Edukasi Olahraga

Beberapa Manfaat Berolahraga Saat Puasa Perlu Diketahui

5 Mins read

Sampai sekarang, manfaat berolahraga saat puasa masih dipercaya efektifitasnya. Bahkan, banyak orang sengaja melakukan aktifitas seperti ini untuk menunggu waktu berbuka. Jadi, tentu saja manfaatnya ada banyak sekali.

Setiap orang mungkin akan mengambil manfaat berbeda-beda sesuai kebutuhan. Ada yang ingin menyehatkan kondisi badan, menunggu waktu berbuka, hingga karena ingin mengisi waktu luang saja.

Baca Juga: Tujuan Permainan Bola Basket yang Membuatnya Ramai Dimainkan

Puasa bukan sebuah penghalang untuk melakukan aktifitas olahraga. Beberapa ahli kesehatan malah merekomendasikan tetap berolahraga meski sedang berpuasa. Namun tentu saja harus mengikuti beberapa tips supaya tetap kuat menjalankan puasa.

Namun, sebenarnya apa saja manfaat berolahraga ketika sedang berpuasa? Apakah hanya untuk mengisi waktu luang saja atau masih banyak lagi manfaat lainnya?

Oleh sebab itu, berikut beberapa manfaat berolahraga saat puasa.

Manfaat Berolahraga Saat Puasa untuk Menjaga Metabolisme Tubuh

manfaat berolahraga saat puasa

Banyak ahli kesehatan menyarankan olahraga sebagai salah satu gaya hidup sehat. Hal tersebut karena mampu menjaga metabolisme dalam tubuh. Dengan begitu, semua bagian tubuh tetap memiliki aktifitas bermanfaat.

Metabolisme tubuh memang perlu dijaga supaya tetap berjalan baik. manfaat berolahraga saat puasa adalah menjaga perubahan signifikan pada metabolisme tubuh. Beberapa metabolisme akan tetap terjaga dan terkontrol selama menjalankan puasa.

  1. Menjaga Kinerja Hormon

Berpuasa biasanya membuat beberapa orang malas untuk bergerak, apalagi olahraga. Namun, justru ketika Anda olahraga maka akan ada manfaat besar yang didapat. Sebut saja menjaga kinerja hormon supaya tetap terkontrol.

Bahkan, ketika Anda berolahraga pada saat berpuasa maka insulin menjadi lebih sensitif. Artinya nanti Anda akan memiliki risiko rendah terkena penyakit berbahaya, misalnya saja adalah diabetes.

  1. Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Tidak jarang beberapa orang mengalami masalah pada berat badan selama berpuasa. Meskipun selama seharian menahan makan dan minum, namun ketika sudah berbuka malah memakan apa saja yang ada di meja.

Bayangkan saja selama 1 bulan Anda memiliki rutinitas seperti ini. Pasti berat badan akan malah meningkat. Untuk itu, salah cara mengatasinya adalah dengan berolahraga untuk membakar lemak.

  1. Memperlancar Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi umumnya terjadi saat organ pencernaan bekerja. Lalu, bagaimana saat sedang berpuasa? Tentu organ pencernaan juga berhenti bekerja, bukan? Jadi proses detoksifikasi juga pastinya tidak berjalan.

Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan dengan cara berolahraga. Melalui keringat yang keluar, itu juga menjadi salah satu detoksifikasi. Kotoran dan racun dalam tubuh bisa keluar bersama keringat.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

manfaat berolahraga saat puasa

Manfaat berolahraga saat puasa memang tidak makan serta minum selama 12 jam lebih. Namun, biasanya semua rasa lapar akan dilampiaskan pada saat berbuka. Semua jenis makanan bisa dimakan dalam sekali waktu.

Cara berbuka seperti ini selain tidak sehat bagi organ pencernaan, namun juga tidak baik bagi kondisi tubuh. Apalagi jika menu berbuka adalah makanan berlemak yang bisa menyebabkan obesitas.

Lalu, bagaimana jika menu makanan seperti ini Anda makan selama 30 hari penuh? Tentu jawabannya adalah berat badan menjadi meningkat. Oleh sebab itu Anda perlu berolahraga untuk menyeimbangkannya.

Menjaga berat badan tetap ideal juga merupakan manfaat berolahraga saat puasa. Tentunya Anda juga tidak ingin jika memiliki tubuh tidak ideal. Hal tersebut bisa berpengaruh pada penampilan.

Melakukan olahraga ringan selama 30 menit bisa membakar lemak dalam jumlah besar. Beberapa racun dalam tubuh juga akan keluar bersamaan dengan keringat. Tidak heran mengapa beberapa ahli kesehatan menyarankannya.

Namun, usahakan jangan terlalu berlebihan dalam melakukan aktifitas olahraga. Selama puasa, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk menahan rasa lapar. Jika menekan dengan aktifitas berat maka akan timbul masalah kesehatan.

Jadi upayakan untuk melakukan olahraga secara rutin dan tidak memberatkan. Lakukan selama 30 menit setiap pagi atau sore hari. Dengan begitu, berat badan akan tetap terkontrol selama berpuasa.

Meningkatkan Semangat Saat Menjalankan Puasa

manfaat berolahraga saat puasa

Pada dasarnya, ketika seseorang sedang berpuasa maka dianjurkan tidak melakukan aktifitas berat. Namun bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dengan alasan supaya tidak lelah serta mampu menjaga puasa hingga berbuka.

Padahal, melakukan beberapa aktifitas ringan seperti olahraga jogging atau jalan-jalan memiliki manfaat besar. Aktifitas yang tidak terlalu berat dan bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan.

Ada sebuah penelitian dari University of Vermont yang menjelaskan fakta menarik manfaat berolahraga saat puasa. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa olahraga ringan selama 20 menit bisa meningkatkan suasana hati.

Jika suasa hati sedang baik, maka siapa saja pasti akan merasa semangat menjalankan puasa. Setidaknya penelitian tersebut membuktikan bahwa berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk terus bermalas-malasan.

Malah sebaliknya, Anda harus melakukan aktifitas olahraga ringan jika ingin mendapatkan suasana hati lebih baik. Apalagi jika Anda memiliki hari yang berat akibat pekerjaan di kantor.

Meningkatkan semangat pada Bulan Ramadhan artinya Anda juga memiliki kesempatan lebih besar menebar kebaikan. Suasana hati baik dan semangat menjalankan ibadah hingga selesai pastinya mendorong untuk melakukan banya hal baik.

Manfaat Berolahraga Saat Puasa untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif

manfaat berolahraga saat puasa

Olahraga ringan merupakan latihan yang tepat untuk fungsi kognitif serta memaksimalkan konsentrasi. Apalagi, selama melakukan olahraga apapun maka seseorang dituntut tetap fokus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Fungsi kognitif sendiri merupakan salah satu peranan penting dalam kecerdasan seseorang. Fungsi ini memberikan kemampuan untuk menangkap, menyimpan, menyeleksi, hingga melakukan tindakan terhadap suatu rangsangan.

Artinya, jika fungsi kognitif terjaga dengan baik maka Anda bisa melakukan respon lebih baik terhadap rangsangan dari luar. Tubuh juga lebih aktif dalam merespos semua sentuhan dari luar.

Fungsi kognitif yang baik juga merupakan manfaat berolahraga saat puasa. Ketika fungsi kognitif lebih aktif dan maksimal, maka Anda memiliki kehidupan lebih baik. Apalagi dalam hal mempertahankan daya ingat.

Sedangkanmanfaat berolahraga saat puasa adalah menjaga tubuh tetap berkonsentrasi. Tanpa konsentrasi, maka akan sulit mengerjakan berbagi pekerjaan. Anda lebih mudah terkena distrack dari luar yang membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Itulah mengapa sekarang banyak ahli kesehatan tetap menyarankan tetap olahraga meskipun sedang berpuasa. Manfaat besar seperti ini tentu tidak ingin Anda lewatkan begitu saja, bukan?

Meningkatkan Perkembangan Tubuh Menjadi Lebih Baik

Olahraga menjadi salah satu jalan jika Anda ingin memiliki perkembangan tubuh lebih baik. Bahkan, meskipun sedang berpuasa sekalipun tetap dianjurkan melakukan beberapa aktifitas ringan demi memiliki tingkat pertumbuhan lebih baik.

  1. Meningkatkan Kadar HGH

Salah satu manfaat berolahraga saat puasa adalah meningkatkan kadar HGH atau Human Growth Hormon. Hormon tersebut bertanggungjawab terhadap pertumbuhan manusia dari kecil hingga menjadi dewasa.

Selain itu, HGH juga bermanfaat untuk membentuk jaringan otot kuat pada tubuh. Fungsi tubuh juga tidak akan mengalami gangguan. Itulah mengapa orang dengan kadar HGH cukup memiliki kondisi tubuh baik.

  1. Meningkatkan Protein dalam Otak

Selain itu, latihan ringan ketika sedang berpuasa juga mampu merangsang produksi protein pada sel-sel otak. Tubuh lebih aktif ketika sel otak memiliki kadar protein cukup untuk melakukan rangsangan terhadap sentuhan.

Sebagai contoh, faktor neurotropik atau brain-derived neurotropic factor (BDNF) berperan penting untuk meningkatkan daya ingat. Apa jadinya jika masih usia 20 atau 30-an Anda sudah memiliki masalah pada daya ingat.

  1. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika melakukan olahraga ringan meskipun sedang berpuasa adalah meningkatnya massa otot. Jaringan otot serta adiposa di beberapa anggota tubuh akan jauh lebih optimal.

Jaringan otot serta adiposa sangat penting bagi orang-orang dengan aktifitas tinggi, misalnya seorang atlet. Hal tersebut karena kontrol pada tubuh sangat diperlukan supaya antara lemak serta berat badan tetap seimbang.

Mengisi Waktu Luang Pada Sore Hari

manfaat berolahraga saat puasa

Manfaat berolahraga saat puasa yang terakhir mungkin tidak berkaitan langsung dengan kesehatan. Namun tentu saja masih menjadi sebuah hal baik untuk mengisi waktu luang daripada menghabiskannya demi hal kurang bermanfaat.

Olahraga ringan pada sore hari bisa dijadikan sebagai alternatif menunggu waktu berbuka. Melakukan hal bermanfaat tentu akan jauh lebih baik, bukan? Apalagi jika dibandingkan dengan hanya menghabiskan dengan bermain game.

Misalnya, Anda melakukan aktifitas lompat tali selama 30 menit. Jika sudah lelah, maka istirahat sebentar dan kemudian mandi. Setelah mandi maka pasti waktu berbuka sudah tiba.

Sesuaikan saja waktunya untuk lebih mudah menunggu waktu berbuka. Misalnya memulai aktifitas pada jam 5 sore. Maka, Anda hanya perlu olahraga ringan sekitar 30 menit saja sebelum berbuka puasa.

Baca Juga : Bermain Sepakbola Saat Puasa Apakah Bisa? Ini Tipsnya

Berpuasa adalah sebuah kewajiban bagi kaum muslim, namun bukan berarti menjadikan diri sendiri bermalas-malasan. Malah seharusnya Anda harus tetap melakukan aktifitas karena manfaat berolahraga saat puasa sangat banyak sekali.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *