Sepak Bola

Alasan Sepakbola Digemari, Ternyata Ini Manfaat & Tujuannya

4 Mins read

Apa saja alasan sepakbola digemari di Indonesia bahkan di dunia? Sebagai salah satu cabang olahraga, nama sepak bola menang sangat familiar di telinga kita. Berbagai perlombaan tingkat RT/RW, nasional hingga internasional seringkali mempertandingkan jenis olahraga satu ini.

Selain menjadi penikmat, tidak sedikit orang yang tertarik untuk mendalaminya agar bisa menjadi pesepakbola profesional. Terbukti dari banyaknya peminat sekolah sepak bola yang ada di Indonesia. memang bagi masyarakat tanah air sendiri jenis olahraga satu ini sudah dikenal sejak lama.

Baca Juga : 4 Daftar Pemain Tennis Gaji Termahal Di Dunia

Tidak diketahui secara pasti negara mana yang pertama kali memainkannya. Hanya saja menurut beberapa informasi, pada abad ke-2 pertama kalinya dimainkan di China. Sementara di Italia baru memainkannya saat abad ke-16. Akan tetapi, peraturan dan ketentuan dasar dalam permainannya baru ditetapkan di Inggris tahun 1880.

FIFA menjadi organisasi pertama yang menaungi olahraga sepakbola. Organisasi tersebut didirikan pada tahun 1904 dimana sejak saat itu mulai banyak negara-negara lain yang ikut mengompetisikannya. Salah satunya Piala Dunia, ajang pertandingan olahraga bola terbesar yang paling menarik perhatian masyarakat dunia.

Apakah Anda juga menyukai olahraga ini? Apa alasannya? Dalam pembahasan kali ini Kami akan berbagi informasi mengenai fakta-fakta menarik alasan sepakbola banyak digemari di berbagai belahan dunia. Bagi yang penasaran, langsung saja simak selengkapnya.

Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Psikis

Salah satu alasan sepakbola digemari di berbagai dunia tentu saja karena dapat meningkatkan kesehatan baik secara fisik maupun psikis. Seperti kita ketahui bahwa dalam kegiatan ini sangat melibatkan fisik badan karena pemain harus terus berjalan maupun berlari tanpa henti.

Bahkan untuk posisi kiper sekalipun akan selalu bergerak, melompat maupun menghalau agar bola tidak masuk ke gawang. Dalam waktu 2 x 45 menit, tulang dan otot tubuh akan bergerak yang berfungsi untuk semakin memperkuatnya.

Tubuh bagian atas terutama lengan juga ikut terlatih secara fisik ketika pemain melakukan gerakan seperti blocking, melompat dan tackling. Rutin dalam melakukan kegiatan untuk melatih otot dan tulang tersebut ternyata juga dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena jantung bekerja maksimum.

Selain dari sisi fisik, alasan sepakbola digemari karena bermanfaat untuk membantu memperbaiki mental seseorang. Dalam kegiatan ini tidak jarang kita harus jatuh dan bangun, tapi tanpa menyerah selalu berupaya ingin memenangkan permainan. Sehingga melalui aktivitas kebugaran ini sangat bagus untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan kondisi mental.

Tidak hanya itu saja, jika Anda gemar bermain permainan bola ini maka juga berfungsi untuk melatih kecerdasan otak. Karena pemain dituntut untuk menggunakan berbagai strategi jitu dan membuat keputusan dengan cepat selama permainan berlangsung di lapangan.

Alasan Sepakbola Digemari Karena Fleksibel

Alasan sepakbola digemari

Sepak bola merupakan permainan olahraga universal di mana dapat dimainkan oleh semua kalangan, anak kecil, remaja hingga orang dewasa sekalipun. Bahkan bukan hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki saja, melainkan banyak juga wanita yang memainkannya.

Alasan sepakbola digemari yang satu ini memang cukup masuk akal, lantaran permainan tersebut telah dikenal sejak lama dibandingkan jenis olahraga lainnya. Untuk memainkan olahraga ini sangat fleksibel karena Anda tidak harus mengeluarkan biaya besar pada. Banyak anak-anak remaja yang memainkannya di lapangan sekolah maupun di desa.

Selain itu, sepakbola juga bisa dimainkan kapan saja baik pagi, siang maupun sore hari. Bahkan dalam pertandingan internasional juga banyak dilakukan saat malam hari. Fleksibilitas yang tinggi pada jenis olahraga ini membuat sepak bola sangat digemari di berbagai negara.

Tidak ada persyaratan khusus untuk memainkannya, siapapun bisa melakukan. Kecuali bagi mereka yang memang ingin terjun di dunia atlet sepakbola. Tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan, terutama dari segi fisik dan skill dalam bermain sepak bola.

Terlepas dari itu, sepakbola bisa dikatakan sebagai olahraganya semua orang. Siapapun bisa memainkannya, bahkan sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Maka tidaklah heran jika peminatnya sangat tinggi, baik sekedar menikmati dengan menonton maupun menjadi pemain profesional.

Olahraga Sepakbola Berikan Manfaat untuk Kehidupan Anak

Alasan sepakbola digemari

Alasan sepakbola digemari lainnya yakni bukan hanya sekedar olahraga fisik saja, tapi juga memberikan pengaruh terhadap kehidupan anak-anak. Menurut penelitian yang dilakukan di luar negeri, hampir 80% lebih seorang anak yang menyukai olahraga ini akan lebih terbuka terhadap pengetahuan tentang dunia.

Dibandingkan anak-anak yang tidak menyukai olahraga ini, mereka yang menyukainya juga terlihat lebih cerdas dan berpengetahuan umum. Bukan hanya tentang bidang olahraganya saja, tapi juga budaya, berbangsa dan pengetahuan-pengetahuan lainnya tentang dunia.

Alasan sepakbola digemari tidak hanya itu, dengan mencintai olahraga sepakbola juga turut berperan dalam menumbuhkan rasa cinta terhadap negara sendiri. Seperti dalam ajang kompetisi yang sering diadakan secara nasional maupun internasional, tentunya kita akan mendukung secara penuh Timnas Indonesia.

Secara tidak langsung sepakbola juga berperan dalam mendewasakan seseorang yang menyukainya. Seperti sikap kita sebagai suporter dimana akan setia mendukung pada suatu klub saja. Begitu juga saat menjadi seorang pemain, pasti juga akan mendukung penuh tim sendiri dan siap untuk berjuang bersama menjadi Alasan sepakbola digemari.

Tidak sedikit juga yang bergabung pada suatu komunitas terkait olahraga sepak bola. Hal itu akan bermanfaat untuk meningkatkan rasa sosial dan solidaritas antar pemain maupun sebagai suporter. Bahkan beberapa penelitian juga menyampaikan bahwa dengan rutin lakukan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada.

Alasan sepakbola digemari yang masih berkaitan dengan kehidupan seseorang yakni dapat menghilangkan rasa bosan. Ada kalanya dalam menjalani kehidupan ini kita merasa tertekan atau putus asa. Anda bisa mencoba untuk berolahraga dengan mengajak teman-teman untuk main sepak bola. Tujuannya untuk mengembalikan semangat dan mengatasi bosan.

Sepakbola Berkaitan dengan Bisnis Besar

Alasan sepakbola digemari

Poin lainnya yang tidak kalah penting terkait alasan sepakbola digemari yakni karena olahraga ini sangat berhubungan dengan bisnis besar, bahkan kelas dunia. Seperti kita ketahui bahwa dalam penyelenggaraan pertandingan bola melibatkan berbagai sponsor besar. Keuntungan dari penjualan tiketnya pun juga tidak main-main, apalagi dalam satu stadion bisa menampung hingga 90 ribu lebih penonton.

Selain itu, penyelenggara sepakbola juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan merchandise. Bahkan penjualannya seperti ini juga dilakukan oleh orang-orang biasa. Misalnya toko-toko yang menjual berbagai aksesoris sepak bola, merchandise, dan hal-hal lainnya yang berkaitan.

Bisa dilihat juga dari banyaknya situs-situs website yang berorientasi dalam menyediakan informasi tentang dunia sepak bola. Secara tidak langsung, minat masyarakat yang tinggi terhadap bola akan membuat mereka haus akan berbagai informasi yang berkaitan dengannya.

Melihat dari tingginya antusias masyarakat terhadap olahraga tersebut membuatnya sangat populer hingga sekarang. Bahkan diprediksi bahwa dunia persepakbolaan akan selalu abadi kendati sekarang mulai bermunculan jenis olahraga baru seperti Esports. Karena bisa dikatakan sepakbola ini sangat merakyat dan tidak butuh dana besar untuk memainkannya.

Baca Juga : Perjalanan Bulutangkis Indonesia Hingga Mendunia

Bagaimana menurut Anda? Memang tidak bisa dipungkiri bahwa popularitas olahraga sepakbola ini di dunia berkaitan erat dengan manfaat dan tujuan di dalamnya, termasuk seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa alasan sepakbola digemari di atas.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *