Esport

5 Game Turnamen Esports yang Paling Sering Ditandingkan

4 Mins read

Ada beberapa nama game turnamen Esports terpopuler yang paling sering ditandingkan. Esports sendiri sekarang sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga elektronik yang dapat disetarakan dengan jenis olahraga lainnya. Meskipun masih banyak masyarakat yang awam terhadap olahraga ini.

Berawal dari banyaknya kompetisi-kompetisi telah diadakan secara mandiri oleh berbagai institusi atau organisasi. Kemudian dengan melihat tingginya antusias masyarakat terutama generasi muda terhadap game online menjadikan ramah ini sebagai salah satu cabang olahraga telah diakui secara internasional.

Baca Juga : Ranking Pemain Indonesia di Kejuaraan Dunia Badminton 2021!

Meskipun sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi baru booming setelah dikompetisikan pada SEA Games 2018 lalu. Bahkan di Indonesia sendiri ada beberapa tim esport yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Itu artinya, minat anak muda terhadap perlombaan di ranah gaming cukup tinggi.

Sejak saat itu, olahraga elektronik ini selalu dipertandingkan dalam berbagai kompetisi olahraga nasional maupun internasional. Sementara, ada beberapa nama game turnamen terpopuler yang paling sering dikompetisikan. Mulai dari game MOBA maupun FPS. Berikut ini beberapa jenis permainan paling sering ditandingkan dalam turnamen esport:

Mobile Legends – Game Turnamen Esports No. 1

game turnamen Esports

Mobile Legends Bang Bang menjadi nama game turnamen paling hitz dan banyak dimainkan di tanah air maupun dalam kompetisi internasional. Dibandingkan jenis games turnamen lainnya, Mobile Legends ini bisa dikatakan paling teratas yang bahkan di Google Play Store sudah diunduh lebih dari 100 juta pemain.

Sebuah permainan MOBA ini dikembangkan oleh Moonton sejak tahun 2016 memang menjadi pelopor popularitas esport di Indonesia. Hal itu lantaran Moonton menawarkan sebuah permainan cukup ringan tanpa harus mengurangi gameplay maupun kualitas visualnya. Inilah alasan cukup untuk membuat Mobile Legends dikenal secara luas di tanah air, bahkan bisa dimainkan pada ponsel “kentang” sekalipun.

Hingga saat ini, games dengan tema konsep 5 versus 5 tersebut sudah ditandingkan dalam berbagai kompetisi besar termasuk Seaca 2018 dan Piala Presiden 2019. Sementara yang paling populer adalah Mobile Legends Professionak League atau MPL yang selalu ditunggu setiap season-nya.

Menariknya, Mobile Legends tidak hanya menjadi game turnamen Esports yang diminati oleh kaum pria. Terbukti dari banyaknya tim-tim esport wanita yang sangat jago dan profesional dalam memainkan game ini. Ditambah lagi dengan usaha Moonton untuk terus memberikan yang terbaik termasuk update hero hero terbaru.

PUBG Mobile – Game Battle Royale Terpopuler

game turnamen Esports

Selain Mobile Legend Bang Bang, game turnamen lainnya yang paling populer yakni PUBG Mobile. Merupakan singkatan dari PlayerUnknown’s Battleground, PUBG menghadirkan permainan online pertama kali yang mengusung genre Battle Royale. Bahkan pada awalnya sudah dikembangkan PUBG versi PC.

Kemudian untuk menyasar pengguna lebih banyak, Tencent Games mengembangkan aplikasi permainan dalam versi smartphone yang lebih ramah pengguna. Karena PUBG PC membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang memadai. Sementara jika memainkannya di ponsel tentu lebih terjangkau dalam hal spesifikasi perangkat.

Game turnamen Esports PUBG Mobile ini tetap mempertahankan seperti versi permainan di komputer, hanya saja dengan kualitas grafis serta kontrol yang telah disesuaikan untuk pengguna smartphone. Beberapa turnamen e-sport yang mempertandingkan permainan ini di antaranya PMPL (PUBG Mobile Professional League) dan PMCO (PUBG Mobile Club Open).

Hampir 30% gamers profesional di Indonesia memainkan PUBG. Singkatnya dalam permainan ini, player berlomba-lomba untuk bertahan untuk menjadi yang terakhir di arena game. Mereka harus membunuh pemain dari tim lain dan berusaha agar tidak terbunuh.

Dalam satu gameplay akan dimainkan 100 pemain yang terbagi menjadi 25 tim. Mereka diturunkan dalam satu pesawat ke suatu arena pertempuran tanpa perbekalan apapun. Masing-masing pemain harus mencari berbagai senjata yang ditemuinya untuk bertahan dan membunuh pemain lain. Seru sekali yah?

Free Fire – Game Esports Piala Presiden

Free Fire juga menjadi dikategorikan sebagai jenis game turnamen Esports populer dimana mengusung konsep permainan mirip seperti PUBG. Game online ini dikembangkan oleh Garena dimana mempunyai keunikan tersendiri dan dari segi gameplay-nya juga lebih ringan dibandingkan PUBG Mobile. Selain itu, dalam game ini juga memiliki skill-skill tertentu yang membuatnya semakin seru untuk dimainkan.

Hampir 23% gamers profesional di tanah air memainkan Free Fire dan beberapa diantaranya telah mengikuti berbagai ajang perlombaan, salah satunya Piala Presiden tahun 2020 kemarin. Tidak hanya dimainkan oleh tim Esports pria saja, tapi juga dari tim Esports ladies dimana mampu menunjukkan kekuatannya dalam memainkan Free Fire.

Sekilas tentang sistem game turnamen Esports Free Fire, nantinya semua pemain akan diterjunkan dari sebuah pesawat. Mereka harus terjun bebas menggunakan parasut tanpa perbekalan senjata apapun. Saat jatuh di pulau terpencil, mereka harus mencari berbagai senjata maupun peralatan medis untuk bertempur melawan pemain lainnya.

Dilihat dari sistem gameplay tersebut memang permainan ini sama seperti PUBGM. Jenis-jenis senjata digunakan dalam kedua game itu juga tidak jauh beda. Hanya saja, Free Fire menawarkan kualitas grafis yang lebih ringan bahkan bisa dimainkan pada ponsel berspesifikasi biasa sekalipun menurut review para pemainnya.

FIFA – Game Esports Sepak Bola Terpopuler

game turnamen Esports

Dibandingkan PES, ternyata jumlah pemain konsol FIFA di Indonesia justru lebih banyak. FIFA menawarkan permainan sepak bola yang memang sudah dikenal sejak lama. FIFA juga dimasukkan ke dalam salah satu game turnamen Esports, bahkan dalam skala internasional.

Jumlah pemainnya sendiri mencapai 13% dari gamers profesional di Indonesia. Terlebih mengingat sebagian besar masyarakat kita menggemari jenis olahraga sepakbola. Melalui game FIFA, mereka dapat menyalurkan bakat dan keterampilan dalam mengendalikan bola secara virtual.

Sebagai permainan simulasi sepakbola, game turnamen Esports FIFA juga dipertandingkan dalam turnamen kecil hingga sekala besar. Menariknya lagi, tidak hanya dari kalangan gamers pria saja, tapi juga tim esports ladies juga ada memainkan games satu ini. Oh iya, FIFA berbeda dari permainan-permainan sebelumnya karena game ini dimainkan melalui PC.

Pengembang FIFA selalu memberikan update terbarunya dan paling terakhir versi FIFA 21 dimana telah dirilis sejak Oktober 2020 lalu. Keseruan dari permainan game turnamen esports satu ini memang terletak dari simulasi sepakbola terasa nyata.

Arena of Valor (AOV MOBA GAME)

game turnamen Esports

Satu lagi jenis permainan paling sering dipertandingkan dalam game turnamen Esports Indonesia maupun internasional, yakni Arena of Valor (AOV). Dari segi gameplay games ini mungkin mirip seperti Mobile Legends. Hanya saja, karakter hero ditawarkan dalam permainan Arena of Valor ini tentu saja berbeda dengan games buatan Moonton tersebut.

Sayangnya, akhir-akhir ini semakin jarang dikompetisikan di Indonesia karena kalah pamor dari Mobile Legends. Namun di beberapa negara lain AOV masih menjadi salah satu permainan esports paling kompetitif. Padahal jumlah pemain AOV di Indonesia mencapai 11% dari total gamers profesional.

Baca Juga : 5 Stadion Sepakbola Termegah di Dunia, Termasuk Indonesia

Selain dari beberapa jenis permainan seperti sudah Kami sebutkan diatas, masih banyak game-game online terbaru dimana tidak menutup kemungkinan akan dipertandingkan dalam esport. Diantaranya seperti Point Blank, Call of duty, PES, Fortnite dan masih banyak lainnya. Mana nih game turnamen Esports yang menjadi favorit Anda?

Related posts
Esport

Cara Bermain FIFA Online 4 Termudah Lewat PC atau Laptop!

5 Mins read
Meskipun sekarang sudah banyak game beredar, namun banyak orang belum paham cara bermain fifa online 4. Mengingat dunia sepak bola semakin digemari…
Esport

Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

5 Mins read
Untuk dapat menggunakan cheat Mobile Legends di HP android, maka para pemain harus mendownload dan menginstall aplikasi khusus. Sebab, cheat tersebut tidak…
Esport

Belajar Cheat Mobile Legends, 100% Berhasil dan Anti Banned

5 Mins read
Adanya cheat Mobile Legends ini memang cukup membantu para pemain, khususnya bagi pemula agar tidak mendapatkan predikat sebagai player noob. Player noob…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *