Basket

Three Pointer Kompetisi Bola Basket NBA Terganas Musim Ini

4 Mins read

Dalam kompetisi bola basket NBA sebelum tahun 1979, permainan masih berlangsung menyerang darive in untuk mendapatkan poin. Gaya bermain Michael Jordan yang menusuk lalu fade away melakukan tembakan merupakan rajanya. Namun, permainan ini mulai bergeser sejak adanya aturan 3 poin dalam pertandingan.

Pemain biasanya hanya akan mendapatkan 2 poin bila menembak bola ke dalam ring dan masuk. Namun, berkat aturan ini pemain bisa mengumpulkan 3 poin dengan menembak bola ke dalam ring dari luar garis pertahanan lawan. Garis setengah lingkaran yang berada di wilayah ring lawan.

Baca Juga : Kabar Terbaru Transfer Lionel Messi, Yakin Jadi Pindah?

Dengan aturan ini merubah gameplay banyak tim-tim ternama. Mereka kerap melakukannya demi mendapatkan kemenangan lebih pasti. Bahkan tidak sedikit yang melakukan shoot 3 poin untuk mendapatkan keunggulan dalam permainan 24 detik. Strategi ini berhasil dilakukan oleh tim yang mempunyai shooter yang handal.

Dari awal tahun 1979 sampai musim 2021. Banyak 3 pointer bermunculan, Khususnya pada kompetisi bola basket NBA modern seperti saat ini. Pemain center juga bisa melakukannya seperti Blake Grifin. Namun, untuk kali ini fokus pembahasan akan mengarah pada 4 penembak three pointer terganas sepanjang sejarah

Stephen Curry

Kompetisi bola basket NBA

Siapa yang tidak kenal dengan Mvp All Star Kompetisi basket NBA berturut-turut satu ini. Baru-baru ini Ia berhasil memenangkan kontes tembakan 3 poin pada All Star NBA Maret 2021. Ia merupakan salah satu penembak yang mampu merubah gaya bermain basket NBA abad ini.

Tembakan dari luar garis pertahanan lawan sudah seperti Lay up bagi dirinya. Tidak perlu melakukan effort lebih, Stephen bahkan mampu melakukan tembakan no look yang membuatnya langsung berbalik badan. Musim ini meskipun hanya tinggal bersama Klay Thompson dan Draymond Green.

Tetap saja Golden State Warior masih mampu bersaing dalam kompetisi bola basket NBA. Sepeninggalan Kevint Durant memang penampilan tim menurun drastis. Bahkan tahun sebelumnya Mereka gagal masuk play off. Itu merupakan pencapaian yang buruk karena GSW merupakan langganan finalis. Banyak tim yang berusaha menjatuhkannya karena kemampuan lemparan 3 angka tim.

Stephen mampu mengubah gaya bermain tim menjadi sangat ganas. Dengan tembakan 3 angkanya, ia mampu menghancurkan semua tim NBA. Khususnya pada musim 2012-2013. 2013-2014, 2015-2016, ia berhasil mencetak 1500 lebih tembakan tiga angka. Tidak heran pada musim itu dirinya mampu membawa GWS tidak bisa dikalahkan.

Sampai sekarang saat masih aktif bermain dan tidak absen karena cidera. Sudah pasti prosentase tembakan three pointnya tidak akan pernah lebih rendah dari 40 point. Entah karena apa memang tembakannya tidak pernah meleset. Fun fact saja bahwa ia merupakan anak dari pemain legenda Dell Curry.

Berikut adalah Three Pointer Kompetisi Bola Basket NBA Terganas :

Klay Thompson

Kompetisi bola basket NBA

Rekan satu tim penembak jitu terganas sepanjang sejarah. Ia menjadi duet yang mematikan pada musim Kompetisi bola basket NBA 2013 sampai 2016. Tiga musim berturut-turut Mereka mampu menutupi kehebatan Lebron James. Lebron harus pindah-pindah tim hanya untuk bisa menghancurkan kejayaan Mereka. Hingga sekarang Lebron pindah ke Lakers dan juara.

Dengan kemampuannya yang hampir setara dengan Stephen Curry. Dirinya dan Step dijuluki sebagai Splash Brother karena menjadi master penembak bola dari luar garis pertahanan lawan. Selain itu kemampuan langsung shoot sesudah menerima operan menjadi pembeda dari pemain lainnya.

Jika stephen harus mengontrol bola untuk melakukan fade away. Justru Klay dengan percaya dirinya langsung melakukan shoot tanpa perlu menghindar. Mungkin karena tinggi badannya yang lebih proporsional. Dirinya menjadi tidak takut dengan block dari lawan. Cukup terima pasing lalu shoot guna mendapatkan tiga angka langsung.

Kompetisi bola basket NBA Pencapaian sensasionalnya saat berhasil mencetak 525 tembakan di musim 2014-2015 dan meningkat pesat menjadi 678 pada musim selanjutnya. Dirinya juga bisa tampil fantastis saat berhasil comeback dari Carvalier. Ia berhasil masuk zone untuk terus menembakan tiga angka tanpa henti lalu juara kompetisi bola basket NBA.

Aksinya memang heroic karena pada saat itu Stephen harus absen karena cidera. Hanya dirinya dan Green yang berjuang untuk membalikan keadaan. Sepanjang catatan karirnya, Klay mampu menembakan bola masuk lebih dari 40 persen dengan konsisten.

Ray Allen

Kompetisi bola basket NBA

Masuk lebih lama dalam kompetisi bola basket NBA pada tahun 2000-an. Penggemar bola basket pasti mengenal Ray Allen sang pg lincah dengan kemampuan tembakan tiga poinnya. Ia merupakan penembak pertama yang berhasil mencetak 2444 kali tembakan pada masanya. Dengan prosentase 39,6 pada semua tembakannya.

Bahkan pencapaian ini masih terus dipertahankan hingga mematahkan rekor pada tahun 1995. Rekor dimana dalam satu musim mampu mencatatkan tembakan 3 angka berbuah poin sebanyak 269 kali pada musim 2005-2006. Dua poin lebih banyak dari raihan Dennis Scott saat berada di Orlando Magic.

Meski begitu gaya bermainnya ini masih belum sempurna. Banyak kegagalan saat melakukan tembakan. Itu berarti ia berhasil mencatatkan tembakan banyak karena percobaannya juga banyak. Kondisi ini memang benar benar dibuktikan oleh Stephen Curry yang berhasil memecahkan rekor pada musim 2012-2013.

Saat itu memang Curry berada pada masa primenya. Selalu masuk zone dengan terus mencetak angka dari luar garis pertahan lawan. Akhirnya torehan 272 tembakan tiga angka berhasil mematahkan rekor di tahun 2005. Meski begitu tetap harus diakui bahwa Ray Allen merupakan revolusioner dalam permainan bola ini.

Meski pada saat itu masih belum banyak tim yang melakukan gaya bermain tembakan luar garis pertahanan. Ia mampu percaya dengan dirinya untuk konsisten melakukan tembakan tersebut pada kompetisi bola basket NBA. Bahkan dengan prosentase Field Goal yang cukup kecil tidak mencapai bisa mencapai setidaknya 40%.

Kyle Korver

Kompetisi bola basket NBA

Nama Kyle Korver mungkin tidak setenar Stephen Curry, Klay Thompson dan Ray Allen. Namun, jangan salah bahwa sebenarnya ia merupakan pemenang kontes 3 poin yang terbanyak. Mampu menang sebanyak 4 kali kontes, sudah pasti membuktikan bahwa dirinya merupakan three pointer terbaik di kompetisi basket NBA.

Pemain berusia 39 tahun ini kerap bergonta ganti tim tetapi masih tampil konsisten. Dengan tembakan tiga angkanya, ia berhasil mengangkat timnya yang tertinggal. Saat ini Korver beruntung karena bermain pada tim yang tepat. Milwaukee buck yang notabene merupakan calon juara terkuat NBA.

Adanya Gianiss Atetokounmpo membuat ia lebih bisa tampil percaya diri dalam kompetisi bola basket NBA. Tusukan dari pemain besar ini mampu menembus defensif lawan dengan mudah. Lalu celah terbuka dan Korver bisa dengan mudahnya menembak. Catatan pada tahun 2009-2010 berpeluang besar akan terulang kembali yakni tembakan tiga angka prosentase 54%.

Dengan kemampuannya tersebut torehan 2000 kali mencetak tiga poin sepanjang karirnya. Berhasil membuatnya menjadi legenda hidup bersama pemain pemain legenda. Ray Allen, Vince Carter, dan lain-lain. Tidak heran dengan kemampuannya ini ia dipilih sebagai penembak jitu terganas di kompetisi basket NBA.

Baca Juga : 5 Atlet Esports Wanita Indonesia, Deretan Pro Player Cantik!

Sebenarnya masih banyak penembak jitu lainnya yang tidak kalah berkompeten. Namun, pada era modern seperti saat ini. Perkembangan permainan yang lebih modern membuat kemampuan para pemainnya berkembang. Termasuk tembakan tiga poin pada kompetisi bola basket NBA, sehingga yang terpilih adalah pemain masa kini.

Related posts
Basket

Berikut Daftar Sepatu Basket Termurah dan Berkualitas

5 Mins read
Sepatu basket termurah menjadi salah satu atribut yang sangat diperlukan. Apalagi, olahraga basket merupakan olahraga aktif. Jadi, sepatu menjadi salah satu hal…
Basket

Pengertian Bola Basket Bagi Pemula dan Sejarahnya

5 Mins read
Hingga kini mungkin masih banyak orang belum mengerti pengertian bola basket bagi pemula. Padahal, permainan satu ini cukup populer di Amerika Serikat…
BasketHome

Peraturan Dasar Permainan Bola Basket untuk Pemula

5 Mins read
Tidak semua orang mengerti tentang peraturan dasar permainan bola basket. Apalagi, permainan ini tidak terlalu populer bagi beberapa orang. Jadi wajar memang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *