Edukasi Olahraga

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Wajib Anda Coba!

5 Mins read

Kebanyakan orang memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya, oleh karena itu olahraga untuk menurunkan berat badan kini sangat populer. Bukan hanya kaum wanita saja, ternyata terdapat banyak laki-laki mulai sadar.

Mengingat memperhatikan tubuh sendiri merupakan sebuah keharusan dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ketika Anda mempunyai badan yang cenderung gemuk, mungkin akan merasa kurang percaya diri selama menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

Walaupun sampai sekarang juga masih banyak orang yang tidak peduli dengan bentuk tubuhnya. Padahal aset terbesar selain wajah dari dalam diri sendiri adalah badan, bahkan bisa mempengaruhi kesehatan ke depan.

Memiliki berat tubuh di atas manusia pada normalnya dapat menimbulkan sebuah penyakit cukup serius. Namun penyakit tersebut bukan berarti mematikan, justru rawan memberikan dampak ke bagian tubuh lain dari seseorang.

Mulai sejak dini sebisa mungkin jagalah selalu berat badan ideal agar terus sehat dalam jangka panjang. Bahkan kalau bisa menjaga dengan baik, pada masa tua Anda tidak akan menemukan penyakit.

Lalu, bagi Anda yang penasaran dengan berbagai macam olahraga guna membuat kurus tubuh, kami sudah menyediakan di bawah. Langsung saja untuk ikuti penjelasan berikut ini hingga akhir agar impian terwujud.

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan Terampuh

Selama pandemi masih mengepung hampir seluruh negara yang ada di dunia, tentunya seluruh masyarakat harus tetap tidak berkerumun. Oleh karena itu mau tidak mau harus berada di rumah menaati aturan.

Begitu juga dengan olahraga, dampak besar juga dirasakan oleh pecinta jenis olahraga apapun. Bukan hanya pembuat badan menjadi langsing, tetapi seluruh aktivitas berbau olahraga sementara harus dijalani dengan prokes ketat.

Mengetahui fungsinya, tentu sangat penting dan sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang agar badan selalu sehat. Kalau mampu menjaga kondisi tubuh sehat secara otomatis penyakit mematikan tidak bisa menyerang Anda.

Jenis olahraga paling pertama adalah yoga, kami yakin Anda sudah tahu semua tentang ini. Meskipun dinilai sebagai jenis gerak badan tanpa harus berpindah tempat seperti berlari layaknya olahraga pada umumnya.

Apabila ingin turun berat badan secara drastis, latihan yoga adalah pilihan tepat dan menguntungkan. Anda bisa melakukan seluruh gerakan yoga sekuat tenaga pada pagi hari, dijamin mampu melangsingkan bentuk tubuh.

Dikarenakan olahraga untuk menurunkan berat badan jenis yoga paling bagus dilakukan ketika matahari baru terbit. Terdapat beberapa gerakan seperti Adho Muka Svanasana yang dapat dicoba pasti langsung memberikan manfaat signifikan.

Peregangan pada seluruh bagian tubuh membuat badan semakin mengecil asalkan dilakukan secara rutin. Gerakan lainnya yang juga paling direkomendasikan dicoba berupa ardha navasana, kemudian setu bandha sarvangasana, hingga urdhva dhanurasana.

  1. Melakukan Plank Secara Bertahap

olahraga untuk menurunkan berat badan

Jenis kedua latihan plank bisa dilakukan dari rumah saja dengan gerakan sangat sederhana. Anda pasti sudah paham terhadap olahraga kali ini, melakukan plank bisa menjadi solusi untuk membuat badan singset.

Para peneliti profesional menyatakan bahwa melakukan gerakan plank akan berdampak positif terhadap badan. Dikarenakan kandungan lemak yang berada di badan langsung dibakar selama gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan plank dilakukan secara benar.

Adapun manfaat lain yang umumnya didapatkan seseorang yaitu mampu melatih otot tangan agar lebih kuat. Bahkan tulang punggung akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya, apabila aktivitas ini selalu Anda terapkan.

Cara olahraga untuk menurunkan berat badan plank ternyata sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan matras. Pastikan matras sudah berada di bawah Anda dengan letak yang pas, bentuk badan layaknya push up.

Setelah berhasil, maka Anda harus melakukan tekukan lengan sampai akhirnya berhasil membentuk sudut siku-siku. Pastikan bahwa siku telah menyentuh matras, dan cobalah menahan badan agar tidak gerak selama 1,5 menit.

Apabila Anda mampu melaksanakan hal tersebut tanpa terbebani, kami sarankan menambah waktu saat menahan tangan. Hal tersebut bisa diberikan tambahan terhadap waktunya demi mengetes kemampuan maksimal dalam menjalani plank sehari-hari.

Usahakan selalu mengulang hingga 10 kali gerakan serupa menahan tubuh agar tetap seimbang. Jangan sampai lupa bahwa mengatur sesuai kemampuan merupakan hal terpenting daripada terus memaksakan diri hanya membuat kesal.

  1. Lompat Tali di Halaman Rumah

olahraga untuk menurunkan berat badan

Saat ini aktivitas olahraga untuk menurunkan berat badan dari rumah sedang digemari banyak orang sejak pandemi muncul. Karena hanya berada di rumah terus, wajar apabila berat badan cenderung naik signifikan.

Hal tersebut disebabkan karena jarang melakukan aktivitas berat seperti keluar sehari-hari ketika bekerja. Tetapi semua kegiatan sekarang bisa dilakukan dari tempat tinggal masing-masing tanpa harus keluar sudah bisa membuahkan hasil.

Mencoba lompat tali juga menjadi latihan sederhana, sebab dapat dilakukan melalui halaman rumah. Pembakaran kalori sangat tinggi membuat olahraga yang maksimal akan membuahkan penurunan drastis pada angka berat badan pribadi.

Lakukan gerakan skipping mulai dari sejak dini, 10 kalori per menit akan dibakar selama olahraga berlangsung. Buatlah aktivitas lompat tali menjadi lebih rajin dan memberikan waktu minimal 10 menit.

Belum selesai begitu saja, olahraga untuk menurunkan berat badan cardio juga wajib dicoba sekarang. Mungkin masih banyak orang belum paham bahwa ketika cardio dilakukan ternyata dapat memberikan dampak sangat bermanfaat.

Olahraga untuk menurunkan berat badan satu ini dijamin paling ampuh dalam menurunkan berat dari tubuh diri kita secara cepat. Dikarenakan seluruh otot-otot dalam tubuh dapat terlatih secara baik dan pastinya membuat badan cepat singset.

Jika ingin melaksanakan dari rumah saja, tentu mulai sekarang biasakan untuk naik turun tangga dalam waktu yang sudah ditentukan. Selain naik turun tangga, ternyata jogging merupakan jenis olahraga cardio.

  1. Melakukan Squats Pada Badan

olahraga untuk menurunkan berat badan

Masih penasaran lagi, sekarang keberadaan latihan squats mungkin telah diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Apalagi untuk melakukan latihan jenis ini bisa dilakukan sangat mudah bahkan tanpa memerlukan sebuah alat apapun.

Sehingga Anda bisa mencoba olahraga untuk menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal. Mulai dari paha sampai dengan bokong ketika rajin melakukan squats dijamin terhindar dari kegemukan.

Jangan sampai hal ini terlewatkan apabila ingin memperoleh manfaat luar biasa ketika mengisi waktu luang. Cara dalam melaksanakan squats pertama berdirilah tegak seperti pada umumnya, kemudian kaki dibuka selebar bahu.

Lalu turunkan pinggul Anda sampai menyerupai orang duduk dengan setiap turunan ditahan menggunakan feeling. Setelah itu cukup kembali ke posisi berdiri tegak seperti biasa, di sini harus dilakukan secara sering.

Paling tidak, lakukan hitungan sampai dengan 20 kali agar hasilnya bisa dilihat dalam waktu singkat. Usahakan selalu melakukan secara rutin dan benar agar squats mampu maksimal tanpa harus berolahraga berat.

Berikutnya dalam olahraga untuk menurunkan berat badan terdapat varian lain dalam mengecilkan badan agar singset yaitu dengan melakukan side leg raise. Tidak perlu peralatan, Anda bisa membakar lemak sampai kalori diri sendiri dalam waktu sangat cepat.

Caranya paling pertama badan harus tertidur dengan posisi menyamping tumpuan menggunakan satu kaki dan tangan. Kemudian angkatlah kaki yang bukan tumpuan ke atas agar membentuk sudut 45 derajat, lakukan berulang-ulang ini menjadi salah satu olahraga untuk menurunkan berat badan.

  1. Berenang 30 Menit Saja

olahraga untuk menurunkan berat badan

Bila Anda sedang mencari olahraga untuk menurunkan berat badan secara signifikan tentu berenang adalah solusi terbaik. Apalagi jika sudah mempunyai kolam renang pribadi, kini tidak perlu mendatangi tempat terdekat lagi.

Cukup biasakan diri untuk berenang maksimal 30 menit saja dijamin ampuh dalam membuat berat badan turun. Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin agar 300 kalori dapat terbakar selama aktivitas renang berlangsung.

Selain mengecilkan bentuk tubuh, ternyata dengan berenang juga bisa membuat kekuatan otot meningkat. Mengingat mengatur pernafasan menjadi teknik dasar dalam berenang, tentunya membuat kesehatan paru-paru hingga jantung dapat terjaga kesehatannya.

Agar bisa mewujudkan keinginan berbadan kurus secara cepat, Anda harus melakukan olahraga dengan rutin. Kalau bisa harus berolahraga dengan intensitas tinggi namun jangan lupa diberikan selang waktu agar tidak kelelahan.

Mengajak mentor profesional juga disarankan apabila ingin membuat tubuh menjadi lebih indah bentuknya. Dikarenakan mentor selalu memandu semua muridnya agar terus melakukan olahraga secara teratur dan tidak menyalahi teknik dasarnya.

Terakhir, konsistensi menjadi kunci supaya tubuh Anda lebih singset dalam waktu dekat tanpa konsumsi obat-obatan. Mulai sejak dini harus pAndai menjaga pola makan demi mencegah tubuh kembali berat setelah berolahraga.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penunjang Cheat Mobile Legends di HP Android

Tertarik untuk mencoba? Mulai sekarang Anda harus membuktikan sendiri dari rumah. Jangan cemas, mengingat olahraga untuk menurunkan berat badan di atas dijamin ampuh dan harus diterapkan guna mencegah terjadinya obesitas.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *