MotoGP

Fakta Dibalik Rivalitas Rossi vs Marquez, Begini Mulanya

4 Mins read

Rivalitas antara Rossi vs Marquez bukan hal yang asing lagi bagi para penggiat MotoGP. Bahkan para fans Valentino Rossi maupun Marc Marques juga saling beradu mulut ketika membahas kedua pembalap legendaris itu. Bagaimana awal mula rivalitas tersebut hadir sehingga menuai pro dan kontra?

Jika Anda adalah penggemar MotoGP sudah sejak lama, pasti masih teringat jelas insiden panas yang melibatkan Rossi dan Marquez tahun 2015 lalu. Insiden yang membuat Marc Marquez tidak dapat menyelesaikan balapan karena terjatuh tersebut terjadi di Sepang Malaysia.

Baca Juga : 5 Atlet Esports Wanita Indonesia, Deretan Pro Player Cantik!

Muncul berbagai spekulasi atas kejadian itu, dan bahkan hingga sekarang membuat Rossi maupun Marc Marquez enggan untuk berbicara satu sama lain. Para penggemar juga tidak lagi kaget jika keduanya hingga kini masih bermusuhan.

Ada yang mengatakan bahwa kesalahan di Baby Alien. Namun tidak sedikit juga yang sangat yakin bahwa Rossi sengaja menendang Marquez hingga terjatuh dan tidak dapat menyelesaikan balapan. Dibalik kejadian tersebut, bagaimana fakta sebenarnya awal mula rivalitas antara Rossi vs Marquez?

Dalam pembahasan kali ini Kami akan memberikan ulasan kronologi awal mula kejadian perselisihan antara dua pembalap tersebut. Karena masih banyak yang penasaran apa penyebab Valentino Rossi maupun Marc Marquez tidak terlihat akur. Penasaran? Simak yuk.

Berikut adalah Fakta Dibalik Rivalitas Rossi vs Marquez :

Awal Mula Kejadian Rossi vs Marquez

Rossi vs Marquez

Perselisihan antara keduanya bermula dari sirkuit Sepang Malaysia 5 tahun silam. Pada saat itu MotoGP di menangkan oleh Dani Pedrosa di podium pertama, kemudian Jorge Lorenzo menduduki Posisi kedua. Sementara Vale ada di posisi ketiga. Sayangnya, hasil pertandingan dinilai kurang memuaskan karena adanya insiden terjatuhnya Marc Marquez.

Baby alien terjatuh dari motornya dan tidak dapat menyelesaikan balapan yang diduga akibat persenggolan dengan Valentino Rossi saat di tikungan mendekati finish. Siapa sangka bahwa kejadian tersebut ternyata berdampak hingga sekarang dan bahkan membuat keduanya enggan untuk saling bersapa.

Insiden tersebut berujung dengan pemberian sanksi penalti hingga 3 poin untuk Valentino karena diputuskan bersalah. Bahkan dirinya harus memulai balapan di posisi terakhir saat di Valencia. Keputusan tersebut tentu saja membuat para fans The Doctor geram. Bahkan muncul petisi untuk menarik kembali sanksi yang diberikan kepada Vale.

Dari sisi The Doctor menganggap bahwa insiden tersebut terjadi karena Marc Marquez dengan sengaja menghalangi Rossi untuk pembalap Lorenzo dan Pedrosa. Baby alien disinyalir sengaja membuat Valentino kalah saat ajang balapan di Jepang.

Benarkah Rossi Menendang Marc Marquez?

Beberapa hari setelah kejadian panas Rossi vs Marquez tersebut, berbagai spekulasi bermunculan. Publik juga bertanya-tanya dan menanti klarifikasi dari keduanya mengenai kronologi sebenarnya insiden di Malaysia itu. Karena tidak sedikit dari para penggemar maupun pengamat yang kurang sependapat dengan putusan sanksi terhadap pembalap veteran itu.

Dalam sebuah wawancara singkat, rider asal Italia itu memberikan klarifikasi singkat bahwa dirinya sama sekali tidak dengan sengaja membuat baby alien terjatuh. Ia dengan yakin mengatakan bahwa tidak menendang Marc Marquez. Dirinya bahkan juga menyampaikan bahwa Marquez sepertinya sengaja menabrakkan motornya agar terjatuh.

Dalam klasifikasi tersebut dirinya juga memberikan kronologi yang berbuntut keluarnya Marquez dari lintasan. Pada saat itu, pembalap bernomor motor 46 tersebut mengatakan bahwa motor mereka bersentuhan. Marc dengan stang motor yang dikendarainya mengenai kaki Valen hingga membuat dirinya sendiri terjatuh.

Tidak hanya itu saja, The Doctor juga memberikan gambaran bahwa tidak mungkin seorang rider mendorong dengan sengaja pembalap lainnya. Apalagi sebuah motor balap mempunyai banyak grip yang membuatnya sangat berat dan tidak mudah terjatuh sekalipun ditendang. Di akhir klarifikasi tersebut Rossi bahkan menyindir Marc Marquez yang telah membuatnya kehilangan gelar juara.

Marquez Tuduh Rossi Sengaja Menendang

Rossi vs Marquez

Buntut rivalitas antara Rossi vs Marquez sepertinya tidak akan berakhir entah sampai kapan. Karena dari sejak insiden tersebut tidak ada sama sekali obrolan diantara keduanya. Mereka memilih saling sindir di berbagai kesempatan, alih-alih mencoba berbaikan.

Terlebih apabila melihat dari tayangan cuplikan-cuplikan insiden jatuhnya tersebut terlihat seperti Valentino menendang Marquez secara sengaja. Baby allien membantah tudingan yang dilayangkan terhadap dirinya bahwa ia sengaja menghalangi Rossi. Karena dalam posisi tersebut ia mengaku sangat dirugikan dan tidak mendapatkan poin sama sekali.

Kendati demikian, Marc Marquez tidak ingin masalahnya dengan sang legendaris berbuntut panjang. Bahkan meskipun ia tidak cukup puas dengan sanksi yang dijatuhkan kepada Rossi, tapi dirinya mengatakan sudah mengiklaskan kejadian tersebut. Namun sayangnya, masalah Rossi vs Marquez masih dirasakan hingga sekarang mengingat keduanya tidak pernah terlihat saling sapa.

Petisi untuk Mencabut Sanksi Rossi

Rossi vs Marquez

Terutama dari kalangan penggemar Valentino Rossi yang tentunya tidak terima atas sanksi pengurangan 3 poin dan bahkan harus memulai balapan di posisi paling buncit. Alhasil, para fans sempat membuat petisi untuk memprotes putusan agar sanksi yang diberikan kepada Rossi dicabut.

Melalui petisi tersebut juga berisi kritikan terhadap pembalap Lorenzo di mana dia tidak dikenakan sanksi ketika menyalip saat bendera kuning dikibar. Selain itu juga berisi tentang pendapat bahwa Marquez sengaja melakukan intrik agar Valentino tidak menjadi juara. Tujuannya bukan hanya agar sanksi dicabut kembali, tapi juga untuk membuka mata masyarakat dan pihak penyelenggara.

Meskipun pada akhirnya tidak memberikan pengaruh apapun terhadap hasil keputusan. Vale tetap mendapatkan sanksi berdasarkan berbagai pertimbangan dan melihat cuplikan video balapan saat insiden Rossi vs Marquez terjadi. Bagaimana menurut Anda?

Fakta Isu Penjegalan Rossi dengan Sengaja

Rossi vs Marquez

Menurut dari berbagai sumber dan pendapat para pakar pengamat, perseteruan antara keduanya sebenarnya sudah terjadi sebelum pertandingan balapan di Sepang Malaysia. Karena saat seri di Australia, pembalap veteran tersebut sudah menunjukkan gerak-gerik perseteruan sengit.

Dalam pertandingan Rossi vs Marquez di Australia tersebut The Doctor berpendapat bahwa baby alien seperti tidak bersaing dengan sebenarnya atau hanya untuk membantu Lorenzo agar berdiri di podium pertama. Itulah yang memunculkan kritikan tajam dari fans Valentino Rossi bahwa Marc Marquez sengaja membantu Lorenzo untuk mendapatkan gelar juara.

Padahal Marc punya kesempatan untuk memenangkan balapan tersebut. Tapi terlihat seperti sengaja melambatkan kendaraannya agar Lorenzo memimpin. Menurut desas-desus, adanya intrik tersebut bertujuan agar Lorenzo mendapatkan tambahan poin lebih cepat. Tidak heran jika perseteruan Rossi vs Marquez di Sepang berbutut panjang hingga sekarang.

Terlepas dari benar atau tidaknya pendapat tersebut tentu tidak dapat dibuktikan secara statistik, melainkan hanya dugaan semata. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir Baby Allien berhasil menyabet gelar juara secara berturut-turut. Meskipun dalam MotoGP 2020 ia terpaksa harus absen akibat cedera yang dialaminya.

Melihat dari penjelasan di atas mengenai kronologi perseteruan antara pembalap veteran dan pembalap muda, dapat disimpulkan bahwa keduanya memang saling menyimpan amarah masing-masing. Bahkan tidak jarang keduanya saling sindir melalui media sosial.

Baca Juga : Three Pointer Kompetisi Bola Basket NBA Terganas Musim Ini

Kendati demikian, dalam beberapa kesempatan Marquez sering juga mengakui bahwa dirinya sebenarnya ingin menyudahi perselisihan. Jadi, bagaimana menurut Anda sendiri mengenai hubungan Rossi vs Marquez?

Related posts
MotoGP

Hasil MotoGP Terbaru Sebelum Seri Grand Prix Jerez

5 Mins read
Hasil MotoGP terbaru ini memang cukup mengejutkan. Pasalnya, rider-rider unggulan masih mengalami kesulitan untuk menembus klasemen papan atas. Bahkan, salah satu pembalap…
MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read
Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *