Bela DiriEdukasi Olahraga

Gerakan Dasar Pencak Silat dan Sikap yang Perlu Diperhatikan

5 Mins read

Perlu dipahami dalam olahraga beladiri terdapat gerakan dasar pencak silat dan juga aturan sikap dengan benar. Kedua hal ini merupakan dasar penting yang harus diperhatikan sehingga tidak boleh dilewatkan.

Dalam ajaran pencak silat itu sendiri sebenarnya meliputi banyak aspek yaitu mental, seni, spiritual serta beladiri serta olahraga. Aspek inilah yang membuat penekanan pada setiap teknik menjadi berbeda dan menarik.

Baca Juga : 9 Teknik Dasar Pencak Silat Pemula Mudah Dipelajari

Jika Anda memperhatikan gerakan dasar pencak silat para pesilat seakan menari sambil menerapkan gerakan beladiri. Hal ini tidaklah mudah karena butuh waktu serta latihan terus menerus untuk bisa menguasai teknik tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh tentang teknik, tidak ada salahnya Anda mempelajari dulu tentang gerakan dasar pencak silat. Serta bagaimana sikap dasar yang tepat sehingga bisa mempelajari dari awal sampai menjadi profesional.

Mengenal Apa Itu Gerakan Dasar Pencak Silat

Gerakan dasar olahraga pencak silat menjadi bekal awal bagi para pemula yang ingin mempelajari olahraga satu ini. Pada umumnya pesilat baru belajar akan mengalami kesulitan jika langsung belajar tentang berbagai teknik.

Bahkan besar kemungkinan akan mengalami cidera jika langsung belajar tentang tendangan, pukulan serta berbagai teknik lainnya. Disebabkan otot-otot pemula masih belum siap baik otot lengan, tangan, panggul dan lainnya.

Maka dari itu mempelajari tentang gerakan dasar sebagai materi untuk pemula sangatlah penting. Termasuk pemberian materi tentang sikap dasar meliputi sikap berdiri tegak, sikap kuda-kuda, sikap duduk dan sikap pasang.

Pengertian gerakan dasar pencak silat adalah gerakan sebagai dasar pesilat untuk melakukan gerakan dinamis. Gerakan dinamis yang dimaksud yaitu arah delapan penjuru mata angin, langkah serta pola langkah.

Gerakan dasar pencak silat ini sebenarnya memiliki fungsi penting bagi pesilat pemula yaitu untuk bertahan bahkan modal menyerang. Karena kunci dari olahraga beladiri satu ini adalah bagaimana bisa bertahan sekaligus mengalahkan lawan.

Memang tidak mudah menyeimbangkan kedua hal tersebut secara langsung apalagi bagi pemula. Latihan secara konsisten dan terus menerus menjadi kunci penting yang membuat seorang pesilat mampu menguasai semua teknik.

Jadi jangan langsung berharap bisa menjadi hebat ketika baru pertama kali mencoba belajar pencak silat. Karena semua butuh waktu, latihan, kerja keras dan semangat dengan belajar dari hal dasar.

Menguasai Arah Delapan Penjuru Mata Angin (A 8 MA)

gerakan dasar pencak silat

Cara mempelajari gerakan dasar pencak silat dimulai dengan menguasi terlebih dahulu A 8 MA. Pengertian A 8 MA yaitu Arah Delapan Penjuru Mata Angin yang harus dikuasi oleh pesilat pemula.

Tidak mudah memang karena pesilat dituntut jeli ke semua penjuru mata angin pada saat berhadapan dengan lawan. Karena serangan bisa datang dari berbagai arah dan tidak mudah menebak gerakan lawan.

Jika Anda tidak bisa menguasainya maka dengan sangat mudah akan dikalahkan lawan karena tahu titik lemahnya. Lantas apakah mungkin seseorang mampu menguasi A 8 MA ini dalam olahraga beladiri ini?

Agar tidak bingung perlu dipahami kalau arah 8 penjuru mata angin sangat berkaitan dengan cara melangkah. Jadi Anda harus memahami gerak yang dibagi ke dalam 8 penjuru mata angin.

Contoh hitungannya seperti 1 arah belakang, 2 arah serong kiri belakang, 3 arah samping kiri, 4 arah serong kiri depan. 5 arah ke depan, 6 arah serong kanan depan, 7 arah samping kanan dan 8 arah serong kanan belakang.

Tips latihan gerakan dasar pencak silat terkait arah mata angin dapat dimulai dengan sikap kuda-kuda depan. Kemudian mulai bergerak ke belakang, lalu serong kiri ke belakang sampai serong kanan belakang.

Anda dapat latihan dengan cara berputar sesuai arah jarum jam serta usahakan untuk sering dilatih. Karena memang sedikit rumit namun jika dipelajari secara perlahan serta terus menerus menjadi mudah dipahami.

Cara Melangkah Sebagai Dasar Dalam Olahraga Pencak Silat

gerakan dasar pencak silat

Langkah sebagai gerakan dasar pencak silat adalah teknik gerak menjauhi atau mendekati lawan. Tujuannya untuk mendapatkan posisi menguntungkan atau lebih baik sehingga bisa leluasa bertahan maupun menyerang.

  1. Langkah angkatan

Adalah cara melangkah dengan mengangkat kaki tujuannya berpindah atau mengubah posisi. Mungkin Anda pernah melihat bagaimana seorang pesilat melangkah sambil mengangkat kaki perlahan sambil memperhatikan lawan saat berpindah.

Cara melangkah angkatan sendiri terbagi ke dua cara yaitu angkatan tinggi paha datar dan lutut siku-siku dengan kaki. Cara kedua angkatan rendah kira-kira lutut bersudur 30 derajat.

  1. Geseran

Cara kedua adalah geseran dimana teknik ini lebih sederhana karena hanya perlu menggeser kaki. Jadi perpindahan atau perubahan posisi hanya perlu dilakukan dengan menggeser kaki saj.

  1. Putaran

Ketiga adalah langkah putaran yang memiliki arti cara langkah bertujuan merubah posisi dengan memutar kaki. Teknik ini memang terlihat sederhana namun terkadang pesilat pemula masih merasa kesulitan.

  1. Lompatan / loncatan

Langkah lompatan atau loncatan adalah cara mengubah posisi dengan cara melompat atau meloncat kaki. Jadi terlihat Anda seperti meloncat namun dengan menggunakan teknik tersendiri dan tidak asal.

  1. Ingsutan

Terakhir adalah langkah ingsutan sebagai gerakan dasar pencak silat yang dilakukan dengan mengingsut atau menyeser kaki. Caranya gerakan tumit atau tanpa mengangkat telapak kaki dari lantai seperti sedang menyeser.

  1. Fungsi langkah

Ternyata mempelajari langkah memiliki fungsi penting yaitu sebagai dasar tumpuan berdiri dengan kuat. Dasar penting pada saat menyerang dan bertahan dari serangan lawan serta mencari dapat membantu mencari posisi menguntungkan.

Sikap Dasar Berdiri dan Sikap Dasar Berdiri Kuda-Kuda

gerakan dasar pencak silat

Sikap sebagai gerakan dasar pencak silat merupakan sikap-sikap statis yang bertujuan melatih kekuatan otot kaki. Sehingga ketika melakukan gerakan dinamin tungkai kaki menjadi kokoh, diantaranya sikap berdiri dan berdiri kuda-kuda.

  1. Sikap dasar berdiri

Sikap berdiri dalam pencak silat sebenarnya ada 3 yaitu berdiri tegak, berdiri kuda-kuda dan sikap pasang. Sementara berdiri tegak terdiri dari empat sikap tegak yang perlu dipahami dan dipelajari pemula.

Empat sikap tegak tersebut antara lain:

  1. Sikap tegak 1 : kedua lengan dan tangan lurus di samping badan.
  2. Sikap tegak 2 : kedua tangan mengepal berada di samping pinggang.
  3. Sikap tegak 3 : kedua tangan mengepal du depan dada.
  4. Sikap tegak 4 : kedua tangan silang di depan dada.
  5. Sikap dasar berdiri kuda-kuda

Pada gerakan dasar pencak silat juga terdapat sikap berdiri kuda-kuda yaitu posisi kaki sebagai dasar tumpuan. Fungsinya untuk melatih otot kaki khususnya meningkatkan keseimbangan badan saat menyerang lawan.

Ketika melakukan kuda-kuda maka kesimbangan badan haruslah diperhatikan dengan baik. Karena jika tidak benar atau tidak tepat posisinya maka Anda akan mudah jatuh terlebih serangan lawan sangat kuat.

Sangat penting dipahami dalam mengambil sikap kuda-kuda badan memang harus dalam keadaan stabil dan kuat. Namun jangan lupa kemudahan dalam bergerak tetap harus diperhatikan agar tetap leluasa dan fleksibel.

Ada beberapa macam sikap kuda-kuda yang perlu dipelajari yaitu kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda samping. Kuda-kuda tengah, kuda-kuda menyamping kiri atau kanan dan terakhir adalah sikap kuda-kuda silang.

Sekilas Sikap Duduk dan Sikap Pasang Sebagai Dasar

gerakan dasar pencak silat

Ada dua gerakan dasar pencak silat yaitu sikap duduk dan sikap pasang yang keduanya sangat penting dipelajari. Meskipun terlihat sederhana namun posisi duduk dan posisi pasang memiliki aturan serta tekniknya.

  1. Sikap duduk

Menjadi sikap dasar khususnya permainan bawah maka ada 5 jenis sikap duduk dalam olahraga pencak silat. Antara lain duduk biasa, sila, mengorak sila, simpih dan sempok / depok.

Sikap sempok kaki dilipat silang, sikap sila kedua kaki dilipat, sikap duduk kedua kaki ditekuk bersatu diatas lutut. Trapsila salah satu kaki dilipat kedalam dan lainnya dilipat keluar dan sikap simpuh kedua lutut bersimpuh di lantai.

  1. Sikap pasang

Sikap pasang merupakan teknik sikap dan gerak siap siaga ketika menghadapi lawan. Baik pada saat Anda melakukan pembelaan atau serangan berpola ketika di awal maupun pada akhir rangkaian gerak.

Sikap ini merupakan koordinasi yang saling bermanfaat antara lain sikap kuda-kuda, sikap tubuh dan sikap lengan. Sehingga gerakan yang dilakukan menjadi lebih dinamis, kuat dan kokoh.

Sikap pasang juga termasuk menjadi bagian kelanjutan dari sikap kuda-kuda dan memiliki fungsi penting. Terutama bela serang ketika berada di pertandingan dan ada 8 sikap pasang yang perlu dipelajari pesilat.

Baca Juga : Sejarah Pencak Silat Asal Usul Hingga Perguruan Terpopuler

Dalam olahraga beladiri cara melangkah tidak boleh sembarangan dilakukan meskipun sebenarnya terlihat sangat fleksibel. Anda tetap harus memperhatikan gerakan dasar pencak silat dan sikap dasarnya dengan benar sesuai aturan.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Bela Diri

Tips Pencak Silat Yang Berguna Untuk Melindungi Diri

5 Mins read
Di zaman seperti sekarang ini, sangat penting untuk mengetahui tips pencak silat. Karena kejahatan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Anda harus…
Bela Diri

Manfaat Bela diri Pencak Silat Beserta Cara Menjaganya

5 Mins read
Tahukah Anda bahwa terdapat beragam manfaat bela diri pencak silat. Seni bela diri asli Indonesia ini memang adalah salah satu warisan tradisional…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *