Edukasi Olahraga

Teknik Renang Gaya Bebas dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

5 Mins read

Di olahraga renang terdapat beragam gaya atau teknik yang membuat kegiatan berenang lebih menyenangkan, salah satunya adalah teknik renang gaya bebas. Nah, agar Anda bisa mencoba teknik ini maka dari itu simak artikel hingga selesai!

Saat ini hampir di seluruh kota di Indonesia terdapat kolam renang untuk menunjang kegiatan berenang Anda. Nah, fasilitas ini tentunya harus benar-benar Anda manfaatkan untuk berenang entah untuk rekreasi atau diseriusi menjadi atlet.

Baca Juga : Sejarah Tenis Meja Dunia Sampai Populer di Indonesia

Renang merupakan olahraga yang bervariasi karena Anda bisa mencoba beragam teknik untuk berenang, salah satu yang populer adalah gaya bebas atau disebut juga dengan nama front crawl. Namun, untuk mencoba teknik ini tidak semudah yang dibayangkan.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketikan akan menggunakan teknik teknik renang gaya bebas. Sebelum lanjut mengetahui bagaimana tekniknya, terlebih dahulu sejarah perkembangan renang hingga bisa sepopuler sekarang.

Perkembangan Renang Hingga Sepopuler Sekarang

Renang merupakan olahraga yang terbilang cukup tua, pasalnya pada jaman kerajaan Majapahit saja berenang sudah ada. Akan tetapi pada saati berenang memiliki tujuan untuk melakukan peperangan atau mencari ikan untuk dikonsumsi.

Bukti renang sudah ada sejak jaman Majapahit ini adalah dengan ditemukannya, beberapa relief di candi yang melambangkan tentang seseorang sedang berenang. Nah, kolam renang pertama kali dibuat pada saat penjajahan kolonial Belanda.

Kolam berenang pertama kali di dirikan di kota Bandung sekitar tahun 1904 tepatnya di daerah Cihampelas. Kemudian dibangung kembali beberapa kolam renang di beberapa daerah yaitu di daerah Brantas, kota Surabaya dan di daerah Cikini, kota Jakarta.

Olahraga berenang semakin populer saat Jepang datang ke Indonesia sekitar tahun 1943. Dimasa pemerintahan Jepang inilah renang dikenal banyak orang, sebab Jepang membuka seluruh kolam berenang untuk khalayak umum.

Karena kepopuleran olahraga ini semakin meningkat, maka dibentuklah sebuah organisasi untuk mewadahi para perenang yang ingin menjadi seorang atlet yaitu organisasi PBSI. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1951 diketuai oleh dr. Poerwosoedarmo.

Di Indonesia renang mulai dijadikan salah satu cabang perlombaan yaitu di PON atau Pekan Olahraga Nasional tahun 1948 di Surakarta. Terdapat beberapa gaya renang yang diperlombakan mulai dari gaya dada hingga teknik renang gaya bebas.

Perlengkapan Renang yang Harus Disiapkan

teknik renang gaya bebas

Untuk mendukung ketika Anda berenang menggunakan teknik renang gaya bebas maka perlunya perlengkapan renang yang memadai. Nah, jika Anda bingung apa saja perlengkapan yang harus disiapkan, berikut perlengkapan berenang serta fungsinya.

  1. Baju Berenang

Untuk menunjang kegiatan Anda dalam berenang hal paling pertama yang harus Anda siapkan adalah baju khusus renang. Fungsi dari perlengkapan ini yaitu untuk menutupi tubuh Anda dan melindungi dari gesekan ketika renang.

Pastikan memilih baju yang memiliki desain menarik akan tetapi tidak menghambat Anda ketika berenang. Selain itu sekarang juga terdapat baju yang sudah memiliki teknologi untuk melindungi nada dari paparan sinar UV.

  1. Kacamata Berenang

Jika mata Anda memiliki sensitivitas terhadap ait kolam yang mengandung kaporit maka penggunaan kacamata berenang ini sangatlah penting. Selain berfungsi untuk melindungi, kacamata juga bermanfaat agar pandangan Anda lebih jauh ketika di dalam air.

Saat ini dipasaran kamata berenang dibanderol dengan harga yang beragam mulai dari puluhan ribu serta ratusan ribu. Pastikan sebelum Anda membeli pilihlah kacamata yang sesuai dengan budget serta memiliki kualitas lensa kacamata berkualitas.

  1. Penutup Kepala atau Cap

Perlengkapan ini memiliki fungsi untuk menjaga pergerakan Anda didalam air ketika menggunakan teknik renang gaya bebas. Sebab ketika tidak menggunakan penutup kepala, rambut yang terurai dapat menghambat laju ketika berenang.

Selain itu perlengkapan ini juga berfungsi untuk menjaga rambut Anda dari air kaporit. Sebab air kaporit dapat membuat rambut Anda menjadi kering sehingga bisa menimbulkan kerusakan jika terlalu sering terpapar air kaporit.

Jangan Lupa Pemanasan Terlebih Dahulu

teknik renang gaya bebas

Pemanasan sebelum berenang menggunakan teknik renang gaya bebas merupakan sesuatu hal yang wajib agar Anda bisa terhindar dari cidera. Ketika cidera di dalam air khususnya kaki dan tangan tentu sangat berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Manfaat melakukan pemanasan:

  1. Bermanfaat untuk mengantarkan oksigen ke seluruh otot di tubuh sehingga mampu menghangatkan suhu tubuh.
  2. Melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga membuat produksi energi untuk berenang lebih besar.
  3. Membuat otot menjadi lebih lentur serta efisien.
  4. Bermanfaat untuk mempersiapkan jantung serta pembuluh darah untuk aktivitas fisik selanjutnya.

Untuk melakukan pemasannya terbilang mudah ada dua teknik renang gaya bebas, pertama Anda bisa melakukan pemanasan pada area tangan sebab tangan memiliki banyak fungsi ketika berenang. Lakukan pemasan tangan dengan memutar tangan seperti sedang berenang.

Setlah bagian tangan selanjutnya lakukan pemanasan pada bagian kaki sebab selain tangan kaki memiliki banyak peran untuk membantu Anda ketika berenang. Angkat salah satu kaki tempelkan ke dada, begitu juga pada kaki sebelahnya lagi.

Lakukan pemanasan ini sekitar 5 – 7 menit sebelum renang. Karena pentingnya pemanasan ini maka jangan sesekali melawatkan sesi ini agar pengalaman Anda dalam berenang tetap menyenangkan dan tentunya aman dari cidera.

Teknik Renang Gaya Bebas yang Benar

teknik renang gaya bebas

Teknik dasar renang gaya bebas pada dasarnya sangat mudah untuk dipelajari oleh para pemula. Akan tetapi meski gaya bebas ini terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan gaya lain, tetapi tidak semua orang bisa, berikut beberapa teknik yang harus dipelajari.

  1. Posisi Tubuh

Teknik renang gaya bebas merupakan salah satu jenis gaya yang menempatan dada di permukaan air. Ketika akan mencoba gaya ini pastikan posisi tubuh Anda sejajar mulai dari kaki hingga bagian kepala, pastikan tubuh jangan miring ke dalam air.

Sebelum terjun ke dalam air pastikan terlebih dahulu sudah melakukan pemanasan menggunakan cara di atas agar terhindar dari cidera berupa kram. Jadi agar sukses dalam mencoba gaya ini pemasan terlebih dahulu dan posisikan seluruh tubuh sejajar.

  1. Pernapasan

Teknik renang gaya bebas selanjutnya yang harus Anda praktikan untuk suskses ketika mencoba gaya bebas ini adalah mengatur pernapasan dengan benar. Untuk mengambil napas Anda bisa menyerongkan kepala kea rah kiri atau kanan.

Akan tetapi ketika menyerongkan kepala harus berhati-hati tidak bisa sembarangan, karena bisa menimbulkan kram. Oleh karena itu ketika menyerongkan kepala untuk mengambil pernapasan lakukanlah secara perlahan jangan terburu-buru.

  1. Pergerakan Lengan dan Kaki

Kunci sukses keberhasilan mencoba teknik renang gaya bebas adalah mengatur gerakan tangan dan kaki dengan benar. Luruskan tangan ke depan lalu lakukan gerakan seperti sedang mengayuh, gerakan tangan secara bergantian.

Untuk bagian kaki gerakan secara bergantian naik dan turun dengan cepat agar Anda bisa melaju dengan cepat ketika menggunakan gaya ini. Lakukan latihan menggerakan kaki ini di pinggir kolam renang dengan tangan memegang tembok dan kemudian gerakan kaki.

Manfaat Renang Menggunakan Gaya Bebas

Selain dapat memberikan kesenangan ketika menggunakan gaya bebas, berenang menggunakan gaya ini juga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Ketika berenang dengan benar maka manfaatnya bisa didapatkan, berikut ini beberapa manfaatnya.

  1. Melatih Otot

Ketika Anda berenang menggunakan gaya ini maka semua bagian otot di tubuh bergerak mulai dari ujung kaki hingga kepala. Sehingga dengan seluruh otot tubuh yang bergerak ini maka tubuh Anda akan lebih terbentuk.

  1. Bermanfaat untuk Melatih Pernapasan

Ketika menggunakan gaya ini maka Anda bisa melatih pernapasan yang lebih panjang ketika berenang. Sebab ketika menggunakan gaya bebas perenang akan tahu bagaimana pengambilan pernapasan di waktu yang paling tepat.

  1. Mempercepat Tumbuh Tinggi

Jika menginginkan tubuh yang tinggi maka gaya satu ini sangatlah cocok. Ketika menggunakan gaya bebas seluruh otot di tubuh akan bergerak, kemudian pergerakan tubuh ke depan dan belakang dapat membantu tubuh cepat tinggi.

  1. Jantung Lebih Sehat

Ketika Anda berenang maka aliran darah di dalam tubuh termasuk ke jantung akan menjadi lancer. Nah, karena aliran darah yang lancar inilah maka jantung Anda lebih sehat dan mampu terhindar dari beberapa gangguan terkait jantung dan inilah teknik renang gaya bebas.

  1. Mengurangi Stres

Ketika berenang tubuh Anda khususnya otot-otot akan jadi lebih tenang sehingga akan terhindar dari stres dan depresi. Jadi selain kesehatan dari segi fisik Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari segi mental juga.

Baca Juga : Teknik Dasar Tenis Meja Mudah Dipelajari Pemula

Berenang menggunakan gaya bebas selain dapat memberikan variasi ketika berenang, ternyata memiliki banyak manfaat juga bagi kesehatan. Oleh karena itu agar kegiatan renang Anda lebih menyenangkan cobalah teknik renang gaya bebas di atas.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *