MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read

Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi yang lebih. Memang benar mengikuti balapan konsentrasi harus maksimal, dengan adanya sirkuit yang dianggap sulit ini maka hal itu akan membutuhkan porsi lebih.

Untuk Anda sebagai penggemar balapan MotoGP tentunya seringkali memperhatikan para pembalap yang sedang melewati tikungan. Tentu jika Anda merasakannya, maka adrenalin akan terasa, itu untuk Anda yang hanya menonton dari layar kaca saja. Apalagi untuk para rider tersebut, perasaan tersebut tentunya lebih terasa.

Baca Juga : Mengenal Legenda Badminton Indonesia yang Berjaya

Dengan banyak sekali lintasan yang menikung tajam dalam sirkuit MotoGP tersebut membuat pembalap harus bisa manuver dengan tepat. Tentu saja berbeda circuit atau arena balap juga berbeda karakternya. Hal ini menjadikan terdapat beberapa rider yang menggemari arena tertentu karena memang sudah dikuasai dengan baik.

Selain hal itu terdapat beberapa arena yang dinilai paling sulit untuk menaklukkannya. Mungkin dikarenakan memiliki tikungan tajam, kontur tanah dan lainnya. Beberapa faktor tersebut tentunya bisa menjadi alasan, jadi hanya beberapa rider professional saja mampu menaklukkannya.

Berikut beberapa sirkuit MotoGP tersulit untuk rider menaklukkannya.

Motorland Circuit Aragon dari Spanyol

Sirkuit MotoGP Tersulit

Pada sirkuit pertama ini dan dianggap sulit bagi para rider taklukan adalah Motorland Aragon, letaknya di negara Spanyol. Arena ini memang bisa dikatakan belum berusia tua, dibuka resmi di tahun 2009. Memiliki panjang track 5078 meter, lebar track 15 meter. Jumlah tikungan semuanya sebanyak 17.

Dengan jumlah tikungan mengarah kekanan sebanyak 7 lintasan, dan sisanya 10 lintasan dengan tikungan mengarah ke kiri. Jumlah angka tikungan seperti itu, bisa dibilang banyak dan sulit tentunya. The Doctor atau Rossi pernah mengungkapkan betapa sulitnya menaklukkan 17 tikungan tersebut dalam satu lap.

Oleh karena itu Motorland Aragon tersebut terhitung sebagai sirkuit MotoGP tersulit satu dari beberapa di dunia. Arena dengan nama asli Ciudad del Motor de Aragon walaupun dianggap sulit, tetapi untuk seorang penggemar MotoGP. Pasti akan lebih menarik jika menyaksikan ajang balapan di arena ini.

Sirkuit MotoGP Tersulit dari Sachsenring

Sirkuit MotoGP Tersulit

Sirkuit kedua ini bisa disebut tingkatan kesulitannya lebih dibandingkan dengan Motorland Circuit di Aragon Spanyol. Bukan tanpa alasan sirkuit tersebut disebut mempunyai tingkat kesulitan lebih, banyak korban berjatuhan mengalami kecelakaan saat melewati tikungan. Disebut tikungan di arena tersebut licin sehingga mudah untuk membuat kendaraan tergelincir.

Terutama pada tikungan ke 11 dimana menjatuhkan banyak korban saat pertandingan berlangsung. Mungkin selain sulit, arena ini juga bisa dikatakan berbahaya apalagi untuk rider yang kurang berpengalaman. Penyebab utama bahaya serta sulitnya belokan tersebut adalah banyak belokan mengarah ke kiri sebelum menikung mengarah ke kanan.

Rider peraih juara dunia sebanyak 6 kali Marquez menyebutkan bahwa belokan tersebut sulit dalam mengkondisikannya. Dikarenakan saat melakukan tikungan juga wajib untuk 50 % mengegas dan tidak mungkin untuk melakukan rem penuh. Jika saja nantinya ban kendaraan mulai tergelincir pasti cukup sulit dalam mengendalikannya.

Sachsenring yang merupakan sirkuit MotoGP yang tersulit tersebut terletak di negara Jerman dan memiliki lintasan untuk Grand Prix sepanjang 3645 km dengan total 14 tikungan. Walaupun jumlah tikungan lebih sedikit daripada di Motorland, dengan kondisi seperti di atas tentu akan memberikan sensasi tersendiri di Sachsenring.

Mugello Sirkuit MotoGP Tersulit dari Italia

Sirkuit MotoGP Tersulit

Sirkuit ketiga kali ini memiliki asal dari negara Italia serta mempunyai nama asli Autodromo Internazionale del Mugello dan lebih dikenal sebagai Mugello. Arena balap kebanggan Italia memiliki lintasan dengan panjang 5245 meter. Dengan jumlah total sebanyak 15 tikungan harus dilewati oleh para pembalap.

Ajang balapan pertama kali diadakan pada arena balap ini pada tahun 1976 dan langsung menjadi terkenal. Benar, terkenal akan tingkat kesulitannya dan banyak para rider mengaku Sirkuit MotoGP Tersulit untuk menaklukkannya saat berkompetisi di arena tersebut. Bentuk lintasan yang menantang dan mungkin terlihat menarik untuk beberapa pembalap.

Pembalap dari tim Honda, Marc Marquez menyebutkan bahwa Mugello ini memberikan tantangan dan mengharuskan dirinya untuk lebih konsentrasi dan fokus. Marc Marquez juga pembalap yang mampu mencetak rekor tercepat per lap-nya yaitu dengan catatan waktu 1:47,639 saat Grand Prix Italia pada tahun 2013.

Selain untuk kompetisi MotoGP, arena balap ini juga digunakan untuk ajang balapan jenis lain. Seperti Formula 1 dan ajang balapan bergengsi lainnya. Hal ini tentu saja dikarenakan Mugello sudah terkenal sebagai sirkuit MotoGP tersulit dengan lintasan yang menantang serta menarik untuk ditaklukkan.

Sirkuit Philip Island dari Australia

Sirkuit MotoGP Tersulit

Sirkuit satu ini bisa dibilang memiliki lingkungan sekitar yang menarik dan tentu saja memberikan tantangan kepada para rider. Arena balapan yang terletak bagian paling selatan wilayah Australia dan membuatnya berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini tentu akan memberikan pengaruh kepada keadaan arena.

Jadi rider sering kali menemui cuaca yang sering berubah-ubah dan tentunya angin kencang berasal dari pesisir. Hal ini tentu menjadi tantangan yang menarik bagi rider yang tampil di Phillip Island tersebut. Dan masih terdapat satu tantangan unik dan kemungkinan hanya bisa ditemukan pada di sana.

Yaitu terdapat banyak burung camar berkeliaran bebas di sekitar lintasan. Pernah terjadi sebuah insiden dialami oleh rider Andrea Iannnone, dimana hampir terjatuh saat menabrak salah satu burung camar. Kejadian tersebut terjadi pada ajang MotoGP musim 2015. Sirkuit MotoGP tersulit dan tentunya berbahaya untuk keselamatan pembalap.

Circuit of the Americas dari US

Sirkuit MotoGP Tersulit

Membahas tentang ajang balapan pada Circuit of the Americas yang tentunya menjadi salah satu seri yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar MotoGP. Dikatakan jika circuit tersebut sangatlah menghibur karena banyak terjadi persaingan rider satu dengan rider lainnya. Selain itu juga Sirkuit MotoGP Tersulit ini memiliki lintasan yang menantang.

Dengan lintasan pada Circuit of the Americas ini sepanjang 5515 meter. Dengan memiliki total tikungan sebanyak 20 dan sering menjadi penyebab para rider kehilangan keseimbangan dan terjadi insiden tidak diinginkan. Jumlah tikungan tersebut tidaklah main-main dan tentu memberikan tantangan nyata kepada para rider.

Dengan kondisi cuaca di Texas yang terkadang berubah-ubah juga menjadi tantangan tambahan untuk rider. Selain itu keunikan yang dimiliki circuit ini adalah terdapatnya elevasi lintasan yang mencapai 41 meter, angka tersebut masuk ke elevasi tertinggi MotoGP. Jika rider tidak siap saat melintasinya maka bisa crash.

Baca Juga : Wann Rehat dari Kompetisi, Begini Kabar Terkini

Tantangan mungkin menarik untuk beberapa rider, tentu untuk penggemar MotoGP akan menghibur karena lintasan unik dan kompetitif. Jadi dijamin tidak akan bosan jika pertandingan balapan diadakan pada Circuit of the Americas ini. Dan dikatakanSirkuit MotoGP Tersulit ini masih masih baru dan resmi dibuka pada 2012 lalu.

Beberapa lintasan di atas mungkin terdengar berbahaya dan sulit untuk ditaklukkan. Hal itu memang bisa jadi benar tetapi tidak berlaku sepenuhnya, karena terdapat beberapa rider yang menyukai salah satu dari circuit di atas. Walaupun sirkuit MotoGP tersulit tetap masih bisa ditaklukkan oleh para rider handal.

Related posts
MotoGP

Hasil MotoGP Terbaru Sebelum Seri Grand Prix Jerez

5 Mins read
Hasil MotoGP terbaru ini memang cukup mengejutkan. Pasalnya, rider-rider unggulan masih mengalami kesulitan untuk menembus klasemen papan atas. Bahkan, salah satu pembalap…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…
Formula1BalapMotoGP

Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

4 Mins read
Mengenal lebih dalam mengenai 2 legenda pertandingan pada trek balap yaitu kepopuleran F1 dan MotoGP dalam ajang balap kelas dunia. Berbagai macam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *