Edukasi Olahraga

Macam-macam Gaya Renang Serta Teknik Dasarnya

5 Mins read

Renang adalah cabang olahraga yang digemari hampir oleh seluruh rakyat Indonesia, selain itu kegiatan berenang juga tidak membosankan sebab adanya macam-macam gaya renang. Lalu apa saja gaya berenang yang cocok untuk Anda? Simak artikel ini hingga selesai!

Berenang adalah olahraga yang disukai oleh semua lapisan baik anak-anak atau bahkan orang dewasa. Karena kepopuleran inilah membuat olahraga ini dimasukkan menjadi salah satu cabang olahraga di beberapa pagelaran internasional seperti Asian Games dan lain-lain.

Baca Juga : Teknik Dasar Tenis Meja Mudah Dipelajari Pemula

Jika Anda tidak bisa berenang sudah saatnya mulai belajar berenang dan rasakan beragam manfaatnya. Selain menyehatkan bagi kesehatan berenang juga tentu sangat mengasyikkan, apalagi jika Anda sedang stres renang merupakan olahraga yang tepat.

Kegiatan berenang juga akan lebih menyenangkan jika dibarengi dengan macam-macam gaya renang. Akan tetapi sebelum lanjut ke bagaimana cara guna mencoba gaya renang, alangkah baiknya tambah wawasan Anda terkait sejarah renang.

Sejarah Olahraga Renang Masuk Ke Indonesia

Renang sebenarnya sudah ada sejak jaman umat manusia mengenal bagaimana cara menulis. Hal tersebut didukung dengan adanya lukisan prasejarah di dalam gua tentang olahraga renang ini. Berenang di jaman primitif tersebut hanya bertujuan guna berburu mencari ikan.

Olahraga ini mulai resmi menjadi salah satu cabang olahraga resmi di abad ke-19, tepatnya tahun 1837 di kota London, Inggris. Di awal kemunculannya di Inggris sarana untuk berenang hanya disediakan sekitar enam kolam renang saja.

Di Indonesia olahraga ini mulai populer pertama kali di kota Bandung tepatnya tahun 1904 di Cihampelas. Dari kota Bandung ini renang mulai menyebar ke seluruh wilayah Indonesia seperti kota Surabaya dan Jakarta.

Setelah kepopuleran berenang semakin meningkat, barulah bermunculan organisasi-organisasi yang mewadahi kegiatan renang. Salah satu organisasi yang cukup terkenal pada masanya adalah Bandungsche Zwembond didirikan tahun 1917.

Awal munculnya olahraga renang di olimpiade tepatnya di Far Eastern Games yang diadakan tahun 1934 di Filipina. Indonesia yang dahulu bernama Hindia Belanda mendapatkan prestasi membanggakan, yaitu dua peloncat tingginya lolos sebagai juara.

4 Perlengkapan Pendukung Kegiatan Berenang

macam-macam gaya renang

Untuk menunjang dengan macam-macam gaya renang tentunya dibutuhkan perlengkapan pendukung. Nah, jika bingung apa saja yang harus disiapkan agar kegiatan olahraga air ini bisa aman dan nyaman, berikut beragam perlengkapannya.

  1. Baju Renang

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah baju renang. Fungsi dari baju ini tentunya untuk melindungi atau menutupi badan Anda agar meminimalisir dari dinginnya air atau melindungi dari gesekan dengan air. Sekarang baju ini mengedepankan fashion serta fungsinya.

  1. Kacamata Berenang

Perlengkapan selanjutnya adalah kacamata khusus untuk berenang. Kacamata ini memiliki fungsi yang penting yaitu berfungsi untuk menjaga mata Anda dari air kolam renang yang sudah tercampur dengan kaporit. Selain itu jarak pandang Anda juga akan lebih jauh.

  1. Penutup Kepala

Perlengkapan ini sering kali dilupakan oleh para perenang pemula, padahal perlengkapan ini memiliki fungsi yang penting. Fungsinya adalah untuk melindungi area kepala Anda dari air kolam yang mengandung kaporit, sebab air kaporit bisa merusak rambut dan kulitnya.

  1. Papan Pelampung

Untuk pemula yang baru terjun ke olahraga air ini merupakan hal yang penting. Sebab papan pelampung memiliki fungsi untuk belajar mengapung serta meluncur. Selain itu papan pelampung juga bisa dijadikan media untuk belajar gaya dada.

Setelah menyiapkan beberapa perlengkapan di atas maka Anda sudah bisa mencoba beberapa teknik berenang. Jika Anda ingin mencoba beberapa gayanya, berikut rekomendasi dengan gaya renang untuk anak-anak dan dewasa.

Macam-macam Gaya Renang untuk Anak-anak

macam-macam gaya renang

Tidak semua gaya berenang bisa dicoba oleh anak-anak, jika salah dalam memilih gaya berenang maka bisa berakibat fatal. Nah, agar kegiatan olahraga air ini tetap menyenangkan dan lebih aman, berikut beberapa rekomendasi gayanya.

  1. Bebas

Macam-macam gaya renang Gaya berenang yang sangat mudah untuk dicoba adalah gaya bebas. Karena kemudahan untuk mempraktikkan inilah maka gaya bebas ini rekomendasi yang tepat bagi anak-anak, lalu bagaimana teknik untuk berhasil mencobanya?

Untuk mencobanya terbilang mudah, pertama pastikan sudah pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang. Macam-macam gaya renang gaya bebas yaitu bada diposisikan di atas air, ayunkan tangan ke arah depan, dan kemudian gerakan kaki seperti menggunting.

  1. Dada

Macam-macam gaya renang selanjutnya adalah gaya dada, gayanya ini hampir sama dengan teknik renang katak. Gaya ini cocok untuk para pemula khususnya anak-anak karena terbilang mudah untuk dicoba.

Tekniknya yaitu pertama tangan ayunkan ke depan, lalu bentuk badan seperti katak, selanjutnya untuk mengambil napas bisa mendorongkan kaki agar kepala Anda bisa muncul ke permukaan. Gaya ini sangat cocok ketika ingin berenang dengan santai.

  1. Kupu-kupu

Selanjutnya Macam-macam gaya renang adalah kupu-kupu atau juga disebut lumba-lumba. Gaya ini merupakan modifikasi dari dada, untuk teknik dasarnya harus memiliki lengan yang kuat, sebab gaya kupu-kupu memusatkan gayanya ke lengan.

Untuk bagian kaki, ketika menggunakan gaya ini dirapatkan lalu mengikuti alur badan. Ketika menggunakan gaya ini maka kecepatan Anda melaju di dalam air lebih cepat tanpa haru mengeluarkan tenaga lebih.

Macam-macam Gaya Renang untuk Dewasa

macam-macam gaya renang

Berbagai macam gaya renang selanjutnya adalah untuk orang dewasa. Akan tetapi bukan berarti anak-anak tidak bisa menggunakan gaya ini, tapi lebih baik jangan. Nah, agar kegiatan berenangan Anda lebih menyenangkan dan tidak membosankan, berikut beberapa gayanya.

  1. Punggung

Macam-macam gaya renang untuk gaya punggung adalah teknik berenang dengan posisi tubuh telentang atau pandangan Anda melihat ke atas, bagian punggung di dalam air. Untuk teknik ini terbilang lumayan sulit sehingga lebih baik untuk orang dewasa.

Untuk teknik antara tangan dan kaki sama halnya dengan gaya bebas, akan tetapi gunakan arah yang berlawan. Dengan menggunakan teknik ini Anda bisa bernapas dengan leluasa karena hidung Anda berada di luar air.

  1. Gaya Anjing

Macam-macam gaya renang satu ini tidak sepopuler yang lain akan tetapi ketika menggunakan gaya ini Anda bisa berenang lebih menyenangkan serta bernapas lebih leluasa. Untuk mencoba gaya ini memerlukan teknik terbilang sulit dan tenaga lebih besar.

Caranya terbilang mudah Anda hanya perlu menirukan anjing ketika berenang saja dengan kepala di luar air. Agar lebih jelas tekniknya yaitu Anda berdiri saja lalu ayunkan kaki dan tangan ke bawah secara bersamaan agar Anda bisa mengambang dan melaju ke depan.

  1. Menyamping

Macam-macam gaya renang rekomendasi terakhir adalah menggunakan gaya ke samping. Ini jarang sekali digunakan akan tetapi dengan mencobanya Anda bisa berenang dengan lebih menyenangkan serta tidak perlu repot-repot untuk menahan napas.

Macam-macam gaya renang untuk mencobanya yaitu pertama badan ke samping, buka lebar kaki Anda membentuk seperti gunting. Lalu tangan Anda yang di dalam air gerakan seperti mengayuh, samakan gerakan tangan dengan gerakan kaki Anda yang menggunting.

Manfaat Luar Biasa Renang Bagi Kesehatan

macam-macam gaya renang

Selain dapat menyenangkan berkat macam-macam gaya renang, renang juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Anda. Ketika berenang dengan benar maka manfaatnya bisa didapatkan, berikut ini beberapa manfaat renang bagi kesehatan.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah salah satu bagian paling penting untuk dijaga karena fungsi dari organ ini sangat vital. Nah, untuk menjaga kesehatan jantung berenang merupakan cara paling tepat, rutin berenang selama sebelas Minggu dapat membuat aliran darah menjadi lancar.

  1. Membuat Berat Badan Lebih Ideal

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang proporsional berenang merupakan salah satu cara yang tepat. Berenang dalam waktu sekitar satu jam dipercaya dapat membakar 100 hingga 200 kalori pada tubuh Anda. Semakin rutin Anda berenang semakin badan menjadi lebih ideal.

  1. Menambah Tinggi Badan

Selain dapat menjaga berat badan tetap ideal, olahraga air ini juga bermanfaat untuk membuat tinggi badan Anda meningkat. Olahraga ini mengandalkan fisik berupa otot dan tuang sehingga membuat Anda akan cepat menambah tinggi badan.

  1. Membuat Pikiran Tenang

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga air ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Ketika berenang tubuh Anda khususnya otot-otot akan jadi lebih tenang sehingga akan terhindar dari stres dan depresi.

Baca Juga : Teknik Renang Gaya Bebas dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Renang merupakan cabang olahraga yang terbilang populer di Indonesia. Banyak hal yang membuat olahraga ini mulai dari manfaatnya bagi kesehatan serta adanya variasi gaya berenang, jadi agar kegiatan renang Anda tetap senang coba macam-macam gaya renang.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *