BasketEdukasi Olahraga

Tips Bermain Basket Saat Puasa Supaya Tidak Kelelahan

5 Mins read

Bermain basket saat puasa memang sangat menyenangkan. Selain karena ada waktu yang terisi, namun juga ada hiburan tersendiri. Bahkan, olahraga tersebut dijadikan sebagai rutinitas oleh beberapa orang.

Beberapa orang memiliki fisik kuat untuk melakukan olahraga apapun, bahkan saat sedang berpuasa. Namun, tidak semua orang memiliki fisik yang sama. Ada beberapa orang hanya mampu menikmati olahraga ringan saja.

Baca Juga : Pemain berpengaruh di Onic Esports Sejak Pertama Debut

Namun, jika Anda masih tetap ingin bermain basket, tentu ada beberapa tips yang bisa diikuti. Tujuannya supaya Anda bisa tetap melakukan aktivitas basket, namun juga tidak harus membatalkan puasa.

Ada beberapa tips sederhana yang perlu Anda ikuti. Memang tidak semua orang akan merasa cocok dengan beberapa tips tersebut. Namun, setidaknya ada alternatif untuk mencari jalan lain supaya bisa memainkannya.

Bermain Basket Saat Puasa dengan Memilih Waktu yang Tepat

bermain basket saat puasa

Salah satu cara Bermain basket saat puasa adalah dengan cara memilih waktu yang tepat. Memilih waktu yang tepat tujuannya sangat beragam. Jadi pastikan saja menemukan waktu terbaik.

  1. Sore Sebelum Berbuka

Salah satu waktu terbaik untuk Bermain basket saat puasa adalah ketika sore hari. Alasannya sangat sederhana karena sudah dekat dengan waktu berbuka. Anda tidak perlu lagi merasa kelelahan yang terlalu berlebihan.

Apalagi, saat sore hari biasanya suhu panas matahari sudah mulai menurun. Meskipun bermain sedikit lama, Anda tidak perlu khawatir terkena dehidrasi. Pada saat seperti ini tentu sangat menguntungkan, bukan?

Selain itu, bermain pada saat sore hari juga berguna untuk mengisi waktu luang. Daripada digunakan untuk bermain game, lebih baik melakukan aktivitas olahraga dan basket bisa jadi alternatif.

  1. Jam 8 Malam

Jika ingin bermain saat malam hari, sebaiknya lakukan 2 hingga 3 jam setelah berbuka. Tujuannya supaya pencernaan dalam tubuh menyerap semua makanan saat Anda berbuka sebelumnya.

Selain itu, pada malam hari juga menjadi waktu yang cocok karena banyak orang akan lebih tertarik beraktivitas. Alasannya karena untuk mendapatkan keringat supaya nanti saat istirahat bisa lebih nyenyak.

Pilih antara jam 8 hingga 9 malam jika ingin bermain. Lakukan permainan bersama orang lain atau sendiri. Dengan cara seperti ini maka Anda bisa menikmati permainan basket dengan lebih menyenangkan.

Tetap Memperhatikan Pola Makan saat Puasa

bermain basket saat puasa

Tips bermain basket saat puasa lainnya adalah tetap menjaga pola makan. Berpuasa sudah menghabiskan banyak energi. Oleh sebab itu, asupan energi harus tetap dipertahankan jika masih tetap ingin bermain basket.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah sahur dengan makanan bergizi. Penuhi kebutuhan selama sehari penuh tidak makan. Misalnya menjaga asupan karbohidrat dan protein tetap terjaga.

  1. Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Karbohidrat adalah sesuatu yang tubuh butuhkan. Fungsinya adalah sebagai sumber energi saat Anda tidak makan dan minum. Oleh sebab itu, sebaiknya penuhi kebutuhan karbohidrat selama menjalankan puasa.

Energi juga sangat penting jika Anda ingin melakukan aktivitas berat seperti bermain basket. Seperti yang sudah diketahui bahwa basket cukup banyak menghabiskan tenaga karena membutuhkan banyak pergerakan.

  1. Minum Vitamin

Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan tubuh. Salah satu untuk menjaganya adalah konsumsi Vitamin baik ketika sahur maupun berbuka. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis Vitamin yang aman bagi tubuh.

Salah satunya adalah Vitamin C yang memiliki efek positif bagi energi dan ketahanan tubuh. Anda pastinya tidak ingin jika saat di tengah-tengah puasa malah lemas dan akhirnya pingsan, bukan?

  1. Minum Susu

Protein terbaik bisa Anda dapatkan dari susu. Jika tidak suka dengan susu hewani, maka bisa menggantinya dengan susu nabati. Pilih saja salah satu sesuai selera supaya tubuh tetap kuat.

Konsumsi susu saat sahur dan berbuka adalah pilihan terbaik. Namun, jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup 1 gelas saat sahur dan 1 gelas ketika sudah berbuka.

Tetap Menjaga Istirahat yang Cukup

bermain basket saat puasa

Menjaga pola istirahat juga merupakan tips bermain basket saat puasa yang cukup penting. Berpuasa saja sudah menghabiskan banyak tenaga. Apalagi jika Anda melakukan aktivitas berat seperti olahraga basket.

  1. Tidur Cukup

Jika ingin kondisi tubuh lebih fit dan sehat, maka Anda harus memiliki tidur yang cukup. Umumnya, orang dewasa akan membutuhkan waktu 6-8 jam tidur supaya bisa memulihkan tenaga.

Namun, jika memiliki hari yang berat maka bisa saja jam tidur Anda perlu ditambah. Kelelahan fisik mungkin lebih mudah disembuhkan. Namun jika berlebihan pastinya juga berdampak buruk bagi kesehatan.

  1. Tidur Siang

Tidur siang bisa menjadi salah satu cara menyegarkan tubuh. Tidak perlu lama-lama, cukup tidur sekitar 10-30 menit saja sudah cukup. Hal tersebut sangat berguna untuk mengembalikan konsentrasi.

Tidur siang pada saat berpuasa memang sangat nikmat. Namun jangan sampai terlalu lama karena akan membuat Anda lebih malas bergerak. Bahkan, nantinya rencana bermain basket juga ikut tertunda.

  1. Tidur Lebih Awal

Sebaiknya Anda tidur lebih awal jika ingin menikmati hari-hari yang bersemangat. Misalnya jika biasanya Anda tidur jam 11 malam, maka usahakan sudah tidur jam 10 malam.

Apalagi jika besoknya Anda memiliki agenda untuk bermain basket, tentu tidur lebih awal adalah pilihan terbaik. Jadi ini bisa menjadi alternatif tips bermain basket saat berpuasa yang cukup mudah.

Bermain di Halaman Depan Rumah

bermain basket saat puasa

Bermain basket saat puasa bisa Anda lakukan di depan rumah. Hanya perlu menyiapkan ring basket dan memasangnya di dinding. Anda juga bisa membuat sebuah kerangka besi untuk meletakkan ring basket.

  1. Lebih Hemat

Bermain basket saat puasa di halaman rumah jelas lebih hemat biaya dan waktu. Bahkan, hal tersebut menjadi salah satu keuntungan tersendiri. Terutama karena tidak perlu harus menyewa lapangan atau sejenisnya.

Apalagi, ketika bermain di halaman rumah Anda tidak perlu jauh-jauh ke lapangan. Cukup melempar bola ke ring hingga merasa lelah. Setelah itu istirahat dan menunggu waktu berbuka.

  1. Lebih Mudah

Alasan mengapa bermain basket saat puasa di halaman depan rumah lebih mudah adalah karena bisa dilakukan sendiri. Tidak perlu ada banyak orang yang terlibat dan hanya butuh Anda sendiri untuk memainkannya.

Melemparkan bola ke ring untuk mempertajam akurasi misalnya. Latihan-latihan seperti ini jauh lebih bermanfaat dan memudahkan Anda. Apalagi jika kemampuan basket yang dimiliki juga masih pemula.

  1. Tidak Melelahkan

Keuntungan lain adalah tidak terlalu melelahkan. Tentu halaman rumah tidak memiliki area yang begitu luas. Namun, justru hal tersebut yang bisa menghemat tenaga karena tidak perlu jauh-jauh mengambil bola.

Ditambah Anda bisa meletakan ring basket di tempat teduh. Hal tersebut akan jauh lebih menyenangkan dan menguntungkan. Tidak terkena panas matahari dan bermain basket saat puasa akan jauh lebih menyenangkan.

Jangan Memaksakan Diri Melakukan Aktivitas Berat

Tips Bermain basket saat puasa selanjutnya adalah memahami batasan pada diri sendiri. Apakah tubuh mampu dipakai untuk melakukan aktivitas berat atau tidak. Jika tidak, maka jangan pernah memaksakannya.

Kesehatan adalah aset yang paling berharga. Untuk itu, memaksakan tubuh melakukan aktivitas yang terlalu berat sangat tidak dianjurkan. Bahkan ketika sedang berpuasa dan ingin olahraga sekalipun.

Memaksakan diri hanya karena gengsi juga bukan suatu tindakan bijak. Pahami bahwa tubuh membutuhkan istirahat cukup. Sedangkan bermain basket bisa dilakukan kapan saja, bahkan ketika sedang tidak berpuasa.

Terlebih lagi jika kondisi Anda sedang tidak sehat, maka sebaiknya tahan keinginan untuk bermain basket saat puasa. Berpuasa sudah menguras banyak energi dan tenaga. Apalagi jika melakukan aktivitas berat tambahan.

Manajemen Intensitas Permainan Selama Bulan Ramadhan

bermain basket saat puasa

Meskipun Anda suka bermain basket, namun jika pada bulan puasa sebaiknya mengatur intensitasnya. Jangan hanya karena suka lalu Anda melakukan aktivitas ini selama beberapa jam berturut-turut.

Sebaiknya buat jadwal tersendiri kapan dan berapa lama melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, ketika bermain pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka adalah sekitar 30 hingga 60 menit.

Jika ingin bermain pada malam hari, sebaiknya jangan sampai melebihi 2 jam. Tubuh butuh istirahat cukup. Sedangkan malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk istirahat dan merileksasikan diri.

Bahkan, jika perlu batasan intensitas aktivitas ini adalah ketika sudah keluar keringat. Jadi misalkan baru 10 menit bermain namun sudah keluar keringat, maka sudah waktunya mengakhiri aktivitas tersebut.

Baca Juga : Berikut Deretan Kandidat Top Skor Liga Champions 2021

Bermain basket memang menyenangkan. Namun, ada baiknya jika membatasi aktivitas tersebut demi kesehatan tubuh dan menjaga masa depan. Oleh sebab itu tips bermain basket saat puasa ini perlu Anda perhatikan.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *