Esport

Game untuk Turnamen E-sport Paling Sering Dipertandingkan

4 Mins read

Saat ini game untuk turnamen e-sport semakin banyak jenisnya. Jika dulu hanya ada beberapa saja, kini dunia gaming terus berlomba-lomba menciptakan game dengan kualitas terbaik. Sehingga pantas untuk dimainkan dalam turnamen dunia e-sport.

Baca Juga : Teknik Permainan Tenis Mudah Dipelajari Dan Kalian Praktekan

E-sport sendiri baru beberapa tahun terakhir menjadi cabang olahraga yang mulai dipertandingkan baik secara nasional maupun internasional. Dengan adanya kebijakan ini, tentu menjadi angin segar bagi gamers di seluruh dunia.

Sebab, sebelumnya bermain game dianggap sebuah kegiatan yang sia-sia. Namun, pada masa kini justru bermain game bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Caranya, Anda harus mengikuti berbagai turnamen. Baik turnamen yang diadakan dalam event kecil atau event besar.

Jumlah hadiah yang ditawarnya mencapai miliaran rupiah. Memang tidak semua jenis game ini dipertandingkan dalam turnamen. Hanya jenis game tertentu yang sering dilombakan dalam berbagai turnamen di seluruh dunia.

Meski demikian, jumlah game yang dipertandingkan cukup banyak sehingga Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Tentu setiap gamers memiliki pilihan masing-masing.

Berikut ini adalah pilihan game untuk turnamen e-sport yang paling banyak diperlombakan.

Game Mobile Legends (MOBA)

game untuk turnamen e-sport

Mobile Legends merupakan salah satu game paling banyak diminati oleh gamers di seluruh dunia yang dikembangkan oleh Moonton. Game yang mengusung tema pertempuran dan diatur untuk lebih dari satu pemain ini menjanjikan permainan menantang dan memutar otak.

Sebab, game ini dirancang berdasarkan keinginan kebanyakan gamers dari game arena. Pada mulanya game ini dirancang hanya untuk smartphone, namun kini Anda bisa memainkannya melalui PC dengan mudah. Pada awal kemunculannya pada tahun 2016 Mobile Legends sudah disambut baik oleh para gamers.

Karena popularitasnya ini, MOBA sering dijadikan game untuk turnamen e-sport. Turnamen ini biasanya diselenggarakan oleh pihak Mobanya sendiri, pihak sponsor, atau bahkan turnamen resmi yang diselenggarakan negara. Misalnya saja pada pagelaran olahraga SEA Games 2019 di Filipina.

Arena of Valor (AOV)

game untuk turnamen e-sport

Tidak jauh berbeda dengan Mobile Legends, Arena of Valor juga mengusung tema game arena. Turnamen untuk memainkan game ini sudah sering sekali dilakukan baik turnamen nasional Indonesia maupun turnamen internasional.

Meski kehadirannya lebih baru jika dibandingkan dengan MOBA, namun ternyata sambutan dan antusiasme gamer di seluruh dunia sangat besar. AOV merupakan salah satu game yang selalu masuk ke dalam daftar permainan e-sport yang dipertandingkan.

Misalnya saja pada event Asian Games di Indonesia dan SEA Games di Filipina. Pada turnamen tingkat internasional, hadiah yang diperebutkan dalam dalah satu game e-sport ini totalnya mencapai 10 miliar. Tentu jumlah tersebut, bukan jumlah yang sedikit.

Battleground Player Unknown (PUBG)

game untuk turnamen e-sport

Battleground player unknown atau sering disebut dengan PUBG merupakan salah satu game untuk turnamen e-sport yang mengusung tema battle royale. Anda bisa leluasa memilih cara bermain dalam game ini. Sebab, Anda bisa bermain sendiri, duo, atau mengundang teman untuk membentuk tim. Limit pemainnya mencapai 100 orang.

Pengembang game ini sering sekali menyelenggarakan turnamen di seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri, turnamen PUBG sering diadakan di berbagai kota besar dengan total hadiah mencapai 1 miliar. Pada kejuaraan-kejuaraan top tim esport asal Indonesia selalu masuk ke dalam peringkat 10 besar.

Hal tersebut tentu menjadi bukti bahwa, Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang e-sport. Pada turnamen jenis game lainnya, Indonesia kerap menjadi juara dan mengharumkan nama bangsa.

Fortnite Besutan Epic Games

game untuk turnamen e-sport

Berbeda dengan game lainnya yang hanya dapat dibuka pada beberapa perangkat saja, Fortnite yang dikembangkan oleh Epic Games ini bisa dimainkan di banyak perangkat. Perangkat tersebut diantaranya adalah PS 4, Android, Nintendo Switch, Xbox One, Microsft Windows, dan juga iOS.

Game untuk turnamen e-sport ini memiliki pertandingannya sendiri secara eksklusif yang disebut dengan Piala Dunia Fortnite. Hadiah yang diperebutkan dalam piala dunia ini nilainya sangat fantastis yaitu mencapai 42 miliar.

Piala Duni Fortnite ini menjadi gebrakan besar setelah pihak pengembang menciptakan game dengan tema battle royale. Sebab, sebelumnya Epic Games menciptakan permainan berupa survival zombi.

Game Dota 2

game untuk turnamen e-sport

Dota 2 ialah game untuk turnamen e-sport MOBA hasil terbitan Valve Corporation. Dota 2 salah satu game online yang paling banyak pemainnya di Indonesia. Bahkan dalam tingkat profesional, Dota 2 sangat diperhitungkan menjadi permainan yang layak dijadikan e-sport.

Salah satu turnamen Dota 2 terbesar di dunia yang pernah diselenggarakan adalah Asia Pacific Predator League. Turnamen ini biasanya diadakan setiap tahun, tahap seleksinya cukup panjang dan dilakukan di berbagai negara. Penyelenggara event Dota 2 terbesar di seluruh dunia adalah Acer.

Counter-Strike : Global Offensive (CS:GO)

Game untuk turnamen e-sport ini memiliki tema tembak menembak dengan sudut pandang orang pertama dan dapat dimainkan bersama-sama. Pengembang game ini adalah path entertaiment dan valve corporation. Pada permainan CS : GO Indonesia memiliki pemain kebanggaan yaitu Hansel Ferdinand.

Hansel memiliki nickname BnTeT. Dia bermain untuk membela tim e-sport di berbagai belahan dunia seperti Tylo, NXL, dan Recca yang notabene merupakan tim dari negeri tirai bambu. Salah satu turnamen terbesar CS : GO adalah Inter Extreme Master yang menyediakan banyak hadiah.

Pro Evolution Soccer (PES)

game untuk turnamen e-sport

Berbeda dengan jenis game yang sudah disebutkan sebelumnya, Pro evolutin soccer merupakan game mengenai sepakbola yang dikembangkan oleh developer Konami di bawah pengawasan Shingo Seabass Takatsuka.

Permainan ini telah dirilis beberapa kali dengan dua judul berbeda yaitu world soccer dan winning eleven. Di jepang permainan ini dikenal dengan winning eleven yang memuat laga bola sekitarnya. Karena sepak bola sangat disukai oleh segala kalangan, popularitas game ini semakin tinggi.

Oleh sebab itu, PES layak menjadi game untuk turnamen e-sport. Salah satu turnamen Pro Evolution Soccer dalam negeri yang terbesar adalah di perhelatan akbar Asian Games. Total hadiahnya miliaran untuk para pemenang dan peraih medali. Selain event tertentu, ternyata di Jepang turnamen game ini selalu diadakan setiap tahunnya.

Point Blank (PB)

game untuk turnamen e-sport

Point Blank atau lebih dikenal dengan PB di Indonesia merupakan salah satu permainan yang begitu digandrungi anak muda. Sebab, game ini memberikan sensasi seru dan menegangkan dengan mengusung sudut pandang orang pertama atau Anda sendiri sebagai pemain.

Sehingga ketika bermain game ini, Anda akan terbawa ke dalam suasana game untuk turnamen e-sport ini. Pasalnya, Anda menjadi karakter yang sedang dimainkan dengan sudut pandang Anda sendiri. Tim e-sport Indonesia menjadi juara pertama dalam turnamen yang diselenggarakan pada tahun 2019.

Kemenangannya pada Point Blank World Challenge ini menjadi sesuatu yang sangat dibanggakan. Sebab, tidak semua negara berhasil lolos pada babak penyisihan. Sehingga, dengan pencapaian kemenangan gal tersebut sanga membangkan.

Game Clash Royal

game untuk turnamen e-sport

Game ini dikembangkan oleh Supercell yang telah menyelenggarakan turnamen di berbagai negara di dunia. Bahkan, game real time strategy ini menjadi salah satu cabang e-sport yang dipertandingkan di Asian Games 2019.

Baca Juga : Ulasan Pertandingan Real Sociedad Kalah Oleh Barcelona

Setiap tahunnya selalu ada turnamen resmi di seluruh negara. Hadiah kemenangannya cukup besar yaitu mencapai ratusan juta rupiah.

Dari sembilan game yang telah disebutkan tentu masih banyak yang lainnya juga. Namun, sembilan game untuk turnamen e-sport tersebut dianggap memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan dari berbagai aspek.

Related posts
Esport

Cara Bermain FIFA Online 4 Termudah Lewat PC atau Laptop!

5 Mins read
Meskipun sekarang sudah banyak game beredar, namun banyak orang belum paham cara bermain fifa online 4. Mengingat dunia sepak bola semakin digemari…
Esport

Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

5 Mins read
Untuk dapat menggunakan cheat Mobile Legends di HP android, maka para pemain harus mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Sebab, cheat tersebut tidak…
Esport

Belajar Cheat Mobile Legends, 100% Berhasil dan Anti Banned

5 Mins read
Adanya cheat Mobile Legends ini memang cukup membantu para pemain, khususnya bagi pemula agar tidak mendapatkan predikat sebagai player noob. Player noob…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *