Sepak Bola

7 Pemain Muda Terbaik AFC Paling Potensial, Jagoanmu Ada ?

4 Mins read

Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari di dunia. Tak hanya bintang ternama, layaknya Messi atau Ronaldo, kini banyak pemain muda berbakat dari berbagai negara. Tahun ini, Konfederasi Sepak Bola Asia atau yang lebih dikenal dengan AFC mengeluarkan daftar Pemain Muda Terbaik AFC yang paling potensial.

Baca Juga : 5 Daftar Pemain Terbaik Liga Champions 2019, Jagoanmu Ada ?

Meskipun masih berusia belia, beberapa pemain yang akan disebutkan nanti sudah mampu menunjukkan performa yang luar biasa. Tak jarang, beberapa diantaranya mampu mengesankan dunia dengan kemampuan yang luar biasa. Ingin tahu siapa saja? Simak penjelasannya sampai habis, ya!

Pemain Muda Terbaik AFC di Asia Versi AFC

Setiap tahunnya, AFC pasti merilis daftar pemain terbaik di dunia. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pada tahun 2020, AFC tetap merilis daftarnya. Berikut ini adalah beberapa Pemain Muda Terbaik AFC yang masih berusia belia versi AFC:

1. Won Du-jae

Pertama, ada bek atau gelandang serba bisa milik Ulsan Hyundai FC, Won Du-jae. Di usianya yang masih 23 tahun, Du-jae mampu tampil mengesankan di Kejuaraan AFC U-23 di Thailand pada tahun 2020 lalu. Bek atau gelandang asal Korea Selatan ini juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan sebagai juara dan pemain terbaik.

Setelah mengikuti Kejuaraan AFC U-23, Du-jae kembali menunjukkan kemampuannya di Liga Champions Asia bersama Hyundai Ulsan pada Desember lalu. Meskipun baru pulih dari cedera, saat itu Du-jae mampu membawa timnya memenangkan pertandingan tersebut.

2. Bobir Abdixolikov

Kedua, ada striker asal Uzbekistan, Bobir Abdixolikov. Di usianya yang baru menginjak 23 tahun, Abdixolikov sudah dijadikan sebagai tumpuan timnas Uzbekistan. Abdixolikov menjadi kunci kesuksesan tim FC Nasaf di Kejuaraan AFC U-23 2020 di Thailand. Selain itu, Abdixolikov juga berhasil mencetak 17 gol di Liga Super domestik milik Uzbekistan.

3. Kaoru Mitoma

Selanjutnya, ada gelandang dari tim Kawasaki Frontale, Kaoru Mitoma. Dari namanya saja, sudah jelas terlihat bahwa pesepakbola berusia 23 tahun ini berasal dari Jepang. Pada musim 2019/2020, Mitoma membawa timnya sebagai pemenang di Liga Jepang. Pada liga tersebut, Mitoma mencatatkan 13 gol dan 12 assist.

4. Abdullah Al Hamdan

Di posisi keempat, ada striker dari klub Al Shabab, Abdullah Al Hamdan. Striker berusia 22 tahun ini memiliki peran penting dalam kemenangan Al Shabab atas Thailand di Kejuaraan AFC U-23. Diketahui, Al Hamdan mencetak gol penalti yang sukses membawa timnya menuju kemenangan.

Bakat Al Hamdan yang luar biasa membuatnya menjadi pemain muda incaran banyak klub di dunia. Selain bermain untuk Al Shabab, Al Hamdan juga bermain di timnas Arab Saudi pada akhir tahun.

5. Takehiro Tomiyasu

Menyabet gelar bek terbaik se-Asia tidak membuat Takero Tomiyasu tinggi hati. Takehiro Tomiyasu sendiri merupakan bek berusia 22 tahun yang bermain untuk klub Bologna. Saat ini, Tomiyasu berada di dalam skuat utama Serie A. Selain itu, Tomiyasu juga bermain di timnas Jepang sebagai pintu pertahanan bersama Maya Yoshida.

6. Mehdi Ghayedi

Selanjutnya, ada striker asal Iran, Mehdi Ghayedi. Striker yang masih berusia 22 tahun ini bermain untuk tim Esteghlal. Pada level klub, Ghayedi berhasil mencatatkan 3 gol dan 1 assist dari 6 penampilan di Liga Champions Asia.

Berkat kemampuannya, Ghayedi berhasil membawa Esteghlal menyabet gelar runner-up di ajang Liga Pro Iran. Pada November lalu, Ghayedi juga berperan untuk memperkuat tim senior, Melli saat melawan Herzegovina dan Bosnia. Selain itu, Ghayedi juga mendapat Piala Hafzi karena sukses mencetak gol saat final.

7. Mohanad Ali

Terakhir, ada striker asal Irak, Mohanad Ali. Meskipun baru berusia 20 tahun, performanya tidak bisa diragukan lagi. Mohanad Ali mampu tampil prima bersama Sailiya Qatar dengan mengantongi 7 gol dari 12 penampilan. Selanjutnya, pada bulan November lalu, Ali kembali mencetak 15 gol dan membawa Irak menuju kemenangan atas Uzbekistan.

Pemain Muda Terbaik AFC di Indonesia Versi AFC

Seakan tak mau kalah dari negara tetangga, Indonesia juga memiliki banyak bibit unggul. Bahkan, bibit unggul Indonesia masih berusia sangat belia, lebih tepatnya di bawah 23 tahun. Pada tahun 2020, AFC juga merilis pemain muda paling potensial di Indonesia. Ingin tahu siapa saja? Simak daftarnya sebagai berikut:

1. Witan Sulaeman

Pemain Muda Terbaik AFC

Pemain Muda Terbaik AFC yang dimiliki Nusantara adalah Witan Sulaeman. Pesepakbola yang masih berusia 19 tahun itu berhasil mencuri perhatian publik saat tampil untuk timnas U-19 di Kejuaraan AFC U-19 tahun 2018 di Jakarta sehingga pantas masuk nominasi dari Pemain Muda Terbaik AFC. Saat babak penyisihan, Witan berhasil mencetak 3 gol.Berkat performa dan kemampuannya, Witan Sulaeman direkrut oleh klub FK Radnik Surdulica pada Februari 2020. Tak main-main, menurut data dari Transfermarkt, nilai jual Witan mencapai €25,2 juta atau setara dengan Rp434,54 miliar.

2. Bagus Kahfi

Pemain Muda Terbaik AFC

Selanjutnya, ada striker jebolan Garuda Select, Bagus Kahfi. Di usianya yang masih 19 tahun, Bagus mampu mencetak 20 gol pada pertandingan internasional dan mendapat pujian dari AFC dan menjadi Pemain Muda Terbaik AFC. Selain itu, Bagus juga baru saja menandatangani kontrak dengan klub FC Utrecht. Rencananya, Bagus akan bermain untuk klub Eredivisie itu hingga pertengahan 2022.

3. Asnawi Mangkualam

Ketiga, ada bek atau gelandang serba bisa, Asnawi Mangkualam. Di usia 21 tahun, Asnawi sudah sangat berpengalaman dalam dunia sepakbola. Asnawi sendiri memiliki peran vital dalam keberhasilan PSM Makassar meraih Piala Indonesia 2019. Kini, Asnawi meneruskan karir sepakbolanya bersama Ansan Greeners di Korea Selatan. Sehingga dapat masuk dalam nominasi Pemain Muda Terbaik AFC .

4. Egy Maulana

Pemain Muda Terbaik AFC

Di posisi sayap, Indonesia memiliki Edy Maulana Vikri yang masih berusia 20 tahun. Menurut AFC, Egy memiliki kemampuan dalam mencetak gol dan melakukan dribel. Pesepakbola asli Medan ini sudah memiliki tiga caps bersama dengan timnas senior Indonesia. Sehingga bisa dibilang dia salah satu dari Pemain Muda Terbaik AFC.

Kini, Edy sudah bermain untuk klub ternama Liga Polandia sejak bulan Juli 2018 lalu. Bersama dengan Lechia Gdansk, Egy mampu meraih gelar juara di Piala Super Polandia dan Piala Polandia. Meskipun tidak lagi bermain untuk timnas Indonesia, tapi Egy tetap membanggakan Nusantara.

5. Elkan Baggott

Pemain Muda Terbaik AFC

Selanjutnya, ada bek tangguh dari Ipswich Town, Elkan Baggot. Baru berusia 18 tahun, Elkan sudah bermain untuk tim ternama Inggris. Kendati demikian, Elkan digadang-gadang akan bermain untuk timnas Garuda di masa mendatang. Pada bulan Oktober tahun lalu, Elkan sudah masuk ke timnas U-19 dan menjalani pelatihan di Kroasia.

6. Brylian Aldama

Pemain Muda Terbaik AFC

Di posisi keenam, AFC menempatkan Brylian Aldama yang masih berusia 18 tahun. Brylian sendiri merupakan rekan setim dari Bagus Kahfi saat di Garuda Select. Pada bulan Januari 2021, Brylian direkrut oleh klub ternama Kroasia, HNK Rijeka. Pada Kejuaraan AFC U-16 tahun 2018, Brylian berhasil membawa timnas U-16 lolos ke perempat final. Bahkan, AFC melabelinya sebagai Pemain Muda Terbaik AFC.

7. Todd Rivaldo Ferre

Pemain Muda Terbaik AFC

Terakhir, ada gelandang berusia 21 tahun, Todd Rivaldo Ferre. Di usianya yang masih belia, Todd sudah menjadi buah bibir lantaran berhasil mencetak hattrick di gawang Qatar. Peristiwa itu terjadi pada Kejuaraan AFC U-19 tahun 2018. Selain itu, pada tahun 2019, Todd membawa Garuda Muda menuju kemenangan di Piala AFF U-22.

Baca Juga : Pemain Top Skor Liga Champion 2019 & Prestasinya

Itulah beberapa Pemain Muda Terbaik AFC yang paling potensial versi AFC. Meskipun masih berusia belia, beberapa pemain di atas sudah mampu menunjukkan performa dan kualitasnya saat berada di lapangan hijau. Selain itu, tak menutup kemungkinan pemain-pemain tersebut terus berkembang hingga menjadi pesepakbola ternama di dunia.

Related posts
Sepak Bola

Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

5 Mins read
Kasta tertinggi kompetisi anta klub Eropa sudah memasuki akhir dan deretan kandidat top skor Liga Champions 2021 sudah mulai terlihat. Persaingan menjadi…
Sepak Bola

Berikut Kandidat Kuat Final Liga Champions 2021

5 Mins read
Liga Champions sudah memasuki fase akhir dengan memperlihatkan kandidat kuat final Liga Champions. Persaingan akan sangat sengit mengingat ada 4 tim besar…
Edukasi OlahragaSepak Bola

Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

5 Mins read
Meskipun di Bulan Ramadhan, ternyata masih banyak orang yang bermain sepakbola saat puasa. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, beberapa orang tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *