Edukasi Olahraga

Jenis Olahraga Apa Saat Puasa yang Tidak Memberatkan?

5 Mins read

Olahraga apa saat puasa yang cocok dan tidak memberatkan? Mungkin itu adalah pertanyaan dari banyak orang, tidak terkecuali dengan Anda. Apalagi jika Anda adalah orang yang sangat suka berolahraga.

Meskipun sedang berpuasa, namun bukan berarti harus malas-malasan, bukan? Tubuh tetap harus diberikan aktifitas supaya tidak mudah lemas. Bahkan, olahraga sangat membantu kebugaran fisik selama menjalani puasa seharian.

Baca Juga : Ingin Memilih Raket untuk Bermain Badminton?

Namun, tentunya tidak semua olahraga bisa Anda lakukan di siang hari. Tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan.

Lalu, jenis kegiatan atau aktifitas olahraga olahraga apa saat puasa?

Jogging Keliling Komplek

olahraga apa saat puasa

Aktifitas pertama yang dapat Anda lakukan adalah jogging keliling komplek. Aktifitas ini dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari. Namun, kebanyakan lebih memilih pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka.

Aktifitas seperti ini selain dapat menyehatkan badan, namun juga dapat menyehatkan pikiran. Anda bisa membayangkan bagaimana terkurung dalam rumah selama seharian. Sedangkan pikiran membutuhkan suasana baru supaya tidak stres.

Jogging dapat menjadi alternatif olahraga yang sesuai saat puasa dengan cukup mudah. Apalagi, kegiatan seperti ini bisa dilakukan bersama orang lain. Jadi Anda punya teman mengobrol saat ada di luar rumah.

Lebih penting lagi adalah jogging tidak membuat tubuh merasakan lelah berlebihan. Apalagi aktifitas seperti ini malah membuat otot-otot tubuh lebih rileks. Bahkan nantinya Anda akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel.

Jadi, jogging bisa menjadi salah satu alternatif paling mudah jika Anda ingin berolahraga saat sedang puasa. Puasa tetap berjalan dan badan masih tetap terjaga kebugarannya.

Olahraga Apa saat Puasa? Bersepeda Bisa Jadi Alternatif

olahraga apa saat puasa

Kegiatan bersepeda beberapa waktu lalu sangat populer di kalangan masyarakat. Bahkan, beberapa orang rela membeli sepeda dengan harga puluhan juta rupiah. Tidak heran beberapa model sepeda sangat laris di pasaran.

Kegiatan seperti ini bisa Anda lakukan pada sore hari untuk menunggu waktu berbuka. Melakukan aktifitas bersepeda keliling komplek juga sangat baik untuk menghilangkan kebosanan, apalagi saat suasana hati tidak baik.

Namun, jika ingin mendapatkan manfaat lebih besa Anda bisa melakukan aktifitas bersepeda pada pagi hari. Selain mendapatkan Vitamin D yang baik, Anda juga bisa mengeluarkan keringat kotor dalam tubuh.

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan pantai, maka ini bisa menjadi keuntungan tersendiri. Bersepeda di sepanjang pantai dan menikmati cahaya sore hari. Tentunya aktifitas seperti ini sangat membantu pikiran.

Bersepeda bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang cocok puasa jika Anda ingin tetap bugar. Aktifitas yang ringan namun tubuh tetap sehat dan banyak manfaat didapatkan.

Tenis Meja Bersama-sama Keluarga atau Teman

olahraga apa saat puasa

Mungkin tidak banyak orang yang bisa memainkan olahraga satu ini. Namun, sekali saja Anda mencobanya dijamin pasti akan ketagihan. Oleh sebab itu tenis meja menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

Seperti namanya, olahraga ini tidak perlu area luas untuk memainkannya. Itulah mengapa tenis meja cocok sebagai olahraga yang tidak memberatkan. Bahkan sangat direkomendasikan karena bentuk permainannya cukup mudah.

Tenis meja tidak membutuhkan gerakan rumit ataupun menyulitkan. Anda hanya perlu menangkis bila dengan bed khusus. Tidak salah memang jika tenis meja menjadi olahraga apa saat puasa yang paling cocok.

Anda bisa memainkannya di halaman depan rumah bersama keluarga atau orang lain. Tidak perlu pergi jauh apalagi biaya mahal. Cukup menyiapkan papan meja khusus serta beberapa perangkat tambahan.

Permainan yang cukup mudah tersebut pastinya tidak akan mengganggu puasa Anda. Bahkan malah sebaliknya, Anda bisa mendapatkan kebugaran karena mengeluarkan keringat kotor dari dalam tubuh.

Olahraga Badminton di Depan Rumah

olahraga apa saat puasa

Bulutangkis atau badminton menjadi salah satu Olahraga apa saat puasa paling populer di Indonesia. Beberapa nama besar juga lahir dari olahraga satu ini. Sebut saja Taufik Hidayat atau Susanti yang telah menjadi legenda.

Oleh sebab itu, jika Anda bertanya tentang olahraga saat berpuasa yang cocok, maka jawabannya adalah bulutangkis. Permainan yang sederhana dan bisa dimainkan oleh siapapun tanpa memandang usia.

Untuk bermain bulutangkis sendiri sebenarnya tidak harus bermain di lapangan resmi. Asalkan Anda memiliki area luas di sekitar rumah, maka bisa dipakai untuk bermain bulutangkis pada sore hari.

Hal ini lebih mudah karena tidak perlu pergi jah dari rumah. Waktu istirahat juga lebih fleksibel karena berdekatan dengan tempat tinggal Anda. Bahkan, ketika sudah waktunya berbuka juga sangat mudah.

Oleh sebab itu, bulutangkis bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi Anda. Terutama jika ingin sebuah aktifitas sederhana namun berdamak besar. Itulah mengapa olahraga ini cukup populer.

Permainan yang Mengasah Otak, Catur

olahraga apa saat puasa

Tidak ingin melakukan aktifitas di luar rumah namun tetap ingin berolahraga? Maka catur bisa menjadi salah satu Olahraga apa saat puasa solusinya. Permainan catur tidak membutuhkan aktifitas luar rumah, bahkan bisa dilakukan dengan rebahan.

Mungkin dari semua jenis olahraga apa saat puasa yang paling tidak memberatkan adalah permainan catur. Permainan ini tidak membutuhkan aktifitas fisik, hanya membutuhkan kemampuan berpikir cepat saja.

Permainan catur bisa dimainkan kapan saja dan bersama siapa saja. Namun Anda harus bermain dengan orang yang sudah memahami bagaimana catur dimainkan. Jangan sampai mengajak bermain orang yang masih amatiran.

Biasanya, catur lebih sering dimainkan pada saat malam hari, terutama saat menjelang sahur. Beberapa orang di pos ronda lebih memilih menunggu waktu sahur dengan memainkannya bersama orang lain.

Keuntungan dari permainan catur sendiri adalah meningkatkan kemampuan berpikir. Ini cukup penting bagi setiap orang supaya mampu melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang untuk memperkaya pengetahuan.

Yoga untuk Media Relaksasi dari Kesibukan

olahraga apa saat puasa

Bagi sebagian orang, berpuasa mungkin hal yang sangat sulit. Apalagi jika memiliki kesibukan harian yang padat dari pagi hingga sore. Tidak heran jika rasa stres sering melanda.

Namun, ada dengan melakukan Yoga maka Anda bisa menghindari masalah tersebut. Olahraga apa saat puasa yang melatih dan memperkuat sistem imun tubuh demi meningkatkan kualitas hidup lebih baik.

Yoga bisa memberikan efek positif berupa media relaksasi. Artinya, emosi dan stamina akan jauh lebih terkontrol. Hal tersebut memberikan efek tidak terduga bagi siapa saja yang melakukan Yoga.

Mampu melatih emosi positif berarti mampu mengendalikan emosi dalam pikiran. Itulah mengapa Yoga menjadi salah satu Olahraga apa saat puasa yang paling sesuai. Jadi hati dan pikiran akan jauh lebih terkontrol.

Ditambah dengan tidak dibutuhkannya banyak perlengkapan khusus, maka setiap orang bisa melakukannya. Anda hanya membutuhkan karpet dan mulai melakukan gerakan Yoga di dalam atau halaman belakang rumah.

Angkat BebanĀ untuk Menguatkan Lengan

olahraga apa saat puasa

Olahraga apa saat puasa yang cocok untuk menguatkan lengan? Tentu jawabannya adalah angkat beban. Sebuah aktifitas yang bisa dipakai untuk menguatkan beberapa otot tubuh, termasuk lengan.

Mungkin bagi beberapa orang melakukan gerakan berlebihan saat Olahraga apa saat puasa akan sangat menyulitkan. Sebagai gantinya, maka dilakukan aktifitas lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan maupun kebugaran tubuh.

Angkat beban bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal usia maupun gender. Apalagi, aktifitas angkat beban juga tidak mengharuskan Anda mengangkat beban dalam jumlah besar sekaligus.

Cukup latihan mulai dari 1 kg terlebih dahulu selama beberapa hari. Jika sudah terbiasa, maka bisa meningkatkan beratnya menjadi 3 kg. Lakukan secara rutin supaya lengan bisa terbiasa.

Anda bisa menggunakan barbel asli atau membuatnya sendiri dari semen. Namun, jika ingin lebih mudah maka gunakan barbel asli. Selain beratnya seimbang, namun juga ada banyak pilihan berat.

Senam Kardio yang Simpel dan Menyenangkan

olahraga apa saat puasa

Salah satu Olahraga apa saat puasa yang bisa dilakukan bersama-sama adalah senam kardio. Anda bisa melakukannya di depan rumah bersama orang lain. Bahkan kegiatan ini jauh lebih menyenangkan.

Bersama orang lain, tentunya senam menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Apalagi jika melakukannya pada sore hari bersama menunggu saat berbuka. Tentu akan jadi kegiatan paling bermanfaat.

Ditambah senam kardio tidak mengenal usia maupun gender. Siapa saja bisa mengikutinya dengan irama musik atau tanpa irama. Inilah mengapa saat sore hari banyak ibu-ibu komplek memilih senam bersama.

Selain sebagai tempat silaturahmi, senam kardio memberikan manfaat besar. Peredaran darah yang tersumbat bisa lancar. Bahkan, senam kardio bisa dijadikan sebagai media untuk menyegarkan tubuh setelah seharian melakukan aktifitas berat.

Baca Juga : Inilah Power Forward Legenda dan Terbaik Dalam NBA

Berpuasa bukan alasan malas melakukan aktifitas. Malah seharusnya menjadikan diri sendiri untuk lebih aktif dalam menjalankan aktifitas. Oleh sebab itu ada banyak rekomendasi olahraga apa saat puasa yang paling cocok.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *