Home

Apa itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali

4 Mins read

Apa Itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali, pemerintah kembali menerapkan tindakan PSBB bahkan bukan hanya untuk wilayah metropolitan seperti ibukota, tapi juga untuk seluruh wilayah Se-Jawa Bali. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud denga PSBB tersebut? PSBB adalah akronim dari pembatasan sosial berskala besar. Tindakan ini merupakan sebuah penanggulangan yang dipilih pemerintah untuk menekan laju penyebaran dari virus Covid-19. Jadi apa itu PSBB cukup dipahami sebagai tindakan yang diambil pemerintah untuk menanggulangi wabah pandemi yang saat ini menyerang seluruh dunia.

Suatu wilayah baru dapat menetapkan tindakan PSBB ini dengan memenuhi 2 syarat sehingga apa itu PSBB yang dengan jumlah kasus dan jumlah kematian akibat penyakit mengalami peningkatan serta menyebar dengan cepat dan secara signifikan pada beberapa wilayah, yang kedua terdapat kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa pada wilayah lain. Adapun untuk wilayah yang ingin menetapkan tindakan PSBB permohonannya dapat diajukan oleh pemimpin daerah pada lingkup tertentu meliputi Gubernur dan pimpinan daerah yang lainnya. Permohonan atas tindakan PSBB harus dilengkapi dengan data yang terkait dengan peningkatan jumlah kasus menurut waktu, kurva epidemiologi, pernyebaran kasus serta peta penyebaran.

Data lain yang juga harus diajukan ialah bukti adanya kejadian transmisi lokal yang telah dilengkapi dengan hasil penyelidikan epidimiologi yang juga menyebutkan telah terjadinya penularan generasi kedua serta ketiga. Kemudian juga kesiapan dari daerah mengenai kesediaan kebutuhan hidup dasar dari rakyat, juga sarana prasarana kesehatan, anggaran, operasionalisasi jaringan pengamanan sosial serta aspek keamanan yang juga harus dipertimbangkan.

Apa Itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali

Apa Itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali

Juga dijelaskan pada Permenkes No.9 Tahun 2020 mengenai pelaksanaan PSBB yang setidaknya berlaku selama 14 hari serta masih dapat diperpanjang sesuai kondisi terjadi. Namun di sisi lain pada penerapan PSBB terdapat juga aturan dalam berkendara. Tapi tak perlu risau karena aturan tersebut baru ditetapkan untuk wilayah ibukota, DKI Jakarta saja.

Dan selanjutnya untuk transportasi penumpang baik umum ataupun pribadi perlu diperhatikan jumlah dan jaraknya saat membawa penumpang. Sementara itu, untuk layanan ekspedisi logistik dan barang termasuk salah satunya ojek online, hanya diperbolehkan untuk mengangkut barang saja selama PSBB ini diterapkan.

  • Penerapan PSBB

Apa Itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali

Ini juga disertai dengan sanksi yang dikenakan bagi masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan dan aturan yang berlaku. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bahkan mengungkapkan bahwa sanksi ini juga telah diatur pada Pasal 93 Juncto Pasal 9 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 terkait dengan karantina kesehatan.

Pada Pasal 9 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 ini yaitu tentang Karantina Kesehatan dijabarkan yaitu pada Ayat (1) bahwa setiap orang wajib mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan. Dan pada ayat (2) dimana setiap orang berkewajiban untuk ikut serta dalam penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan.

Jika ibukota DKI Jakarta telah melarang aktivitas perusahaan dan hanya mengizinkan beberapa aktivitas industri strategis saja, cukup berbeda dengan Kota Tangerang yang mengizinkan tanpa terkecuali. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga merupakan keputusan yang diambil oleh pemerintah Indonesia tentunya untuk menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang kini semakin meresahkan.

Sebelum akhirnya diterapkan, memang terdapat beberapa wacana yang akan dipilih seperti lockdown, semi lockdown serta karantina wilayah. Lalu apa itu PSBB yang saat ini semakin sering didengungkan pemerintah untuk menghambat penyebaran Covid-19. Istilah tersebut muncul dari Presiden RI Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas bersama dengan sejumlah menteri melalui video conference pada maret lalu dan dimana ia juga meminta agar psbb dengan physical distancing agar dilaksanakan dengan lebih tegas disiplin dan efektif.

Meski begitu, sehari selanjutnya yaitu pada Selasa 31/3/2020 pemerintah akhirnya juga menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020. Dan untuk sementara terkait dengan detail teknis pelaksanaannya kini diatur melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 9 Tahun 2020 mengenai Pedoman PSBB dalam rangka Percepatan Penanganan Virus Covid-19.

  • Apa itu PSBB juga cukup berbeda dari Lockdown

Apa Itu PSBB Dan Penerapannya Se-Jawa Bali

Hal ini dilakukan dengan tidak menutup semua kegiatan juga aktivitas sosial di masyarakat. Akan tetapi pada prakteknya, terdapat cukup banyak kegiatan yang kini dibatasi serta tidak boleh dilakukan. Adapun untuk hal yang dibatasi tersebut ialah dengan melakukan pembatasan kegiatan di ruang publik dan fasilitas umum.

Kemudian untuk ruang publik lain seperti tempat makan, mall dan yang lainnya juga dilarang untuk berkerumun, sehingga akan langsung ditegur dengan cukup keras yang kemudian dikenakan sanksi. Tindakan PSBB juga bisa digunakan selama masa inkubasi terpanjang serta dapat diperpanjang lagi jika masih terdapat bukti penyebaran lainnya.

Permenkes juga menjelaskan bahwa sekolah dan tempat kerja akan diliburkan terkecuali untuk kantor dan instansi strategis yang memberikan pelayanan terkait dengan pertahanan dan keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak dan gas, pelayanan kesehatan, perekonomian, keuangan, komunikasi, industri, ekspor juga impor, distribusi logistik, juga kebutuhan dasar yang lainnya.

Kegiatan keagamaan juga akan dilaksanakan pada bentuk kegiatan di rumah serta dihadiri oleh anggota keluarga terbatas dan selalu menjaga jarak untuk setiap orang. Di luar itu semua, kegiatan keagamaan juga bisa dilakukan dengan pedoman yang terdapat pada peraturan undang-undang serta fatwa dan pandangan dari lembaga resmi yang diakui oleh pemerintah.

Untuk melakukan kegiatan pada fasilitas umum yang dilaksanakan dalam bentuk perubahan jumlah orang dan pengaturan jarak orang, terkecuali untuk pasar, supermarket, toko, minimarket, dan tempat penjualan obat juga peralatan medis, kebutuhan pokok lainnya, kebutuhan pangan, serta bahan bakar minyak berupa gas serta energi.

Terdapat pula fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitasnya lain untuk memenuhi pelayanan kesehatan. Sehingga apa itu PSBB termasuk di dalamnya tempat dan fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan penduduk lainnya juga termasuk dengan kegiatan olahraga. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada bentuk pelarangan untuk berkerumun pada setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Adapun untuk memenuhi aturan mengenai pembatasan dari moda transportasi umum ataupun pribadi juga tidak dikecualikan untuk moda transpotasi penumpang dengan segera memperhatikan jumlah penumpang serta jarak mereka dengan penumpang yang lainnya. Moda ini juga akan secara otomatis memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar dari penduduk.

Pembatasan kegiatan lain yang secara khusus dapat terkait dengan aspek pertahanan serta keamanan yang dikecualikan bagi kegiatan dengan aspek pertahanan serta keamanan untuk menegakkan kedaulatan dari negara serta mempertahankan keutuhan dari wilayah tersebut dengan tetap memperhatikan wilayah dengan kerumunan orang tanpa berpedoman pada protokol serta peraturan dari undang-undang yang berlaku.

Sekian ulasan mengenai apa itu PSBB bahkan hingga penerapannya Se-Jawa Bali yang sempat ramai diperbincangkan oleh banyak kalangan. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat menjadi referensi terkait dengan PSBB dan tindakan lain untuk menanggulangi penyebaran dari virus Covid-19 di Indonesia.

Kunjungi juga link kami di: scotsfind.org

Related posts
HomeTenis

Jenis Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Cara Melakukannya

5 Mins read
Mempelajari jenis pukulan tenis meja merupakan salah satu teknik dasar yang harusnya dikuasai para pemain. Pukulan dalam permainan tenis meja kerap disebut…
HomeTenis

Teknik Dasar Tenis Meja Mudah Dipelajari Pemula

5 Mins read
Teknik dasar tenis meja sangat penting dipelajari dengan baik jika Anda ingin menjadi pemain ahli dan profesional. Dasar-dasar permainan menjadi kunci penting…
Edukasi OlahragaHome

Keuntungan Olahraga di Rumah Selama Pandemi Virus Corona

5 Mins read
Olahraga di rumah menjadi pilihan tepat di kala pandemi virus corona menyerang Indonesia. Terlebih di bulan puasa ini, Anda wajib menjaga kesehatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *