Formula1BalapMotoGP

Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

4 Mins read

Mengenal lebih dalam mengenai 2 legenda pertandingan pada trek balap yaitu kepopuleran F1 dan MotoGP dalam ajang balap kelas dunia. Berbagai macam negara sudah mengikuti pertandingan di dua even tersebut dan memberikan hal terbaik untuk bisa mendapatkan kemenangan di saat laga berlangsung.

Para pemain terbaik pada kedua laga tersebut yaitu ada Lewis Kamilton juga Valentino Rossi yang masing – masing mewakili dari ajang F1 dan MotoGP. Kedua laga sangat populer untuk disaksikan tersebut sudah menjadi sebuah even populer juga dinantikan oleh banyak penggemar saat diadakan pada setiap musimnya.

Baca Juga : 10 Pemain Basket Legendaris Dunia Sepanjang Masa

Hamilton merupakan pemain di pertandingan F1 yang sudah mengantongi sebanyak 6 buah trofi kemenangan hingga kini. Sedangkan untuk Rossi ia sudah mendapatkan sebanyak 7 kemenangan di dalam berlomba menjadi yang tercepat pada arena balap di setiap pertandingan dimainkannya tersebut.

Mengenai kepopuleran F1 dan MotoGP sudah tidak perlu diragukan lagi, kedua ajang pertandingan tersebut selalu menjadi hal dinantikan oleh banyak penggemar. Ini juga merupakan kasta tertinggi untuk balapan di seluruh dunia. Dalam F1 untuk laga menggunakan mesin motor roda 4 sedangkan MotoGP roda dua.

Kepopuleran dari kedua ajang pertandingan menjadi yang tercepat selalu memberikan dampak menarik dengan banyak penonton merasa penasaran pada setiap dilangsungkannya pertandingan. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menyukai juga tertarik untuk menonton pertandingan baik secara langsung maupun melalui video.

Hingga saat ini masih belum terdapat data pasti manakah pertandingan lebih populer di antara keduannya. Dengan sama – sama mengusung tema berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam melewati semua spot di pertandingan balap motor atau mobil tersebut, maka kedua ajang laga ini menjadi sangat populer.

Berikut adalah Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

Kepopuleran F1 dan MotoGP di Media Sosial

kepopuleran F1 dan MotoGP

Jika dilihat dari kepopuleran setiap even ini, juga bisa dilihat melalui pengikut pada akun media sosial mereka. Namun ini juga merupakan hal yang tidak pasti, karena berbeda platform berbeda juga keunggulan pengikut dari ajang pertandingan baik F1 maupun MotoGP sebagai ajang laga tingkat dunia tersebut.

Contohnya saja untuk platform Facebook, MotoGP mendapatkan keunggulan pengikut dibandingkan dengan F1. Hal ini terlihat dari akun Facebook resmi MotoGP memiliki sebanyak 13,6 pengguna yang sudah menyukai akun tersebut sedangkan F1 hanya memiliki sebanyak 8,5 juta penyuka saja.

Namun ini belum bisa membuktikan kepopuleran F1 dan MotoGP, karena untuk platform lainnya seperti Instagram. Kedua akun ini sama – sama memiliki follower dengan jumlah berimbang. Baik untuk Formula satu ataupun moto GP sendiri memiliki jumlah followers sebanyak 8,5 juta hingga kini sebagai pertimbangan kepopuleran.

Selanjutnya untuk media Twitter F1 memiliki lebih banyak pengikut dengan sudah memiliki sebanyak 4,2 juta. Sedangkan Moto GP masih tertinggal dengan hanya memiliki sebanyak 2,6 juta pengikut saja. Formula satu ternyata lebih populer di dalam akun media sosial berupa Twitter tersebut dan banyak dibicarakan netizen.

Selanjutnya untuk pemain kelas dunia pada ajang pertandingan di kedua even juga bisa dilihat dengan baik. Pada Instagram Hamilton sudah memiliki followers hingga sebanyak 13,8 juta. Sedangkan Rossi maupun Marc Marquez hanya memiliki 7,9 dan 4,7 juta pengikut untuk platform Instagram tersebut.

Dalam Twitter Hamilton juga memiliki pengikut lebih banyak yaitu 5,6 juga sedangkan Rosi 5,5 juta. Untuk media Facebook barulah Rosi mendapatkan keunggulan dengan memiliki pengikut sebanyak 13 juta sedangkan Hamilton hanya mendapatkan sebanyak 4,2 juta followers saja.

Melihat Jumlah Penonton Tertarik Dalam Pertandingan

kepopuleran F1 dan MotoGP

Jika kepopuleran F1 dan MotoGP dilihat dari jumlah penonton yang biasanya tercatat ikut di dalam pertandingan pada sirkuit, maka bisa dilihat dengan jelas untuk pertandingan formula satu ada 4.093.350 orang yang datang langsung pada arena penonton di sirkuit pertandingan formula satu tersebut diadakan.

Mulai dari laga pada sirkuit Inggris memiliki jumlah total penonton sebanyak 340.000 orang pada satu kali laga berlangsung. Selanjutnya ada juga penonton terbanyak selanjutnya di Meksiko dengan antusiasme terhadap laga formula satu tersebut sudah ada sebanyak 334.946 orang datang langsung ke sirkuit pertandingan.

Untuk ajang pertandingan formula satu di Australia juga memiliki penonton cukup banyak yaitu 295.000 orang. Selanjutnya di Amerika Serikat sebagai salah satu benua besar juga penonton yang tertarik untuk melihat aksi F1 ada kisaran 263.160 orang. Terakhir saat pertandingan di Singapura dihadiri oleh 263.000 penonton.

Sedangkan pada perbedaan kepopuleran F1 dan MotoGP, untuk Moto GP memiliki penonton terbanyak yaitu 2.884.242 orang. Penonton terbanyak hadir saat pertandingan di Thailand yaitu 222.535 orang. Terbanyak kedua hadir di Austria dengan jumlah 206.746 bisa melihat pertandingan secara langsung.

Selain itu, di Jerman juga ada banyak peminat dari ajang balap motor roda dua dengan orang – orang, menyaksikan Moto GP sebanyak 193.355 orang. Terakhir sirkuit di Ceko adalah tempat juga banyak disukai oleh masyarakat di seluruh dunia untuk menyaksikan laga balap dengan jumlah penonton 187.348.

Ini Gaji Pembalap di Kepopuleran F1 dan Moto GP

kepopuleran F1 dan MotoGP

Menjadi seorang atlet untuk bisa bermain pada sebuah ajang pertandingan kelas internasional. Tentu saja bayaran atau gaji didapatkan merupakan sebuah bonus tersendiri. Diketahui jika juara formula satu yaitu Hamilton sudah mendapatkan sebanyak 6 buah trofi mendapatkan gaji kisaran Rp 719 miliar dalam pertandingan setiap musimnya.

Ini merupakan salah satu gaji terbanyak dan cukup fantastis. Kemudian untuk pembalap Moto GP juga mendapatkan gaji cukup fantastis seperti Marquez. Ia mendapatkan sebanyak kisaran Rp 209 miliar jika bertanding satu musim saja pada arena balap Moto GP tersebut dan tercatat sudah 6 kali menerimanya

Melihat dari tingginya gaji para pembalap tersebut maka tidak perlu diragukan lagi kepopuleran F1 dan MotoGP, sudah sangat mendunia. Selain pembalap tadi, ada juga atlet dengan gaji cukup menjanjikan di Moto GP yaitu Rossi. Meskipun prestasinya telah mulai menurun dari waktu ke waktu namun ia tetap mendapat gaji besar.

Untuk pertandingan 1 musim didapatkan gaji hingga 10 juta dolar AS, atau jika dirupiahkan berada pada kisaran Rp 139,9 miliar. Ini juga merupakan salah satu gaji terbanyak bisa didapatkan oleh para pemain di arena balap. Tentu saja, gaji tinggi tersebut sebanding dengan risiko bisa terjadi.

Banyak Atlet Mendapatkan Gaji Tinggi Sebagai Pembalap

kepopuleran F1 dan MotoGP

Untuk melihat atlet dengan gaji tertinggi pada pertandingan ada nama dimenangkan oleh pemain F1 dan juga dimenangkan oleh pemain formula satu tersebut. Hamilton menempati posisi ke 13 sebagai pembalap dengan gaji terbanyak dan masuk ke dalam 100 atlet dengan gaji tertinggi.

Selain itu, rekan pembalap di F1 juga yaitu Sebastian Vettel juga mendapatkan posisi 30 sebagai atlet dengan bayaran terbanyak menurut Forbes. Meskipun begitu sayangnya dari pembalap di Moto Gp tidak ada salah satu yang masuk di dalam daftar 100 atlet dengan bayaran tertinggi tersebut.

Baca Juga : Rangking Terbaru BWF Indonesia Setelah Insiden All England

Masih belum ada atlet Moto Gp yang bisa mendapatkan bayaran lebih tinggi dibandingkan dengan Rp 200 miliar untuk laga setiap musimnya. Namun meskipun begitu kepopuleran F1 dan MotoGP tetap menjadi sebuah hal tidak bisa diremehkan begitu saja, kedua laga balap ini merupakan favorit banyak orang.

Related posts
MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read
Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…
MotoGP

Daftar Sirkuit MotoGP Terbaik untuk Kelas Internasional!

4 Mins read
Mengetahui mengenai daftar sirkuit MotoGP terbaik, menambah wawasan Anda dalam mengetahui berbagai macam hal menarik. Selain itu, jika sudah mengetahui mengenai berbagai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *