MotoGP

Nasib Marquez di MotoGP Qatar 2021, Ini Update Terbarunya

4 Mins read

GP 2020 telah selesai digelar, MotoGP Qatar 2021 siap untuk dimulai. Meskipun kita masih di tengah pandemi Covid-19, Grand Prix tahun ini tetap akan diadakan di Sirkuit Losail Qatar. Bahkan menurut informasinya, kompetisi balapan motor tersebut akan dimulai kurang dari 1 bulan lagi.

Rencananya tahun ini sirkuit Losail akan digunakan sebanyak 2 kali. Selain itu jika tidak ada perubahan jadwal, pada 28 Maret 2021 mendatang balapan akan dimulai untuk kelas Moto3, Moto2 maupun MotoGP. Sementara untuk race kedua akan dilakukan pada 4 April setelahnya di sirkuit yang sama.

Baca Juga : 5 Stadion Sepakbola Termegah di Dunia, Termasuk Indonesia

Kemudian untuk race ketiga akan dilakukan di sirkuit Algarve sehingga para pembalap akan terbang ke Eropa. Kabarnya Indonesia juga kebagian untuk menjadi lokasi balapan MotoGP 2021 di Mandalika. Namun mengenai hal tersebut belum bisa dipastikan apakah Indonesia siap atau tidak untuk menyediakan tempat balapan kelas dunia tersebut.

Berbicara tentang MotoGP Qatar 2021, Marc Marquez menjadi salah satu pembalap yang benar-benar dinantikan oleh para penggemarnya. Setelah absen di MotoGP 2020 akibat cidera, pembalap yang mendapatkan julukan Baby Alien tersebut sangat berharap bisa kembali balapan di sirkuit.

Bagaimana nasib Marc Marquez tahun ini? Tidak sedikit yang memberitakan bahwa pembalap yang usianya masih relatif muda tersebut sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti balapan. Namun beberapa informasi juga mengatakan bahwa dirinya belum siap untuk tampil kembali mengingat cedera yang dialaminya lumayan parah.

Berikut adalah Nasib Marquez di MotoGP Qatar 2021

Marc Marquez Terancam Absen di MotoGP Qatar 2021

MotoGP Qatar 2021

Akibat cedera parah yang dialaminya saat balapan membuat Baby Alien tidak bisa berpartisipasi dalam kompetisi MotoGP 2020 kemarin. Bahkan menurut informasi terbarunya, pembalap berpaspor Spanyol tersebut juga di klaim bakal terancam tidak dapat mengikuti MotoGP tahun ini.

Ruben Garcia Ruiz sebagai seorang dokter menyatakan pendapatnya terkait cidera yang dialami oleh pembalap itu. Ia mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang tidak beres pasca operasi keduanya sehingga menyebabkan proses pemulihan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Dugaan sementara ada kesalahan saat operasi yang membuat kondisi Marquez tidak kunjung membaik.

Dokter tersebut juga menyampaikan jika tetap memaksakan untuk kembali ke lintasan maka kemungkinan besar performanya akan menurun drastis akibat cidera. Dr. Ruiz menyatakan pendapatnya setelah melihat foto Marc Marquez menggunakan gips pada lengan kanannya. Apabila memang kondisinya sudah normal, maka seharusnya posisi plester tidak sejauh seperti tampak pada foto tersebut atau harusnya sedikit lebih rendah.

Dr. Ruiz menyarankan agar pembalap yang identik dengan nomor motor 93 tersebut istirahat secara total jika ingin kondisinya bisa pulih seperti semula. Karena apabila dipaksakan ikut balapan musim ini justru akan menyebabkan kondisinya makin parah. Risiko yang akan dihadapi juga bisa lebih besar hingga ancaman tidak dapat balapan kembali.

Meskipun berdasarkan update berita MotoGP Qatar 2021 terbaru mengungkapkan desas-desus bahwa kemungkinan Marquez bisa hadir di musim ini. Namun jika melihat kembali kondisi yang ada, hal itu bisa membahayakan kondisi kesehatan Marquez jika tetap memaksakan diri untuk balapan.

Akui Menyesal dan Ingin Miliki Mesin Waktu

MotoGP Qatar 2021

Pembalap Repsol Honda ini memang bukan rider sembarangan, apalagi dirinya sedang di atas angin sebagai juara bertahan MotoGP dunia sejak 2016 sampai 2019. Sayangnya nasib naas membuat pembalap profesional ini harus absen di ajang balapan tahun 2020. Pada tahun itu kemenangan diperoleh oleh Joan Mir dari pabrikan Suzuki.

Marquez sendiri mengaku sangat menyesal dan ingin kembali ke masa lalu jika memungkinkan. Sehingga dirinya dapat menghindari kecelakaan parah yang terjadi ketika pembukaan grandprix 2020 pada saat itu di Spanyol. Kecelakaan di sirkuit Jerez tersebut telah merenggut kesempatannya untuk menjadi juara bertahan kelima kalinya.

Akibat insiden tersebut membuat lengan kanannya patah dan terpaksa harus dioperasi dua kali. Awalnya diprediksi dirinya bisa kembali tampil pada grand prix di Portugal. Namun ia lebih memilih untuk rehat 100% agar bisa tampil maksimal pada gelaran balapan tahun ini.

Sayangnya, pada Desember tahun lalu dirinya harus kembali menjalani operasi ketiganya lantaran masalah cideranya yang justru semakin parah. Ia dioperasi di Rumah Sakit Ruber International Spanyol. Melalui operasi tersebut dirinya mendapatkan pelat baru untuk lengannya serta cangkok tulang krista iliaka. Tujuannya untuk mempercepat proses pertumbuhan tulang yang mengalami patah.

Kabar baiknya, operasi hingga 8 jam lamanya itu berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun. Namun menurut prediksi dari dokter, kemungkinan besar atlet balapan berusia 28 tahun itu akan kembali melewatkan MotoGP Qatar 2021.

Padahal tidak sedikit yang penasaran melihat performa Marquez dalam melawan Joan Mir si juara dunia tahun 2020. Marquez dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa dirinya menyesal dan ingin kembali ke masa itu agar dapat mencegah insiden terjadi. Jika memang ada mesin waktu, dirinya ingin mengubah jalurnya agar tidak terjadi kecelakaan.

Kapan Marc Marquez Akan Kembali ke Sirkuit?

MotoGP Qatar 2021

Klarifikasi dari Repsol Honda sendiri mengatakan bahwa mereka belum dapat memastikan kapan pembalap tersebut akan kembali ke sirkuit. Meskipun begitu, nama Marc Marquez masih terdaftar sebagai salah satu rider di sesi test pra musim di MotoGP Qatar 2021.

Pasca operasi ketiganya di bulan Desember silam, hingga saat ini baby alien masih dalam proses pemulihan. Seperti diketahui bahwa dirinya mengalami cedera parah saat terjatuh di sirkuit Jerez pada Juli tahun lalu ketika berusaha menyalip di tikungan empat.

Alberto Puig, Bos Honda, tidak dapat memastikan kapan pembalap asal Spanyol tersebut benar-benar bisa balapan lagi. Mereka tentunya juga tidak ingin mengambil risiko lebih buruk jika terlalu memaksakan. Sebagai alternatifnya, pabrikan Motor ini sudah meminta Stefan Bradl ini untuk menggantikannya di Losail nanti.

Sementara Marquez sendiri mengaku sangat optimis dirinya akan segera pulih. Dirinya sedang menunggu hasil pemeriksaan medis terkait kondisi otot dan tulangnya. Meskipun tidak ingin terlalu memaksakan diri, tapi dirinya sudah sangat ambisius untuk segera kembali ke sirkuit MotoGP Qatar 2021.

Marquez Bakal Digantikan Stefan Bradl

MotoGP Qatar 2021

Mengingat bahwa kondisinya yang belum 100% pulih seperti sediakala, membuat posisinya bakal digantikan oleh pembalap Stefan Bradl di MotoGP Qatar 2021 . Repsol Honda memang mengakui bahwa mereka tidak bisa jika hanya mengandalkan 3 rider karena faktor tertentu. Apalagi Pol Espargaro baru pertama kalinya memakai kendaraan balap dari Honda.

Bahkan Honda juga belum terlalu yakin dengan performa Taakaaki dan Alex meskipun keduanya pernah menaiki motor balap dari pabrikan ini. Terlebih pada 5 Maret lalu Bradl telah membuktikan kualitasnya sebagai pembalap tercepat di shakedown tes MotoGP Qatar 2021 kemarin.

Akan tetapi, Honda mengklaim bahwa masih ada kesempatan bagi Marc Marquez untuk tampil tahun ini. Meskipun dari banyak pengamat dan para penggemar meragukan hal itu. Mengingat berdasarkan konfirmasi terakhir dari dokter mengatakan bahwa Marquez masih membutuhkan istirahat total.

Baca Juga : 5 Game Turnamen Esports yang Paling Sering Ditandingkan

Terlepas dari itu, tentunya kita semua sangat berharap bahwa ia bisa segera kembali ke ajang balapan. Harapannya di ajang MotoGP Qatar 2021 ini para fans bisa melihat kemampuan si Baby Alien dalam melawan Joan Mir, sang juara MotoGP 2020.

Related posts
MotoGP

Hasil MotoGP Terbaru Sebelum Seri Grand Prix Jerez

5 Mins read
Hasil MotoGP terbaru ini memang cukup mengejutkan. Pasalnya, rider-rider unggulan masih mengalami kesulitan untuk menembus klasemen papan atas. Bahkan, salah satu pembalap…
MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read
Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *