Bela DiriEdukasi Olahraga

9 Teknik Dasar Pencak Silat Pemula Mudah Dipelajari

5 Mins read

Mempelajari tentang teknik dasar pencak silat pemula sangat penting bagi Anda yang ingin menguasai beladiri satu ini. Sebagai beladiri tradisional asli dari Indonesia terus dilestarikan dari generasi ke generasi.

Beladiri ini memiliki ciri khas pada gerakannya yang terlihat patah-patah sehingga lebih mudah dikenali. Saat ini pencak silat dikenal dan menyebar ke berbagai negara lainnya untuk terus dipelajari.

Baca Juga : Teknik Dasar Sepakbola untuk Pemula Mudah Dipelajari

Di Indonesia sendiri banyak sebutan sesuai dengan daerahnya misalnya silek, silat, pencak dan lainnya. Jangan heran jika Anda pergi ke daerah lain namun menemukan nama berbeda padahal seluruh gerakannya sama.

Semua orang memiliki kesempatan yang sama jika ingin mempelajari olahraga beladiri satu ini. Sebagai pemula sangat disarankan untuk mempelajari apa saja teknik dasarnya sebelum belajar lebih mendalam lagi.

9 Teknik Dasar Pencak Silat Pemula

Membahas tentang ilmu pencak silat ada 9 teknik dasar dalam pencak silat pemula yang wajib dipelajari secara berkesinambungan. Simak apa saja tekniknya agar Anda tidak kesulitan meskipun baru pertama kali mempelajarinya.

  1. Kuda-Kuda

teknik dasar pencak silat pemula

Kuda-kuda menjadi teknik paling penting karena selain mempersiapkan diri untuk menyerang namun juga bertahan. Jika posisi kuda-kuda bagus maka Anda lebih kuat dalam menyerang serta tidak mudah dijatuhkan lawan.

  1. Kuda-kuda tengah

Posisi Anda adalah membuka dan menekuk kedua lutut dimana tumpuan berat badan ada di tengahnya. Teknik ini paling dasar sebagai posisi siap untuk mulai menyerang maupun bertahan dari serangan lawan.

  1. Kuda-kuda depan

Posisi ini dibentuk dimana kaki bagian depan ditekuk dengan telapak kaki lurus ke depan. Sedangkan kaki belakang juga lurus karena tumpuan berat badan ada di kaki bagian depan.

  1. Kuda-kuda belakang

Posisi ini dua versi yaitu posisinya sama dengan kuda-kuda depan namun tumpuan pindah ke kaki belakang. Kedua yaitu menaruh berat badan pada kaki belakang dimana tumit tumpuan tegak dengan panggul.

  1. Kuda-kuda samping

Posisi ini dilakukan dengan kaki satu ditekuk sedangkan lainnya diluruskan ke arah samping. Tumpuan berat badannya diletakkan pada kaki yang ditekuk sedangkan bahu harus sejajar dengan kaki.

  1. Kuda-kuda silang depan

Posisi dibentuk dengan menginjakkan satu kaki ke depan atau ke belakang kaki yang lainnya. Berat badan akan ditumpukan pada satu kaki saja sedangkan kaki lain sentuhan dengan ujung jari kaki.

  1. Kuda-kuda silang belakang

Terakhir kuda-kuda silang belakang yaitu posisi dimana salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang. Kaki ditumpukan ke belakang, badan tetap lurus dengan tujuan tidak jatuh.

  1. Sikap Pasang

Sikap pasang dalam teknik dasar pencak silat pemula adalah posisi yang akan dikombinasikan dengan kuda-kuda. Biasanya posisi ini bersifat lebih fleksibel dimana gerakannya bisa berubah selalu perubahan posisi lawan.

Awalnya Anda akan mempelajari dulu dan mencari titik celah dari perlahanan lawan kemudian mencoba menyerang. Tentu saja serangan yang dilakukan haruslah cepat, tepat dan terukur sehingga bisa berhasil.

Ada banyak sikap pasang karena menjadi ciri khas dan membedakannya dengan aliran lainnya. Contohnya pasang satu yaitu posisi badan tegak, kedua tangan disamping dan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Pasang dua badan tegak, kaki dibuka selebar bah dan kedua tangan mengepal dengan posisi sejajar pinggang. Pasang tiga badan tegak lurus, kaki masih sama dibuka dan tangan diangkat sejajar mata.

Pasang empat kaki dibuka selebar bahu, tangan diangkat dan harus sejajar dengan mata, posisi menyilang kemudian tangan mengepal. Anda bisa mempelajari semua karena memiliki fungsi berbeda saat menyerang lawan.

  1. Arah

Pemahaman tentang arah juga menjadi bagian dari teknik dasar pencak silat pemula yang memiliki peran penting. Berhubungan dengan posisi dari pesilat akan melangkah baik saat mengambil posisi menyerang maupun bertahan.

Arah biasanya juga dikenal dengan delapan penjuru mata angin sehingga harus terus dilatih untuk memperkuat insting. Caranya dengan menggeser kuda-kuda dan sikap pasang menyesuaikan gambar arah mata angin.

  1. Pola Langkah

Pola langkah menjadi ciri khas dari teknik dasar pencak silat pemula yang wajib diketahui dan dipelajari. Pola langkah sendiri adalah perubahan dari injakan kaki dari sudut ke tempat lain.

Perpindahan ini dilakukan dengan menggunakan pola tersendiri jadi tidak asal berpindah saja. Sehingga perpindahan yang dilakukan tetap terlihat kokoh, kuat, siap dan tidak mudah diserang oleh lawan.

Dapat disimpulkan jika pencak silat menggabungkan antara kuda-kuda dikombinasikan dengan gerakan yang luwes. Meskipun lebih fleksibel namun setiap gerakan tetap dilakukan dengan memahami arah dengan benar.

Pola langkah antara lain :

  1. Pola langkah lurus
  2. Pola langkah zig zag
  3. Pola langkah segitiga
  4. Pola langkah segiempat
  5. Pola langkah U
  6. Pola langkah S

Jika Anda sudah mempelajari pola langkah dengan baik maka gerakannya akan sangat sulit dibaca lawan. Begitupun dalam posisi bertahan juga akan sulit lawan menembusnya karena sangat kokoh.

  1. Pukulan

teknik dasar pencak silat pemula

Pukulan dalam teknik dasar pencak silat pemula sering digunakan untuk menyerang maupun bertahan. Gerakan pukulan secara umum dilakukan memakai tangan dengan mengutamakan kecepatan dan keakuratan ke arah lawan.

Ada beberapa jenis teknik dasar pencak silat pemula pukulan yaitu pukulan lurus yang dilakuakan fokus ke arah depan dengan sasaran dada lawan. Pukulan tegak sasarannya adalah bahu dan biasanya dilakukan saat saling berhadapan dengan lawan.

Pukulan bandul yaitu mengayunkan satu tangan dengan tujuan ulu hati lawan sebagai sasaran utama. Sedangkan posisi tangan lainnya menutup celah serangan lawan pada dada sehingga tidak terkena serangan lawan.

Terakhir pukulan melingkar yang sebenarnya masih jarang digunakan pada beladiri secara umum. Pukulan melingkar mirip dengan pukulan bandul namun lebih melebar karena sasarannya adalah pinggang.

  1. Tendangan

Sebenarnya dalam olahraga beladiri satu ini ada banyak jenis tendangan yang harus dikuasai. Namun tendangan dalam teknik dasar pencak silat pemula masih dasarnya saja sehingga lebih mudah dipelajari.

  1. Tendangan A

Teknik dasarnya dari tendangan yaitu tendangan A dimana arahnya lurus ke arah ulu hati lawan. Posisi kaki lurus dengan memakai cocor kaki sehingga lebih kuat untuk menyerang lawan.

  1. Tendangan C atau Sabit

Tendangan satu ini arahnya dari samping dengan masih memakai cocor atau bisa menggunakan kaki. Arah tendangannya sendiri bukan ke ulu hati namun ke tulang rusuk lawan.

  1. Tendangan T

Selanjutnya tendangan T termasuk ke dalam tendangan samping dengan memakai pedang kaki (telapak kaki) atau tumit. Tendangannya ini mengarah ke tulang rusuk atau dada dan jika diperhatikan seperti huruf T.

  1. Tendangan Melingkar

Tendangan ini dilakukan dengan cara memutarkan kaki kemudian ada hendak memakai tumit. Untuk sasarannya sendiri tergantung kondisi bisa mengarah ke dada maupun punggung lawan.

  1. Tangkisan

teknik dasar pencak silat pemula

Teknik dasar pencak silat pemula ke 7 adalah tangkisan yang merupakan salah satu usaha mempertahankan diri. Baik dari serangan lawan dalam bentuk tendangan ataupun pukulan yang diarahkan kepada Anda.

Ada beberapa jenis tangkisan yaitu tangkisan dalam dimana Anda menggerakkan tangan dari luar ke arah dalam sejajar dengan bahu. Tangkisan luar sendiri kebalikan dari tangkisan dalam untuk membuang serangan lawan.

Tangkisan atas biasanya bertujuan untuk melindungi kepala ketika lawan menyerang. Contoh gerakannya yaitu tangan dalam posisi siku diayunkan dari bawah ke atas sehingga wajah dan kepala terlindungi.

Terakhir tangkisan bawah yang bertujuan untuk melindungi kemaluan dari serangan lawan. caranya tangan dibuat menyilang seperti huruf X sementara jari terbuka namun rapat lalu diayunkan dari atas ke bawah dan menjadi salah satu teknik dasar pencak silat pemula.

  1. Guntingan

Teknik dasar pencak silat pemula ke 8 adalah guntingan yang dilakukan dengan cara tendangan dan jepitan. Sehingga posisi Anda seperti sedang menggunting tubuh lawan untuk tujuan menjatuhkan.

teknik dasar pencak silat pemula ini juga dapat membantu mengunci lawan sekaligus setelah bisa dijatuhkan sehingga tidak ada perlawanan. Teknik ini terbagi 3 yaitu guntingan bawah (kaki), guntingan tengah (dada) dan guntingan atas (leher).

Meskipun dianggap sebagai teknik dasar namun pemula disarankan untuk tidak mencoba terlebih dahulu. Hal ini karena risiko kegagalan sangat tinggi sehingga membahayakan Anda maupun lawan jika belum menguasai betul.

  1. Kuncian

Teknik terakhir yaitu kuncian yang tujuannya untuk melumpuhkan lawan sehingga tidak bisa melakukan pergerakan. Anda mengunci lawan dengan teknik khusus agar tidak bisa bergerak dan menyerang balik.

Tekniknya yaitu dengan menyasar bagian-bagian vital pada tubuh lawan seperti pada leher, dagu, selangkangan kaki dan lainnya. Jika lawan sudah terkunci diharapkan bisa menyerah karena tidak mungkin melawan lagi.

Baca Juga : Teknik Dasar Pencak Silat, Ketahui Semua Jenisnya Sekarang!

9 teknik tersebut bisa Anda pelajari di rumah atau lebih aman jika berlatih dengan yang sudah profesional. Terus berlatih setiap hari agar teknik dasar pencak silat pemula lebih cepat dikuasai.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Bela Diri

Tips Pencak Silat Yang Berguna Untuk Melindungi Diri

5 Mins read
Di zaman seperti sekarang ini, sangat penting untuk mengetahui tips pencak silat. Karena kejahatan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Anda harus…
Bela Diri

Manfaat Bela diri Pencak Silat Beserta Cara Menjaganya

5 Mins read
Tahukah Anda bahwa terdapat beragam manfaat bela diri pencak silat. Seni bela diri asli Indonesia ini memang adalah salah satu warisan tradisional…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *