Edukasi Olahraga

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya dan Peraturannya

5 Mins read

Teknik dasar lompat jauh merupakan hal dasar yang paling penting dipelajari bagi pelompat pemula. Olahraga ini mengkombinasikan antara kecepatan, kekuatan, kelincahan dan konsentrasi penuh agar bisa mendapatkan hasil paling jauh.

Memang tujuan utamanya adalah mencapai jarak lompatan sejauh mungkin namun pendaratan yang baik juga sangat diperlukan. Serta bagaimana teknik melompat juga harus diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal sesuai harapan.

Baca Juga : Teknik Renang Gaya Bebas dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Maka tidak ada salahnya sebagai pemula belajar banyak hal tentang olahraga satu ini tidak sekedar tekniknya saja. Mengingat banyak macam gaya dan cara melakukan juga harus benar dengan mematuhi peraturan.

Sejarah Singkat Adanya Olahraga Lompat Jauh

Sebagai pemula jangan hanya mencari tentang apa saja teknik dasar lompat jauh namun pelajari juga sejarahnya. Tujuannya agar Anda semakin tertarik dan bersemangat untuk menguasai olahraga satu ini.

Lompat jauh sendiri ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu tepatnya dari abad ke 13 atau 708 masehi di Yunani. Kemudian mulai diperlombakan pada ajang olimpiade di Yunani tahun 1896.

Asal usulnya yaitu sekitar abad ke 13 ada perlombaan olimpiade kuno di Yunani dan olahraga ini sudah dipertandingkan. Menurut sejarah olimpiade kuno tersebut dilaksanakan untuk tujuan latihan perang.

Lompat jauh dipercaya dapat melatih prajurit melewati jurang dan parit saat berada di medan perang. Jadi jangan samakan olahraga ini pada jaman dulu dengan jaman modern seperti sekarang ini.

Teknik dasar lompat jauh pada jaman dulu harus melompat dengan jarak pendek dan membawa beban pada tangannya. Beban yang dibawa bisa mencapai 1 – 4,5 kg sehingga bisa dibayangkan bagaimana latihannya.

Pada awalnya perlombaan ini hanya untuk pria kemudian perlombaan bagi wanita baru dimulai tahun 1948. Berbagai rekor telah terpecahkan diantaranya Jesse Owens mampu melompat 8,13 meter di tahun 1935.

Menjadi salah satu cabang olahraga tentu saja tidak sekedar melompat saja namun ada tujuannya sendiri. Sehingga pelompat tidak asal dan harus menguasai teknik sehingga tidak mengalami cedera.

Macam-Macam Gaya Lompat Jauh Penting Diketahui

teknik dasar lompat jauh

Tidak hanya mempelajari tentang teknik dasar lompat jauh namun mengetahui macam-macam gaya juga sangat penting. Ada 3 macam gaya bisa dipilih pelompat untuk mendapatkan hasil maksimal paling jauh sesuai target.

  1. Gaya jongkok

Gaya lompat jauh paling tua di dunia adalah gaya jongkok untuk bisa membuat badan melayang di udara. Fungsinya sudah pasti bisa mendapatkan hasil lompatan paling jauh dan maksimal ketika pendaratan.

Pada saat melakukan tolakan maka harus menggunakan kaki paling kuat agar bisa melayang lebih lama. Ketika akan melakukan pendaratan tangan, kaki diluruskan ke depan dan badan sedikit dicondongkan.

  1. Gaya berjalan di udara

Gaya ini cukup populer dan memiliki nama keren yaitu walking in the air karena sangat efektif menghasilkan lompatan terjauh. Tidak heran jika banyak pelompat profesional sering memilih gaya ini.

Cara melakukannya sebenarnya sangat sederhana yaitu sebelum melakukan gerakan tolakan, posisi pinggang sedikit diturunkan. Paha dan kaki mengayun secara bebas, meluruskan bagian lutut, bagian sendi mata kaki dan pinggang ketika melakukan tolakan.

Ketika Anda sudah berhasil melayang di udara maka lakukan gerakan seperti sedang berjalan. Lalu pada saat mendarat luruskan lengan dan tubuh dengan cara ditarik ke depan dan kaki diluruskan sesaat.

  1. Gaya menggantung

Gaya terakhir yaitu menggantung dimana ada teknik dasar lompat jauh yang juga diperlukan untuk melakukan gaya ini. Kecepatan awal berlari sampai akhirnya berada pada titik tumpu tidak ada perubahan kecepatan.

Cara melakukan gaya ini adalah kaki diayunkan ke belakang dan ke depan bersama dengan kedua lengan. Saat mendarat kaki dilurukan ke depan dengan tumit yang mendarat lebih dulu.

Teknik Dasar Lompat Jauh yang Perlu Dipelajari

teknik dasar lompat jauh

Seorang atlet tentu harus mengetahui tentang teknik lompat jauh sehingga bisa maksimal saat melakukan. Pada dasarnya ada 4 teknik yang harus dipelajari dan secara umum akan dijelaskan berikut ini.

  1. Teknik awalan

Teknik dasar lompat jauh ini mengharuskan lari pada lintasan namun awalnya lambat kemudian dipercepat sampai papan tumpuan. Ancang-ancang harus dilakukan kurang lebih 30-40 m sebelum titik garis lompat baru kemudian ditingkatkan kecepatan larinya.

Namun jika menggunakan teknik jumper maka kecepatan berlari harus dikendalikan di 3 – 5 m terakhir. Selanjutnya siapkan pengalihan gerakan larinya dari gerak horizontal ke gerak lari vertikal.

  1. Teknik loncatan atau tolak

Teknik dasar lompat jauh Tolakan adalah tahapan kaki menjadi tumpuan di garis lompat tujuannya untuk mengangkat tubuh ke atas. Sehingga tubuh menjadi seperti melayang di udara hingga akhirnya mendarat dengan sempurna.

Teknik dasar lompat jauh tolakan kaki sedikit dibengkokan kemudian menapak dengan tungkai diluruskan. Pada gerakan ini sangat dibutuhkan konsentrasi tinggi agar tidak terlewat titik loncat, kekuatan kaki, kecepatan yang semuanya saling mendukung.

  1. Teknik melayang

Teknik dasar lompat jauh lainnya adalah melayang dimana gerakan kaki seperti berjalan di udara. Ketika posisi tubuh melayang maka gerakan kaki ini dalam membantu memperluas jarak pendaratan lebih jauh lagi.

Ketika Anda menggunakan teknik ini maka harus diperhatikan posisi tubuh jumper pada saat sedang melayang. Usahakan melayang selama mungkin dengan menjaga keseimbangan badan dan persiapkan kaki pada saat akan mendarat.

  1. Teknik pendaratan

Teknik ini dilakukan dengan cara menundukkan kepala, ayunkan lengan dan gerakkan pinggang ke arah depan. Hal ini sangat penting dilakukan tujuannya agar kaki lebih dulu menyentuh pasir daripada bagian lainnya.

Cara Melakukan Lompat Jauh dengan Benar

teknik dasar lompat jauh

Selain mempelajari tentang teknik dasar lompat jauh sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara melakukan lompatan dengan benar. Tujuannya agar hasil lompatan bisa jauh dan tidak mengalami cedera saat melakukan latihan.

Teknik dasar lompat jauh Pertama Anda harus memperhatikan jarak ancang-ancang yang dibutuhkan sebelum akhirnya mulai. Pelompat membutuhkan ancang-ancang minimal 10 – 20 langkah pada saat masih latihan atau beberapa meter ke belakang saat pertandingan.

Ketika lari ancang-ancang juga tidak boleh sembarangan karena jika terlalu keras di awal bisa saja sudah kewalahan. Atur kecepatan sedikit demi sedikit bertolak atau bertumpu hingga tepat pada titik lompatan.

Kedua kecepatan ancang-ancang haruslah ditingkatkan dari awal berlari pelan sampai keras di papan bertolak. Tipsnya turunkan pinggang sedikit di langkah terakhir untuk melakukan persiapan ambil gerakan selanjutnya.

Ketiga kaki diayunkan terutama bagian paha kaki secara bebas namun cepat ke posisi horizontal dan harus dipertahankan. Luruskan mata kaki, lutut dan pinggang melakukan tolakan sampai membentuk sudut 45 derajat.

Keempat cara teknik dasar lompat jauh yaitu tolak kaki pada pangkal titik berat badan keatas. Diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun dan ketika melayang tekuk kedua kaki sehingga badan jongkok.

Kelima ketika Anda akan mendarat maka harus acungkan kedua kaki ke depan bersamaan dengan kedua lengan diluruskan. Jika kedua kaki sudah mendarat di bak pasir maka duduklah atas kedua kaki.

Kelima cara tersebut harus dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa memberikan hasil lompatan maksimal. Jika Anda gagal dalam sekali percobaan jangan putus asa dengan terus latihan maka bisa menjadi pelompat hebat.

Peraturan Dasar Dalam Olahraga Lompat Jauh

teknik dasar lompat jauh

Sama seperti olahraga lainnya tidak hanya sekedar teknik dasar lompat jauh saja namun juga ada aturannya. Peraturan ini dibuat demi kenyamanan bersama sehingga tidak boleh diabaikan karena bisa berakibat fatal.

Sebenarnya ada banyak peraturan yang ada namun kali ini contoh secara umum saja agar mudah dipahami pemula. Apalagi peraturan ini sebagai dasar untuk dipelajari dan diketahui sehingga dapat meminimalkan kegagalan.

Aturan jika jumlah peserta lebih dari 8 orang maka masing-masing diberikan kesempatan melompat 3x. Hasil lompatan tidak diambil rata-ratanya namun ditentukan mana jarak yang paling jauh itulah hasilnya.

Namun jika peserta kurang dari 8 orang atau pas 8 orang maka lompatan bisa sebanyak 6x percobaan. Masing-masing diberikan kesempatan melompat sesuai giliran untuk mendapatkan jarak terbaik yaitu paling jauh.

Aturan dan teknik dasar lompat jauh tentang pengukuran hasil lompatan juga diatur sendiri sehingga dijamin adil untuk masing-masing pelompat. Ukurnya dari bekas anggota tubuh paling belakang atau paling dekat yang menyentuh bak pasir.

Setiap peserta diberikan waktu giliran lompat sekitar 1,5 menit sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Lompatan yang sama ditentukan dengan melihat hasil lompatan terbaik dari beberapa percobaan.

Peraturan yang dibuat tidak boleh diganggu gugat oleh para pelompat dan harus menerima setiap keputusan. Termasuk hasil pengukuran jaraknya juga harus terima karena sudah dilakukan secara profesional dan terbuka.

Baca Juga : Macam-macam Gaya Renang Serta Teknik Dasarnya

Pentingnya mempelajari banyak hal tentang lompat jauh baik dari sejarahnya, pengertian hingga peraturan yang ada. Terutama mempelajari teknik dasar lompat jauh agar hasil lompatan bisa maksimal dengan hasil paling jauh.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *