Esport

Penasaran Jenis Game Esport Paling Sering Dilombakan? Ini Daftarnya!

4 Mins read

Siapa sangka bila ternyata ada banyak jenis game Esport yang sering digunakan untuk ajang perlombaan bertaraf internasional. Jadi jangan heran bila beberapa tim biasanya lebih memilih untuk fokus pada jenis permainan tertentu supaya lebih ahli dan menguasai permainannya dengan baik.

eSport sendiri termasuk salah satu olahraga elektronik yang sedang naik daun dan hits bagi semua kalangan milenial. Bahkan jumlah fan basenya juga banyak seperti olahraga pada umumnya. Hal tersebut terbukti pada ajang perlombaan final DOTA 2 pada waktu lalu ada 20 juta orang ikut melihatnya.

Baca Juga : Inilah Daftar Kejuaraan Tenis dan Sistem Pertandingannya

Selain itu jumlah hadiah yang ditawarkan juga sangat besar. Salah satunya ada yang menawarkan hadiah senilai 2,8 juta USD pada turnamen DOTA 2. Karena sambutan hangat dari berbagai pihak, tidak heran bila eSport juga mempunyai sponsor, penonton, atlet, serta jenis game yang banyak.

Bahkan sebelum game online booming, ternyata eSport sudah ada lebih dulu saat masih memakai console. Itulah sebabnya sejak ada internet, ajang perlombaan tersebut semakin meriah dan banyak komunitasnya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis game Esport yang sering dilombakan pada sebuah turnamen, antara lain:

Bermain Partai dengan Multiplayer Online Battle Arena

jenis game Esport

Jenis permainan yang lebih akrab dengan sebutan MOBA ini memang sedang hits di berbagai kalangan. Itu karena sistemnya yang bisa dimainkan secara multiplayer sehingga membuat banyak gamer menyukainya, khususnya bagi anak muda. Terlebih saat ini ada banyak game mobile berbentuk MOBA.

Hal tersebut membuat banyak gamer bisa memainkannya langsung dari HP smartphone mereka masing-masing tanpa harus memakai PC. Itulah sebabnya tidak heran bila sejak peluncurannya, game tersebut langsung disambut hangat berbagai pihak. Salah satu kelebihan permainan ini adalah melibatkan banyak orang.

Setiap orang mempunyai tugas khusus dalam mengontrol tokoh gamenya supaya bisa mengalahkan tim lain. Biasanya dalam setiap tim permainannya diisi dengan 5 tokoh sekaligus. Jadi permainan tersebut benar-benar seru karena melibatkan banyak orang dalam setiap sesinya.

Karena keseruannya itulah tidak heran bila MOBA seringkali disebut sebagai salah satu jenis game Esport paling populer dan sering diturnamenkan. Bahkan jenis permainan ini kerap memecah rekor dari segi hadiah dan jumlah penontonnya. Itu karena gamenya sangat seru dan pilihannya banyak.

First Person Shooter, Game Tembak yang Mengasyikkan

Untuk yang suka permainan action dan aksi menembak, maka jenis permainan ini mungkin cocok sekali untuk Anda! Game yang mengajarkan para gamernya untuk melakukan simulasi aksi menembak dalam sebuah perang tersebut sangat booming saat ini.

Itu karena dalam praktiknya para pemainnya nanti akan berperan sebagai sudut pandang tokohnya langsung. Jadi gamer hanya melihat ada kepala player dan moncong senjatanya saja. Sehingga mereka merasa seperti sedang berada dalam permainannya tersebut secara langsung.

Sebelum dimainkan memakai koneksi internet, dulunya jenis game Esport ini memakai mesin arcade, PC, dan console. Jadi yang akan menjadi musuhnya adalah komputer, bukan pemain lain. Namun berkat kecanggihan teknologi, sekarang ini jenis game tersebut bisa dimainkan langsung bersama banyak orang sekaligus berbentuk tim.

Selain itu, semua player juga bisa langsung memainkannya dari HP smartphone bersama rekan satu timnya. Namun tentu saja untuk saat ini permainannya dimainkan menggunakan internet. Jadi lebih asyik dan benar-benar real sekali permainannya. Karena musuhnya adalah manusia, bukan komputer lagi.

Bangun Clans dengan Real Time Strategy

jenis game Esport

Jenis game Esport yang satu ini bisa dimenangkan bila player memperhatikan strategi bermain dengan baik. Karena sesuai dengan namanya, permainan tersebut mengandalkan strategi. Jadi proses pertarungannya tidak langsung. Masing-masing player harus mempersiapkan kekuatannya bila ingin menang.

Disinilah setiap player akan diberikan map besar untuk melihat batas wilayah serta musuhnya. Karena harus menggunakan strategi yang matang, sehingga masing-masing player wajib membangun wilayahnya sendiri supaya lebih kuat dan matang saat menghadapi musuh yang datang.

Beberapa sumber daya yang perlu disiapkan disini adalah pasukan, bahan-bahan bangunan, dll. Jadi setiap player bisa menyerang musuh kapan saja saat sudah siap, namun mereka juga dapat diserang begitu saja. Untuk menentukan kemenangannya tergantung dari kekuatan pasukannya.

Jika dulunya permainan dimainkan dengan PC sehingga harus memakai keyboard dan mouse, maka sekarang sudah tidak lagi. Semua orang bisa langsung berlatih dari HP smartphone sendiri secara mobile. Sehingga ketika sudah siap, mereka bisa mencoba mengikuti perlombaan jenis game Esport tersebut.

Jenis Game eSport Olahraga Individu dan Kelompok

jenis game Esport

Jenis permainan yang sering dilombakan ini bisa dilakukan secara kelompok dan individu. Jadi ada banyak pilihan sports game yang bisa dicoba oleh para pemain. Beberapa contoh simulasi olahraga yang sering dilombakan adalah sepak bola, tenis, basket, memancing, dll.

Seperti halnya berolahraga di dunia nyata, jenis permainan eSport ini juga disukai banyak orang. Bahkan banyak player sudah bisa mencoba permainannya menggunakan berbagai macam media. Misalnya saja seperti console, komputer, mesin arcade, laptop, dan smartphone.

Beberapa contoh jenis game Esport olahraga yang sering dilombakan adalah Electronic Sport, World Cyber Game, Rocket League, Madden NFL, NBA 2K, FIFA, dan masih banyak games lainnya. Jadi jangan heran bila dalam turnamen eSport ini pilihannya ada banyak.

Jenis Game eSport Racing Berbagai Medan

jenis game Esport

Meski olahraga racing ini termasuk permainan sport, namun sekarang ini jenis permainan ini telah berdiri sendiri. Game simulasi balap ini cukup menarik dan sering dilombakan karena banyak pilihannya. Masing-masing pemain bisa memilih simulasi balap berbentuk air, darat, dan udara.

Umumnya dalam permainan ini nanti setiap player hanya melihat kemudi yang dipegang tokoh gamenya. Jadi dilihat dari mana saja, tampilan mukanya sama seperti game FPS pada umumnya. Karena setiap orang seperti sedang terlibat secara langsung di dalamnya.

Hanya saja khusus untuk permainan ini memakai controller yang bentuknya seperti kemudi saat memainkannya. Namun ada juga yang menggunakan joystick sebagai kemudinya. Karena keseruannya itu membuat jenis game Esport ini cukup populer dan sering dilombakan di beberapa momen tertentu.

Fighting Game, Permainan Penuh Aksi

jenis game Esport

Jenis permainan eSport ini sudah cukup populer di tahun 90-an. Bahkan permainan ini dulunya sering dilombakan di ajang eSport ini lewat mesin arcade. Jadi sebelum ada internet, cara bermainnya menggunakan analog khusus. Masing-masing player harus memakai analog untuk memunculkan skillnya.

Salah satu kejuaraan jenis permainan ini yang pertama di tahun 99 adalah Evolution Championship Series. Saat itu turnamen ini berhasil menarik perhatian semua pemain dari seluruh dunia. Selain menarik, ada banyak pilihan game yang bisa dicoba.

Beberapa contoh game yang sering dilombakan berbentuk fighting adalah Mortal Combat, Street Fighter, Tekken, King of Fighter, dan masih banyak lainnya. Selain menggunakan mesin arcade, sekarang ini jenis permainan ini sudah bisa dimainkan memakai smartphone, laptop, PC, dan PS.

Baca Juga : Kekalahan Indonesia Patriots untuk Pertama Kali di IBL 2021

Itu tadi adalah macam-macam permainan eSport yang paling sering meramaikan ajang turnamen dunia. Olahraga ini sangat terkenal karena sifatnya kompetitif seperti catur. Itulah sebabnya butuh latihan dan strategi khusus supaya bisa memenangkan salah satu jenis game Esport yang sering dilombakan tersebut.

Related posts
Esport

Cara Bermain FIFA Online 4 Termudah Lewat PC atau Laptop!

5 Mins read
Meskipun sekarang sudah banyak game beredar, namun banyak orang belum paham cara bermain fifa online 4. Mengingat dunia sepak bola semakin digemari…
Esport

Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

5 Mins read
Untuk dapat menggunakan cheat Mobile Legends di HP android, maka para pemain harus mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Sebab, cheat tersebut tidak…
Esport

Belajar Cheat Mobile Legends, 100% Berhasil dan Anti Banned

5 Mins read
Adanya cheat Mobile Legends ini memang cukup membantu para pemain, khususnya bagi pemula agar tidak mendapatkan predikat sebagai player noob. Player noob…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *