Edukasi Olahraga

Tips Olahraga Saat Puasa di Bulan Suci Ramadhan

5 Mins read

Selama bulan suci Ramadhan, ada beberapa tips olahraga saat puasa jika Anda ingin tetap melakukan aktivitas tersebut. Apalagi jika Anda merupakan orang yang sangat menjaga kesehatan tubuh dengan cara berolahraga.

Baca Juga : Inilah Power Forward Legenda dan Terbaik Dalam NBA

Melakukan aktivitas olahraga pada saat puasa tentu cukup menyulitkan bagi beberapa orang. Tuntutan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman sejah subuh hingga magrib menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Namun, ternyata ada beberapa tips olahraga saat puasa supaya Anda tetap aman berolahraga meski sedang berpuasa.Lakukan tips ini untuk menghindari dehidrasi secara berlebihan yang membuat Anda harus membatalkan puasa.

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah memilih kapan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas olahraga. Jika Anda memilih waktu sebelum berbuka, maka pahami setiap tips atau caranya.

Setidaknya, jangan lakukan aktivitas berat jauh sebelum waktu berbuka. Sebagai contoh, Anda melakukan aktivitas berat pada jam 2 atau 3 siang. Tentu hal tersebut malam membuat tubuh merasakan dehidrasi berlebihan.

Lakukan aktivitas 1 atau 2 jam sebelum berbuka, misalnya jam 4 atau 5 sore. Tujuannya supaya suhu luar rumah tidak terlalu panas dan tidak membuat dehidrasi.

Selain itu, melakukan olahraga pada jam-jam tersebut juga memiliki fungsi lain. Menikmati suasana matahari sore misalnya yang cukup menarik perhatian. Jadi bukan hanya tubuh sehat, namun juga pikiran sehat.

Tips berolahraga saat puasa seperti ini harus dipahami jika ingin kualitas aktivitas tetap terjaga. Jadi Anda tidak hanya menjaga puasa hingga berbuka, namun juga menjaga tubuh tetap sehat.

Tips Olahraga Saat Puasa Setelah Berbuka

Selain sebelum berbuka, ada juga tips olahraga saat puasa. Sebenarnya aturannya juga tidak berbeda jauh. Bedanya adalah Anda tidak boleh melakukan aktivitas berat tepat setelah berbuka.

Saat berbuka, biasanya nafsu makan seseorang lebih tinggi. Apalagi setelah tidak makan dan minum dari subuh hingga magrib. Pasti ada perasaan ingin makan sepuasnya ketika sudah waktunya berbuka.

Melakukan olahraga dalam bentuk apapun tepat setelah berbuka dapat mengganggu pencernaan. Tubuh akan mengalami gangguan pencernaan dan bahkan yang lebih parah adalah akan merasakan mual hingga muntah.

Oleh sebab itu, jika tetap ingin berolahraga maka sebaiknya lakukan 2 hingga jam setelah makan. Selain makanan sudah dicerna oleh tubuh, namun ini waktu yang tepat sebelum istirahat tidur.

Salah satu tips olahraga saat puasa yang paling sesuai untuk malam hari adalah bulutangkis. Lakukan aktivitas bulutangkis pada jam 8 hingga 10 malam untuk mendapatkan keringat. Setelah itu mandilah dan istirahat.

Konsumsi Makanan Sehat yang Cukup

tips olahraga saat puasa

Olahraga merupakan salah satu aktivitas berat yang menghabiskan banyak tenaga dan energi. Oleh sebab itu, asupan gizi harus tetap seimbang untuk mencegah kekurangan tenaga pada saat beraktivitas.

tips olahraga saat puasa yang bisa Anda lakukan adalah sahur dengan makanan bergizi. Tidak perlu mewah, asalkan semua kebutuhan tubuh dirasa terpenuhi maka sudah cukup. Kemudian jangan lupa minum dengan cukup.

Makan yang cukup dan bergizi pada saat sahur bisa menjaga tenaga selama seharian penuh. Apalagi jika Anda ingin melakukan olahraga pada pagi atau sore hari maka asupan gizi harus mencukupi.

Ketika sudah waktunya berbuka, usahakan jangan langsung makan dalam jumlah banyak. Hal tersebut akan memberatkan kinerja organ pencernaan. Mulailah dengan makanan ringan terlebih dahulu, misalnya konsumsi kurma.

Setelah beberapa saat, Anda bisa memakan makanan berat seperti nasi. Tujuannya supaya energi dalam tubuh terisi kembali. Tentunya, ini merupakan cara berolahraga saat puasa yang paling sederhana.

Perhatikan Waktu Tidur dan Istirahat

tips olahraga saat puasa

Tubuh membutuhkan istirahat cukup untuk bisa optimal menjalankan aktivitas harian. Selain itu, setiap orang memiliki kebutuhan istirahat berbeda-beda dengan orang lain. Hal tersebut tergantung tingkat kebugaran fisik dari setiap orang.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 6 hingga 8 jam. Jika ada aktivitas berat, maka bisa saja tubuh membutuhkan lebih banyak waktu istirahat daripada biasanya.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan olahraga dalam bentuk apapun, pastikan istirahat mencukupi. Jangan sampai membebani tubuh dengan aktivitas berat namun tidak memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat.

Istirahat cukup merupakan salah satu tips olahraga saat puasa yang paling efektif. Selain asupan makanan bergizi, Anda juga butuh istirahat tubuh. Terlalu memaksakan diri juga tidak baik dan bisa berbahaya.

tips olahraga saat puasa saat siang hari Anda bisa istirahat sebentar sekitar 10 hingga 30 menit. Tujuannya adalah untuk menyegarkan tubuh sebelum melanjutkan aktivitas. Jadi biasakan memanjakan tubuh dengan istirahat cukup.

Pilih Jenis Olahraga yang Tepat

Tidak semua olahraga bisa Anda lakukan, terutama pada bulan puasa. Olahraga yang memberatkan jelas tidak cocok untuk orang puasa. Jadi pilihlah olahraga ringan sehingga tubuh tidak merasakan beban berat.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Tentunya Anda harus mengikuti tips berolahraga saat puasa supaya tetap bisa menjalankan ibadah wajib hingga tuntas. Oleh karena itu, berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Lari-lari kecil

Salah satu olahraga yang cocok dilakukan pada bulan puasa adalah lari-lari kecil. Tentunya kegiatan seperti ini bisa dilakukan dimana saja. Tempat terbaik adalah pantai dan dilakukan pada sore hari.

  1. Bersepeda santai

Kegiatan yang direkomendasikan lainnya adalah bersepeda santai. Untuk kegiatan seperti ini bisa dilakukan bersama-sama. Misalnya saja mengelilingi komplek perumahan hingga menjelang waktu berbuka puasa tiba.

  1. Bulutangkis

Anda bisa bermain bulutangkis di depan rumah tanpa perlu lapangan luas. Asalkan ada area cukup luas untuk 2 orang, maka sudah cukup. Anda bisa berolahraga tanpa mengganggu waktu puasa.

Intensitas Saat Melakukan Olahraga Setiap Hari

tips olahraga saat puasa

Olahraga setiap hari memang baik bagi tubuh, namun jika itu pada hari-hari normal. Jika pada bulan-bulan puasa, maka sebaiknya hindari melakukan aktivitas tersebut setiap hari.

Biasanya, saat sedang berpuasa maka tubuh membutuhkan waktu istirahat lebih banyak. Apalagi, sejak subuh hingga magrib tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dalam bentuk apapun kecuali oksigen.

Tentu saja asupan lain seperti karbohidrat, lemak, bahkan vitamin juga sedikit berkurang. Apalagi jika sebelumnya Anda tidak sempat menikmati sahur. Bisa dipastikan asupan gizi tubuh sangat jauh dari kata cukup.

Tips berolahraga saat puasa yang tepat adalah memperhatikan intensitas aktivitas. Lakukan saja seminggu 3 atau 4 kali. Hal tersebut juga berguna untuk memberikan kesempatan pada tubuh untuk beristirahat.

Lakukan saat tidak sedang menjalani hari yang berat, misalnya ada pekerjaan selama seharian penuh. Pilih waktu di akhir pekan karena biasanya tidak ada aktivitas berat lain yang dijalani.

Perhatikan Lamanya Waktu untuk Berolahraga

tips olahraga saat puasa

tips olahraga saat puasa selanjutnya adalah jangan terlalu lama melakukan aktivitas. Lakukan saja sekitar 30 hingga 60 menit. Setelah itu beristirahatlah untuk memberikan kesempatan bagi tubuh merileksasikan diri.

Jangan berlebihan hanya karena gemar atau suka berolahraga. Jika diteruskan, bukan tubuh sehat yang Anda dapatkan, melainkan tubuh menjadi rusak. Tidak jarang bahkan ada beragam penyakit berbahaya yang muncul.

Sebut saja kelainan otot karena terlalu semangat berolahraga sehingga lupa kalau tubuh sudah mencapai batas. Bisa juga beberapa otot tubuh pecah karena tekanan berat setelah aktivitas tersebut.

Baik sebelum maupun sesudah berbuka, berolahraga terlalu lama tidak baik. Jika sebelum berbuka, maka tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jika setelah berbuka, maka organ pencernaan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Untuk itu, sebaiknya bijaklah dalam melakukan olahraga dalam bentuk apapun. Pahami kondisi dan batasan pada tubuh. Jangan sampai melebihi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas ketika sedang berpuasa.

Memahami Kondisi Kesehatan Pada Badan

tips olahraga saat puasa

tips olahraga saat puasa yang terakhir adalah memahami batasan pada diri sendiri. Apakah tubuh mampu dipakai untuk melakukan aktivitas berat atau tidak. Jika tidak, maka jangan pernah memaksakannya.

Apalagi, jika Anda dalam keadaan tubuh tidak sehat setelah sembuh dari penyakit. Maka, berikan waktu sebentar supaya tubuh Anda kembali pulih. Jika sudah, maka tidak masalah melakukan aktivitas ringan.

Namun, jangan sampai ada aktivitas yang malah membuat kondisi badan menjadi lebih parah. Misalnya Anda ada masalah pada lengan, namun malah memaksanya untuk angkat beban.

Hal tersebut sangat tidak bijak karena bisa merusak lengan dan bahkan bisa patah tulang. Oleh sebab itu, berolahraga yang baik adalah memahami kondisi diri sendiri.

Baca Juga : Jenis Olahraga Apa Saat Puasa yang Tidak Memberatkan?

Beberapa cara tersebut setidaknya bisa Anda jadikan rekomendasi untuk melakukan aktivitas pada Bulan ramadhan. Tips olahraga saat puasa seperti ini setidaknya bisa membantu bagi Anda yang tetap ingin beraktivitas berat.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *