Esport

Berkembang, Inilah 4 Tim Esports Berprestasi Asal Indonesia

4 Mins read

Perkembangan tim esports berprestasi Indonesia mendapat respon positif dari masyarakat. Industri ini masih terus mengembangkan sayapnya. Potensi tim esports tanah air memiliki harapan besar. Banyak dari mereka memulai perjuangannya yang benar-benar dari nol dengan mengikuti turnamen antar kota, hingga membuktikan diri di kancah internasional.

Esports menjadi salah satu olahraga yang bersifat elektronik, berupa kompetisi permainan olahraga secara daring (online). Sebagian orang mungkin masih belum pernah mendengar bahwa ada olahraga yang dilakukan melalui game komputer. Namun ada yang membedakan dengan gaming biasa, yaitu dapat dijadikan sebagai profesi utama dalam pekerjaan.

Baca Juga : Main Tenis Meja Internasional Wajib Tahu Teknik Dasar Bermain !

Saat memiliki waktu luang, banyak orang suka bermain game. Namun sebaliknya, para pemain tim esports berprestasi justru tidak bermain game saat istirahat. Justru sebagian besar waktunya sudah digunakan hanya untuk meningkatkan skill bahkan menjadi tim kelas dunia. Jadi, esports sudah termasuk dalam ranah olahraga.

Berawal dari kemunculannya pada tahun 2012, esports di Indonesia semakin berkembang sejak 2013. Pada saat itu, tim yang ada merupakan kelompok kecil, dibentuk oleh komunitas sendiri. Fokus saat itu adalah ikut serta dalam turnamen dan mengembangkan skill. Saat ini jumlahnya semakin menjamur dan pengelolaannya resmi.

Sepanjang tahun 2020, begitu banyak turnamen tim esports berprestasi dari berbagai cabang yang dilaksanakan. Walau covid-19 belum mengalami penurunan, tidak memadamkan semangat para atlet untuk menorehkan prestasi. Perjuangan mereka tidak sia-sia, banyak klub esports asal Indonesia yang membawa gelar juara di berbagai ajang atau turnamen.

Berikut adalah Tim Esports Berprestasi Asal Indonesia :

Klub Esports Terbaik di Tanah Air

tim esports berprestasi

Pada kemenangan ini ada banyak nama yang tetap eksis dan santer di telinga masyarakat, juga ada nama-nama baru bermunculan. Hal ini menandakan tidak pernah redupnya semangat anak bangsa untuk membentuk komunitas dan membuat prestasi baru. Kemenangan menjadi pacuan semangat bagi tim agar terus mengembangkan sayapnya.

Perjalanan berbagai klub dinilai sangat mengalami kemajuan pesat hanya dalam waktu singkat. Raihan prestasi mereka tidak main-main, menandakan keseriusannya berkiprah di bidang ini. Reputasi mereka tentu membawa kebanggaan bagi negara kita. Berikut kami merangkum beberapa tim esports asal Indonesia. Mereka telah diakui kemampuannya oleh dunia.

Didirikan empat tahun lalu, klub pertama adalah EVOS, telah meraih berbagai prestasi mulai dalam negeri hingga luar negeri. Tim ini memiliki 5 divisi utama, EVOS menggunakan logo macan putih di seragam atlet mereka. Hingga kini EVOS masih aktif mengikuti berbagai turnamen dunia membawa nama Indonesia.

Beberapa divisi EVOS menjadi pemenang di berbagai ajang kelas dunia. Point Blank menjadi juara kedua di PBIWC tahun 2019. Roar meraih kemenangan pada kejuaraan Free Fire World Cup. Divisi andalan mereka yakni Mobile Legends juga tidak lagi menjadi juara kedua, melainkan juara pertama MPL musim 4.

Kedua, sepak terjang RRQ yang berkiprah di ranah kompetisi pada 2017 ini membuktikan bahwa mereka merupakan tim esports berprestasi terbaik hingga sekarang. Tim yang dibentuk oleh Andrian Paline dan Riki Kawano ini telah mengantongi berbagai pencapaian mengagumkan. Saat ini mereka adalah rival paling kuat EVOS.

RRQ Raja Esports 2 Tahun Terakhir

tim esports berprestasi

Di Asia Tenggara, RRQ berjaya. RRQ pernah menang dalam SEA Clash of Champions tahun 2019, dan pada tahun yang sama menjadi pemenang kedua M1 World Championship. PUBG RYU sukses menyabet posisi tiga PINC 2019. Di Indonesia, RRQ Endeavor adalah yang terkuat dalam ajang PBIC 2017-2019.

NXL lebih lama berkiprah di dunia esports, yakni sejak 2005. Mereka sudah membawa pulang banyak prestasi baik kancah nasional maupun internasional. NXL dikenal dengan kekuatan mereka di Counter Strike: Gloval Offensive. Mantan pemain mereka, Hansel, pernah memenangi kejuaraan manca negara sehingga tidak perlu diragukan lagi.

CEO NXL, Richard Pernama dulunya juga pemain profesional yang pernah menjadi wakil Indonesia di ASEAN Games tahun 2018. Tim esports berprestasi ini memiliki Hendry sebagai pemain andalan. Ia paling dikenal dalam Hearthstone, hingga memenangkan medali perak ASEAN Games tahun 2018 dan kejuaraan dunia lainnya.

Lalu terdapat tim yang baru terbentuk dan berusia dua tahun, ONIC sudah dikenal berbagai negara. Dikena dengan logo landak kuning, mereka masih dikatakan baru dalam dunia kompetisi Indonesia. Meski demikian, ONIC membuktikan kapasitasnya secara intens. Terbukti mereka belum pernah mengalami kekalahan sejak MPL musim ketiga.

Tim Esports Berprestasi ONIC Sampai BTR

tim esports berprestasi

Kemenangan besar ONIC berawal dari divisi Mobile Legends dimana paling digemari anak muda. Divisi ini memenangkan gelaran MSC pada 2019 lalu. Bukan hanya itu, divisi PUBG juga pernah mewakili Indonesia dalam SEA Championship dan SEA League meski belum dapat mengalahkan saingannya dari sesama Indonesia, Bigetron.

Tim esports berprestasi besutan Edwin Chia ini turut meramaikan kompetisi bergengsi seperti League of Legends hingga PUBG Mobile. Partisipasi ini tidak lepas dari peran sang pendiri yang juga mantan pemain profesional. Di tahun 2020 saja Bigetron memenangkan 5 trofi dalam beberapa turnamen di Indonesia.

Divisi Mobile Legend mereka semakin kuat dengan hadirnya Emperor dan Eiduart, pemain kelas wahid. Bigetron bahkan membuat tim seperti EVOS dan RRQ kesulitan pada turnamen MPL musim keempat. Bigetron berhasil menjadi tim PUBG Mobile paling kuat di dunia, berkat gelar juara pada turnamen Tencent.

Selanjutnya, Recca merupakan tim esports berprestasi, terutama di CS:GO. Recca sempat menduduki posisi ke 36 di turnamen internasional. Mereka memiliki pemain andalan, BnTeT yang sering mengikuti turnamen internasional. BnTeT sendiri pernah berpartner bersama Kevin “Xxcurate” hingga berhasil membawa kemenangan di ZEN League untuk Recca.

Keberadaan Alter Ego Tidak Kalah Mentereng

tim esports berprestasi

2020 adalah tahun cemerlang bagi Alter Ego Esports karena torehan prestasi terbanyak. Tahun ini, Udil dan rekan-rekannya berhasil meraih prestasi yang mengagumkan. Pada MPL musim 6, Alter Ego mampu menyulitkan tim sekelas RRQ. Walau belum mendapatkan juara, klub esports ini tidak menyerah membuktikan kemampuannya.

Baru-baru ini mereka berhasil mengalahkan klub yang mana lebih berusia lama daripada Alter Ego sendiri. Keberadaan mereka mampu mengalahkan tim seperti EVOS maupun RRQ, membuat kemenangan semakin mudah diraih. Bahkan tidak perlu diragukan lagi, rentetan catatan positif berhasil diraih dalam waktu setahun terakhir.

Belum usai, BOOM menjadi tim esports berprestasi, dikarenakan ini memiliki keunikan yang berbeda, mereka terkenal dengan game PC-nya yaitu Dota. BOOM pernah mengikuti kejuaraan Asia Tenggara dalam turnamen The International tahun 2019. Meskipun tidak menang, BOOM adalah wakil pertama Indonesia yang bertarung di ajang tersebut.

Mungkin 2019 adalah tahun gemilang bagi BOOM. Pada tahun tersebut BOOM terus membawa prestasi dengan memenangkan juara kedua pada Asia Pacific Predator League. Pada turnamen ESL Clash Nations, BOOM juga berhasil meraih posisi kedua, membuat catatan bagus pada tahun tersebut membawa nama baik Indonesia.

Baca Juga : Daftar Pasangan Duet Badminton Terbaik Sepanjang Sejarah

Dengan mengetahui berbagai klub tim esports berprestasi yang ada di Tanah Air membuat wawasan Anda bertambah khususnya dalam dunia gaming. Semua regu tersebut membuktikan bahwa Indonesia mempunyai kekuatan pada sektor game online. Bahkan tim esports berprestasi menjadi bukti kepada dunia bahwa Tanah Air mampu merajai industri ini.

Related posts
Esport

Cara Bermain FIFA Online 4 Termudah Lewat PC atau Laptop!

5 Mins read
Meskipun sekarang sudah banyak game beredar, namun banyak orang belum paham cara bermain fifa online 4. Mengingat dunia sepak bola semakin digemari…
Esport

Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

5 Mins read
Untuk dapat menggunakan cheat Mobile Legends di HP android, maka para pemain harus mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Sebab, cheat tersebut tidak…
Esport

Belajar Cheat Mobile Legends, 100% Berhasil dan Anti Banned

5 Mins read
Adanya cheat Mobile Legends ini memang cukup membantu para pemain, khususnya bagi pemula agar tidak mendapatkan predikat sebagai player noob. Player noob…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *