BasketEdukasi Olahraga

Tujuan Permainan Bola Basket yang Membuatnya Ramai Dimainkan

5 Mins read

Tujuan permainan bola basket bagi setiap orang tidaklah sama. Ada yang bermain hanya sebagai pengisi waktu. Namun, sebagian orang lainnya memainkannya benar-benar sebagai hobi atau ingin mendapatkan prestasi.

Sebagai salah satu olahraga yang saat ini memiliki banyak penggemar, basket memang sudah umum dimainkan di Indonesia. Bahkan di sebagian besar sekolah terdapat ekstrakurikuler basket dan cukup diminati kaum muda saat ini.

Baca Juga : Olahraga yang Cocok Saat Puasa untuk Kebugaran Tubuh

Apakah Anda juga salah satu orang yang menyukai permainan ini? Jika demikian, maka apa alasan memainkannya? Apakah karena ramai dimainkan orang di sekitar Anda atau karena memang menyukainya sejak awal?

Menyukai atau tidak sebuah olahraga memang kembali pada masing-masing individu dan setiap orang punya alasan dan tujuan permainan bola basket sendiri mengapa memainkan olahraga satu ini. Akan tetapi, satu hal yang pasti, bahwa basket memiliki banyak manfaat.

Kali ini kami memiliki pembahasan mengenai tujuan permainan bola basket yang membuat banyak orang memainkan olahraga satu ini. Siapa tahu, setelah membacanya Anda jadi semakin menyukai atau mulai menyukai olahraga ini. Untuk detailnya, mari simak uraian berikut.

6 Tujuan Permainan Bola Basket

Basket merupakan sebuah olahraga yang sangat fleksibel karena bisa dimainkan di dalam maupun luar ruangan. Cara permainannya juga sangat mudah dipelajari sehingga membuat siapa saja bisa mempelajarinya dengan mudah.

Inti dari permainan ini adalah bagaimana caranya memasukkan bola ke keranjang milik lawan. Namun, tentu saja ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi dan tidak boleh dilanggar. Jika Anda ingin memainkannya, tentu harus memahami terlebih dahulu aturan permainanya.

Di Indonesia saat ini, basket merupakan olahraga dengan bola yang sangat diminati selain sepak bola dan voli. Penggemarnya mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Bagi penggemar basket inilah tujuan permainan bola basket:

  1. Tujuan Olahraga Basket untuk Melatih Otot Tubuh

tujuan permainan bola basket

Faktanya, memainkan basket bukan sekadar berlarian ke sana kemari di lapangan saja. Akan tetapi, juga menggunakan berbagai teknik yang mampu membantu melatih otot tubuh Anda.

Misalnya, saat berlari, pemain akan melatih otot kaki. Lalu ketika mendrible bola, maka akan dilatih otot tangan. Jadi, permainan basket bukan sekadar permainan saja. Anda dapat menggunakannya sebagai latihan bagi tubuh.

Bahkan olahraga satu ini dapat membantu Anda melatih sebagian besar otot tubuh secara intens. Mulai dari otot kaki, paha, lengan, bahu, bahkan perut. Seluruh tubuh akan digerakkan saat bermain basket.

Oleh sebab itu, sebelum mulai bermain, pemain akan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sehingga membuat seluruh tubuh siap melakukan permainan juga menghindari terjadinya cidera saat bermain.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lincah

tujuan permainan bola basket

Pernahkah Anda menyaksikan pertandingan basket? Rata-rata pemain NBA (liga basket di Amerika) memiliki tubuh tinggi dan besar, bukan? Namun, mengapa mereka bisa bergerak dengan lincah di lapangan?

Tubuh besar tidak menghalangi seorang pemain basket bergerak dengan bebas dan lincah di lapangan. Hal ini karena bermain bola basket dapat membuat pemainnya menjadi lebih gesit dan lincah.

Latihan menjadi seorang pemain basket mengharuskan penguasaan gerakan lari juga pergerakan cepat, agar mampu membawa bola ke ring atau merebut bola dari tangan lawan. Oleh sebab itu, para pemainnya mampu bergerak dengan lincah.

Apabila Anda rutin memainkan bola basket dan benar-benar memainkannya sesuai aturan permainan, maka tidak mustahil akan membantu pergerakan tubuh menjadi lebih lincah dan gesit.

Setidaknya, latihanlah 2 kali seminggu untuk memperlincah gerakan sekaligus sebagai salah satu usaha menjaga ketahanan tubuh. Permainan basket minimal dimainkan oleh 2 orang, tapi Anda juga bisa berlatih sendirian.

  1. Membangun Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

tujuan permainan bola basket

Tujuan permainan bola basket yang bisa diraih seorang pemain adalah menyeimbangkan koordinasi tubuh. Sebab dalam basket bukan hanya tangan dan kaki yang bekerja, tapi juga seluruh anggota tubuh.

Ketika Anda berlari membawa bola, gerakan kaki dan tangan harus dikoordinasikan agar bola yang dibawa tidak terlepas. Ketika mendrible, Anda juga harus awas melihat celah sehingga mampu membawa bola ke ring lawan.

Koordinasi dari bagian tubuh atas hingga bawah sangat diperlukan dalam permainan ini. Jadi, ketika Anda melakukannya dengan rutin, maka akan mampu membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Dengan koordinasi tubuh yang bagus, bukan hanya akan membuat Anda jago bermain basket, tapi juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, juga mampu meningkatkan kemampuan motorik.

Oleh sebab itu, olahraga satu ini sangat disarankan untuk dilakukan anak-anak di usia pertumbuhan. Karena mampu membantu membangun keseimbangan tubuhnya secara optimal dan kemampuan motorik sesuai masa tumbuh kembangnya.

  1. Membentuk Tubuh Ideal

tujuan permainan bola basket

Anda ingin punya bentuk tubuh ideal, tapi tidak suka berlatih di gym? Berarti yang dibutuhkan adalah bermain basket. Karena olahraga satu ini mampu membantu Anda membentuk tubuh ideal.

Tidak percaya? Coba lihat para pemain basket, rata-rata tubuh mereka proporsional, bukan? Hal ini karena latihan rutin untuk pemain basket tidaklah sembarangan dan melatih seluruh anggota tubuh.

Bukan hanya kaki saja, tapi tangan, lengan, dan juga kepala. Intinya, ketika bermain basket, seluruh bagian tubuh akan digunakan. Latihan yang dilakukan dengan rutin dan sesuai aturan akan membantu membentuk tubuh pemain.

Jadi, bagi Anda yang ingin punya tubuh ideal, latihan ala pemain basket akan tepat dilakukan. Kelebihannya, Anda tidak perlu memforsir diri dengan latihan berat. Hanya perlu latihan rutin 1-2 kali seminggu.

Pergerakan seluruh tubuh akan membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan apabila dilakukan dengan aturan yang sesuai. Selain itu, gerakan latihan seperti lari atau melempar bola akan membantu membentuk bagian tubuh Anda.

Lemak-lemak di bagian kaki akan berkurang karena selalu aktif dipakai berlari. Bagian lengan bergelambir akan berkurang dan membentuk otot karena digunakan mendrible bola serta melakukan lemparan.

Apabila Anda ingin punya tubuh ideal tidak perlu pergi ke gym atau menyewa trainer. Cukup pergi ke lapangan basket dan bermain bersama kawan-kawan Anda. Dengan latihan rutin, berat badan akan menyusut dan bentuk tubuh menjadi lebih baik.

  1. Terhindar dari Osteoporosis

tujuan permainan bola basket

Salah satu penyakit menjadi momok bagi mereka yang sudah berumur adalah osteoporosis. Hal ini bisa diakibatkan karena tubuh kurang aktif bergerak dan terlalu banyak melakukan pekerjaan di satu posisi saja.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan dari penyakit tulang satu ini. Di antaranya adalah bermain basket. Dalam permainan ini, Anda akan menggerakkan seluruh tubuh, mulai kaki hingga kepala.

Hal ini membuat tulang-tulang melakukan gerakan dinamis dan otot menjadi tidak kaku. Karena tulang senantiasa digunakan dengan baik, maka osteoporosis tidak akan menghinggapi Anda.

Cobalah memainkan olahraga ini sekali atau dua kali seminggu. Anda bisa bermain bersama teman atau keluarga. Selain bisa menjadi penghambat berbagai penyakit, juga bisa menjadi alternatif kegiatan bersama orang terdekat.

  1. Tubuh Bugar dan Pikiran Segar

Sering mengalami tubuh lesu yang akhirnya membuat otak dan pikiran menjadi tidak karuan? Mungkin hal ini terjadi karena Anda kurang gerak. Rutinitas harian yang padat dan pekerjaan membuat berolahraga menjadi hal sulit.

Meskipun memiliki sederet kesibukan, Anda tetap tidak boleh melupakan kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik tapi juga mental. Salah satu cara agar bisa menyeimbangkan keduanya adalah dengan berolahraga.

Memilih basket akan menjadi jawaban dari kesulitan Anda. Dengan menggerakkan tubuh dalam permainan ini, Anda dapat berolahraga dan menghalau berbagai penyakit fisik yang dapat hinggap akibat kurang gerak.

Selain itu, keceriaan dan keseruan saat bermain akan membuat pikiran tetap segar sehingga melepaskan stres barang sejenak. Dengan pikiran segar, berbagai pikiran negatif dapat dihalau sehingga mampu mendapatkan solusi dari berbagai masalah.

Mulai melakukan olahraga basket secara rutin minimal sekali atau dua kali seminggu, akan menjaga kondisi fisik. Sekaligus menghilangkan berbagai pikiran negatif dan membuat Anda dapat menjalani hidup dengan lebih baik.

Bagi Anda yang belum memiliki satu olahraga rutin dan disenangi, dapat mencoba memainkan bola basket. Coba bermain bersama dengan teman-teman, maupun keluarga sehingga bukan hanya tubuh yang segar, tapi juga memiliki hubungan baik dengan sekitar.

Baca Juga : 6 Sepatu basket termahal yang Pernah Dijual di Dunia

Basket tidak hanya sebuah olahraga populer, tapi juga merupakan salah satu kegiatan bermanfaat. Bukan hanya secara fisik, tapi mental pemainnya juga. Tidak jadi soal tujuan permainan bola basket yang dilakukan, asalkan Anda menyukainya.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *