bermain sepakbola saat puasa bersama orang lain.

Terlebih lagi jika kondisi Anda sedang tidak sehat, maka sebaiknya jangan memaksakan diri. Berpuasa saja sudah menguras banyak tenaga dan pikiran. Apalagi jika ditambah dengan kondisi badan tidak sehat.

Memaksakan diri hanya karena gengsi juga bukan suatu tindakan bijak. Pahami bahwa tubuh membutuhkan istirahat cukup. Sedangkan bermain bersama orang lain bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika sedang tidak berpuasa.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus lebih bijak dalam mengerti batasan tubuh. Berpuasa memang sebuah kewajiban. Namun jangan sampai membebaninya dengan aktifitas lain seperti memaksakan diri untuk sepakbola.

Baca Juga : Tujuan Permainan Bola Basket yang Membuatnya Ramai Dimainkan

Sepakbola memang hobi dari banyak orang. Namun jangan pernah menjadikan hobi seperti ini sebagai alasan untuk memaksakan diri. Apalagi ketika Anda sedang bermain sepakbola saat puasa di Bulan Ramadhan.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *