MotoGP

5 Legend Pembalap MotoGP Terbaik Dunia Sepanjang Sejarah

4 Mins read

Perdebatan mengenai siapa pembalap MotoGP terbaik dunia sepanjang sejarah selalu menarik untuk dibahas setiap tahunnya. Terlebih dalam beberapa musim terakhir, nama Marc Marquez digadang-gadang menjadi legend baru di ajang perlombaan Grand Prix Motorcycle Racing ini.

Meskipun sudah mengumpulkan beberapa kali piala kemenangan hingga mendapatkan penghargaan sebagai juara bertahan, tapi sepertinya Marc Marquez belum menduduki peringkat pertama sebagai pembalap terbaik. Pasalnya, menurut dari berbagai versi survei, nama Valentino Rossi masih di posisi pertama sebagai pembalap MotoGP terbaik di dunia.

Baca Juga : Laga Manchester United vs AC Milan Spekulasi Bermunculan

Bahkan Giacomo Agostini sebagai rider asal Italia yang sudah mengumpulkan hingga 15 kali juara dunia juga tidak masuk ke posisi pertama pembalap terbaik. Alasannya karena kehebatan di sirkuit tidak hanya dilihat dan dipertimbangkan hanya dari berapa gelar juara yang mereka kumpulkan.

Melainkan diperhatikan dari segi dampak pada kejuaraan tersebut serta melakukan suatu hal dimana mungkin tidak lakukan sebelumnya oleh pembalap lain. Rider dianggap hebat ketika mereka mampu menampilkan sesuatu yang berbeda baik dari segi teknik maupun gaya balapan.

Siapa saja pembalap MotoGP terbaik dunia?

Valentino Rossi Pembalap dari Italia

pembalap MotoGP terbaik dunia

Nama Valentino Rossi sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para penggiat MotoGP dunia. Rider yang mendapatkan julukan The Doctor tersebut bahkan sudah pernah membela 4 tim pabrikan motor sekaligus, yakni Naztro Azzuro, Honda, Yamaha dan Ducati. Sementara yang terbaru saat ini, Rossi sedang membela pabrikan Yamaha.

Pembalap MotoGP terbaik dunia ini berusia 41 tahun tersebut masih aktif di sirkuit meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini telah menuai pro dan kontra. Terlebih perseteruannya dengan pembalap Marc Marquez yang selalu menyita perhatian publik.

Rossi merupakan pembalap asal Italia yang lahir pada Februari 1979 di Urbino. Dirinya dikenal sebagai pembalap yang setia terhadap tim mekaniknya karena meskipun beberapa kali pindah ke pabrikan lain tapi ia selalu membawa seluruh anggotanya.

Sepanjang perjalanannya sebagai pembalap kelas dunia, Valentino Rossi dinilai tampil paling ciamik bersama Yamaha. Dirinya bahkan mendapatkan julukan sebagai raja tikungan. Gelar juara dunia juga pernah dikantonginya dengan total 7 kali kemenangan, empat kali bersama Yamaha dan tiga kali bersama Honda.

Giacomo Agostini, Pembalap Legendaris Sepanjang Masa

pembalap MotoGP terbaik dunia

Nama Giacomo Agostini merupakan seorang pembalap legendaris asal Italia yang digadang-gadang sebagai pembalap MotoGP terbaik dunia sepanjang masa. Pria kelahiran tahun 1942 tersebut melakukan debut pertama kalinya di sirkuit melalui ajang European Hillclimb dan pada Trento-Bondone Hillclimb yang mendapatkan finish di posisi kedua.

Prestasi Giacomo Agostini juga terlihat dari penghargaan yang dinobatkan terhadapnya sebagai pegang rekor juara MotoGP 500cc paling banyak sepanjang sejarah. Bahkan sampai ada kejuaraan yang tidak terdeteksi secara jelas bagaimana detailnya. Hal itu lantaran dirinya termasuk seorang pembalap legend yang saat ini sudah pensiun sejak tahun 1977.

Sebelum memutuskan untuk pensiun, dirinya sempat memenangkan kejuaraan Daytona 200 pada tahun 1974. Memang di usianya yang pada saat itu tidak lagi muda, performa Agostini juga dinilai semakin menurun. Hingga pada akhirnya dirinya memutuskan untuk turun podium.

Marc Marquez, Muda dan Berjaya

pembalap MotoGP terbaik dunia

Nama Marc Marquez di MotoGP memang selalu menjadi sorotan publik, terlebih karena konfliknya dengan Valentino Rossi sejak balapan di negeri Jiran beberapa musim lalu. Sayangnya, Marquez harus absen di ajang MotoGP 2020 karena mengalami cidera parah hingga membuatnya harus melakukan beberapa kali operasi.

Meskipun sempat melakukan beberapa kali latihan bebas, pria muda kelahiran 1993 tersebut masih harus melakukan operasi pada Desember 2020 lalu. Ketidakhadirannya pada ajang MotoGP musim lalu memang cukup membuat penggemar kehilangan. Terlebih dengan adanya pro dan kontra mengenai ia akan digantikan oleh pembalap lainnya.

Marquez juga mendapatkan julukan sebagai salah satu pembalap MotoGP terbaik dunia sepanjang masa, terlebih dia juga menjadi juara bertahan sejak 2013 hingga 2019. Dari kemenangan-kemenangan tersebut menjadikan pembalap yang mendapatkan julukan The Baby Alien tersebut sebagai rider termuda dengan 6 penghargaan juara dunia. Itu artinya dirinya juga telah menggeser posisi Valentino Rossi.

Marc Marquez memulai karirnya di sirkuit balapan pada tahun 2008 saat usianya masih 15 tahun. Rider dengan nomor motor 93 tersebut memulai karirnya di kelas balapan 125 cc. Hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja, dirinya berhasil menyabet gelar kemenangan pada ajang GP Italia tahun 2010 di kelas yang sama.

Pembalap dari pabrikan Repsol Honda ini memang selalu tampil memukau dalam setiap kejuaraan yang dilakoninya. Tidak heran jika dirinya mendapatkan julukan sebagai pembalap MotoGP terbaik dunia di usianya yang relatif masih muda. Bahkan sudah banyak yang menyebutnya sejajar dengan sang legendaris Valentino Rossi.

Mick Doohan Tidak Terkalahkan Pada Masanya

pembalap MotoGP terbaik dunia

Jika Anda sudah mengikuti ajang perlombaan MotoGP sejak lama, pasti sudah tidak asing dengan nama sang legenda sirkuit pembalap MotoGP terbaik dunia Mick Doohan. Meskipun sudah pensiun sejak tahun 1999, Mick Doohan masih dinobatkan sebagai salah satu pembalap MotoGP terbaik di dunia yang pada masanya bahkan tidak terkalahkan.

Sebelum adanya MotoGP, pembalap MotoGP terbaik dunia tahun ini berusia 56 tahun tersebut memenangkan ajang kejuaraan GP500 dan memecahkan rekor dunia. Segudang prestasi di ajang balapan yang pernah diperolehnya membuat dirinya dijuluki The Dominator. Diketahui dirinya sudah mengendarai motor sejak usianya masih 9 tahun.

Pada Mei tahun 1999 dirinya kurang beruntung saat kompetisi balapan di jerez yang membuatnya harus mengalami cedera sangat parah. Di tahun yang sama, min Tuhan mengemukakan bahwa dirinya memutuskan untuk pensiun dari balapan. Meskipun begitu, ia masih aktif di MotoGP hingga tahun 2004 sebagai direktur dari tim Honda.

Pembalap Mike Hailwood dari Inggris

pembalap MotoGP terbaik dunia

Nama pembalap MotoGP terbaik dunia yang tidak kalah populer lainnya yakni Mike Hailwood dari Inggris. Meskipun sudah meninggal sejak tahun 1981, tapi nama Mike Hailwood masih digadang-gadang sebagai salah satu pembalap terbaik sepanjang masa. Pria kelahiran 1940 tersebut bahkan mendapat julukan Mike the Bike yang turun di GP 500, Isle of Man hingga F1.

Memiliki nama asli Stanley Michael Bailey Hailwood, pembalap MotoGP terbaik dunia ini sudah berhasil beberapa kali memenangkan ajang kejuaraan secara berturut-turut dari tahun 1962 sampai 1965. Dirinya bahkan mendapatkan penghargaan penghormatan berupa medali perak yang diberikan kepada istrinya di tahun 2000.

Sepanjang perjalanan kariernya di balapan, Mike telah mengumpulkan 76 kemenangan GP di mana membuatnya mendapatkan predikat sebagai pembalap paling sukses di Inggris. Menariknya, ia sempat memutuskan vakum selama 11 tahun lalu kembali ke balapan pada akhir 70-an.

Sayangnya, di usianya yang masih 40 tahun ia harus mengalami nasib naas akibat kecelakaan dimana merenggut nyawanya pada tahun 1981. Sang legendaris sirkuit balapan ini bahkan dikenal melalui sebuah film layar lebar di Inggris.

Baca Juga : 6 Tim Esports Wanita Indonesia Terbaik & Deretan Prestasinya

Dari beberapa nama pembalap terbaik di dunia diatas mana menjadi favorit Anda? Memang bisa kita lihat bahwa popularitas masa kini seorang pembalap belum tentu menjadikannya sebagai seorang legendaris. Pembalap MotoGP terbaik dunia tidak hanya dilihat dari daftar kemenangannya saja, tapi juga pengaruhnya terhadap balapan itu sendiri.

Related posts
MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read
Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…
Formula1BalapMotoGP

Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

4 Mins read
Mengenal lebih dalam mengenai 2 legenda pertandingan pada trek balap yaitu kepopuleran F1 dan MotoGP dalam ajang balap kelas dunia. Berbagai macam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *