Formula1Balap

8 Kecelakaan Formula 1 yang Berujung Maut

4 Mins read

Kecelakaan Formula 1 tidak jarang terjadi, karena berhubungan dengan balapan yang berkecepatan tinggi. Formula 1 pertama kali digelar pada tahun ‘50, di sirkuit Silverstone, Inggris. Kompetisi balapan mobil itu berhasil dimenangkan pertama kali oleh pembalap asal italia bernama Alfa Romeo.

Baca Juga : Liga Eropa 2021 Pertandingan AC Milan vs Manchester United

Tidak sedikit kecelakaan yang berujung maut menimpa para pembalap, saat bertanding di kompetisi ini. Keselamatan saat mengendarai kendaraan tersebut sudah tidak terpikirkan, karena tekad untuk menang lebih tinggi. Meskipun semua kendaraan sudah dilengkapi dengan pengaman khusus, tetapi tidak menjamin bahwa kecelakaan tidak terjadi.

Kecelakaan formula 1 merupakan yang paling banyak terjadi, bahkan hampir di setiap pertandingan. Setiap pekerjaan pastinya memiliki risiko yang harus ditanggung oleh pekerja tersebut, salah satunya adalah pembalap yang berisiko tinggi terjadinya kematian.

Seringnya kecelakaan yang dialami oleh para pembalap, ada yang berhasil menghindarinya, dan ada juga yang gagal dan berakhir dengan kematian.

Berikut ini kami akan membahas mengenai Kecelakaan formula 1 yang berakhir dengan kematian paling tragis.

Jules Bianchi

Kecelakaan Formula 1

Pembalap F1 ini harus meregang nyawa dalam sirkuit Formula 1 pada tahun 2015 di Jepang, karena insiden kecelakaan yang menimpanya. Penyebab insiden tersebut adalah ia menabrak mobil Derek yang sedang mengangkut sebuah mobil balap. Dengan kecepatan tinggi sekitar 213 Km/Jam, mobilnya langsung hancur menghantam mobil Derek tersebut.

Belum diketahui pasti mengapa Jules Bianchi bisa menabrak mobil Derek, apakah karena rem blong atau kehilangan kendali. Setelah insiden itu, ia dilarikan ke rumah sakit di Perancis dalam keadaan koma karena terjadi benturan di kepala. Namun, setelah ditangani oleh dokter nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Riccardo Paletti

Kecelakaan Formula 1

Kecelakaan Formula 1 yang terjadi pada Ricardo Paletti, disebabkan karena ia tidak melihat tanda sinyal yang diberikan oleh Didier Poni saat mobilnya mengalami kecelakaan di sirkuit. Alhasil, Paletti menghantam dengan keras mobil Poni dan mengalami cedera di bagian dada karena sempat terhimpit di dalam mobil.

Dengan kecepatan 180 Km/Jam, ia menabrak mobil Poni dan langsung dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter. Balapan yang terjadi di Kanada pada tahun ’82 itu, membuat Paletti tidak terselamatkan nyawanya karena terlambat untuk ditangani tim medis.

Gilles Villeneuve

Kecelakaan Formula 1

Kecelakaan formula 1 ini meninggalkan sedih yang mendalam, karena Gilles Villeneuve menjadi salah satu dari sekian banyak pembalap yang meninggal di sirkuit Belgia pada tahun ’82. Ia meregang nyawa saat kualifikasi akhir, karena melaju dengan cepat di balapan tersebut dan menabrak mobil Jochen Mass. Alhasil, mobil tersebut hampir terbang dan menghantam ke tanah.

Kecelakaan yang cukup tragis ini, membuat cedera pada leher Villeneuve cukup parah hingga patah karena helm yang digunakannya sudah tidak terpasang. Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit, dan masih bisa tertolong oleh alat bantu yang menempel di seluruh tubuhnya. Istri Gilles mencari dokter spesialis hingga ke seluruh negara tetapi, sang suami tidak bisa bertahan lebih lama.

Mark Donohue

Kecelakaan Formula 1

Pembalap yang terkenal memiliki segudang prestasi ini juga harus meregang nyawa di sirkuit balapan. Balapan yang diadakan di Austria pada tahun ’75 ini, membuat Donohue harus kehilangan nyawa karena kecelakaan hebat yang dikarenakan oleh kesalahan pada ban mobilnya yang membuat mobilnya menghantam keras papan reklame.

Kecelakaan tersebut membuat Donohue mengalami pendarahan hebat, hingga dilarikan ke rumah sakit tetapi tidak bisa diselamatkan. Kecelakaan Formula 1 yang menimpanya meninggalkan luka mendalam bagi keluarga serta penggemarnya, sebab sudah banyak kemenangan yang diraih olehnya semasa hidup.

Ayrton Senna

Kecelakaan Formula 1

Meninggalnya Ayrton Senna menjadi insiden yang tidak terlupakan bagi sejarah Formula 1. Kecelakaan ini bermula karena Senna kehilangan kendali atas mobilnya, yang saat itu melaju tinggi di sirkuit San Marino pada thun’94. Kecelakaan ini membuat tubuh Senna mengalami cidera fatal di beberapa bagian tubuh.

Pendarahan yang parah terjadi di bagian kepala, dan ia kehilangan banyak darah yang memperparah keadaannya. Pada tulang kepalanya juga terjadi kerusakan, hingga ia meninggal dunia. Kecelakaan yang terjadi pada Senna, menjadi yang kedua kali pada acara balapan tersebut.

Tom Pryce

Kecelakaan Formula 1

Kecelakaan Formula 1 selanjutnya, membuat Tom Pryce juga harus meregang nyawa di sirkuit Afrika Selatan pada tahun ’77. Kecelakaan ini terbilang parah, karena pada saat itu ada mobil yang mesinnya terbakar sehingga harus dipinggirkan ke samping sirkuit. Pada saat marshall membawa tabung untuk memadamkan api, ternyata masrhsall tersebut tertabrak oleh Pryce.

Karena pembalap yang melintas tidak bisa melihat marshall tersebut, karena berada di tikungan. Alhasil masrhsall tersebut terlempar ke udara karena terhantam oleh mobil Pryce yang berjalan dengan kecepatan tinggi, dan Pryce juga kehilangan kendali karena kepalanya terbentur oleh tabung pemadam yang dibawa marshall tersebut.

Mobil Pryce tidak bisa berhenti, hingga menabrak mobil pembalap lain dan baru berhenti setelah menghantam dinding pembatas. Kejadian ini sangat parah, karena disaat Pryce hilang kendali selang tabung pemadam juga melilit lehernya sehingga ia tidak bisa bergerak. Kejadian tersebut langsung menghilangkan nyawa Tom Pryce saat itu juga.

Ronnie Petterson

Kecelakaan Formula 1

Kecelakaan Formula 1 yang terjadi oleh Ronnie Petterson karena mobil balapnya tidak sengaja tertabrak oleh James Hunt, lalu mobil Petterson menabrak dinding pembatas dan terbakar. Kecelakaan tersebut membuatnya mengalami patah tulang di bagian kaki, dan cidera di bagian tubuh lainnya yang membuat ia meninggal.

Insiden Kecelakaan Formula 1 tragis yang terjadi di sirkuit Monza pada tahun ’78 ini, meninggalkan luka mendalam bagi para penggemarnya termasuk personil The Bestles hingga membuat lagu untuk mengenang pembalap yang rendah hati tersebut.

Roland Ratzenberger

Kecelakaan Formula 1

Kecelakaan ini terjadi di sirkuit Imola, San Marino. Roland Ratzenberger meninggal pada tahun ’94 setelah terjadi insiden kecelakaan ia menabrak dinding pembatas. Kecelakaan ini bermula dengan sinyal yang tidak diterima oleh timnya, lalu sayap mobil bagian depannya rusak sehingga harusnya ia membawa mobilnya ke pit stop.

Tetapi karena tekad kuatnya untuk berada di grid terdepan, mengalahkan pembalap lain. Ia tidak membawa mobilnya ke pit stop, tetapi memaksakan balapan terus berlanjut dengan keadaan mobil yang sudah tidak sehat. Ia melaju dengan kecepatan tinggi, lalu sayap mobil bagian depannya pun patah dan masuk ke bagian bawah mobil Simtek s941.

Kecelakaan Formula 1 yang terjadi ini, membuat ia kehilangan nyawanya karena terjadi kerusakan pada tulang bagian kepalanya. Ia meninggal di usianya yang masih terbilang muda yaitu 33 tahun, dan karier sebagai pembalap Formula 1 nya harus berakhir dalam sesi kualifikasi final.

Kecelakaan di sirkuit formula 1 yang telah dialami oleh pembalap-pembalap tadi memang cukup tragis dan meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi orang yang ditinggalkannya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil, seperti keselamatan diri lebih penting dibandingkan dengan kemenangan yang belum tentu terjadi.

Baca Juga : Liga Inggris Tahun Ini Review Pertandingan Fulham VS Leeds

Masih banyak sebenarnya pembalap yang meninggal dunia saat bertanding di event Formula 1. Kejadian ini sudah terjadi sejak dahulu saat Formula 1 dimulai, meskipun peralatan canggih yang mereka gunakan, dan keselamatan ekstra yang diterapkan tidak menjamin bahwa kecelakaan Formula 1 tidak terjadi.

Related posts
MotoGPBalap

Beberapa Sirkuit MotoGP Tersulit untuk Para Rider

4 Mins read
Terdapat beberapa sirkuit MotoGP tersulit bagi rider professional sekalipun, sulit dalam arti bukan tidak bisa ditaklukan, tetapi lebih perlu usaha dan konsentrasi…
MotoGPBalap

Marc Marquez Tidak Ikut MotoGP, Timbulkan Kekecewaan

4 Mins read
Salah satu pembalap dari Suzuki Ecastar yaitu Mir merasakan kekecewaan saat mengetahui jika Marc Marquez tidak ikut MotoGP dalam ajang musim 2021…
Formula1BalapMotoGP

Perbandingan Kepopuleran F1 dan MotoGP dalam Lomba

4 Mins read
Mengenal lebih dalam mengenai 2 legenda pertandingan pada trek balap yaitu kepopuleran F1 dan MotoGP dalam ajang balap kelas dunia. Berbagai macam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *