Home

4 Teknik Dasar Servis Voli yang Perlu Diketahui

4 Mins read

Olahraga bola voli termasuk salah satu cabang olahraga atletik yang yang cukup seru untuk dimainkan. Dengan menggunakan bola khusus biasanya para pemain akan saling melawan antar tim. Setiap orang yang menyaksikan pertandingan tersebut tentu akan merasa terhibur. Dalam olahraga tersebut terdapat banyak teknik yang harus dilakukan untuk bisa memainkan bola voli. Salah satu contohnya adalah teknik dasar servis voli. Teknik tersebut perlu dikuasai terutama oleh seorang atlet olahraga tersebut. Teknik tersebut merupakan salah satu Teknik Dasar Servis Voli yang perlu dipelajari dan akan selalu berlaku dalam setiap pertandingan.

( Baca juga : 6 Pemain Basket Terkaya Di Dunia, Jagoanmu Ada ? )

Secara umum servis merupakan salah satu teknik pukulan yang dilakukan dari daerah garis belakang lapangan permainan hingga melambung ke atas net agar mendarat di daerah lawan. Dalam beberapa kesempatan teknik ini membutuhkan sedikit tenaga. Namun jika Anda sudah menguasai teknik dasarnya maka anda tak perlu terlalu banyak menggunakan tenaga. Gerakan tersebut bisa dilakukan pada saat awal permainan. Untuk melakukannya bisa berlangsung setelah terjadi penambahan poin maupun pelanggaran. Hal yang harus anda perhatikan pada saat melakukan teknik dasar servis voli adalah sikap badan serta pandangan, timing yang tepat serta tingginya lambungan bola.

Selain Teknik Dasar Servis Voli yang umum seperti tadi servis sebenarnya terbagi menjadi beberapa macam.

Servis Bawah

Teknik ini harus dilakukan dengan memukul bola menggunakan jari-jari tangan dengan posisi menggenggam. Pukulan ini perlu dilakukan dengan membuat bola sedikit dilambungkan untuk kemudian dipukul tepat sejajar pada bagian bawah pusar perut. Pertama Anda bisa memposisikan diri untuk berdiri menggunakan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Kemudian teknik dasar servis voli untuk bagian bawah ini bisa dilanjutkan dengan memegang bola oleh tangan kiri.

Setelah itu cobalah lambungkan bola hingga tingginya sejajar dengan bahu Anda. Pada saat yang bersamaan ayunkan lengan kanan dengan posisi menggenggam ke belakang kemudian gerakan ayunan tersebut ke arah depan untuk memukul bola. Pastikan telapak tangan tepat memukul bola pada saat bola tersebut mulai jatuh ke arah bawah setelah dilambungkan. Jika bola sudah berhasil dipukul dilanjutkan dengan melangkah ke arah depan mendahulukan kaki kanan. Teknik ini bisa Anda pelajari untuk dipraktekkan saat melakukan permainan bola voli.

Servis Atas

Perbedaannya dengan servis bawah untuk memukul bola dengan teknik servis atas Anda harus membuka telapak tangan. Pastikan jari tangan Anda tertutup dan rapat. Kemudian bola juga harus dipukul menggunakan telapak tangan tersebut. Bola yang dipukul harus dilambungkan cukup tinggi di atas kepala. Anda harus memukulnya sebelum bola tersebut melewati bagian kepala Anda. Untuk bisa melakukannya posisikan kaki kiri di depan dan kaki kanan berada di belakang. Kemudian pada teknik dasar servis voli ini bola harus dipegang oleh tangan kiri. Lemparkan bola ke atas hingga agak ke belakang melebihi tinggi kepala.

Gerakan badan ke arah depan pada saat yang sama dan pukul bola menggunakan tangan kanan. Untuk itu, pastikan telapak tangan selalu menghadap ke arah bola agar servis atas bisa dilakukan dengan benar. Pastikan pula posisi tangan dalam keadaan terbuka dan jari-jari tangan dalam posisi rapat dan tertutup. Hal ini untuk memaksimalkan pukulan cara membuatnya melambung dengan baik. Jika Anda sudah berhasil memukul bola menggunakan teknik tersebut teruskan dengan langkahkan kaki kanan ke depan untuk bisa melanjutkan permainan dan menghalau bola.

Servis Mengapung (Floating overhand)

Teknik ini merupakan teknik yang perlu dilakukan dimana gerakan jalannya bola berasal dari hasil pukulan servis yang tidak mengandung putaran. Itu artinya bola berjalan dengan cara mengapung atau mengambang. Sama seperti teknik dasar servis voli lainnya pada teknik ini juga perlu melakukan beberapa cara khusus. Caranya awali dengan berdiri tepat menghadap lapangan. Setelah itu tangan kiri harus memegang bola dan tangan kanan berada di samping pelipis.

Lempar bola hingga melambung ke atas menggunakan tangan kiri sedikit ke samping kanan dan tidak terlalu tinggi. Setelah itu pukulan tangan kanan pada bagian tengah bola. Untuk melakukan teknik tersebut gunakan tumit tangan dimana ibu jari dilipat ke dalam dan menempel pada telapak tangan. Pastikan posisi tangan dalam keadaan menggenggam untuk memaksimalkan pukulan bisa tepat sasaran. Pastikan jangan sampai Anda keliru dengan teknik dasar servis voli ini dengan teknik dasar lainnya.

Overhand Round-house service

Teknik ini juga sering disebut sebagai Hock service. Secara umum teknik ini memang cukup sulit untuk bisa dilakukan. Anda harus bisa lebih cermat dan tepat untuk memukul bola sehingga bisa melewati net. Selain itu, bola juga harus berputar agar tidak menjadi floating serve. Dalam hal ini perlu penguasaan teknik yang cukup baik. Untuk bisa melakukan teknik dasar servis voli ini mulai dengan menggenggam bola di depan badan dengan tangan kiri. Setelah itu, lempar bola ke arah atas lanjutkan dengan memberikan simpangan terjauh bagi tangan kanan.

Lekukan kaki kiri sedikit untuk mulai melakukan servis. Pukul bola dengan mengayunkan tangan secara melingkar dari tangan kanan pada posisi yang tepat. Gunakan kaki kiri sebagai tumpuan berat badan Anda sehingga meminimalisir cedera setelah melakukan proses servis atau memukul bola ini. Untuk bisa melakukan servis yang satu ini Anda perlu mempelajarinya dalam beberapa kali kesempatan. Teknik ini membutuhkan waktu untuk bisa menguasainya sehingga dapat dilakukan dengan baik saat pertandingan.

Jumping Service

Sesuai dengan artinya teknik dasar servis voli ini mengharuskan Anda untuk melompat atau jumping dalam melakukan teknik ini. Dengan melakukan jumping service ini hasil pukulannya bisa lebih keras. Selain itu pantulan bola akan sulit langsung dihadang atau diterima oleh tim lawan. Untuk memulai teknik dasar servis voli berdirilah di daerah servis atau di belakang garis lapangan. Pegang bola menggunakan kedua tangan dan kemudian lambungkan hingga tingginya mencapai 3 meter di depan badan.

Ambil awalan untuk melompat dan buatlah lompatan yang cukup tinggi sambil memukul bola dengan keras hingga menghujam dengan cara melanjutkan pergelangan tangan secepatnya. Pastikan pukulan tersebut menghasilkan pukulan topspin semacam gerakan smash. Pastikan bola yang Anda pukul bisa menyeberang lewat diatas net namun tidak keluar dari lapangan lawan. Sebab pukulan yang cukup keras ini jangan sampai justru menambah poin bagi lawan dan memperkecil peluang kemenangan bagi tim Anda.

Jika kalian mencari Rekomendasi Mobil Murah Terbaik kalian bisa mengunjung artikel ini https://51ststatetavern.com/rekomendasi-mobil-murah-terbaik/ .

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknik dasar servis voli yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi seorang atlet atau pemain bola voli. Dengan menggunakan teknik yang tepat setiap pukulan yang dilakukan bisa mengenai sasaran dan menambah poin bagi tim Anda. Pelajari dengan baik dan pastikan Anda tidak tertukar antar tekniknya satu sama lain.

Related posts
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…
EsportHome

Cara Bermain Mobile Legends PC Lebih Seru dan Mudah

5 Mins read
Mobile Legends Bang Bang adalah game mobile paling ternama saat ini, tapi pernahkah Anda bermain mobile legends PC? Selain menggunakan handphone, memainkan…
BasketHome

Tim Terbaik NBA Gagal Juara, Berikut Faktanya

4 Mins read
Tim terbaik NBA gagal Juara cukup menarik untuk diulas. Ada beberapa tim terbaik dengan materi pemain berkualitas pada ajang NBA ternyata tidak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *