BasketEdukasi Olahraga

5 Tips Bermain Basket di Bulan Ramadhan, Agar Tidak Batal Puasa

4 Mins read

Thumbnail bermain basket - bermain basket di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tidak bisa dijadikan alasan untuk libur dari kegiatan olahraga. Sehingga kamu wajib tahu nih beberapa tips bermain basket di bulan Ramadhan, agar tidak batal puasa jika kamu termasuk salah satu dari atlet basket. Karena seharusnya seorang atlet basket harus menjaga kondisi fisiknya agar selalu prima dan tetap terjaga walau memasuki bulan suci Ramadhan.

Dengan begitu, kamu harus mengatur jadwal dan porsi latihan kamu agar tetap bisa berlatih basket selama bulan Ramadhan ini. Banyak atlet pemula yang tidak kuat dan mengeluh saat harus berlatih atau bertanding sembari menjalanklan ibadah puasa.

Intensitas latihan yang cukup melelahkan dan membuat para atlet basket pemula merasa haus. Alasan ini cukup bagi mereka yang berpuasa untuk memilih membatalkan puasanya atau bahkan tidak berpuasa dari awal di tengah sesi latihan atau pertandingan selama bulan Ramadhan.

Baca Juga : Manfaat Olahraga di Rumah Selama Bulan Suci Ramadhan

Jadi, kamu juga harus tahu berberapa tips untuk menjaga stamina agar tetap dalam kondisi prima dan kuat sembari menjalankan ibadah puasa meskipun melakukan aktivitas yang berat sebagai contoh bermain basket di bulan Ramadhan seperti berlatih maupun bertanding di pertandingan basket.

Jika melaksanakan berbagai tips yang akan kami berikan, anda tidak perlu takut untuk merasa haus berlebihan dan tidak kuat menjalankan ibadah puasa. Sehingga anda tetap dapat menjalankan aktivitas seperti bermain basket di bulan Ramadhan ini.

Hal-Hal yang Harus Kamu Hindari Saat Bermain Basket di Bulan Ramadhan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Lap Basket - bermain basket di bulan Ramadhan

Olahraga Basket bukan termasuk kategori kegiatan yang berbahaya untuk dilakukan dan membuat anda lemas secara berlebih. Sehingga melakukan olahraga seperti bermain basket di bulan Ramadhan ini tidak dilarang.

Tetapi memang ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari saat bermain basket sembari melaksanakan ibadah puasa. Salah satu hal yang wajib kamu ketahui dan lakukan adalah jangan memaksakan diri kamu untuk berlatih basket atau berolahraga lebih keras.

Olahraga basket memang membutuhkan kekuatan fisik dan konsentrasi ketika berlatih. Namun, kamu harus menyesuaikan kondisi terlebih dahulu saat kamu menjalankan ibadah puasa. Sebaiknya anda istirahat jika merasa letih agar stamina kamu menjadi kembali fit.

Kamu akan merasakan keletihan yang berlebih atau bahkan pingsan jika memaksakan diri seperti hal tadi. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa tips bermain basket di bulan Ramadhan agar tetap sehat dan aman.

Hal selanjutnya yang harus kamu hindari saat bermain basket ketika berpuasa adalah bermain di siang hari. Hal tersebut tentunya juga tidak boleh dilakukan karena suhu udara cukup panas di siang hari. Alhasil, kamu akan mengeluarkan keringat lebih banyak dan membuang energi yang bahkan bisa dua kali lebih banyak dari biasanya.

Hal lain yang harus kamu hindari selanjutnya saat bermain basket di bulan Ramadhan adalah makanan tak sehat saat berbuka. Karena pemilihan makanan saat berbuka itu sangat penting.

Sebagai atlet olahraga terutama basket, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Selain hal-hal yang harus dihindari tersebut, laksanakan beberapa tips bermain basket di bulan Ramadhan guna melatih stamina dan kekuatan fisik kamu.

Tips Bermain Basket di Bulan Ramadhan yang Cocok Untuk Atlet Pemula

Basket Pemula - bermain basket di bulan Ramadhan

Di tengah kesibukan berlatih basket, ketahuilah beberapa tips yang kami sajikan ini untuk kamu agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu tujuannya adalah kamu tidak mengalami kolaps dan tetap aman saat berlatih basket.

Berikut tips-tips sehat agar tetap lancar dan aman melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan sembari berlatih basket :

1. Selalu Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

makanan - bermain basket di bulan Ramadhan

Tips pertama saat bermain basket di bulan Ramadhan adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang mengandung nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral yang seimbang. Karena zat-zat tersebut akan membantu meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh anda.

Sehingga, tubuh kamu tetap dalam kondisi yang fit dan prima meskipun kamu menjalankan aktivitas berat seperti bermain basket. Selain mengkonsumsi makanan sehat tersebut, kamu juga perlu mengkonsumsi multivitamin secara teratur. Karena multivitamin juga dapat membantu untuk menjaga ketahanan tubuh dari virus. Dengan begitu kamu akan tetap sehat dan tetap dapat menjalankan ibadah puasa sembari bermain basket.

2. Memilih Waktu yang Tepat Sebelum Berlatih Basket

Pemilihan Waktu - bermain basket di bulan Ramadhan

Tips bermain basket di bulan Ramadhan selanjutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk berlatih. Umumnya, tiap tim, grup, atau club basket mempunyai jadwal waktu yang berbeda seperti pagi, siang, sore, bahkan di malam hari pun juga ada.

Selama memasuki bulan suci Ramadhan untuk melaksanakan ibadah puasa, kami sarankan untuk menghindari waktu pagi menjelang siang untuk berlatih basket. Teruntuk kamu yang berlatih di waktu tersebut, kamu bisa meminta pelatih untuk mengubah jadwal latian basket untuk berada di waktu yang cocok seperti di sore hari. Hal ini bertujuan agar kamu tetap berada dalam kondisi prima ketika berlatih.

3. Mengurangi Intensitas Latihan

intensitas latihan - bermain basket di bulan Ramadhan

Tips yang ketiga adalah mengurangi intensitas latihan basket. Mungkin hal yang dilakukan saat berlatih seperti shooting, dribbling, passing atau ball movement biasanya dilakukan selama 15 menit, 30 menit, atau bahkan sejam per sesi bisa dikurangi porsi dan waktunya selama kita memasuki bulan suci Ramadhan.

Apabila kamu memaksakan latihan dengan intensitas waktu berlatih yang biasanya atau lebih, kamu bisa mengalami kelelahan yang lebih hebat dan bahkan bisa membuat kamu pingsan mendadak.

4. Menggunakan Equipment yang Nyaman Digunakan

Equipment - bermain basket di bulan Ramadhan

Tips bermain basket di bulan Ramadhan yang keempat adalah untuk selalu menggunakan equipment yang nyaman untuk digunakan. Sebab jika kamu menggunakan equipment atau peralatan seperti legsleeve, sepatu atau kaos kaki yang tidak nyaman akan membuat kaki kamu bisa lecet, kesleo atau bahkan bisa menjadi cedera.

Maka, utamakan dan pastikan untuk menggunakan equipment yang nyaman agar kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang disebutkan tadi atau hal negatif lainnya.

5. Istirahat yang Cukup

Sleep - bermain basket di bulan Ramadhan

Dan tips terakhir agar bisa bermain basket di bulan Ramadhan adalah istirahat yang cukup. Karena beristirahat setelah berlatih akan membuat kamu menjadi kembali fit.

Beda halnya jika kamu kurang istirahat, kamu akan mengalami kelelahan dan tubuh akan merasakan pegal di beberapa bagian tertentu. Maka dari itu, atur waktu istirahat dan waktu tidur kamu agar tubuh kamu tetap sehat dan bisa kembali bermain basket di bulan Ramadhan ini.

Baca Juga : Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan, Wajib Anda Coba!

Selama kita berada di bulan suci Ramadhan, kita disarankan untuk tetap melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah dengan berolahraga untuk tetap menjaga stamina tubuh.

Salah satu olahraga yang populer dan banyak dimainkan oleh orang Indonesia adalah basket. Olahraga ini juga mampu untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan melaksanakan tips bermain basket di bulan Ramadhan yang kami berikan tadi, membuat kamu menjadi sehat dan tetap bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar dan optimal.

Related posts
Edukasi Olahraga

Gaya Dalam Lompat Jauh Serta Manfaat Untuk Kesehatan

5 Mins read
Gaya dalam lompat jauh bermacam-macam dan biasanya olahraga atletik ini masuk ke dalam cabang perlombaan. Bahkan di beberapa negara, lompat jauh sudah…
Sepak BolaEdukasi Olahraga

Latihan Bermain Sepakbola Untuk Meningkatkan Kemampuan

5 Mins read
Latihan bermain sepakbola sebenarnya menjadi hal yang mudah. Sepakbola merupakan salah satu olahraga sederhana dan dimainkan dengan cara yang sederhana. Meskipun menjadi…
Edukasi Olahraga

Kombinasi Diet dan Olahraga yang Efektif Untuk Dilakukan

5 Mins read
Kombinasi diet dan olahraga sebenarnya menjadi salah satu kunci agar bisa memperoleh bobot tubuh yang ideal. Menjadi bagian dari masyarakat modern seperti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *