Bela DiriEdukasi Olahraga

Sejarah Pencak Silat Asal Usul Hingga Perguruan Terpopuler

5 Mins read

Mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang olahraga satu ini namun belum memahami tentang sejarah pencak silat. Sekedar mengikuti trend agar bisa terlihat keren karena menguasai silat tidaklah baik.

Pencak silat memiliki nilai budaya Indonesia perlu dilestarikan agar tidak diakui oleh negara lain. Serta terus dikembangkan agar keberadaannya bisa terus ada dan diminati dari generasi ke generasi.

Baca Juga : 9 Teknik Dasar Pencak Silat Pemula Mudah Dipelajari

Sebagai generasi muda tidak ada salahnya jika Anda mempelajari tentang sejarah baik asal usul, legenda tokoh dan lainnya. Mengingat olahraga ini memiliki sejarah panjang dari nenek moyang untuk dilestarikan.

Gerakan dalam pencak silat pada umumnya seperti meniru gerakan binatang dengan tujuan melindungi diri. Ternyata gerakan yang ada sangat kompleks karena masing-masing daerah memiliki aliran berbeda sehingga menarik dibahas.

Sekilas Sejarah Pencak Silat Sudah Menyebar ke Seluruh Nusantara

Sebelum membahas lebih jauh tidak ada salahnya jika Anda memahami betul tentang sejarah pencak silat. Pencak silat sebenarnya berasal dari dua kata yaitu pencak dan silat dimana memiliki arti sendiri-sendiri.

Istilah silat sudah dikenal secara luas di berbagai negara di Asia Tenggara sementara pencak hanya dipakai di Indonesia. Kata pencak sendiri sering digunakan di Indonesia terutama yaitu pulau Jawa.

Sedangkan kata silat sendiri sudah familiar digunakan pada daerah selain Jawa yaitu Sumatra, Kalimantan dan Semenanjung Malaya. Tidak sekedar perbedaan istilah namun juga memiliki arti yang juga berbeda.

Sejarah pencak silat sendiri mengedepankan unsur seni sehingga pada setiap penampilannya selalu saja ada keindahan gerakan. Sementara itu silat menjadi inti dari ajaran bela diri yang nantinya digabungkan dengan istilah pencak.

Jadi kalau kedua istilah tersebut digabungkan menjadi pencak silat maka memiliki arti bela diri yang mengedepankan unsur keindahan. Hal inilah yang membuat olahraga satu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Menurut sejarah pencak silat awal kali berkembang yaitu sejak abad ke 7 Masehi dengan adanya bukti artefak senjata. Senjata tersebut ditemukan pada peninggalan Hindu Budha dari pahatan relief berbentuk kuda-kuda.

Relief tersebut sangat mudah ditemukan pada candi Prambanan dan Borobudur sebagai bukti sejarah yang kuat. Fakta inilah yang membuat Indonesia menang di UNESCO dimana sebelumnya negara lain klaim pencak silat.

Sedangkan perkembangan sejarah dari pencak silat tertulis mulai ada pada abad ke 14 yang disebarkan kaum penyebar agama Islam. Kemudian diajarkan ke pesantren sebagai salah satu bagian latihan spiritual.

Asal Usul Seni Beladiri Asli Indonesia Pencak Silat

sejarah pencak silat

Sebuah cabang olahraga tentu saja memiliki asal usul yang membuatnya menjadi populer dan terus dipertandingkan. Termasuk juga olahraga pencak silat yang sangat populer tidak hanya di Indonesia namun secara internasional.

Membahas tentang sejarah pencak silat tentu tidak lepas dari bagaimana asal usul beladiri satu ini. Menurut bapak pencak silat dunia yaitu Eddie Marzuki Nalapraya mantan Gubernur DKI Jakarta 1984 – 1987.

Pencak silat tidak hanya sebagai cabang olahraga namun termasuk ke dalam tradisi asli Indonesia. Jadi pada awal kemunculannya tidak langsung sebagai olahraga beladiri namun merupakan tradisi masyarakat.

Tradisi ini sebenarnya berasal dari dua daerah di Indonesia yaitu Minangkau dan Cimande. Kalau yang asalnya dari Minangkau secara umum main di kaki sementara dari Cimande mainnya banyak pada tangan.

Ciri khas dari kedua daerah ini masih dipertahankan sampai sekarang demi melestarikan warisan budaya. Tidak heran jika gerakan pada seni pencak silat cukup banyak dan beragam pada masing-masing daerah.

Meskipun pada awalnya berasal dari dua daerah tersebut ternyata perkembangan di seluruh Nusantara sangat pesat. Karena setiap daerah memiliki aliran sendiri yang terus dikembangkan sampai sekarang.

Semenjak pencak silat ditemukan membuat banyak muncul perguruan yang saat ini sudah menjamur di Indonesia. Peminat olahraga satu ini berasal dari berbagai usia dan kalangan karena memiliki banyak manfaat.

Meskipun sudah ada banyak pilihan aliran pencak silat namun mempelajari sejarah dari pencak silat tentang asal usulnya tetap penting. Hal ini bertujuan meningkatkan pengetahuan agar semakin mencintai budaya asli Indonesia.

Legenda Tokoh Pencak Silat yang Ada di Indonesia

sejarah pencak silat

Menurut sejarah pencak silat ada tiga tokoh yang memiliki peran penting berdirinya dan perkembangan olahraga satu ini. Mereka adalah Enny Rukmini Sekarningrat, Suko Winadi dan Eddie Mardjoeki Nalapraya.

Enny Rukmini Sekarningrat adalah pendekar sejarah pencak silat yang berasal dari Pasudan dan seorang guru besar pencak silat. Berasal dari keluarga pendekar, ayahnya Abah Aleh merupakan pendiri dan pencipta berbagai jurus.

Menjabat sebagai guru besar Perguruan Pencak Silat Panglipur, Erny Rukmini mampu membuat berkembang pesat. Bahkan populer ke mancanegara sehingga banyak warga asing yang memang berguru di perguruannya.

Tokoh sejarah pencak silat lainnya yaitu Suko Winadi merupakan pendiri Perguruan Pencak Indonesia Harimurti. Perguruan ini ada di Jogja dan didirikan pada tanggal 23 Oktober 1932 dan ada sampai sekarang.

Suko Winadi menimba ilmu dari Raden Mas Harimurti yang merupakan cucu dari Sultan Hamengkubuwono VII. Gaya seni beladiri yang diajarkan Suko Winadi dikenal sebagai Pencak Tejokusuman.

Tokoh lainnya adalah Mayjen TNI (Purn.) Eddie Mardjoeki Nalapraya pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia. Merupakan tokoh yang berjasa pada perkembangan pencak silat di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai ketua umum IPSSI, Eddie berhasil mengembangkan pencak silat hingga dikenal secara internasional. Berbagai prestasi ditorehkan sehingga dianggap sebagai tokoh penting dalam pencak silat yang ada di Indonesia.

Perguruan Pencak Silat di Indonesia yang Paling Disegani

sejarah pencak silat

Sejarah pencak silat menyebutkan kalau seni beladiri ini sudah sangat tua usianya bahkan dari belum merdeka. Tidak heran ada banyak perguruan di Indonesia dan berikut ini beberapa yang paling disegani.

  1. Persaudaraan Setia Hati Terate

Perguruan ini usianya cukup tua didirikan di Madiun tahun 1922 dan memiliki anggota cukup banyak. Untuk bisa menjadi anggota harus melewati latihan cukup berat sampai akhirnya bisa resmi diterima.

Proses latihan di awal memang cukup berat untuk melatih fisik dan mental para calon pesilat mudah. Tidak heran jika perguruan ini sudah banyak menorehkan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

  1. Persinas Asad

Perguruan ini hadir untuk mewujudkan persamaan cita-cita dan tujuan melestarikan kebudayaan asli Indonesia. Persinas Asad berusaha membangkitkan semangat generasi muda untuk selalu membela kaum yang lemah dengan bekal beladiri.

  1. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Perguruan satu ini juga sangat disegani karena berbagai prestasi juara yang pernah didapatkan. Tapak Suci Putera Muhammadiyah didirikan 31 Juli 1963 di Yogyakarta dan menjadi organisasi otonom Muhammadiyah.

  1. Perisai Diri

Perisai Diri memiliki sejarah pencak silat cukup panjang yang pertama kali didirikan 2 Juli 1955. Menariknya perguruan ini memiliki 156 aliran dimana ada kategori sendiri disesuaikan dengan karakter gerakan silat.

  1. Merpati Putih

Organisasi satu ini berkembang dari tahun 1550 dari tradisi Jawa dan menjadi organisasi tertua di Indonesia. Anggota dari organisasi ini tidak hanya dari Indonesia saja namun tersebar di negara lainnya.

Kategori Pertandingan Pencak Silat Tingkat Nasional

sejarah pencak silat

Perkembangan sejarah pencak silat yang sangat pesat membuat kategori pertandingan dibagi menjadi 4. Jadi tidak sekedar pertandingan saja namun ada kategori masing-masing yang sudah disetujui secara nasional.

  1. Kategori tanding

Kategori ini melibatkan 2 orang pesilat karena ada dua sudut berbeda misalnya merah dengan biru. Keduanya nanti akan saling menyerang untuk mendapatkan kemenangan sesuai dengan aturan dan kaidah pada pertandingan.

Dalam kategori ini terdapat pembagian kelas yang memang sengaja dipisahkan menurut usia maupun berat badan. Tujuannya agar tidak ada ketimpangan antara pesilat sehingga bisa adil pada saat bertanding.

  1. Kategori tunggal

Dalam kategori ini hanya ada satu penampilan pesilat dimana akan memperagakan jurus seni tunggal atau biasa disebut wiraloka. Dalam hal ini terpenting adalah unsur keindahan dengan gerakan mantap dan baku.

  1. Kategori ganda

Kategori ini sebenarnya hampir mirip dengan kategori tanding karena jumlah pesilat ada 2. Namun pertandingan dilakukan dan berasal dari tim sama untuk mempraktekkan kemahiran teknik serang bela.

Jadi dalam kategori ganda tidak akan ada pemenang karena berasal dari tim yang sama. Gerakan-gerakan diperlihatkan memang sangat terencana, efektif, estetis, mantap serta logis dalam rangkaian gerakan.

  1. Kategori regu

Terakhir adalah kategori regu dimana ada 3 pesilat berasal dari tim sama untuk menampilkan jurus baku dari perguruan mereka. Ketiga pesilat akan melakukan gerakan mantap, penuh penjiwaan, kompak dan tangan kosong.

Baca Juga : Teknik Dasar Pencak Silat, Ketahui Semua Jenisnya Sekarang!

Sebagai olahraga beladiri populer tentu saja ada sejarah panjang tentang bagaimana asal usulnya dan siapa saja tokohnya. Sebagai pesilat tentu Anda harus mengetahui setidaknya sekilas tentang sejarah pencak silat.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Bela Diri

Tips Pencak Silat Yang Berguna Untuk Melindungi Diri

5 Mins read
Di zaman seperti sekarang ini, sangat penting untuk mengetahui tips pencak silat. Karena kejahatan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Anda harus…
Bela Diri

Manfaat Bela diri Pencak Silat Beserta Cara Menjaganya

5 Mins read
Tahukah Anda bahwa terdapat beragam manfaat bela diri pencak silat. Seni bela diri asli Indonesia ini memang adalah salah satu warisan tradisional…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *