Edukasi Olahraga

Olahraga yang Cocok Saat Puasa untuk Kebugaran Tubuh

5 Mins read

Ada banyak sekali olahraga yang cocok saat puasa untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tentunya, jika ingin menjalani aktivitas seperti itu harus menyiapkan metode khusus supaya bisa menjalaninya.

Namun, sampai saat ini masih banyak orang menanyakan bagaimana olahraga yang baik saat sedang berpuasa. Bahkan beberapa orang juga menanyakan olahraga apa saja yang bisa dilakukan oleh orang berpuasa.

Baca Juga : Tips Olahraga Saat Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Sebenarnya, semua jenis aktivitas olahraga bisa dilakukan pada Bulan Ramadhan. Hanya saja ada beberapa aturan supaya tidak memberatkan. Apalagi sampai menghalangi Anda menjalankan ibadah wajib tersebut.

Olahraga yang Cocok Saat Puasa dengan Lari-Lari Ringan

Lari-lari ringan atau jogging merupakan olahraga yang cocok saat puasa dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. Itulah mengapa banyak ahli kesehatan menyarankan melakukan jogging secara rutin.

Jogging dapat dilakukan dimana dan kapan saja tergantung keinginan. Anda bisa melakukannya di pantai, komplek rumah, atau tempat lain. Hanya membutuhkan tempat yang cocok saja jika ingin jogging ringan.

Namun, pantai bisa menjadi tempat terbaik jika ingin melakukan aktivitas jogging. Ditambah Anda melakukannya pada saat sore hari menjelang berbuka. Tentu pemandangan langit sore akan memanjakan mata Anda.

Namun, jika tidak ingin keluar rumah maka bisa melakukannya di dalam rumah. Tentunya peralatan olahraga saat ini sudah banyak, salah satunya adalah treadmill. Alat ini bisa digunakan secara bebas sesukanya.

Jika ingin efek yang lebih baik, maka bisa melakukannya di tempat dengan banyak batu halus. Tujuannya sebagai bentuk pijatan rileksasi pada bagian pusat syaraf untuk memperlancar peredaran darah.

Jalan-Jalan Santai dengan Keluarga atau Teman

olahraga yang cocok saat puasa

Jika ada masalah saat melakukan jogging, maka aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan santai. Tentu saja berjalan merupakan aktivitas sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Apalagi, selama hidup seseorang dianjurkan berjalan setiap hari. Setidaknya menurut beberapa ahli setiap hari harus ada 10 ribu langkah. Tujuannya supaya menghindari penyakit tulang di masa tua.

Jalan-jalan mungkin menjadi olahraga yang cocok saat puasa dan bahkan tidak memberatkan. Berjalan santai tanpa ada tuntutan harus berapa langkah. Namun, setidaknya berjalan sekitar 30 hingga 60 menit sudah cukup.

Sama seperti saat Anda jogging, jalan-jalan bisa dilakukan di dekat pantai. Berjalan di pasir mungkin juga sangat bermanfaat sebagai pijatan alami. Jadi pusat syaraf bisa merasakan rileksasi dengan baik.

Apalagi, berjalan di pasir pantai juga bisa menguatkan otot kaki. Semakin sering berjalan santai, maka semakin kuat kaki Anda. Itulah mengapa berjalan menjadi salah satu olahraga yang cocok saat puasa.

Senam Ritmik yang Mampu Melancarkan Peredaran Darah

olahraga yang cocok saat puasa

Senam memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Merenggangkan otot-otot tubuh hingga melancarkan peredaran darah adalah sebagian kecil manfaatnya. Itulah mengapa senam sudah diajarkan sejak kecil dan olahraga yang cocok saat puasa.

Bahkan, saat ini senam sudah banyak dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Sebut saja senam ritmik yang diikuti dengan musik santai. Jadi setiap orang bisa melakukan gerakan sesuai irama musik.

Apalagi musik menjadi salah satu media rileksasi tubuh. Tidak jarang di beberapa kasus pengobatan menjadikan musik sebagai terapi khusus. Hasilnya juga sangat memuaskan karena mampu menstimulus sel otak.

Akan lebih menyenangkan jika melakukan senam bersama-sama dengan orang lain. Misalnya Anda mengundang tetangga untuk senam di depan rumah. Tentu saja suasana akan menjadi lebih hidup.

Gerakan senam juga cukup sederhana, apalagi jika ada pemandunya. Bahkan seorang pemula sekalipun pasti bisa menirukannya. Oleh sebab itu, lakukan senam ritmik sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Melakukan Latihan Kalistenik yang Dapat Dilakukan Oleh Siapa Saja

olahraga yang cocok saat puasa

Pernah mendengar latihan kalistenik? Mungkin kebanyakan orang masih cukup asing dengan istilah tersebut. Namun, jika menyebut latihan ringan seperti push up, back up, hingga pull up pasti sudah familiar, bukan?

Semua jenis latihan sederhana tersebut bisa dikelompokkan menjadi satu dan bernama latihan kalistenik. Latihan ini tersebut cukup mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang batasan usia atau gender.

Misalnya, push up membantu Anda menguatkan otot lengan. Latihan ini mungkin sangat berat pada awalnya. Namun, jika sudah terbiasa maka akan menjadi rutinitas yang sangat menyenangkan dan olahraga yang cocok saat puasa.

Back up memberikan efek pada otot dan tulang punggung lebih kuat. Namun, jangan lakukan secara berlebihan karena bisa menyebabkan kram perut. Bahkan yang lebih parah adalah kelainan pada tulang punggung.

Sedangkan pull up merupakan aktivitas dimana Anda bergelantung pada sebuah mistar dan mencoba mengangkat tubuh. Latihan kalistenik memang layak sebagai olahraga yang cocok saat puasa di Bulan Ramadhan.

Melakukan Aktivitas Body Balances yang Tidak Memberatkan

olahraga yang cocok saat puasa

Ada banyak sekali aktivitas body balances yang bisa Anda lakukan, mulai dari yoga hingga pilates. Tentunya, olahraga seperti ini sangat tidak memberatkan karena tidak membutuhkan banyak tenaga.

Kegiatan body balances sendiri pada dasarnya memfokuskan pada aspek keseimbangan tubuh. Tujuan utamanya juga bukan untuk membentuk tubuh lebih kekar atau menguatkan masa otot tubuh.

Body balances lebih fokus pada meditasi tubuh dari seseorang. Itulah mengapa ada beberapa gerakan yang diulang dalam waktu lama. Bahkan beberapa gerakan harus dilakukan secara sempurna supaya berhasil.

Misalnya saja yoga yang bertujuan untuk meditasi tubuh dan pikiran. Selama gerakan yang dilakukan benar, maka pikiran bisa menjadi lebih tenang. Emosi negatif bisa hilang dengan sendirinya saat melakukan yoga.

Oleh sebab itu, melakukan body balances merupakan salah satu olahraga yang cocok saat puasa. Aktivitas ringan namun tetap memberikan dampak positif besar. Jadi Anda bisa lebih menikmati olahraga ringan ini.

Latihan Angkat Beban yang Menguatkan Lengan

olahraga yang cocok saat puasa

Mungkin banyak orang tidak suka dengan latihan angkat beban karena cukup keras dan melelahkan. Namun, angkat beban ternyata menjadi salah satu olahraga saat puasa.

Angkat beban bertujuan untuk menguatkan lengan atas maupun bawah. Namun, prosesnya cukup melelahkan karena harus mengangkat beban berat. Bahkan tidak jarang beban tersebut memiliki berat hingga puluhan kilogram.

Namun Anda tidak perlu mengangkat beban seberat itu. Ada beberapa barbel yang hanya memiliki berat 1 kg saja. Ini bisa menjadi permulaan yang baik sebelum mengangkat beban lebih berat lagi.

Latihan rutin setiap sore mungkin menjadi salah satu solusi terbaik mendapatkan hasil maksimal. Misalnya 5 hari pertama mengangkat beban seberat 1 kg dan melipatgandakan setiap 5 hari berikutnya.

Selama 1 bulan dijamin Anda akan terbiasa mengangkat beban hingga 10 kg. Puasa tetap berjalan lancar dan lengan menjadi semakin kuat. Hal tersebut menjadi modal berharga ketika sudah tua nanti.

Bowling Bisa Dijadikan Olahraga Alternatif

https://olahraga yang cocok saat puasamedia.istockphoto.com/photos/bowling-picture-id523539959?b=1&k=6&m=523539959&s=170667a&w=0&h=IujgsIQfM8dYGP5y9xDrGQncJFLxmbVdvBAQIeQwbMQ=

Mungkin bagi Anda yang tinggal di dekat sarana olahraga lengkap, bowling bisa dijadikan sebuah olahraga yang cocok saat puasa. Meskipun pada dasarnya kebanyakan orang menilai bowling bukan sebagai olahraga, melainkan hanya permainan.

Bowling bisa menjadi salah satu olahraga yang cocok saat puasa, terutama bagi Anda yang ingin beraktivitas dalam ruangan. Suasana permain ini sendiri sangat santai dan tidak ada beban sama sekali.

Memang seharusnya memang seperti itu karena olahraga adalah untuk menangkan pikiran. Bukan untuk menambah beban pikiran, apalagi sampai menjadikannya sebagai beban yang membuatnya malah semakin tertekan.

Permainan bowling juga bisa dilakukan oleh setiap orang. Permainannya cukup mudah karena Anda hanya perlu menggelindingkan bola. Tujuannya supaya semua target bisa terkena dan terjatuh.

Jadi sebaiknya lakukan aktivitas seperti bowling jika terlalu malah beraktivitas di luar rumah. Apalagi biasanya ruangan permainan ini dilengkapi dengan AC. Jadi tidak akan mungkin Anda merasakan kelelahan.

Bulutangkis yang Dilakukan Pada Malam Hari

olahraga yang cocok saat puasa

Salah satu waktu terbaik menjalankan aktivitas adalah malam hari setelah berbuka puasa. Lakukan olahraga pada jam 8 hingga 10 malam supaya tidak membebani proses pencernaan setelah berbuka puasa.

Salah satu olahraga yang cocok saat puasa dan dilakukan pada malam hari adalah bulutangkis. Permainan saling tangkis shuttlecock yang cukup menyenangkan ini punya banyak penggemar dari berbagai kalangan usia.

Anda sebenarnya bisa melakukan aktivitas bulutangkis pada sore hari, namun mungkin akan merasakan dehidrasi. Sedangkan jika melakukannya pada malam hari maka tentu akan ada kebebasan minum karena sudah berbuka puasa.

Terlebih lagi permainan ini bisa dilakukan dengan banyak orang sekaligus. Setelah bermain, maka istirahat sebentar dan mandi. Jika badan sudah bersih, maka Anda baru bisa tidur untuk memulihkan tenaga.

Baca Juga : Jenis Olahraga Apa Saat Puasa yang Tidak Memberatkan?

Ada banyak sekali jenis aktivitas olahraga yang bisa Anda lakukan pada saat berpuasa. Namun, sebaiknya sesuaikan juga dengan kondisi tubuh. Terlebih lagi untuk menyesuaikan olahraga yang cocok saat puasa Ramadhan.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *