Home

Alasan Tim Badminton Indonesia Dikeluarkan All England 2021

4 Mins read

Tim badminton Indonesia yang akan bertanding pada kejuaraan terkenal yaitu All England, diminta untuk mengundurkan diri. Berita ini disampaikan langsung oleh BWF atau Badminton World Federation melalui akun instagram resminya, bahwa klub negara kita harus mengundurkan diri karena berada di satu pesawat yang sama dengan orang yang terinfeksi covid-19.

Berita ini jelas mengecewakan, karena semua kru sudah berangkat ke lokasi turnamen dan sudah lama latihan yang disiapkan oleh para atlet untuk menghadapi pertandingan ini. BWF yang memberikan kabar tersebut pun, langsung diserbu oleh netizen Indonesia yang merasa tidak terima dengan keputusan sepihak yang dibuat oleh BWF.

Baca Juga : Posisi Pemain Basket di Lapangan Beserta Tanggung Jawabnya

Tim badminton Indonesia yang berada di Inggris juga sedih dan kesal mendengar kabar ini, karena mereka merasa bahwa kondisi tubuh dan fisiknya baik-baik saja. PBSI atau Persatuan Bulu Tangkis Indonesia juga sudah memberikan tanggapan mengenai kabar ini, serta meminta NHS untuk bersikap transparan mengenai kasus ini.

Klarifikasi dari NHS pun belum diberikan, sehingga kita harus menunggu terlebih dulu. Apakah tim badminton dari Indonesia bisa lanjut bertanding di turnamen All England 2021 atau tidak, serta kabar simpang siur yang tambah membuat berita ini panas sebaiknya tidak langsung diterima begitu saja karena belum tentu kebenarannya.

Kronologis Tim Badminton Indonesia Dikeluarkan

Tim Badminton Indonesia

Tim badminton dari Indonesia sudah melakukan persiapan yang matang untuk menantang tim lawannya di ajang kompetisi All England 2021. Para atlet berangkat dengan maskapai penerbangan Turkish Airlines dengan rute Turki-Inggris, pada tanggal 12 Maret 2021 lalu.

Sebelum melakukan perjalanan tersebut, semua atlet beserta kru sudah mematuhi protokol kesehatan dengan tes swab PCR serta melakukan vaksin sebanyak dua kali. Tes kesehatan yang dilakukan oleh tim kita tentu saja sudah lebih dari cukup dan hasilnya pun negatif serta tidak ada gejala-gejala terindikasi covid-19.

Setelah sampai di Inggris, mereka kembali menjalani tes kesehatan yang dianjurkan. Tim badminton Indonesia menjalani tes swab PCR pun kembali mereka jalankan, dengan menunggu hasil yang akan keluar dalam waktu 12 jam. Selama menunggu hasil tersebut, mereka beristirahat di hotel Crowne Plaza yang telah disediakan oleh penyelenggara.

Setelah hasil tes keluar, semua tim dan kru dinyatakan negatif dari covid-19. Setelah itu mereka diizinkan untuk berlatih di dalam hotel, jadwal dan waktu diadakannya pertandingan All England 2021 belum diinformasikan dan belum pasti kapan dimulainya.

Terkuak informasi ternyata tim penyelenggara turnamen merasa ragu dengan hasil tes kesehatan yang dilakukan, sehingga meminta untuk tes ulang. Setelah menjalani tes ulang, para manager juga melakukan meeting yang diadakan pada tanggal 17 Maret 2021 pukul setengah 11 pagi waktu Inggris.

Setelah hasil tes dan keputusan para manager keluar, semua tim dinyatakan negatif dan bisa bertanding dalam ajang kompetisi All England 2021. Dan jadwal resmi juga sudah diinformasikan yaitu tanggal 17 Maret 2021 pukul 20.30 WIB. Setelah bertanding, Indonesia berhasil masuk ke babak 16 besar setelah melawan tim lawannya.

Namun muncullah berita buruk yang menimpa Indonesia. Tim merah putih menerima pesan elektronik dari NHS atau National Health Service yan menyatakan bahwa tim badminton Indonesia harus mundur dari turnamen ini, karena ada terdapat indikasi terinfeksi covid-19.

Tim merah putih berada di pesawat yang sama dengan penumpang berpositif covid-19, dan harus menjalani karantina selama 10 hari di hotel yang telah disediakan. Membaca pesan ini tentu saja membingungkan dan membuat tim sedih karena diminta untuk mundur.

Keputusan yang diberikan dari NHS terbilang keputusan sepihak, tanpa adanya kejelasan yang jelas mengenai kabar tersebut. Pihak negara kita, tidak diberitahukan mengenai identitas siapa penumpang berpositif covid-19 dan kenapa bisa mengambil keputusan yang terbilang mencurigakan seperti itu.

Tanggapan PBSI Mengenai Kasus Ini

Tim Badminton Indonesia

Tidak tau apakah ini strategi yang direncanakan oleh tim lawan agar Indonesia bisa tersingkir atau tidak. Karena Tim Badminton Indonesia merupakan pesaing yang kuat dan berpeluang mengalahkan tim Inggris setelah pernah mengalahkan timnya. Apabila ini benar strategi yang dibuat oleh mereka, tentu saja Indonesia tidak akan tinggal diam.

Kasus yang sedang ramai diperbincangkan ini juga terbilang aneh, karena semua tim badminton Indonesia sudah menjalani tes kesehatan yang diminta bahkan vaksin pun sudah disuntikkan. Orang yang positif covid-19 pun belum diberitahukan siapa identitasnya dan darimana asalnya.

Induk bulu tangkis yaitu PBSI berharap bahwa NHS bisa bersikap adil dan transparan kepada pihak Indonesia tanpa terpengaruh persaingan antar negara. Belum ada keterangan resmi yang diberikan NHS setelah mengirimkan email tersebut kepada tim kita, sehingga pemerintah juga meminta semua masyarakat untuk tidak berspekulasi dan menyebarkan hoax.

Saat ini semua Tim Badminton Indonesia masih berada di Inggris dan menjalani karantina selama 10 hari, serta tidak diizinkan untuk bertanding. Pemerintah Indonesia seperti Kedutaan Besar dan Kementrian juga mencoba meminta keterangan dari lembaga kesehatan tersebut agar persoalan ini bisa menjadi jelas tanpa adanya asumsi-asumsi negatif yang dibuat oleh masyarakat.

Persiapan Tim badminton Indonesia Menghadapi All England 2021

Tim Badminton Indonesia

Sudah banyak persiapan yang sudah dilakukan oleh atlet bulu tangkis Indonesia untuk menghadapi turnamen All England 2021. Persiapan yang dilakukan selama berbulan-bulan itu, akan sia-sia apabila tim kita gagal bertanding di kejuaraan bergengsi tersebut.

Dengan semua usaha yang dilakukan PBSI untuk mencoba mempertahankan agar Indonesia bisa bermain, semoga bisa berbuah manis. Ada 24 anggota timnas Indonesia yang berangkat ke Inggris, dan sudah 5 pemain yang bertanding dan menang serta 20 pemain sudah menerima email dari NHS.

Hal ini sangat disayangkan apabila Indonesia gagal bertanding, padahal sudah ada 5 kemenangan yang didapat. Semoga usaha pemain negara kita tidak sia-sia, dan yang pasti pemerintah akan berusaha semampunya untuk bisa membuat Indonesia kembali bertanding di kejuaraan tersebut.

Tekad Tim Badminton Indonesia untuk Kembali Bermain di All England 2021

Tim Badminton Indonesia

Usaha yang dilakukan oleh PBSI salah satunya adalah meminta bantuan kepada Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Pemuda dan Olahraga, untuk bisa mempertimbangkan keputusan yang dibuat NHS agar tim badminton dari Indonesia bisa kembali bermain di All England 2021.

Tidak hanya itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia juga meminta klarifikasi NHS untuk memberitahu mengenai kebenaran dari kasus ini. KBRI sudah menghubungi pihak BWF, tetapi BWF meminta agar Indonesia patuh terhadap keputusan yang telah dibuat oleh NHS.

Keputusan ini jelas sangat disayangkan karena NHS seperti bersikap diskriminatif, pasalnya tim yang satu pesawat dengan orang yang positif covid-19 tidak hanya Indonesia tetapi juga tim Turki. Neslihan Yigit yaitu atlet bulu tangkis tunggal putri, yang satu pesawat dengan tim merah putih tidak diminta untuk mundur dan tetap bermain.

Baca Juga : Rahasia Petenis Dunia Wanita Menjaga Kebugaran Tetap Prima

Kejanggalan ini membuat seluruh masyarakat Indonesia kesal, karena sikap yang diperlakukan oleh NHS dinilai tidak adil terhadap negara kita. Serta mempertanyakan apa maksud dari ketidakadilan yang dibuatnya, sepertinya tuan rumah memang benar-benar tidak ingin tim badminton Indonesia ikut bertanding pada All England 2021.

Related posts
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…
EsportHome

Cara Bermain Mobile Legends PC Lebih Seru dan Mudah

5 Mins read
Mobile Legends Bang Bang adalah game mobile paling ternama saat ini, tapi pernahkah Anda bermain mobile legends PC? Selain menggunakan handphone, memainkan…
BasketHome

Tim Terbaik NBA Gagal Juara, Berikut Faktanya

4 Mins read
Tim terbaik NBA gagal Juara cukup menarik untuk diulas. Ada beberapa tim terbaik dengan materi pemain berkualitas pada ajang NBA ternyata tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *