HomeTenis

Jenis Pukulan Tenis Meja Lengkap dengan Cara Melakukannya

5 Mins read

Mempelajari jenis pukulan tenis meja merupakan salah satu teknik dasar yang harusnya dikuasai para pemain. Pukulan dalam permainan tenis meja kerap disebut dengan istilah stroke sebagai sebutan untuk internasional.

Stroke merupakan cara memukul bola dengan menggunakan cara atau teknik tertentu yang memang diperbolehkan. Hasil pukulan tidak sekedar kuat saja namun harus mengarah sesuai dengan keinginan pemain tersebut.

Baca Juga : Macam-macam Gaya Renang Serta Teknik Dasarnya

Selain itu dalam melakukan pukulan juga ada aturannya di mana bola harus melewati net atau jaring. Maka Anda perlu mempelajari banyak hal tentang pukulan-pukulan yang ada pada permainan tenis meja.

Mempelajari teknik ini tentu saja tidak bisa dilakukan secara instan karena butuh latihan dan kerja keras. Terus latih kemampuan Anda dan dapatkan berbagai manfaat jika berhasil menguasai berbagai teknik pukulan.

Jenis Pukulan Tenis Meja, Servis dan Drive

Pembahasan awal akan dimulai dengan teknik servis dan drive yang termasuk ke dalam pukulan permainan tenis meja. Sebagai pemain Anda harus memahami betul kedua teknik ini sebagai dasar penting.

  1. Servis

Servis termasuk ke dalam jenis pukulan dalam tenis meja yang dilakukan pemain untuk pertama kalinya. Servis juga digunakan sebagai tanda untuk memulai permainan di mana kedua pemain sudah siap.

Meskipun terlihat sederhana dan hanya digunakan sebagai tanda saja namun faktanya ada banyak jenisnya. Seperti service forehand top spin, backhand top spins, forehand backspin, backhand backspin dan sidespin.

Masing-masing teknik memiliki cara tersendiri untuk pemain melakukan servis pertama kali. Anda bisa mempelajari semuanya sebelum akhirnya menentukan memilih teknik yang mana sebagai pilihan untuk servis.

Contoh untuk bisa melakukan forehand topspin pegang bet memakai tangan kanan lalu tekuk siku 90 derajat. Tangan kiri pegang bola, lambungkan kemudian pukul memakai bet dengan hasil pukulan tipis.

  1. Drive

Drive sendiri salah satu jenis pukulan tenis meja di mana pemain mengayun panjang sampai akhirnya terkena bola. Hasil pukulannya yaitu keras, datar dan cepat sehingga sulit untuk dikembalikan lawan.

Ada dua jenis teknik drive yang bisa dipilih pemain seperti forehand drive dan backhand drive. Forehand drive bisa dilakukan dengan menggerakkan bet kedepan lalu tubuh diputar ke arah datangnya bola.

Cara melakukan backhand drive dengan memposisikan siku dengan membentuk sudut 90 derajat. Lalu gerakkan bet sambil badan berputar, memang tidak mudah namun kuasai gerakan kaki sebagai penunjang tekniknya.

Teknik Memukul Push dan Flick Dalam Tenis Meja

jenis pukulan tenis meja

Jenis pukulan tenis meja lainnya yaitu push dan flick yang memberikan manfaat untuk para pemain saat bertanding. Untuk mengenal lebih mendalam tentang tekniknya dan bagaimana caranya simak penjelasan berikut ini.

  1. Push

Push adalah teknik memukul yang digunakan pemain untuk menghadapi pukulan backspin dari lawan. Tujuannya agar bola tidak melambung terlalu tinggi dan terdapat dua jenis teknik push dalam permainan tenis meja.

Pertama forehand push bisa dilakukan dengan memposisikan bet dengan sedikit lebih terbuka. Kemudian Anda hanya perlu menggerakkan bet ke arah depan namun sedikit lebih ke bawah dan andalkan insting.

Sedangkan cara melakukan backhand push yaitu bola harus menggesek bet dengan lebih kuat. Tujuannya untuk menghasilkan bola backspin dan penting juga diketahui kalau bola harus mengenai sisi tengah bet.

  1. Flick

Teknik pukulan flick secara sederhana memiliki fungsi untuk mencungkil atau menjentik bola. Jenis ini sering digunakan untuk mengembalikan bola dengan diarahkan ke dekat net namun dibutuhkan fleksibilitas pada pergelangan tangan.

Sebagai salah satu jenis pukulan tenis meja cara melakukan flick tidaklah sulit bagi pemain pemula. Mulai dengan sikap awal dengan posisi kaki kanan di depan dan pastikan Anda merasa nyaman.

Kemudian gerakkan lengan dengan cepat dan pendek sehingga perlu adanya ayunan tangan ke belakang. Putar lengan bawah kearah depan atas kemudian lakukan cungkilan pergelangan tangan dengan cepat.

Anda harus memindahkan tumpuan berat badan dari kaki belakang kemudian dipindahkan ke kaki depan. Bet harus dalam posisi vertikal atau boleh juga sedikit vertikal ketika Anda melakukan perkenaan pukulan.

Teknik Pukulan Chop dan Block di Permainan Tenis Meja

jenis pukulan tenis meja

Dua jenis pukulan tenis meja lainnya yaitu chops dan block merupakan teknik dasar yang perlu dikuasai pemain. Bermain tenis meja tidak hanya gerakan menyerang saja namun juga harus bisa bertahan.

  1. Chops

Teknik chops adalah teknik dasar dan termasuk ke dalam pukulan backspin namun untuk bertahan. Teknik ini memiliki dua jenis yaitu forehand chop dan backhand chop dengan cara melakukan yang berbeda.

Cara melakukan forehand chop dengan cara mengambil posisi bet sedikit lebih terbuka. Kemudian gerakkan bet kedepan dengan sedikit condong ke arah bawah lalu usahakan bet depan agar ke bawah.

Sedangkan cara backhand chop posisi bet depan sedikit condong ke atas kemudian pukul saja memakai sisi bawah bet. Usahakan agar bet juga mengenai bagian bawah dari sisi bola.

  1. Block

Teknik block digunakan pemain untuk bertahan dan juga mengembalikan smash dari lawan. Teknik ini bisa dilakukan setelah bola memantul di meja Anda dan sangat efektif untuk mengembalikan bola ke lawan.

Karena smash dari lawan sangat keras jika menggunakan jenis pukulan tenis meja ini maka kembalinya bola juga keras. Hal ini bisa membuat lawan menjadi kaget karena bola kembali dengan cepatnya.

Cara melakukan forehand block yaitu mengambil posisi bet ke arah depan dengan sedikit menghadap bawah. Perhatikan datangnya bola kemudian segera block setelah memantul dan pastikan bola tepat terkena tengah bet.

Sedangkan cara melakukan backhand block harus mengguatkan tangan kanan namun posisi bet ke arah kiri. Jadi sisi bet agar menghadap ke bawah kemudian lakukan gerakan block setelah bola memantul.

Teknik Pukulan Smash dan Lob Sangat Penting Bagi Pemain

jenis pukulan tenis meja

Masih ada dua jenis pukulan tenis meja yang penting untuk dipelajari yaitu smash dan lob. Keduanya memiliki fungsi penting untuk menyerang lawan sehingga bisa mendapatkan kemenangan.

  1. Smash

Smash adalah teknik dan jenis pukulan tenis meja menyerang dengan menggunakan pukulan keras untuk membuat lawan kewalahan. Smash tidak hanya keras namun bisa sesuai dengan target sehingga membuat lawan menjadi kesulitan mengembalikan.

Cara menggunakan teknik forehand smash yaitu ambil posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan untuk tumpuan berat badan. Setelah bola memantul pada titik tertinggi kemudian segera lakukan pukulan keras.

Sedangkan cara backhand smash yaitu ambil posisi kaki kanan di depan kemudian badan dimiringkan ke kiri. Setelah bola memantul pukul saja dengan keras dengan memakai pergelangan tangan sambil memindahkan tumpuan.

  1. Lob

Lob termasuk ke dalam jenis pukulan tenis meja yang digunakan untuk memukul bola ke arah lawan. Tujuannya adalah membuat lawan kuwalahan sehingga kesulitan untuk mengembalikan bola.

Teknikdan jenis pukulan tenis meja ini sangat ampuh untuk mengembalikan smash lawan dan terbukti membuat lawan menjadi mati langkah. Teknik ini biasanya dilakukan di ketinggian antara 2 – 4 meter untuk mendapatkan hasil pukulan maksimal.

Manfaat Mempelajari Berbagai Jenis Pukulan Dalam Tenis Meja

jenis pukulan tenis meja

Mungkin Anda tidak menyadari jika ternyata mempelajari berbagai pukulan dalam permainan tenis meja memiliki manfaat. Ketahui apa saja manfaatnya agar semakin bersemangat untuk meningkatkan kemampuan diri dalam memukul bola.

  1. Mampu menguasai permainan dengan baik

Manfaat utama belajar jenis pukulan tenis meja yaitu membuat Anda mampu menguasai permainan dengan baik. Bola datang ke arah Anda tanpa pernah bisa ditebak bagaimana arah dan posisi kedatangannya.

Jika Anda menguasai berbagai teknik memukul bola maka bagaimanapun arah datangnya bola tidak akan menjadi kesulitan. Bayangkan jika tidak mengetahui caranya pasti bingung apa yang harus dilakukan jika bola datang.

  1. Menjadi lebih percaya diri

Semakin banyak jenis pukulan-pukulan yang dipelajari dan dikuasai ternyata mampu meningkatkan rasa percaya diri. Anda akan selalu siap melakukan pertandingan tanpa perlu melihat siapa lawan yang nantinya dihadapi.

Rasa percaya diri ini juga mampu membuat Anda mengambil keputusan langkah secara bijak dan yakin. Sehingga keputusan tersebut memberikan dampak baik pada permainan yang sedang berjalan.

  1. Peluang menang menjadi lebih besar

Manfaat lainnya juga dari segi peluang kemenangan juga semakin besar dibanding pemain lain. Skill bermain ditunjang rasa percaya diri karena menguasai berbagai jenis pukulan membuat peluang menang lebih besar.

Jadi tidak heran jika pemain seperti ini mampu mendapatkan kemenangan karena peluang yang dimiliki cukup besar. Semakin sering berlatih membuat skill memukul semakin hebat dan semua teknik berhasil dikuasai.

Baca Juga : Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya dan Peraturannya

Banyaknya jenis-jenis pukulan dalam permainan tenis meja sebaiknya dipelajari sampai akhirnya mampu menguasai. Hal ini menjadi bekal penting mengingat jenis pukulan tenis meja cukup banyak sehingga butuh latihan untuk menguasainya.

Related posts
Tenis

Tips Bermain Tenis Meja Sehingga Bisa Menang Mudah

5 Mins read
Jika Anda senang bermain tenis meja dan ingin menang saat bermainnya, Anda perlu tahu tentang tips bermain tenis meja. Karena meski terlihat…
Tenis

Peraturan Tenis Meja yang Penting Dipelajari Pemula

5 Mins read
Peraturan tenis meja merupakan hal dasar yang dipelajari pemain pemula jika ingin menjadi profesional. Karena dalam permainan ini bukan sekedar memukul bola…
HomeTenis

Teknik Dasar Tenis Meja Mudah Dipelajari Pemula

5 Mins read
Teknik dasar tenis meja sangat penting dipelajari dengan baik jika Anda ingin menjadi pemain ahli dan profesional. Dasar-dasar permainan menjadi kunci penting…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *