BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read

Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang banyak orang belum mengerti aturan mainnya.

Namun, bukan berarti permainan ini tidak memiliki penggemar sama sekali. Basket masih memiliki banyak peminat karena dianggap menarik. Olahraga yang memadukan antara kreatifitas permainan dengan kelincahan saat bergerak.

Baca Juga : Cara Bermain Mobile Legends PC Lebih Seru dan Mudah

Memang jika dilihat dari beberapa sisi basket memiliki banyak sisi menarik. Salah satunya adalah cara memainkannya dengan memantulkan bola. Ada juga sistem poin dari akurasi memasukan bola ke ring.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin bermain basket maka setidaknya mengerti tentang aturan mainnya. Ada beberapa Peraturan dasar permainan bola basket yang perlu Anda perhatikan sebelum memainkannya supaya bisa meraih kemenangan.

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket Tentang Ukuran Lapangan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam permainan ini adalah ukuran lapangan. ada ukuran resmi yang telah ditentukan. Namun, jika Anda hanya ingin memainkannya di halaman rumah tidak perlu mengikutinya.

  1. Lebar lapangan

Ada 2 standar yang dipakai dalam menentukan lebar lapangan basket di seluruh dunia. standar pertama adalah dari National Basket Association (NBA) dengan 15 meter dan standar FIBA 14 meter.

  1. Panjang lapangan

Ukuran panjang juga memiliki 2 standar yang dipakai di seluruh dunia. standar pertama dari NBA sendiri adalah 28,7 meter. Standar kedua dari FIBA menetapkan panjangnya adalah 26 meter.

  1. Diameter Lingkaran Tengah

Diameter lingkaran tengah lapangan harus memiliki ukuran 3,6 meter. Area lingkaran ini merupakan area perebutan bola pertama saat peluit dibunyikan. Jadi pemain harus ada di luar dari area lingkaran tersebut.

  1. Panjang Area Poin

Area poin adalah area dimana ketika bola masuk ke ring akan mendapatkan 2 poin. Area ini berbentuk setengah lingkaran dengan panjang 1,575 meter ditambah 6,25 meter.

  1. Jari-Jari Lingkaran

Dalam lapangan basket terdapat 3 buah lingkaran. Setiap lingkaran memiliki fungsi dalam permainan. 3 buah lingkaran tersebut setidaknya harus memiliki panjang jari-jari sebesar 1,8 meter.

  1. Tabel Pencetak Poin

Bagian area ini harus memiliki panjang setidaknya 6 meter dengan tinggi minimal 0,8 meter. Selain itu, tabel tersebut diharuskan untuk diletakkan pada tempat dengan ketinggian minimal 0,2 meter

Jumlah Pemain dan Wasit Dalam Permainan Basket

Peraturan dasar permainan bola basket juga mengatur berapa jumlah pemain dalam lapangan. Selain itu, ada ketentuan berapa jumlah pemain cadangan hingga ketentuan jumlah wasit dalam setiap pertandingan.

  1. Jumlah Pemain dalam Lapangan

Setiap tim yang bertanding harus menyertakan 5 pemain dalam lapangan. Pemain tersebut akan mengisi pos sesuai posisinya dengan kostum tim. Nantinya pemain tersebut bisa digantikan jika ada suatu hal terjadi.

  1. Jumlah Pemain Cadangan

Untuk jumlah pemain cadangan yang diizinkan dalam permainan adalah 5 orang. Pergantian pemain bebas dilakukan oleh regu mana saja sebelum waktu yang ditentukan telah habis.

  1. Jumlah Wasit

Permainan bola basket menggunakan 2 wasit dalam setiap pertandingan. Wasit 1 atau wasit utama biasanya disebut dengan Referee. Sedangkan wasit kedua biasanya disebut dengan nama Umpire.

Lama Waktu Permainan Basket yang Perlu Diketahui

Peraturan dasar permainan bola basket

Antara Peraturan dasar permainan bola basket dari NBA dan FIBA terdapat sedikit perbedaan. Namun, kedua aturan ini mengacu pada ketentuan yang tidak berbeda jauh. Keduanya masih menggunakan lama pertandingan selama 4 ronde.

  1. Lama Waktu Aturan NBA

Jika mengacu pada aturan dari National Basket Association atau NBA, maka lama waktu permainan adalah 4 x 12 menit. Setiap babak akan berlangsung selama 12 menit.

  1. Lama Waktu Aturan FIBA

Sedangkan aturan dari FIBA sendiri adalah setiap babak adalah 10 menit. Pertandingan akan berlangsung selama 4 x 10 menit hingga waktu hitung mundur telah habis.

  1. Waktu Istirahat

Jeda waktu istirahat antar babak adalah 10 menit. Ketika jeda waktu ini maka setiap regu diperbolehkan melakukan strategi tertentu. Setelah batas waktu 10 menit berakhir maka pertandingan akan dilanjutkan kembali.

  1. Babak tambahan

Babak tambahan hanya akan terjadi jika kedua regu memiliki skor akhir yang sama. Perpanjangan waktu ini akan berakhir jika kedua regu sudah mencetak dan menciptakan selisih skor.

  1. Waktu Istirahat Babak Tambahan

Peraturan dasar permainan bola basket tentang babak tambahan biasa terjadi selama 2 babak. Antara 2 babak tersebut setiap regu diberikan jeda istirahat selama 2 menit sebelum pertandingan dilanjutkan.

3 Second Violation dan 8 Second Violation

Peraturan dasar permainan bola basket dalam permainan basket memang cukup ketat. Hal tersebut karena tidak diperbolehkan membawa bola dalam waktu terlalu lama. Aturan ini diberlakukan supaya permainan menjadi lebih atraktif dan enak dilihat.

  1. 3 Second Violation

3 second violation mengacu pada ketika pemain berdiri pada area tembakan bebas selama lebih dari 3 detik. Jika melebihi waktu tersebut, maka akan dikenakan sebuah pelanggaran.

  1. Shot Clock Violation

Peraturan dasar permainan bola basket juga mengatur lamanya tim menyerang lawan. Shot clock violation sendiri adalah pelanggaran ketika ada serangan lebih dari 24 detik sebelum bola tersebut menyentuh ring.

  1. 8 Second Violation

Berbeda dengan 3 second violation, 8 second violation merupakan pelanggaran ketika pemain membawa bola di area sendiri lebih 8 detik. Jadi Anda tidak diperbolehkan membawa di area defense terlalu lama.

Back Ball, Traveling, dan Double

Peraturan dasar permainan bola basket

Pelanggaran yang dilakukan oleh individu pemain jumlahnya cukup banyak. Peraturan dasar permainan bola basket tersebut dipakai supaya melindungi pemain lain. Selain itu, aturan ini juga dipakai supaya pertandingan jauh lebih menarik.

  1. Back Ball/Back Court

Pelanggaran ini terjadi ketika bola sudah melewati garis tengah namun dilempar kembali ke belakang. Aturan back ball ini cukup mirip dengan yang ada di permainan futsal.

  1. Traveling/Walking

Salah satu seni dari basket adalah dribble bola. Oleh sebab itu, jika pemain tidak melakukan dribble selama lebih dari 2 langkah, maka akan ada pelanggaran.

  1. Double

Pelanggaran ini terjadi ketika pemain berhenti men-dribble bola dan kemudian melakukan dribble kembali. Pelanggaran tersebut nantinya akan dicatat oleh pengawas untuk menentukan hukuman jika sudah mencapai akumulasi tertentu.

Beberapa Pelanggaran Lain yang Perlu Diketahui

Dalam dunia peraturan dasar permainan bola basket, ada banyak sekali jenis pelanggaran. Bahkan, benturan pada pemain lawan bisa dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Jadi Anda perlu mengerti apa saja jenis pelanggarannya.

  1. Jumping

Ketika sudah melakukan tembakan pada posisi melompat, maka bola harus dilemparkan. Namun, jika pemain tidak jadi melakukannya maka akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran dan bola akan berpindah tangan.

  1. Offensive Foul

Ini mungkin merupakan jenis pelanggaran yang paling banyak dilakukan oleh pemain basket. Offensive foul merupakan pelanggaran yang terjadi ketika pemain menabrak lawan ketika sedang dalam posisi bertahan.

  1. Personal Foul

Posisi bertahan yang salah juga bisa menyebabkan adanya pelanggaran. Ada banyak jenis tipe foul dari posisi bertahan yang salah. Sebut saja seperti illegal block, push, reaching, hingga hold.

  1. Technical Foul

Jenis foul satu ini mungkin tidak termasuk dalam kategori yang sudah ditentukan. Bahkan, Technical Foul bisa dikatakan sebagai aturan tambahan. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah umpatan kepada wasit.

  1. Unsportsmanlike Foul

Peraturan dasar permainan bola basket juga mengatur tentang keamanan dan keselamatan pemain. Jika pemain lawan melakukan tindakan yang terlalu keras dan berpotensi mencederai, maka bisa dikenakan pelanggaran ini.

  1. Team Foul

Dalam satu quarter, sebuah tim tidak diperbolehkan melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali. Jika lebih dari itu, maka tim lawan akan mendapatkan hadiah berupa lemparan bebas.

Sistem Perolehan Poin Dalam Bermain Basket

Peraturan dasar permainan bola basket

Dalam peraturan dasar permainan bola basket, ada beberapa sistem perolehan poin. Semua perolehan poin ini ditentukan dari jarak tembakan, dimana melakukan tembakan, dan masih banyak lagi.

  1. 1 Poin

Perolehan 1 poin didapatkan dengan cara yang sangat mudah. biasanya lemparan bebas akibat pelanggaran akan memberikan 1 poin. Jadi sebaiknya hindari terlalu banyak membuat pelanggaran.

  1. 2 Poin

2 poin akan diberikan ketika lemparan tersebut dilempar dari point field goal area. 2 poin juga bisa didapatkan jika lemparan bebas terakhir tidak masuk dan kemudian dilempar kembali dengan benar.

  1. 3 Poin

Karena perolehan poin cukup besar, maka cara mendapatkannya juga cukup sulit. Perolehan 3 poin bisa didapatkan ketika pemain mampu melempar bola dan masuk ke ring dari luar area poin.

Baca Juga : Cara Download Mobile Legends Apk untuk Player Baru

Memang jika dilihat secara sekilas ada banyak sekali peraturan dalam basket. Namun, jika sudah terbiasa memainkannya maka akan cukup familiar. Apalagi peraturan dasar permainan bola basket ini supaya lebih menarik.

Related posts
Basket

Ingin Tahu Cara Jago Bermain Basket Apakah Harus Tinggi?

5 Mins read
Melihat performa dan fisik dari pemain top NBA, beberapa orang beranggapan bahwa jika ingin jago bermain basket harus tinggi. Namun apakah benar…
Basket

Daftar Pemain Basket Termahal di Dunia Harus Kalian Tahu

5 Mins read
Permainan basket sudah sangat populer di kalangan anak muda, namun kenalkah Anda dengan pemain basket termahal di dunia? Mereka adalah pemain yang…
BasketEdukasi Olahraga

Rahasia Atlet Basket Tetap Bugar Selama Bulan Puasa

5 Mins read
Mungkin kamu bertanya-tanya apa sebenarnya rahasia atlet basket tetap bugar? Jika diperhatikan, para atlet basket memiliki postur tubuh atletis dan selalu tampak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *